Pertamina Mandalika International Street Circuit atau yang dikenal dengan nama Sirkuit Mandalika adalah sebuah sirkuit balapan yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit yang baru diresmikan pada tanggal 12 November 2021 tersebut, kini sedang hangat dibicarakan baik dari dalam negeri hingga keluar negeri.

Hal tersebut dikarenakan ajang balapan sekelas MotoGP baru saja diselenggarakan di sirkuit yang memiliki panjang 4,31 km ini. Dalam ajang balapan motor tersebut Indonesia terkhususnya Mandalika Lombok menjadi sorotan karena memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa cantik.

Bahkan pembalap Moto GP tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menikmati wisata alam yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut. Kali ini kita akan membahas beberapa tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari Pertamina Mandalika International Street Circuit.

1. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
Image Credit: Google Maps Kaitlind Marek

Tempat wisata yang pertama adalah sebuah pantai yang dikenal dengan nama Batu Payung. Nama pantai ini diambil dari sebuah batu besar yang berbentuk seperti payung dengan bagian bawah kecil dan bagian atasnya melebar sehingga wisatawan bisa berteduh dari paparan sinar matahari di bawahnya.

Tidak hanya batu berbentuk payung saja yang menjadi daya tarik dari pantai cantik ini namun dengan adanya tebing di sekitarnya membuat lokasi wisata alam ini sangat bagus jika digunakan sebagai spot berfoto. Maka dari itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang memiliki tujuan untuk berburu foto menarik dan unik.

Lokasi dari Pantai Batu Payung berada di Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Pujut, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Namun, untuk bisa mencapai lokasi dari batu berbentuk payung anda harus berjalan cukup jauh karena lokasi dari batu tersebut berada di ujung bibir pantai.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Seger

Pantai Seger
Image Credit: Google Maps David Petra

Berlokasi di Kecamatan Pujut, Desa Sukadana, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat Pantai Seger merupakan salah satu lokasi wisata alam yang sangat populer. Kepopuleran pantai cantik ini juga bisa anda saksikan tidak hanya dari garis pantai saja melainkan dari puncak bukigt yang berada tidak jauh dari pinggir pantai.

Pantai Seger juga memiliki sebuah cerita legenda yang dikenal dengan nama Putri Mandalika. Bahkan terdapat sebuah monumen yang didirikan oleh masyarakat untuk mengenang Putri Mandalika, tidak hanya itu masyarakat juga melakukan Festival Bau Nyale dimana masyarakat akan ramai-ramai menangkap cacing untuk mengenang sang putri.

Keseruan dari Festival Bau Nyale ini sangat terasa jadi bagi anda yang ingin berlibur sekaligus melihat indahnya perayaan atau festival maka mendatangi Pantai Seger di bulan Februari bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Pasalnya Festival Bau Nyale biasanya diadakan pada tanggal 20 sampai 21 di bulan Februari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps Ir. Gunawan Yekti Prasetyo

Tahukan anda bahwa di Lombok juga terdapat sebuah pantai cantik yang diberi nama sama seperti nama salah satu pantai populer di Pulau Bali yaitu Pantai Kuta. Di Lombok sendiri pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Kuta Lombok hal ini karena lokasinya yang berada di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Pujut, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Kuta Lombok memiliki pasir putih yang sangat cantik dan lembut, dimana pasir putih tersebut terlihat seperti butiran merica dan sangat berbeda dengan pasir pantai pada umumnya. Pada ujung bibir pantai terdapat sebuah bukit kecil yang mengarah ke arah laut dan di atas bukit kecil tersebut terdapat banyak sekali pohon yang tumbuh subur.

Perpaduan warna antara putihnya pasir pantai, hijaunya pohon di atas bukit, dan birunya laut membuat keindahan alam di Pantai Kuta Lombok semakin jelas terlihat. Hal inilah yang membuat wisatawan betah berlama-lama ketika berlibur ke pantai yang berlokasi di Desa Kuta tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

4. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun
Image Credit: Google Maps Julia Cahyani

Beralih dari wisata pantai kita menuju ke wisata taman yang berlokasi di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Sembalun, Provinsi Nusa Tenggara Barat atau lokasi tepatnya berada di bawah kaki Gunung Rinjani. Tempat wisata alam ini merupakan salah satu lokasi yang sangat cocok untuk anda yang ingin berburu foto-foto bagus.

Pasalnya dari dalam kawasan Taman Wisata Pusuk Sembalun anda bisa melihat indahnya Gunung Rinjani, hutan yang masih sangat alami, Bukit Selong, bahkan ada beberapa spot foto menarik yang bisa digunakan. Tidak hanya cocok untuk berburu foto bagus saja namun anda juga bisa sekaligus melakukan refreshing di tempat wisata populer ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

5. Pink Beach Lombok

Pink Beach Lombok
Image Credit: Instagram Danil Akbar Siregar

Jika mendengar nama Pink Beach maka kebanyakan orang akan langsung berpikir ke tempat wisata alam yang berada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Namun ternyata pantai berpasir merah muda ini juga ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (tetangga provinsi NTT) yaitu di Kabupaten Lombok Timur, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru.

Sama seperti namanya Pink Beach Lombok memiliki pasir pantai berwarna merah muda sehingga membuatnya sangat unik jika dibandingkan dengan kebanyakan pantai populer di Indonesia. Tidak hanya mengandalkan keindahan pasir merah mudanya saja namun pantai yang ada di Desa Sekaroh ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Pemandangan terumbu karang yang masih sangat alami dan ikan-ikan yang berenang bebas kesana-kemari bisa dengan mudah anda temukan di perairan Pink Beach Lombok. Maka dari itu, bagi anda yang ingin melakukan snorkeling di sekitaran Mandalika bisa mengunjungi pantai cantik yang satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk
Image Credit: Instagram mampirjawatimur

Pantai Gerupuk yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Desa Gerupuk, Nusa Tenggara Barat merupakan lokasi yang sangat cocok bagi anda yang hobi berselancar. Hal tersebut dikarenakan anda bisa menemukan ombak yang cukup besar bahkan bisa mencapai 3 meter sehingga sangat menantang bagi pecinta olahraga selancar.

Meskipun memiliki ombak yang besar namun Pantai Gerupuk juga cocok untuk selancar pemula karena ada titik lainnya yang memiliki ombak tidak terlalu besar. Anda tidak perlu khawatir soal batu karang yang ada di dasar pantai karena sudah sangat aman.

Bagi anda yang tidak ingin berselancar juga tetap bisa menikmati indahnya Pantai Gerupuk karena alam di pantai asal Lombok Tengah ini sangat cantik mulai dari daratan hingga lautnya. Berfoto di sepanjang bibir pantai adalah salah satu aktivitas yang paling difavoritkan oleh wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pagutan Barat, Kec. Mataram, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

7. Bukit Merese

Bukit Merese
Image Credit: Google Maps Dwi Creative

Selanjutnya ada nama Bukit Merese yang merupakan salah satu spot paling bagus untuk menyaksikan sunrise dan sunset. Pasalnya dari puncak bukit yang berada di pinggir pantai ini wisatawan bisa melihat indahnya Matahari yang terbit dari balik dataran tinggi atau perlahan tenggelam di lautan biru.

Hal menarik lainnya yang membuat tempat wisata alam ini populer adalah pemandangan alam sekitar yang membuat anda dapat melihat pantai, laut, bahkan bukit dari kejauhan. Jadi dari puncak bukit cantik tersebut anda bisa melihat indahnya Pantai Tanjung Aan dan Pantai Batu Payung.

Di sekitar Bukit Merese juga sering terlihat beberapa orang yang menjaga hewan ternaknya memakan rumput. Lokasi dari bukit cantik ini berada sekitar 50 menit dari Bandar Udara Zainuddin Abdul Majid Lombok atau berada di Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Pujut, Nusa Tenggara Barat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Google Maps Bayu Agung

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa Festival Bau Nyale diadakan untuk mengenang Putri Mandalika, dimana dalam festival tersebut masyarakat akan beramai-ramai mencari cacing yang dipercaya merupakan perwujudan dari sang putri. Festival Bau Nyale sendiri diadakan di Pantai Seger namun ternyata juga sering diadakan di Pantai Tanjung Aan.

Keindahan dari pantai yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Desa Pengembur, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini bahkan bisa menyaingi pantai-pantai populer yang ada di Pulau Bali dan Labuan Bajo. Pasir putihnya yang sangat jernih dan lembut membuat wisatawan bebas berlarian atau berfoto sepuasnya.

Belum lagi dengan indahnya lautan biru dengan ombak yang kecil membuat aktivitas bermain air dan berenang merupakan hal yang wajib dilakukan di Pantai Tanjung Aan. Bagi wisatawan yang ingin melakukan snorkeling juga bisa, karena pihak pengelola menyediakan penyewaan perlengkapan snorkeling dan sewa perahu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

9. Desa Adat Sade

Desa Adat Sade
Image Credit: Google Maps nia kurniasih

Beralih ke wisata budaya dimana anda juga bisa mengunjungi Desa Adat Sade yang berada di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Ketika berada di dalam desa adat tersebut anda akan menemukan banyak sekali hal tradisional yang masih dijaga dengan baik seperti rumah yang digunakan masih dibangun menggunakan bahan apa adanya seperti ilalang dan kayu.

Anda juga akan menemukan interaksi antara sesama masyarakat yang masih sangat kental dengan budaya jaman dahulu. Hal unik lainnya yang bisa anda temui di dalam Desa Adat Sade adalah proses pembuatan Kain Songket khas Lombok yang masih diproduksi secara tradisional atau dengan cara ditenun.

Wisatawan juga bisa mempelajari kebudayaan yang ada di desa adat tersebut. Maka dari itu bagi wisatawan yang ingin melihat dan mempelajari kebudayaan masyarakat Suku Sasak silahkan mengunjungi Desa Adat Sade di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah dari jam 08.00 pagi sampai 19.00 sore.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rembitan, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

10. Pantai Sari Goang

Pantai Sari Goang
Image Credit: Google Maps Jose Hamra

Nusa Tenggara Barat memiliki sebuah tempat wisata yang sangat cantik bernama Pantai Sari Goang, pantai tersebut bahkan disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Lombok. Pantai cantik ini berada di Kecamatan Pujut, Desa Mertak, Kabupaten Lombok Tengah atau berada di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak.

Pantai Sari Goang tidak hanya memberikan pemandangan laut yang sangat cantik saja namun alam sekitarnya juga sangat alami dan nyaman. Buktinya terdapat banyak sekali bunga, pohon, dan tumbuhan-tumbuhan lainnya yang tumbuh di pinggir pantai sehingga membuat warnanya menjadi sangat hijau.

Raja Ampatnya Lombok ini memiliki pasir pantai berwarna coklat dengan beberapa batu karang yang bisa ditemukan di pinggir pantai yang menjadi ciri khas dari Pantai Sari Goang. Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh pantai yang berlokasi di TWA Gunung Tunak ini adalah pemandangan sunrisenya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: TWA Gunung Tunak, Mertak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Demikian penjelasan mengenai tempat wisata hits yang bisa anda kunjungi ketika berada di Mandalika, Lombok. Berkat keberhasilan Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam menyelenggarakan MotoGP di bulan Maret 2022 membuat semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok NTB.