16 Tempat Wisata di Ubud (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Ubud Bali

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara akan keindahan pariwisatanya. Salah satu lokasi yang menjadi incaran para wisatawan yakni Ubud. Kota ini memiliki banyak sekali objek wisata dan berbagai pilihan aktivitas liburan seru.

Terkenal dengan keindahan pantai dan kebudayaan yang menakjubkan membuat Ubud menjadi destinasi impian untuk berlibur. Setiap tahun, kota ini selalu ramai dikunjungi turis baik lokal maupun mancanegara.

Salah satu kota yang populer di Bali ini memang menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata yang seru selain pantai. Berkunjung ke Ubud akan meninggalkan pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan. Berikut ulasan daftar tempat wisata di Ubud (Bali) yang lagi hits dikunjungi wisatawan.

1. Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung

Lokasi: Jl. Raya Ubud, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kintamani.id

Destinasi pertama yang cocok bagi para pecinta alam dan cukup menantang adrenalin, ialah arung jeram. Arung Jeram di Sungai Ayung ini merupakan tempat wisata arung jeram yang paling terkenal di Bali. Meski cukup menantang adrenalin, wisata ini juga termasuk aman bagi para pemula atau yang belum pernah mencoba arung jeram.

Saat berarung jeram, Anda akan disuguhi panorama yang indah di kanan dan kiri sungai. Pepohonan di atas bukit yang menyejukkan mata, hamparan sawah berundak, serta ukiran relief Ramayana di tebing batu.

2. Goa Gajah

Goa Gajah

Lokasi: Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar. – Image Credit by Alayahotels.com

Destinasi wisata yang kedua adalah Goa Gajah. Goa ini berasal dari kata “Lwa Gajah” yang berarti wihara tempat pemujaan para Bhiksu umat Buddha. Goa hasil karya manusia ini dibuat sekitar pada abad ke-9.

Goa Gajah ini berbentuk wajah setan dengan mulutnya yang menjadi pintu. Di samping pintu tersebut terdapat dua buah patung yang seolah menjadi penjaga goa tersebut. Sementara di depannya terdapat pemandian yang masih digunakan.

3. Museum Neka Ubud

Museum Neka Ubud

Lokasi: Jl. Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Indonesiaimpressiontour.com

Museum Neka Ubud merupakan salah satu dari banyaknya museum kesenian dan budaya yang terkenal di Ubud. Museum bangunannya mengadaptasi konsep bangunan tradisional Bali, akan tetapi di dalamnya telah menggunakan fasilitas museum yang modern.

BACA:  15 Tempat Wisata di Badung (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Museum yang satu ini memiliki koleksi utama berupa lukisan Tari Barong & Rangda karya Affandi. Selain itu, museum ini juga memiliki berbagai koleksi seni yang akan menimbulkan decak kagum.

4. Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Boardingcallblog.com

Jika Anda berkunjung ke Bali, Monkey Forest Ubud merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Tempat yang merupakan kawasan hutan lindung ini memiliki nama asli Mandala Wisata Menara Wana.

Bagi masyarakat Bali, tempat ini dianggap sebagai tempat yang sangat sakral. Sebabnya, di dalam kawasan hutan ini terdapat pura sakral umat Hindu. Di samping itu, Monkey Forest ini menawarkan udara yang sangat sejuk dan terbebas dari polusi. Dan tentu saja ribuan monyet lepas yang menjadi hiburan tersendiri.

5. Sawah Terasering Tegalalang

Sawah Terasering Tegalalang

Lokasi: Tegalalang Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Pinterest.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Sawah Terasering Tegalang. Desa Tegalang memiliki hamparan persawahan luas yang hijau dan bertingkat-tingkat. Hal itulah yang kemudian menjadi daya tarik para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke sana.

Panorama alam khas pedesaan Bali dalam balutan persawahan terasering hijau dan terhampar luas membuat siapa pun yang melihat terpesona. Lokasi ini menjadi tempat favorit bagi para penggemar fotografi.

6. Pura Dalem Agung Padangtegal

Pura Dalem Agung Padangtegal

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Flickr.com @Max

Pura ini telah dibangun sekitar abad ke 14 ketika Ubud masih dikuasai oleh dinasti Pejeng. Pura Dalem Agung Padangtegal ini diperuntukkan sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa.

Di pura ini masyarakat Hindu Bali sering mengadakan upacara keagamaan. Untuk itu, jika berkunjung perlu diperhatikan sopan santun atas kesakralan tempat ini.

7. Museum Antonio Blanco Ubud

Museum Antonio Blanco Ubud

Lokasi: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Honairesort.com

Museum ini merupakan museum kesekian yang berada di Ubud. Antonio Blanco merupakan salah satu nama seniman ternama di Bali. Museum Antonio Blanco Renaissance Ubud ini menampilkan beragam karya dari sang Maestro.

BACA:  39 Tempat Wisata di Bali Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Banyak wisatawan mancanegara yang senang untuk berkunjung ke museum ini. Di samping itu, fasilitas di museum ini cukup lengkap, mulai dari art shop, restoran, toilet dan ruang santai.

8. La View Restaurant

La View Restaurant

Lokasi: Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Thebalibible.com

Berkunjung liburan ke Ubud belum lengkap rasanya jika tidak menikmati makan malam romantis bersama pasangan sembari menikmati keindahan panorama Bali. Rekomendasi yang tepat untuk makan malam ini adalah La View Restaurant.

Selain makan malam yang lezat dan menggugah selera, tempat ini sekaligus menawarkan pemandangan romantis khas Bali. Menikmati makan malam ditemani deretan nyala lilin dan taburan bunga  yang berwarna-warni, juga view menakjubkan dari aliran sungai Ayung.

9. Candi Gunung Kawi Ubud

Candi Gunung Kawi Ubud

Lokasi: Banjar Penaka, Tampaksiring, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar. -Image Credit by Thebalibible.com

Tempat wisata berikutnya adalah Candi Gunung Kawi Ubud. Situs candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-11 di masa pemerintahan Raden Udayana.

Situs candi yang berada di kawasan Gunung Kawi ini dipisahkan oleh aliran Sungai Pakerisan, sehingga antar kelompok candi terlihat saling berhadapan. Candi-candi ini berupa relief batu yang dipahat pada tebing tinggi di tepi sungai.

10. Desa Nyuh Kuning

Desa Nyuh Kuning

Lokasi: Jl. Raya Nyuh Kuning, MAS, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kintamani.id

Jika Anda ingin merasakan liburan sekaligus mengenal kehidupan dan kebudayaan Bali secara langsung, Desa Nyuh Kuning menjadi jawaban yang tepat. Di desa ini, suasana budaya tradisionalnya masih sangat kental. Pun belum banyak tersentuh modernisasi.

Untuk bisa merasakan kehidupan desa Ubud dengan suasana kebudayaannya yang masih kental, Anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk. Yang semakin membuat betah tinggal di desa ini adalah suasana udaranya yang masih sejuk.

BACA:  12 Tempat Wisata di Jembrana (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

11. Museum dan Galeri Seni Rudana Ubud

Museum dan Galeri Seni Rudana Ubud

Lokasi: Jl. Peliatan, Ubud, Peliatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Obyekwisataterlengkap.blogspot.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Museum dan Galeri Seni Rudana Ubud. Museum ini didirikan pada 11 Agustus 1995 dan dimiliki oleh seniman sekaligus kolektor seni, Nyoman Rudana. Berdiri sejak 25 tahun lalu, Museum ini menawarkan beragam koleksi dari seniman ternama di dunia.

Karya seniman Wayan Bendi, Made Wianta, I Gusti Nyoman Lempad, I Gusti Ketut Kobot, dan seniman-seniman Bali lain terpajang di sini. Selain itu, banyak juga seniman luar negeri yang karyanya dipamerkan di museum ini.

12. Desa Junjungan

Desa Junjungan

Lokasi: Banjar Junjungan, Kec. Singakerta, Kab. Gianyar. – Image Credit by Tatabejana.com

Desa lain yang bisa dikunjungi di Ubud ialah Desa Junjungan. Desa ini terkenal dengan pertunjukkan tari tradisionalnya. Pertunjukkan tari Kecak berlangsung setiap hari Senin pukul 19.00 WITA.

Tarian itu ditampilkan oleh sekitar 60 pria berpakaian sarung khas Bali sambil menyanyikan lagu yang menegangkan. Sementara penarinya yang berada di tengah menampilkan tarian kisah Ramayana.

13. Bali Bird & Reptile Park

Bali Bird & Reptile Park

Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. – Image Credit by Wandernesia.com

Berikutnya, di Ubud mempunyai Bali Bird & Reptile Park. Sebuah taman berbagai burung serta hewan-hewan reptil. Tempat ini menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Taman dengan luas sekitar 2 hektar ini memiliki jumlah koleksi yang berjumlah sekitar 250 jenis burung yang berasal dari Indonesia maupun dari mancanegara, seperti Amerika Selatan dan Afrika. Selain itu juga terdapat berbagai hewan reptil dan berbagai jenis tanaman tropis.

14. Pura Tirta Empul Tampak Siring

Pura Tirta Empul Tampak Siring

Lokasi: Jl. Tirta, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kintamani.id

Objek wisata di Ubud selanjutnya adalah Pura Tirta Empul Tampak Siring. Tempat ini terletak pada area sumber mata air alami yang kemudian dialirkan ke bagian luar pura yang berupa pancoran air. Air dari pancoran ini begitu segar, jernih, dan sejuk.

Bangunan ini merupakan salah satu kuil yang paling suci di Bali. Masyarakat Bali datang ke tempat ini untuk mandi dan membersihkan diri baik secara fisik maupun secara rohani.

15. Pura Kehen

Pura Kehen

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.8, Cempaga, Kec. Bangli, Kab. Bangli. – Image Credit by Wikipedia.org

Tempat wisata selanjutnya adalah Pura Kehen. Pura ini merupakan salah satu candi peninggalan Bali pada masa lampau. Pura Kehen diperkirakan dibangun pada sekitar tahun 1206 dengan memiliki meru 11 tingkatan pada bangunannya.

Pura Kehen disebut sebagai candi yang paling menarik di Bali. Pura Kehen memiliki bentuk bangunan yang indah serta ukirannya begitu rumit namun cantik. Pura ini sangat menyenangkan untuk dinikmati karena pengunjungnya yang tidak terlalu banyak.

16. Puri Saren Agung Ubud

Puri Saren Agung Ubud

Lokasi: Jl. Raya Ubud No.8, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Flickr.com @Jochen Hertweck

Terakhir, terdapat Puri Saren Agung yang merupakan sebuah istana dan menjadi titik pusat kunjungan wisata di Ubud. Istana ini masih mempertahankan bentuk bangunan awal serta arsitektur utamanya.

Hal itu dilakukan untuk menjaga nilai kearifan lokal yang tinggi dari tempat tersebut. Di depan puri ini terdapat pendopo yang menjadi ajang pertunjukkan seni.

Itulah 16 rekomendasi tempat wisata di Ubud yang akan meninggalkan pengalaman mengesankan. Pesona alam dan kebudayaan tradisional Bali yang masih dijaga kelestariannya membuat pesona Ubud dan Bali tidak pernah pudar.