20 Tempat Wisata Anak dan Keluarga di Bogor yang Populer

20 Tempat Wisata Anak dan Keluarga di Bogor yang Populer

Inilah List Tempat Wisata Anak dan Keluarga Hits di Bogor, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Edukasi dan Populer yang Menarik untuk Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan Bersama Orang Tercinta.

 Ketika hari libur tiba, salah satu aktivitas yang tidak boleh lupa untuk diagendakan adalah berwisata. Apalagi untuk anak-anak yang masih dalam masa perkembangan pasti suka akan hal yang baru. Berbicara mengenai tempat wisata, Bogor punya berbagai destinasi wisata anak dan keluarga yang menarik.

Kota yang dijuluki sebagai Kota Hujan ini berhasil menyihir para wisatawan untuk datang. Pasalnya ada banyak sekali lokasi wisata mulai dari pegunungan, pantai, taman bermain anak, maupun air terjun yang begitu indah. Berlibur bersama anak memang menyenangkan. Apalagi jika Anda memiliki tujuan wisata yang tidak hanya bermain tapi juga mengedukasi.

Untuk Anda yang penasaran apa saja wisata yang ada di Bogor. Sebaiknya mencari referensi mulai dari sekarang. Agar ketika liburan tiba, Anda dan keluarga hanya tinggal mempersiapkan barang bawaan. Berbagai tempat wisata keluarga di Bogor berikut ini mungkin menarik untuk Anda kunjungi.

1. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park

Image Credit: Google Maps (Subrin Mukhlisi)

Wisata Bogor selanjutnya bertema outdoor yang menyuguhkan berbagai macam permainan menarik. Tentu saja Jungleland Adventure Theme Park in juga memiliki spot petualangan yang menarik.

Bahkan katanya Theme Park yang satu ini sudah bertaraf internasional. Bagaimana tidak, fasilitasnya sudah lengkap dan menjadi themepark terbesar yang ada di Indonesia. Selain itu untuk desain tempatnya pun juga dibuat menarik. Totalnya wahana yang ada di Jungleland Adventure Theme Park sekitar 30 unit.

Harga Tiket: Rp 165.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

2. Taman Safari

Taman Safari

Image Credit: Google Maps (Cep Budhi Darma)

Ingin mengajak anak berwisata edukasi mengenal berbagai jenis binatang? Taman Safari Bogor adalah tempat yang recommended. Di sini keluarga dapat mengamati berbagai jenis hewan. Bahkan jumlahnya lebih dari 2000 jenis. Di Indonesia itu merupakan jumlah yang cukup fantastis untuk seukuran taman safari.

Sehingga Anda dan keluarga dapat berfoto dengan berbagai jenis hewan. Pengunjung juga diperkenankan untuk membantu memberi makan satwa yang ada di sana. Tidak heran Taman Safari yang satu ini dikatakan sebagai kebun binatang terbaik di Indonesia.

Harga Tiket: Rp 160.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

3. The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure

Image Credit: Google Maps (Waliyanti Widayat)

Bosan menghabiskan liburan di rumah saja? The Jungle Water Adventure bisa menjadi tempat asik dengan kolam renang yang unik. Kolamnya bisa dibilang berukuran cukup luas. Selain itu ada berbagai wahan air yang bisa dicoba, salah satunya adalah seluncur yang tingginya mencapai 8 meter.

Meski termasuk sebagai wahana air, The Jungle Water Park juga memiliki spot unik lainnya. Di antaranya adalah pertunjukan sinema 4D dan taman burung. Di taman burung Anda dan keluarga dapat menyaksikan berbagai jenis burung yang termasuk langka.

Harga Tiket: Rp 45.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

4. Kebun Raya Bogor dan Museum Zoology

Kebun Raya Bogor dan Museum Zoology

Image Credit: Google Maps (Miss Up Rain)

Berbicara mengenai wisata Bogor memang tidak ada habisnya. Kini di Kota Hujan terdapat lokasi menarik yaitu tempat bertumbuhnya berbagai macam jenis pohon. Bagaimana tidak, Kebun Raya Bogor adalah destinasi wisata yang dibuat di atas tanah seluas 87 hektar. Dengan luas tersebut tidak heran kebun raya yang satu ini menjadi sangat populer.

BACA:  40 Tempat Wisata di Bogor Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain belajar mengenai aneka tumbuhan yang ada, di sini juga terdapat Museum Zoologi. Fasilitas yang ada di KRB juga cukup memadai. Hal ini dibuktikan dengan adanya restoran untuk perut yang keroncongan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.9, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

5. Rumah Air

Rumah Air

Image Credit: Google Maps (Rizaldi Sasmita)

Masih dengan wisata Bogor Rumah Air. Seperti namanya, destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan tempat main yang tidak biasa. Sebenarnya Rumah Air ini berada tepat di kaki Gunung Salak. Ketika berkunjung ke Rumah Air, Anda dan keluarga dapat menikmati total 9 permainan yang berbeda.

Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak sangat suka jika diajak bermain air. Untuk itu tidak ada salahnya Anda mengajak mereka ke sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

6. Taman Topi

Taman Topi

Image Credit: Google Maps (Chipud_22)

Bogor memang tidak berhenti menunjukkan keunikannya dalam hal pariwisata. Dengan harga yang cukup murah Anda sudah bisa menaiki berbagai wahana yang ada di sini. Selain itu anak-anak juga pasti suka jika dapat melihat ikan mas yang ada di sana.

Taman Topi sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Bahkan ketika libur panjang tiba, Taman Topi mampu menampung 2000 pengunjung.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Dramaga – Bogor, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

7. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Image Credit: Google Maps (Darry Tamara)

Anda pernah mendengar destinasi di Bogor yang satu ini? Pasalnya di sinilah tempat wisata lengkap yang pasti akan mengesankan untuk liburan tahun ini. Taman Wisata Matahari menyuguhkan berbagai wahana permainan.

Beberapa di antaranya adalah kolam renang, mini boat, arena bermain anak, wahana air, dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang penasaran langsung saja ke Taman Wisata Matahari Bogor.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM.77, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

8. Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure

Image Credit: Google Maps (Mamanu 0411)

Wisata Bogor selanjutnya adalah Marcopolo Water Adventure. Di mana bisa menjadi tempat yang tepat untuk ANda dan keluarga berlibur. Tempat wisata yang satu ini dibangun luas dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati.

Kolamnya bisa dimasuki oleh siapapun sesuai dengan usia. Pasalnya di Marcopolo Water Adventure juga tersedia kolam untuk bayi. Anda pun dapat mandi di kolam air hangat maupun bermain di area outbond.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sholeh Iskandar, Cibadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

9. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Image Credit: Google Maps (Ruslani Ruslani)

Sekilas mendengar kata bidadari pasti yang muncul adalah kata indah. Iya, di sinilah Anda akan menemukan keindahan dari sebuah mata air yang mengalir menuruni tebing. Perlu Anda ketahui bahwa Air Terjun Bidadari merupakan air terjun dengan ketinggian 75 meter. Air yang mengalir menuruni tebingnya bersumber dari mata air di hutan lindung.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Bekasi yang Bikin Betah Nongkrong

Air Terjun Bidadari memiliki warna air yang unik. Selain itu, kolam air terjunnya pun melingkar indah dengan dua bebatuan besar di tengahnya.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

10. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul

Image Credit: Google Maps (Irwan Priono)

Wisata keluarga yang satu ini menyediakan area outbond yang pastinya menarik untuk dijelajahi. Bahkan ada kegiatan seperti melukis, membuat keramik dan membatik bisa menambah pengetahuan.

Jadi anak-anak tidak hanya berwisata tapi juga belajar teknik seni. Selain itu, Taman Budaya Sentul juga memiliki fun games dan area trekking.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

11. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Image Credit: Google Maps (Giri Kartono)

Anda dan keluarga penyuka buah? Segera kunjungi taman buah terbesar di Indonesia yang berdiri di atas tanah seluas 264 Ha. Di sinilah tempat tumbuhnya berbagai buah yang jumlahnya lebih dari 1000 varietas.

Di sini Anda juga akan belajar bagaimana cara untuk mengelola tumbuhan. Tidak hanya melihat berbagai buah yang tumbuh lebat, anak-anak pun dapat bermain di area outbond.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cileungsi -Jonggol, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

12. Melrimba Garden

Melrimba Garden

Image Credit: Google Maps (Soeanto)

Melrimba garden adalah tempat tanaman hias dibudidayakan. Di sinilah Anda akan menemukan kealamian sebuah tempat wisata yang letaknya berada di puncak.

Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah penginapan, area outbond, pesona kebun teh, dan wahana bermain anak. Terdapat pula kebun buah yang bisa dipetik secara langsung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM 87, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

13. Eco Art Park Sentul

Eco Art Park Sentul

Image Credit: Google Maps (Iswanto Sapari)

Mengusung tema dari berbagai ilmu pengetahuan, Eco Art Park Sentul memiliki wisata edukasi yang menarik. Di sinilah anak-anak dapat belajar mengenai banyak hal. Mulai dari pengetahuan alam, budaya, dan wisata kuliner.

Proses belajar yang ada di Eco Art Park Sentul dibuat semenarik mungkin. Sehingga anak-anak pun akan menikmati kunjungan mereka di sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cipambuan, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

14. Penangkaran Rusa Cariu dan Saung Bagus

Penangkaran Rusa Cariu dan Saung Bagus

Image Credit: Google Maps (Harry Mahardika)

Ingin mengenalkan anak akan berbagai binatang yang ada di dunia? Pergi saja ke penangkaran Rusa Cariu dan Saung Bagus. Rusa yang ada di sini dibuat berkeliaran tanpa pagar pembatas juga tali yang melilitnya. Rusanya pun sudah jinak sehingga aman untuk pengunjung yang ingin berinteraksi secara langsung.

BACA:  Cikao Park Purwakarta, Destinasi Wisata Keluarga Favorit

Lokasinya berada di Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor. Penangkaran Rusa Cariu juga memiliki pawang khusus yang bertugas untuk melakukan pengawasan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat.

15. SKI Katulampa

SKI Katulampa

Image Credit: Google Maps (Rkarlts)

Pergi berlibur untuk menyenangkan anak sekaligus berbelanja memang menarik untuk dilakukan. Salah satu tempat di Bogor yang lengkap mulai dari tempat perbelanjaan, area bermain, hingga wisata kuliner adalah SKI Katulampa.

Tempat wisata yang satu ini dibangun epic dengan dikelilingi oleh jajaran pohon palem. Tersedia tempat bermain anak yang pastinya menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Katulampa Raya No.6, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

16. Kebun Wisata Pasir Mukti

Kebun Wisata Pasir Mukti

Image Credit: Google Maps (Iwan Cilibur)

Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja. Kunjungi Kebun WIsata Pasirmukti Bogor yang berada di kawasan Citaerup. Tidak seperti wisata lainnya, Kebun Wisata Pasir Mukti memang mengusung tema anak-anak.

Oleh karenanya, berbagai kegiatan yang bisa dilakukan juga ada banyak sekali. Mulai dari memancing, membajak sawah dengan cara tradisional, hingga bermain lumpur.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasir Mukti, Kec. Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

17. Rumah Abia

Rumah Abia

Image Credit: Facebook.com @riani.hapsari.5

Jika Anda sedang mencari tempat liburan mengedukasi untuk anak, maka Rumah Abia bisa jadi rekomendasi yang tepat. Di sini anak ANda akan belajar tentang seni dan teknik pembuatannya.

Menjadi tempat untuk membuat berbagai jenis mainan kayu, Rumah Abia akan menunjukkan bagaimana cara mainan itu dibuat. Terdapat pula bioskop mini untuk menonton film. Selain itu, pulang dari Rumah Abia Anda bisa membawa souvenir cantik untuk hiasan meja belajar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. K.H. Moch Toha 13, Bendungan, Kec. Ciawi, Bogor,Jawa Barat.

18. Cibalung Happy Land

Cibalung Happy Land

Image Credit: Google Maps (Cibalung Happy Land)

Cibalung Happy Land menyediakan fasilitas aerowisata yang menarik untuk dikunjungi. Di sini Anda dan keluarga akan belajar mengenai tata cara petani bekerja.

Jadi, anak-anak akan diajak untuk menanam mulai dari proses pembibitan, membajak sawah, sampai pada memanen sayuran sendiri. Sehingga mereka pun akan terasah pola pikirnya.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cihideung, Kp, Cibalung, Kec. Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

19. Kampung WIsata Cinangneng

Kampung WIsata Cinangneng

Image Credit: Google Maps (Mei Suprianto)

Bogor memang menjadi sarang tempat berbagai macam wisata anak berada. Kota ini pun memiliki desa wisata Cinangneng yang berada di Cihideung Udik, Ciampea, Bogor. Di tempat inilah Anda dapat belajar mengenai berbagai kesenian Sunda.

Mulai dari bermain angklung, menanam padi, belajar memainkan alat permainan yang ada di desa, juga menyanyi lagu Sunda. Bahkan anak-anak pun akan diajak berkreasi dengan membuat wayang yang berasal dari daun singkong. Untuk yang suka memasak, Desa Wisata Cinangneng memiliki area pembuatan kue putu yang bisa dipelajari.

Harga Tiket: Rp 12.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Bogor, Jawa Barat.

20. Agripark Taman Kencana

Agripark Taman Kencana

Image Credit: Google Maps (Aga Nugra)

Tertarik untuk mengenalkan anak tentang dunia pertanian? Agripark Taman Kencana adalah tempat yang tepat. Di sini Anda akan belajar mengenai dunia pertanian dengan cara yang menyenangkan.

Bahkan terdapat pula rumah sapi perah, sehingga anak-anak bisa langsung memerah susu sapi mereka sendiri. Setelah melakukan proses memerah, Anda dan keluarga bisa melihat proses pembuatan yogurt di rumah yogurt.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Itulah rekomendasi tempat wisata anak dan keluarga di Bogor yang memang menarik untuk dikunjungi. Jadi, selain berwisata anak juga mendapatkan ilmu tambahan. Ini pun dilakukan untuk mengasah kognitif dan fisik motoric anak.