15 Tempat Wisata di Sumedang

Sumedang merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Banyak orang yang mengenal Kabupaten Sumedang karena kulinernya saja. Namun, selain karena kuliner, ternyata Sumedang juga memiliki beberapa destinasi wisata yang banyak dan menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata di Sumedang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena menawarkan pemandangan alam yang sangat luar biasa cantik dan indahnya. Apalagi saat ini pertumbuhan penduduk di Indonesia cukup meningkat, sehingga tidak heran jika banyak destinasi wisata yang baru di Sumedang.

Berbagai macam jenis tempat wisata ada di Sumedang, seperti wisata religi, sejarah, alam, buatan manusia, dan edukasi. Kamu dapat memilih destinasi wisata yang cocok dan sesuai dengan keinginan. Berikut ini beberapa objek wisata baik yang tersembunyi atau tidak di daerah ini.

1. Kampung Toga

Kampung Toga

Lokasi: Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Wisataalam77.blogspot.com

Destinasi wisata Kampung Toga cukup unik dan tidak semua tempat ada destinasi wisata seperti ini. Di kampung ini, kamu akan banyak menjumpai beraneka tanaman obat keluarga atau bisa disebut juga dengan Toga.

Kamu juga bisa berlibur sambil belajar jika mengunjungi objek wisata ini. Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di Kampung Toga seperti vila, kolam renang, tempat makan, ruang pertemuan, dan tempat lesehan.

2. Pemandian Air Panas Sekarwangi

Pemandian Air Panas Sekarwangi

Lokasi: Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Cipanassumedang.blogspot.com

Jika kamu ingin merasakan berendam di air hangat, maka mengunjungi Pemandian Air Panas Sekarwangi menjadi pilihan yang tepat. Disini, kamu akan merasakan bagaimana nikmatnya berendam dengan air panas atau hangat sambil melihat pemandangan alam di sekitar.

Berendam di sini juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena airnya mengandung belerang. Beberapa manfaat jika berendam di kawasan ini adalah dapat mengobati penyakit kulit, mengatasi gejala stroke ringan, dan bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

3. Batu Dua Gunung Lingga

Batu Dua Gunung Lingga

Lokasi: Cimarga, Cisitu, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Objek wisata ini berupa dataran luas yang memiliki ketinggian 930 mdpl. Batu Dua Gunung Lingga menghadirkan pemandangan alam yang hijau, asri, dan sejuk. Jika kamu berkunjung ke destinasi wisata ini, sebaiknya perlu juga mencoba olah raga yang ada di sini seperti paralayang.

Kamu dapat melihat pemandangan alam di bawah dari atas langit. Uniknya, disini juga terdapat titik geotermal yang dapat mengeluarkan gas sehingga paralayang dapat terbang lebih lama.

4. Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang

Lokasi: Hariang, Buahdua, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Merahputih.com

Destinasi wisata alam berikutnya adalah Situ Biru Cilembung yang merupakan sebuah telaga air jernih dan alami. Air yang ada di telaga ini sangat jernih sehingga kamu bisa melihat dasar telaga maupun ikan-ikan yang berenang di sana.

Bagi kamu yang ingin ke Situ Biru Cilembang, jangan mencoba-coba untuk berenang disana karena dilarang keras, namun jika ingin cuci muka saja tidak apa-apa. Selain itu, wisatawan tidak boleh datang pada hari Selasa dan Jumat.

5. Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun

Lokasi: Jl. Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatalengkap.com

Selain destinasi wisata alam, ada juga objek wisata budaya, sejarah, dan edukasi yang terdapat di Sumedang bernama Museum Prabu Geusan Ulun. Pada mulanya, tempat ini merupakan salah satu kediaman dari bupati dan para kerabatnya. Namun, sekarang sudah dijadikan sebagai objek wisata.

Disini kamu dapat menemukan beberapa benda sejarah yang dulunya ditemukan di daerah Sumedang. Terdapat beberapa bangunan yang ada di lokasi ini seperti Ruang Srimanganti, Ruang Bumi Kaler, Ruang Bumi Gendeng,  Gedung Gamelan, dan Gedung Pusaka Khusus.

6. Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi

Lokasi: Narimbang, Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Sumedangtandang.com

Disini, kamu akan menemukan air terjun yang airnya sangat segar dan di sekelilingnya banyak tanaman hijau. Destinasi wisata ini juga banyak didatangi oleh beberapa hewan seperti babi, kumbang, dan monyet.

Selain hewan-hewan tersebut, jika beruntung, kamu juga bisa melihat macan kumbang yang saat ini keberadaannya sudah hampir punah dan langka. Namun, kamu juga harus tetap waspada jika kebetulan saat berkunjung ke destinasi wisata ternyata ada macan kumbang disana.

7. Gunung Tampomas

Gunung Tampomas

Lokasi: Cibeureum Wetan, Cimalaka, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Superadventure.co.id

Bagi kamu yang suka mendaki gunung dan pecinta alam, mengunjungi Gunung Tampomas merupakan suatu hal yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke kabupaten Sumedang. Gunung Tampomas memiliki puncak gunung yang bernama Sangiang Taraje.

Jika berhasil mencapai puncak Sangiang Taraje, kamu dapat melihat pemandangan kabupaten Sumedang dari atas puncak. Terdapat beberapa kawah yang ada di sekitar puncak sehingga menambah keindahan alam.

8. Kebun Teh Margawindu

Kebun Teh Margawindu

Lokasi: Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Kebun teh ini menghadirkan pemandangan dan panorama alam berupa hamparan perbukitan teh yang luas dan hijau. Di belakang perbukitan teh tersebut juga terdapat gunung sehingga menambah keindahan.

Kebun Teh Margawindu terletak jauh dari keramaian kota dan jalan raya sehingga suasana yang dihadirkan cukup tenang. Cocok bagi kamu yang ingin menjernihkan pikiran dan menenangkan diri sebelum beraktivitas seperti biasanya.

9. Curug Sabuk

Curug Sabuk

Lokasi: Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Sumedangtandang.com

Selain Curug Ciputrawangi, ada juga destinasi wisata alam lain yang bernama Curug Sabuk. Bagi kamu yang suka menjelajah alam dan bermain tantangan, objek wisata ini sangat cocok untuk didatangi. Banyak pemandangan alam yang terlihat indah jika kamu berkunjung ke sana.

Terdapat empat curug di destinasi wisata Curug Sabuk. Setengahnya berukuran kecil, dan setengahnya lagi berukuran besar. Disini, kamu dapat menemukan spot foto yang cantik sehingga bisa menambah koleksi album. Namun, akses jalan untuk menuju lokasi cukup sulit dan tidak mudah.

10. Eco Green Park Kampung Karuhun

Eco Green Park Kampung Karuhun

Lokasi: Jl. Pagar Betis, Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Google Maps (Kampung Karuhun Sumedang)

Tempat Wisata di Sumedang ini sangat cocok dikunjungi bersama rombongan dan keluarga, terutama yang memiliki anak. Disini, kamu akan melihat banyak pemandangan alam dengan suasana yang santai dan alami. Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau sehingga banyak wisatawan yang berkunjung.

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa di mainkan dan di coba seperti sarana outbound, kolam renang, ATV Adventure, dan Camping ground. Selain itu, destinasi wisata ini juga dilengkapi rumah makan atau restoran sehingga tidak perlu takut untuk kelaparan selama bermain dan berada di sana.

11. Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa

Lokasi: Jl. Raya Serang No. 90, Galudra, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Google Maps (Cipta Suhud)

Wisata Air Gajah Depa merupakan salah satu wahana air yang cukup populer di Sumedang. Banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke tempat tersebut. Banyak wisatawan menyukai wahana Family Slide, berupa papan luncur yang bisa dinaiki 10 orang di lokasi tersebut.

Selain wahana Family Slide, ada juga beberapa wahana permainan lain yang tidak kalah serunya seperti Spill Buckjet, Handboat, Water Roller, Water Capsule, Water Ball, Trampolin, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu tidak akan merasa bosan jika berkunjung ke Wisata Air Gajah Depa.

12. Arung Jeram Pangcalikan

Arung Jeram Pangcalikan

Lokasi: Desa Citepok, Kec. Paseh, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Sumedangtandang.com

Jika kamu memiliki hobi berpetualang, maka mengunjungi Arung Jeram Pangcalikan menjadi alternatif yang bisa di coba. Kamu akan merasakan tantangan yang cukup berat jika mengunjungi destinasi wisata air ini karena arus sungai yang digunakan untuk olahraga air ini cukup deras dan kuat.

Kamu akan mendapat pengalaman yang tidak terlupakan saat mengunjungi tempat wisata ini. Pesona alam yang di hadirkan di Arung Jeram Pangcalikan juga sangat bagus dan alami sehingga kamu bisa menikmati keindahan tersebut sambil menikmati kesegaran air sungai yang ada di sana.

13. Mata Air Sirah Cipelang

Mata Air Sirah Cipelang

Lokasi: Cipamekar, Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Blog.reservasi.com

Mata Air Sirah Cipelang merupakan salah satu sumber air yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Sumedang. Apalagi baru-baru ini destinasi wisata tersebut viral di sosial media sehingga banyak wisatawan yang penasaran dan berkunjung ke sana.

Kamu akan menemukan panorama alam yang sangat indah dan sejuk karena disini banyak sekali pepohonan yang ada di sekitar Mata Air Sirah Cipelang.

14. Gunung Kunci

Gunung Kunci

Lokasi: Kotakulon, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Pendakiampas.blogspot.com

Merupakan sebuah bukit kecil yang terletak dekat dengan alun-alun kota. Termasuk salah satu objek wisata sejarah berupa benteng yang dibangun pada masa Belanda.

Mengunjungi destinasi ini juga akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kamu tentang sejarah yang ada di Indonesia.

15. Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak

Lokasi: Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. – Image Credit by Google Maps (MAUNG 24)

Untuk bisa mencapai destinasi wisata ini, kamu perlu melakukan perjalanan yang cukup menantang karena medannya yang cukup menanjak dan memiliki tikungan yang cukup tajam.

Namun, panorama alam yang dihadirkan di sana dapat membayar rasa letih selama perjalanan sehingga kamu akan merasa puas di sana. Kamu juga dapat melakukan aktivitas seperti camping dan memancing ketika berada di sana.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Sumedang yang bisa dijadikan bahan referensi sebelum melakukan perjalanan liburan ke kota tersebut. Pilih destinasi terbaik untuk liburan yang berkualitas bersama keluarga maupun sahabat.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak