Inilah Pilihan Tempat Wisata Anak dan Keluarga Hits di Jogja. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Populer yang Menarik untuk Anda Kunjungi Saat Berlibur ke Yogyakarta Bersama Orang Tercinta.

Jogja memang daerah yang sangat istimewa. Bahkan keistimewaan daerah ini diabadikan kedalam sebuah lagu, banyak hal yang membuat tempat ini menjadi istimewa. Salah satu yang membuat jogja menjadi istimewa adalah tempat ini dikenal sebagai kota pelajar. Banyak sekali mahasiswa atau pelajar dari berbagai macam daerah yang menimba ilmu di tempat ini.

Namun bukan hanya itu saja. Daerah yang istimewa ini memiliki banyak sekali keunikan, serta ciri khas yang membuat pengunjung merasa nyaman ketika berlibur. Mulai dari masyarakat yang ramah, tempat-tempat wisata yang menarik dan cocok untuk semua kalangan serta budaya yang masih sangat terjaga. Selain memiliki objek wisata alam, Jogja juga memiliki wisata rekreasi yang sangat cocok untuk keluarga.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, ingin mencari daerah dengan objek wisatanya yang ramah serta beredukasi kepada anak-anak Anda Jogja merupakan daerah yang sangat tepat. Tidak hanya untuk berlibur dan bermain, di tempat ini banyak sekali tempat-tempat wisata edukasi yang sangat cocok untuk keluarga Anda. Penasaran dimana saja ini? Berikut deretan tempat wisata anak di Jogja yang menarik Anda kunjungi.

1. Ice Cream World Jogja

Ice Cream World
Image Credit: Traveloka.com

Anak-anak memang menyukai makanan dengan rasa yang manis, contoh es krim. Bila berkunjung ke Jogja bersama keluarga cobalah berkunjung ke objek wisata yang sangat unik ini. Ice Cream World Jogja merupakan salah satu tempat yang memiliki dekorasi yang sangat unik, disni Anda akan menjumpai benda-benda berbentuk makanan dengan ukuran yang sangat besar.

Anda bisa menikmati satu cup es krim bersama keluarga, serta berkeliling melihat benda-benda seperti kursi namun dekorasi menyerupai es krim dan makan lainnya. Disini pengunjung juga diperbolehkan untuk mengambil gambar dengan pose-pose menarik. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Solo KM.11 NO.31, Cupuwatu I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Taman Pintar

Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Hendra Firmadi)

Bila sedang berlibur atau berwisata biasanya dihabiskan dengan bermain atau bersenang-senang, beda lagi cerotanya jika berkunjung ke Objek wisata ini. Taman Pintar merupakan salah satu objek wisata edukasi yang ada di Jogja. Lokasi tempat ini sangat strategis, berada di tengah-tengah kota jogaj dan dekat dengan beberapa objek wisata lainnya.

Jika Anda memiliki rencana study tour bersama murid-murid sekolah atau berlibur bersama keluarga ke Jogja, tempat ini sangat disarankan. Kenapa bisa begitu? Karena tempat ini didesain khusus untuk menarik rasa ingin tahu anak dengan wahana yang sudah disediakan. Hiburan di tempat ini juga tidak monoton sehingga anak-anak tidak akan cepat merasa bosan.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Lembah Rubuh

Lembah Rubuh
Image Credit: Facebook.com @treeznee.treeznee

Jika mendengar nama dari objek wisata ini mungkin Anda akan berfikir dua kali untuk datang berkunjung. Bagaimana tidak nama dari tempat ini sangatlah unik yakni Lembah Rubuh. Namun, siapa sangka dengan nama yang unik tersebut terdapat keindahan alam yang sangat memukau dan sangat cocok dijadikan tempat bersantai.

Fasilitas di tempat ini juga sudah lengkap. Terdapat bangunan dengan bentuk sangkar yang sangat besar berada di pinggiran sungai yang bisa Anda gunakan bersama keluarga untuk bersantai. Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat setelah capek berkeliling jogja, pemandangan yang indah serta suasana yang tenang dapat membuat Anda merasa nyaman.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Teddy Bear World Jogja

Teddy Bear World Jogja
Image Credit: Google Maps (Suryo Nugroho)

Anak-anak memang sangat menyukai boneka, terutama anak perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga menyukai boneka khususnya boneka Teddy Bear. Tapi apakah Anda pernah melihat bonek dengan ukuran seperti orang dewasa?, di Teddy Bear World Jogja pengunjung dapat melihat, memegang, memeluk serta mengambil gambar dengan boneka ini.

Bayangkan saja, boneka Teddy Bear yang ukurannya kecil saja sudah sangat menggemaskan apalagi bila memiliki ukuran seperti orang dewasa. Jika Anda membawa anak-anak atau saudara perempuan Anda kesini, mereka pasti akan sangat senang. Karena melihat serta memeluk boneka Teddy Bear yang super besar adalah pengalaman yang langka.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ringroad Barat No.27 Bedog, Trihanggo, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Salah satu objek wisata yang dimiliki jogja adalah Keraton Yogyakarta. Tempat wisata ini memiliki banyak sejarah, nilai budaya serta mampu menggambarkan keistimewaan yang dimiliki oleh daerah ini. Bagi Anda yang ingin memperkenalkan budaya daerah Jogja kepada anak dan keluarga Anda, tempat ini sangatlah cocok.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rotowijayan No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

6. KidsFun Parc Yogyakarta

KidsFun Parc Yogyakarta
Image Credit: Google Maps (Kids Fun Park)

Berbeda dengan orang dewasa yang lebih memilih tujuan berlibur ke tempat-tempat dengan pemandangan yang indah, anak-anak cenderung lebih memilih berlibur ke taman bermain. Di Jogja juga terdapat Taman bermain yang sangat disarankan bagi Anda yang ingin membahagiakan keluarga serta anak-anak Anda.

KidsFun Parc Yogyakarta merupakan tempat wisata yang sangat cocok bagi anak-anak. Tempat ini memiliki wahana permainan yang dikhususkan untuk anak-anak, sehingga sangat aman. Orang tua tidak perlu khawatir karena penjaga dan petugas disini sudah sangat ahli dalam mengawasi serta memberikan arahan kepada anak-anak saat bermain.

Harga Tiket: Rp 69.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wonosari No.KM 10, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka
Image Credit: Facebook.com @kotajogjacom

Tempat wisata untuk keluarga selanjutnya yang ada di Jogja adalah Kebun Binatang Gembila Loka. Tempat ini memang sudah menjadi tempat berlibur pavorit bagi keluarga-keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama anak. Selain menyenangkan berlibur ke kebun binatang juga sangat mengasikan terutama bagi anak-anak.

Di tempat ini pengunjung bisa melihat hewan-hewan, memberi makan, bahkan memegangnya. Selain seru ini juga bisa menambah wawasan anak-anak Anda. Menghabiskan waktu bersama buah hati memang sangat penting untuk pertumbuhannya, dengan membawa anak Anda kesini akan memberikan sebuah kesenangan yang tak ternilai.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

8. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Image Credit:Google Maps (Rizal)

Tempat wisata unik selanjutnya adalah The Lost World Castle. Salah satu tempat wisata dengan desain bangunan seperti kastil-kastil kerajaan dalam film yang sering ditonton. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi keluarga-keluarga yang sedang mencari tujuan wisata untuk menghabiskan waktu terbaik bersama keluarga.

Tempat ini memiliki daya tarik yang sangat khas. Dengan suasana ala kastil Eropa dengan bangunan-bangunan yang indah mampu memberikan kesan tersendiri. Selain itu juga terdapat beberapa permainan yang bisa dimainkan bersama keluarga Anda. Biaya untuk masuk kesini juga tidak terlalu mahal.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

9. Museum Dirgantara

Museum Dirgantara
Image Credit: Google Maps (Wanto Pujakesuma)

Wisata edukasi selanjutnya yang dapat dikunjungi ketika berlibur ke Jogja adalah Museum Dirgantara. Salah satu museum yang ada di jogja yang bisanya di kunjungi oleh siswa-siswi dari berbagai sekolah. Tempat ini memiliki daya tarik yang berbeda dari museum lainnya yang ada di Jogja, karena barang yang dipamerkan sangatlah unik.

Di Museum Dirgantara sebagian besar barang sejarah yang dipamerkan adalah senjata-senjata TNI, seragam TNI dan beberapa barang terkait pertahanan Negara. Membawa anak-anak berkunjung kesini akan memberikan pemahaman bagaimana cara mempertahankan Negara sehingga mampu menciptakan rasa cinta tanah air.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Upside Down World

Upside Down World
Image Credit: Google Maps (Herni Nata)

Dengan berkunjung ke Upside Down World yang ada di Jogja akan memberikan pengalaman liburan yang sangat menarik sekaligus menyenangkan bagi keluarga Anda. Tempat ini merupakan salah satu wisata terunik dan masih sangat jarang ada di daerah-daerah lain. Bagaimana tidak saat berkunjung kesini Anda dan keluarga akan dibuat merasakan sensasi dunia terbalik.

Dunia terbalik bukan berarti cowok sebagai cewek atau sebaliknya ya, melainkan posisinya yang terbalik. Bisanya Anda berjalan di lantai rumah namun di tempat ini Anda akan merasakan sensasi berjalan di langit-langit rumah dengan barang yang disusun normal. Pengalaman ini sangat menyenangkan bukan? Anda juga bisa mengabadikan momen ini dengan berfoto bersama.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

11. Candi Prambanan

Candi Prambanan, Jogja
Image Credit: Triptrus.com

Wisata sejarah memang sangat menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya sebagai hiburan tapi bisa juga dijadikan media pembelajaran. Biasanya anak-anak hanya bisa melihat dan mempelajari sejarah Candi Prambanan melalui buku dan video, tapi jika berkunjung ke Jogja Anda bisa membawa keluarga Anda berlibur ke tempat ini.

Melihat secara langsung bagaimana Candi Prambanan serta keindahan bangunan ini mampu memberikan pengalaman yang sangat menarik. Terutama bagi anak-anak, memiliki pengalaman pernah berkunjung ke Candi Prambanan akan selalu dikenang sampai mereka besar. Jadi sangat penting bagi orang tua memberikan kebahagiaan kepada Anak seperti ini.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

12. Perpustakaan Grhatama Pustaka

Perpustakaan Grhatama Pustaka
Image Credit: Twitter.com @infojogja

Sangat penting untuk orang tua mengajarkan anak-anak untuk membaca. Karena membaca sangatlah penting bagi pengetahuan mereka. Selain berlibur ke tempat wisata untuk bersenang-senang, membawa anak untuk berlibur ke tempat-tempat edukasi juga sangatlah penting. Di Jogja terdapat tempat yang biasa dijadikan tujuan study tour oleh beberapa sekolah.

Tempat tersebut bernama Perpustakaan Grhatama Pustaka. Perpustakaan ini memiliki konsep yang sangat berbeda dan mampu membuat anak-anak tidak merasa bosan. Tempat ini sudah menyediakan bioskop 6D yang ada di lantai dasarnya, sehingga pengunjung memiliki hiburan lain untuk beristirahat sejenak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Janti, Wonocatur, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

13. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali
Image Credit: Twitter.com @cassarudi

Salah satu objek wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh anak-anak atau pelajar yang sedang mempelajari sejarah Indonesia adalah Monumen Jogja Kembali.

Tempat wisata ini berbentuk museum yang memiliki koleksi-koleksi yang sangat menarik dalam pembelajaran sejarah Indonesia. Koleksi di tempat ini berupa benda- benda visual, audiovisual dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

14. Grand Puri Waterpark

Grand Puri Waterpark
Image Credit: Google Maps (Firman Alpelalawani)

Membawa anak dan keluarga untuk berlibur ke taman wisata air memanglah sangat menyenangkan. Anak-anak akan merasa sangat senang bila diajak berlibur ke tempat bermain,kolam renang dan berbagai taman bermain lainnya. Bila berkunjung ke Jogja sempatkanlah untuk berkunjung ke Grand Puri Waterpark, tempat ini memiliki banyak sekali wahana yang sangat menyenangkan.

Keluarga serta anak Anda akan merasakan keseruan bermain air di beberapa wahana yang sudah disediakan. Jangan khawatir tempat ini sudah memiliki petugas untuk mengawasi anak-anak serta pengunjung lain yang sedang bermain. Jadi tempat ini sangatlah aman sebagai tempat wisata keluarga.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parangtritis KM. 9,5, Gabusan, Balong, Timbulharjo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

15. Taman Pelangi

Taman Pelangi
Image Credit: Instagram.com @anjanisilviaaa

Menikmati malam kota Jogja yang istimewa bersama keluarga adalah kegiatan yang wajib dicoba. Tidak hanya siang hari, Jogja juga memiliki beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi ketik malam. Salah satunya adalah Taman Pelangi, tempat wisata yang memiliki keindahan ketika malam tiba.

Disini terdapat lampion-lampion warna warni yang begitu indah, serta banyak sekali pepohonan yang dihiasi dengan lampu sehingga membuat suasa malam di tempat ini begitu indah. Tempat ini juga menyediakan berbagai macam wahana yang bisa menjadi hiburan untuk Anak serta keluarga Anda, suasana yang indah dan wahana yang mengasikan akan memberikan kesan yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Bagaimana masih belum puas dengan tempat-tempat yang sudah direkomendasikan? Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang bisa Anda dan keluarga kunjungi. Agar rasa penasaran Anda terbayarkan, mengunjungi Jogja secara langsung adalah keputusan yang sangat tepat.