14 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Pariaman

Pariaman adalah salah kota yang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Barat. Banyak wisata alam dengan sejuta pesona yang sangat mengagumkan di kota ini. Beberapa tempat wisata masih jarang diketahui oleh orang-orang sehingga pesona yang dihadirkan kadang masih tersembunyi.

Apabila Anda sedang merencanakan liburan yang spesial, jangan ragu untuk mengunjungi Pariaman. Nantinya, akan ada banyak sekali pilihan destinasi wisata menarik yang akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi tak terlupakan.

Untuk semakin mempermudah Anda dalam memilih destinasi wisata mana yang hendak di kunjungi di Pariaman, berikut ini terdapat 14 rekomendasi menarik yang patut di coba. Dari beberapa list tempat wisata di Pariaman berikut ini Anda bisa memilih sesuai dengan rencana liburan yang diinginkan.

1. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman

Lokasi: Taluk Karan Aur, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Harianhaluan.com

Keistimewaan dari pantai ini adalah adanya banyak pohon pinus yang bertebaran mengelilingi area pantai. Ada juga hamparan pasir putih yang dimanfaatkan pengunjung untuk sarana bermain dan piknik bersama keluarga.

Selain keindahan di sekitar pantai yang menawan, Anda juga akan terkagum-kagum dengan keberadaan biota bawah lautnya. Bahkan, para pengunjung bisa mencoba pengalaman diving dan snorkeling yang sangat menakjubkan.

2. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak

Lokasi: Patamuan, Kp. Perak, Kec. Pariaman Tengah, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Beritagar.id

Meskipun termasuk pulau yang kecil diantara lainnya, pemandangan  yang dihadirkan oleh Pulau Kasiak tidak bisa dianggap biasa. Hamparan lautnya yang biru dengan ombak yang tidak terlalu besar menjadikan para pengunjung berani mendekat ke sekitar pantai.

Keindahan Pulau Kasiak semakin terasa lengkap dengan adanya mercusuar setinggi 40 meter. Mercusuar tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang sebagian besar dimanfaatkan sebagai spot foto oleh para pengunjung.

BACA:  20 Makanan & Minuman Khas Padang yang Terkenal Enak

3. Muara Manggung

Muara Manggung

Lokasi: Manggung, Kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman. – Image Credit by Worldwisatasumbar.blogspot.com

Bagi Anda yang hobi fotografi, mengunjungi Muara Manggung adalah salah satu pilihan yang tepat. Ada banyak spot foto menarik yang memang sudah dikonsep oleh pihak petugas wisata.

Berbeda dengan rawa-rawa lainnya yang biasanya kotor, Muara Manggung terlihat sangat bersih dan nyaman. Anda bahkan bisa menyusuri daerah Rawa menggunakan perahu layar yang disewakan.

4. Pulau Ujung

Pulau Ujung

Lokasi: Lohong, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Pustaka.pandani.web.id

Di daerah Pariaman memang sebagian besar destinasi wisatanya merupakan daerah perairan. Pulau Ujung memiliki salah satu kelebihan dari segi airnya, yakni berwarna biru pekat dan sangat jernih.

Dikelilingi oleh pasir putih dengan beberapa vegetasi pepohonan, membuat pemandangan pulau ini terlihat semakin asri. Pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan persewaan alat-alat snorkeling bagi pengunjung yang ingin menyaksikan kekayaan biota laut di dalamnya.

5. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah

Lokasi: Jl. Nasri Nasar Komplek Wisata Gandoriah, Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Ksmtour.com

Mengunjungi Pariaman tanpa mampir ke pantai Gandoriah adalah salah satu hal yang sangat disayangkan. Terlebih lagi jika Anda sampai melewatkan pemandangan alam yang sangat mempesona satu ini.

Banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda nikmati di pantai ini. Mulai dari bermain pasir, menikmati gulungan ombak, snorkeling, bahkan sampai diving semuanya bisa diwujudkan jika Anda mengunjungi Pantai Gandoriah.

6. Pantai Cermin

Pantai Cermin

Lokasi: Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Raunsumatra.com

Pantai Cermin menjadi salah satu objek wisata yang difavoritkan oleh para pengunjung. Pemandangan alam yang dihadirkan benar-benar sangat mempesona. Anda bisa menikmati jernihnya air dengan paduan ombak yang sangat indah.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Para pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas menarik yang ada di pantai ini. Terdapat wahana wisata lainnya seperti jetsky, olah raga air, banana boat, fishing boat, dan masih banyak lagi.

7. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo

Lokasi: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Kelanaku.com

Akses untuk menuju pulau ini memang cukup melelahkan, sehingga pihak pengelola wisata menyediakan perahu untuk disewakan. Lalu, sesampainya di lokasi wisata, Anda bisa menikmati keindahan Pulau Angso Duo yang dipenuhi terumbu karang.

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga berkesempatan mencoba berbagai wahana menarik seperti sportwater, jetsky, dan masih banyak lagi. Pada sore hari para pengunjung banyak yang memanfaatkan waktunya menunggu senja sambil mengambil foto.

8. Pantai Tiram

Pantai Tiram

Lokasi: Tiram, Tapakis, Kec. Ulakan Tapakis, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Pegipegi.com

Meskipun terbilang baru dikelola, Pantai Tiram sudah banyak menarik perhatian para pengunjung. Keindahan alam yang dimiliki oleh pantai ini sangat menarik karena terdapat satu jembatan gantung yang dimanfaatkan sebagai spot foto.

Keberadaan jembatan tersebut sangat disukai oleh para pengunjung. Beberapa dari mereka bahkan rela hanya berdiam diri menunggu datangnya senja lalu mengabadikan momen lewat foto.

9. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai

Lokasi: Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Passgal.blogspot.com

Air Terjun Ngarai memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Anda bisa menikmati aliran air di bawahnya tanpa perlu takut terbawa arus.

Kelebihan yang ditawarkan oleh air terjun ini tak hanya sebatas pada keindahan alamnya saja, tetapi juga memberikan fasilitas berburu menggunakan pistol tombak bagi para pengunjung. Terdapat cukup banyak populasi ikan segar di bawah aliran air terjun yang boleh dipancing.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

10. Tapian Puti

Tapian Puti

Lokasi: Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Disparpora.padangpariamankab.go.id

Apakah Anda lelah bekerja seharian dan butuh tempat yang menenangkan? Jika iya, maka Tapian Puti adalah solusinya. Pemandian air hangat ini menjadi salah satu pilihan para wisatawan ketika sedang tidak bersemangat.

Terdiri dari 7 kolam kecil, Anda bisa memilih kolam dengan tingkat panas yang berbeda-beda. Terdapat kerikil-kerikil kecil yang akan membuat tubuh Anda semakin rileks.

11. Air Terjun Baburai

Air Terjun Baburai

Lokasi: Sikucur, Kec. V Koto Kp. Dalam, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Wisata air terjun selanjutnya yang ada di Pariaman adalah Baburai. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang menjadikan airnya tampak berwarna kehijauan.

Selain itu, ketika senja tiba, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan semburat kemerahan yang indah. Terkadang beberapa pengunjung juga ada yang mendirikan tenda demi menikmati keindahan Baburai yang lebih lama.

12. Pemandian Tirta Alami Malibo

Pemandian Tirta Alami Malibo

Lokasi: Guguak, Kec. 2 X 11 Kayu Tanam, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Fhiaft.blogspot.com

Selain Tapian Puti, Pariaman juga memiliki pemandian Tirta Alami Malibo. Meskipun jumlah kolamnya tidak terlalu banyak, pemandangan alam yang dihadirkan dapat membius siapapun yang melihatnya.

Anda bisa menikmati hangatnya air panas sambil menyaksikan pemandangan alam dengan iringan semilir angin. Jika sudah selesai, ada pilihan kuliner menarik yang bisa dicoba cita rasanya.

13. Pantai Ketaping

Pantai Ketaping

Lokasi: Katapiang, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Travelingyuk.com

Hal yang istimewa dari pantai Ketaping adalah suasananya yang sangat tenang. Bahkan, Anda akan sangat jarang melihat gulungan ombak besar pada pantai ini.

Meskipun cukup landai, ada banyak pepohonan rindang yang membuat pemandangan menjadi lebih sejuk. Memang, pihak petugas membiarkan pemberdayaan pepohonan tumbuh di setiap bibir pantai.

14. Rumah Tabuik Pasa

Rumah Tabuik Pasa

Lokasi: Cimparuh, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Jika Anda menyukai konsep liburan jalan-jalan, maka mengunjungi rumah Tabuik Pasa adalah solusi yang tepat. Di sana Anda bisa menyaksikan beberapa gaya rumah yang umum terdapat di Pariaman.

Tak hanya itu, ada juga sekumpulan taman cantik yang sengaja dijadikan sebagai spot foot. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada dunia fotografi maka mengunjungi rumah ini adalah hal yang tepat.

Nah, itulah 14 rekomendasi tempat wisata di Pariaman. Setiap tempat-tempat tersebut memiliki pesona keindahan yang berbeda-beda. Namun, bisa dipastikan jika seluruh tempat wisata tersebut tidak akan mengacaukan liburan Anda.