Sumedang merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Banyak orang yang mengenal Kabupaten Sumedang karena kulinernya saja. Namun, selain karena kuliner, ternyata Sumedang juga memiliki beberapa destinasi wisata yang banyak dan menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata di Sumedang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena menawarkan pemandangan alam yang sangat luar biasa cantik dan indahnya. Apalagi saat ini pertumbuhan penduduk di Indonesia cukup meningkat, sehingga tidak heran jika banyak destinasi wisata yang baru di Sumedang.

Berbagai macam jenis tempat wisata ada di Sumedang, seperti wisata religi, sejarah, alam, buatan manusia, dan edukasi. Kamu dapat memilih destinasi wisata yang cocok dan sesuai dengan keinginan. Berikut ini beberapa objek wisata baik yang tersembunyi atau tidak di daerah ini.

1. Kolam Renang Ranca Goyang

Kolam Renang Ranca Goyang
Image Credit: Google Maps (Budi Janto)

Bisa dikatakan jika objek wisata rancagoyang yang ada di Sumedang ini mempunyai pesona keindahan yang menarik. Dan akan sangat disayangkan ketika Anda datang ke Kota Sumedang tidak berkunjung ke wisata air ini.

Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengisi kegiatan liburan dengan seru bersama keluarga. Karena wisata ini sangat mudah dijangkau, maka Anda akan menemukan iklan fasilitas umum.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Ce Lokasi
Alamat: Jl. Rancamulya, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

2. Kampung Toga

Kampung Toga
Image Credit: Wisataalam77.blogspot.com

Destinasi wisata Kampung Toga cukup unik dan tidak semua tempat ada destinasi wisata seperti ini. Di kampung ini, kamu akan banyak menjumpai beraneka tanaman obat keluarga atau bisa disebut juga dengan Toga.

Kamu juga bisa berlibur sambil belajar jika mengunjungi objek wisata ini. Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di Kampung Toga seperti vila, kolam renang, tempat makan, ruang pertemuan, dan tempat lesehan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

3. Curug Cinulang Sumedang

Curug Cinulang Sumedang
Image Credit: Google Maps (Bayu Suseno)

Curug cinulang ini meskipun berada di perbatasan sehingga cukup jauh dari pusat kota, namun setiap hari weekend tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi dengan keindahan alamnya peserta udara yang segar akan membuat Anda lupa akan kesibukan di perkotaan.

Untuk fasilitas yang dimiliki pada destinasi wisata ini dimulai dari toilet umum, terdapat mushola dan juga beberapa warung makanan. Jadi Anda tidak perlu cemas jika merasa lapar ataupun haus.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

4. Pemandian Air Panas Sekarwangi

Pemandian Air Panas Sekarwangi
Image Credit: Cipanassumedang.blogspot.com

Jika kamu ingin merasakan berendam di air hangat, maka mengunjungi Pemandian Air Panas Sekarwangi menjadi pilihan yang tepat. Disini, kamu akan merasakan bagaimana nikmatnya berendam dengan air panas atau hangat sambil melihat pemandangan alam di sekitar.

Berendam di sini juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena airnya mengandung belerang. Beberapa manfaat jika berendam di kawasan ini adalah dapat mengobati penyakit kulit, mengatasi gejala stroke ringan, dan bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

5. Taman Endog

Taman Endog
Image Credit: Google Maps (Dede Holik)

Destinasi wisata ini memiliki nama yang cukup unik sebab di bagian tengah taman terdapat sebuah bangunan tugu yang memiliki bentuk telur raksasa. Sedangkan pada bagian bawahnya terdapat dua buah tangan yang dipakai menjadi penyangga telurnya.

Sebetulnya, taman ini dibangun untuk menjadi simbol yang menjelaskan mengenai wawacan Endog sapatalang. Yang mana didalamnya memiliki isi mengenai proses penciptaan alam semesta oleh Tuhan Yang maha Esa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mayor Abdurahman, Kotakaler, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

6. Batu Dua Gunung Lingga

Batu Dua Gunung Lingga
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Objek wisata ini berupa dataran luas yang memiliki ketinggian 930 mdpl. Batu Dua Gunung Lingga menghadirkan pemandangan alam yang hijau, asri, dan sejuk. Jika kamu berkunjung ke destinasi wisata ini, sebaiknya perlu juga mencoba olah raga yang ada di sini seperti paralayang.

Kamu dapat melihat pemandangan alam di bawah dari atas langit. Uniknya, disini juga terdapat titik geotermal yang dapat mengeluarkan gas sehingga paralayang dapat terbang lebih lama.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cimarga, Cisitu, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

7. Bumi Perkemahan Kiara Payung

Bumi Perkemahan Kiara Payung
Image Credit: Google Maps (Waytea Mancap)

Untuk Anda yang sangat menyukai kegiatan kemping, maka bisa datang ke bumi perkemahan kiara payung. Tempat ini seringkali digunakan menjadi tempat berkemah bagi para backpacker dan juga digunakan menjadi tempat kegiatan anak sekolah.

Bumi perkemahan ini berada di kaki gunung manglayang gunung yang juga bersebelahan secara langsung dengan gunung geulis yang ada di bagian timur. Karena berada di bawah kaki gunung, tak heran jika kawasan ini sangat dingin dan suasananya cukup tenang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kiarapayung, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

8. Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang
Image Credit: Merahputih.com

Destinasi wisata alam berikutnya adalah Situ Biru Cilembung yang merupakan sebuah telaga air jernih dan alami. Air yang ada di telaga ini sangat jernih sehingga kamu bisa melihat dasar telaga maupun ikan-ikan yang berenang di sana.

Bagi kamu yang ingin ke Situ Biru Cilembang, jangan mencoba-coba untuk berenang disana karena dilarang keras, namun jika ingin cuci muka saja tidak apa-apa. Selain itu, wisatawan tidak boleh datang pada hari Selasa dan Jumat.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hariang, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

9. Menara Loji Jatinangor

Menara Loji Jatinangor
Image Credit: Google Maps (Yusup Suryadi)

Menara ini sekarang sudah menjadi taman Loji yang bertempatkan di kawasan institut teknologi Bandung. Menara Loji tersebut sebetulnya memiliki fungsi untuk bisa memberikan tanda bagi para pekerja perkebunan. Namun, dikarenakan berdiri dengan kokoh sehingga sering kali menarik perhatian para pengunjung.

Selain itu, di taman menara ini juga terdapat jembatan cincin. Yang menerjemahkan ini dulunya dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda di tahun 1918 agar bisa memudahkan dalam pengangkutan hasil perkebunan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sayang, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

10. Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun
Image Credit: Wisatalengkap.com

Selain destinasi wisata alam, ada juga objek wisata budaya, sejarah, dan edukasi yang terdapat di Sumedang bernama Museum Prabu Geusan Ulun. Pada mulanya, tempat ini merupakan salah satu kediaman dari bupati dan para kerabatnya. Namun, sekarang sudah dijadikan sebagai objek wisata.

Disini kamu dapat menemukan beberapa benda sejarah yang dulunya ditemukan di daerah Sumedang. Terdapat beberapa bangunan yang ada di lokasi ini seperti Ruang Srimanganti, Ruang Bumi Kaler, Ruang Bumi Gendeng,  Gedung Gamelan, dan Gedung Pusaka Khusus.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

11. Curug Buhud

Curug Buhud
Image Credit: Google Maps (Iwan Kristiani)

Untuk Anda para pecinta alam jika datang ke Sumedang bisa berkunjung ke Curug buhud. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 6 meter dengan bebatuan yang sangat cocok digunakan sebagai latar untuk berfoto.

Yang lebih asik lagi meskipun airnya kerap kali terlihat keruh, namun wisata ini 100% masih alami. Tentunya bisa menjadi tempat wisata main air bersama dengan keluarga dan anak-anak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukatani, Kec. Tanjungmedar, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

12. Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi
Image Credit: Sumedangtandang.com

Disini, kamu akan menemukan air terjun yang airnya sangat segar dan di sekelilingnya banyak tanaman hijau. Destinasi wisata ini juga banyak didatangi oleh beberapa hewan seperti babi, kumbang, dan monyet.

Selain hewan-hewan tersebut, jika beruntung, kamu juga bisa melihat macan kumbang yang saat ini keberadaannya sudah hampir punah dan langka. Namun, kamu juga harus tetap waspada jika kebetulan saat berkunjung ke destinasi wisata ternyata ada macan kumbang disana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Narimbang, Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

13. Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian Air Panas Cileungsing
Image Credit: Google Maps (Pemandian Air Panas Cileungsing)

Melemaskan otot dengan berendam di pemandian air panas adalah pilihan yang sangat tepat. Dan Anda bisa memilih pemandian air panas Cileungsing.

Meskipun biasanya pemandian ini akan dikunjungi oleh warga lokal, namun siapa yang menyangka jika pemandian air panas tersebut juga menjadi destinasi wisata yang paling dicari oleh wisatawan luar kota. Terlebih setelah lelah menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan, maka berendam di air panas ini adalah hal yang paling tepat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gendereh, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

14. Gunung Tampomas

Gunung Tampomas
Image Credit: Superadventure.co.id

Bagi kamu yang suka mendaki gunung dan pecinta alam, mengunjungi Gunung Tampomas merupakan suatu hal yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke kabupaten Sumedang. Gunung Tampomas memiliki puncak gunung yang bernama Sangiang Taraje.

Jika berhasil mencapai puncak Sangiang Taraje, kamu dapat melihat pemandangan kabupaten Sumedang dari atas puncak. Terdapat beberapa kawah yang ada di sekitar puncak sehingga menambah keindahan alam.

Harga Tiket: Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cibeureum Wetan, Cimalaka, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

15.Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan
Image Credit: Google Maps (Budi Dvn)

Tak dapat dipungkiri jika Jawa barat memang yang terkenal dengan wisata alamnya, salah satunya ialah dengan wisata alam pangjugjugan. Kota ini memiliki banyak sekali pohon pinus, sehingga sangat cocok jika digunakan menjadi tempat prewedding.

Apalagi harga tiket untuk masuk ke clan ini sangat murah. Dan kegiatan yang dapat Anda lakukan seperti flying fox, menaiki becak mini, berperahu dengan tarif yang sangat murah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Babakan Anjun,Cilembu, Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

16. Kebun Teh Margawindu

Kebun Teh Margawindu
Image Credit: Ihategreenjello.com

Kebun teh ini menghadirkan pemandangan dan panorama alam berupa hamparan perbukitan teh yang luas dan hijau. Di belakang perbukitan teh tersebut juga terdapat gunung sehingga menambah keindahan.

Kebun Teh Margawindu terletak jauh dari keramaian kota dan jalan raya sehingga suasana yang dihadirkan cukup tenang. Cocok bagi kamu yang ingin menjernihkan pikiran dan menenangkan diri sebelum beraktivitas seperti biasanya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. 

17. Puncak Damar Baros Jatigede

Puncak Damar Baros Jatigede
Image Credit: Google Maps (Alliefiandi Satriawan)

Wisata ini mampu menyuguhkan pesona landscape dari waduk dengan pemandangannya yang sangat eksotis. Ketika datang ke Puncak Damar Baros Jatigede tentu akan memberikan pengalaman liburan yang jauh berbeda, sebab Anda bisa melihat bagaimana indahnya waduk dari kejauhan.

Ditambah lagi dengan fasilitas yang cukup memadai pada wisata ini. adanya gazebo bahkan sampai area untuk bermain anak. Mengenai harganya pun juga cukup terjangkau, sangat ramah di kantong.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pakualam, Kec. Darmaraja, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

18. Curug Sabuk

Curug Sabuk
Image Credit: Sumedangtandang.com

Selain Curug Ciputrawangi, ada juga destinasi wisata alam lain yang bernama Curug Sabuk. Bagi kamu yang suka menjelajah alam dan bermain tantangan, objek wisata ini sangat cocok untuk didatangi. Banyak pemandangan alam yang terlihat indah jika kamu berkunjung ke sana.

Terdapat empat curug di destinasi wisata Curug Sabuk. Setengahnya berukuran kecil, dan setengahnya lagi berukuran besar. Disini, kamu dapat menemukan spot foto yang cantik sehingga bisa menambah koleksi album. Namun, akses jalan untuk menuju lokasi cukup sulit dan tidak mudah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

19. Curug Cigorobog

Curug Cigorobog
Image Credit: Google Maps (Firnanda Eryawan)

Ingin datang ke destinasi wisata dengan suasana yang sejuk maka coba saja datang ke Curug Cigorobog. Apalagi dengan nuansa gemericik air yang terdengar di area tersebut membuat suasana nyaman. Dan dengan bau tanah basah khas dari kawasan air terjun akan membuat siapa saja betah di tempat ini.

Apabila sepintas dilihat maka ukuran dari Curug cigorobog memang tidak terlalu besar ataupun tinggi. Namun rupanya Curug Cigorobog menjadi destinasi wisata yang paling banyak diminati karena memiliki bentuk curug yang sangat unik. Dengan adanya tiga tingkatan yang dimiliki oleh curug ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Loasi
Alamat: Jl. Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

20. Eco Green Park Kampung Karuhun

Eco Green Park Kampung Karuhun
Image Credi: Google Maps (Kampung Karuhun Sumedang)

Tempat Wisata di Sumedang ini sangat cocok dikunjungi bersama rombongan dan keluarga, terutama yang memiliki anak. Disini, kamu akan melihat banyak pemandangan alam dengan suasana yang santai dan alami. Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau sehingga banyak wisatawan yang berkunjung.

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa di mainkan dan di coba seperti sarana outbound, kolam renang, ATV Adventure, dan Camping ground. Selain itu, destinasi wisata ini juga dilengkapi rumah makan atau restoran sehingga tidak perlu takut untuk kelaparan selama bermain dan berada di sana.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pagar Betis, Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

21. Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa
Image Credit: Google Maps (Cipta Suhud)

Wisata Air Gajah Depa merupakan salah satu wahana air yang cukup populer di Sumedang. Banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke tempat tersebut. Banyak wisatawan menyukai wahana Family Slide, berupa papan luncur yang bisa dinaiki 10 orang di lokasi tersebut.

Selain wahana Family Slide, ada juga beberapa wahana permainan lain yang tidak kalah serunya seperti Spill Buckjet, Handboat, Water Roller, Water Capsule, Water Ball, Trampolin, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu tidak akan merasa bosan jika berkunjung ke Wisata Air Gajah Depa.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Serang No. 90, Galudra, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

22. Arung Jeram Pangcalikan

Arung Jeram Pangcalikan
Image Credit: Sumedangtandang.com

Jika kamu memiliki hobi berpetualang, maka mengunjungi Arung Jeram Pangcalikan menjadi alternatif yang bisa di coba. Kamu akan merasakan tantangan yang cukup berat jika mengunjungi destinasi wisata air ini karena arus sungai yang digunakan untuk olahraga air ini cukup deras dan kuat.

Kamu akan mendapat pengalaman yang tidak terlupakan saat mengunjungi tempat wisata ini. Pesona alam yang di hadirkan di Arung Jeram Pangcalikan juga sangat bagus dan alami sehingga kamu bisa menikmati keindahan tersebut sambil menikmati kesegaran air sungai yang ada di sana.

Harga Tiket: Rp 225.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Citepok, Kec. Paseh, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

23. Mata Air Sirah Cipelang

Mata Air Sirah Cipelang
Image Credit: Blog.reservasi.com

Mata Air Sirah Cipelang merupakan salah satu sumber air yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Sumedang. Apalagi baru-baru ini destinasi wisata tersebut viral di sosial media sehingga banyak wisatawan yang penasaran dan berkunjung ke sana.

Kamu akan menemukan panorama alam yang sangat indah dan sejuk karena disini banyak sekali pepohonan yang ada di sekitar Mata Air Sirah Cipelang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cipamekar, Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

24. Gunung Kunci

Gunung Kunci
Image Credit: Pendakiampas.blogspot.com

Merupakan sebuah bukit kecil yang terletak dekat dengan alun-alun kota. Termasuk salah satu objek wisata sejarah berupa benteng yang dibangun pada masa Belanda.

Mengunjungi destinasi ini juga akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kamu tentang sejarah yang ada di Indonesia.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kotakulon, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

25. Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak
Image Credit: Google Maps (MAUNG 24)

Untuk bisa mencapai destinasi wisata ini, kamu perlu melakukan perjalanan yang cukup menantang karena medannya yang cukup menanjak dan memiliki tikungan yang cukup tajam.

Namun, panorama alam yang dihadirkan di sana dapat membayar rasa letih selama perjalanan sehingga kamu akan merasa puas di sana. Kamu juga dapat melakukan aktivitas seperti camping dan memancing ketika berada di sana.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Sumedang yang bisa dijadikan bahan referensi sebelum melakukan perjalanan liburan ke kota tersebut. Pilih destinasi terbaik untuk liburan yang berkualitas bersama keluarga maupun sahabat.