10 Wisata Kuliner di Lamongan yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Lamongan

Lamongan sebagai salah satu kota di pesisir pantai merupakan tempat yang tepat untuk bersantai sekaligus melakukan wisata kuliner. Karena berlokasi di dekat laut, beberapa menu masakan Lamongan memang memiliki ciri sebagai masakan seafood, namun tidak jarang ditemukan menu masakan lain yang menambah khazanah masakan nusantara.

Selanjutnya, apabila Anda hendak melakukan wisata ke Lamongan, jangan lupa untuk mencicipi beragam menu makanan khas disana. Harganya cukup terjangkau namun memberikan kepuasan wisata kuliner yang tidak bisa Anda temukan maupun bandingkan dengan kota lainnya.

Jika masih kebingungan, berikut merupakan 10 tempat untuk melakukan wisata kuliner di Lamongan. Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga sebagai tempat menikmati santap bersama untuk merekatkan kebersamaan, sekaligus memanjakan lidah Anda dengan makanan-makanan bercita rasa khas Lamongan.

1. Warung Soto Lamongan

Warung Soto Lamongan

Lokasi: Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Makanjogja.com

Rumah makan ini menyediakan salah satu kuliner makanan khas daerah Lamongan, yakni sotonya yang terkenal karena rasanya yang gurih dan penuh rempah. Terdapat beberapa tempat yang memiliki soto Lamongan sebagai makanan yang paling sering dibeli oleh pelanggan.

Harganya cukup terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan menghabiskan dana wisata Anda hanya untuk menikmati makanan khas ini. beberapa rumah makan menawarkan harga yang kompetitif untuk meningkatkan persaingan. Selain itu, masakan ini bisa Anda dapatkan baik sebagai sarapan pagi, makan siang  hingga makan malam.

2. Nasi Baronan Lamongan

Nasi Baronan Lamongan

Lokasi: Jl. DR. Wahidin, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Indonesia.go.id

Satu paket nasi ini berisi nasi, urap, tauge, rempeyek, lalapan serta empuk yang dimakan dengan alas daun pisang. Empuk merupakan gorengan yang terbuat dari campuran gaplek, tepung beras dan terigu yang kemudian digoreng dan ditambahkan dengan daun bawang.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba

Sebagai tambahan varian, pembeli bisa mendapatkan lauk tahu, tempe dan telur goreng, sampai ayam goreng hingga bakar. Harga nasi ini cukup terjangkau dan mudah di dapatkan di sepanjnag jalan Lamongan.

3. Asem Bandeng Cak Takim

Asem Bandeng Cak Takim

Lokasi: Jl. Muhammad Duryat No.12, Sawah, Sidoharjo, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Wisatadanhotelmurah.com

Masakan ini memiliki rasa pedas-asam-manis yang menggugah selera. Bahan dasarnya adalah bandeng yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah untuk kemudian menghasilkan kuah yang lengkap, kental dan gurih. Sehingga membuat pelanggan yang sering menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Yang menjadi ciri khas asem banding milik Cak Takim adalah rasanya yang khas dengan ikan bandeng yang empuk. Harga satu porsi asem bandeng ini cukup murah. Sebagai tambahan, Anda  bisa menikmati satu porsinya bersamaan dengan sepiring nasi yang hangat.

4. Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan

Lokasi: Jl. Kyai H. Hasyim Ashari, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tahu campur memang tersedia di beberapa wilayah di Indonesia, namun di Lamongan terdapat satu resep tahu campur yang memiliki rasa unik, sehingga selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Ada beberapa rumah makan yang menyediakan tahu campur sebagai menunya, pilihlah yang paling dekat dengan lokasi Anda.

Satu porsi tahu campur dihargai dengan cukup murah. Di dalamnya Anda bisa mendapatkan satu paket tahu campur yang berisi lontong, selada air, tauge, mie kerupuk udang hingga daging. Jangan lupakan tahu serta sambal kacangnya, ya.

5. Bandeng Colo Lamongan

Bandeng Colo Lamongan

Lokasi: Jl. Kombespol, Sawah, Sidoharjo, Kec. Lamongan, Kab.Lamongan. – Image Credit by Ksmtour.com

Sebagai salah satu penghasil ikan tawar terbesar diantara daerah-daerah lainnya di Jawa Timur, Lamongan merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak olahan makanan yang berbahan baku dari ikan, salah satunya adalah bandeng colo Lamongan. Seperti namanya, olahan ini menggunakan bandeng sebagai masakan utama.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Enak & Wajib Anda Coba

Dengan resep khusus yang dimiliki oleh penjual, bau amis dan tanah yang melekat pada bandeng bisa tersamarkan. Selain itu, tekstur bandengnya yang empuk menjadi salah satu nilai lebih pada rumah makan ini.

6. Warung Kaliotik

Warung Kaliotik

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.27, Dapur Barat, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Celotehdinihari.com

Warung ini cukup terkenal bagi Anda yang sering mengunjungi Lamongan. Menyediakan berbagai paket makan siang, sarapan pagi hingga makan malam. Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari makanan khas Lamongan hingga makanan Nusantara pada umumnya.

Nilai plus lain dari tempat ini adalah lokasinya yang strategis, sehingga mudah di jangkau oleh masyarakat. Bahkan ruangannya cukup bersih dan luas. Ini akan membuat pembeli merasa nyaman dan diperhatikan. Sistem yang digunakan oleh warung ini adalah prasmanan, sehingga pengunjung diperbolehkan untuk mengambil sendiri makanannya.

7. Pecel Lamongan

Pecel Lamongan

Lokasi: Jl. Telaga Bandung, Rangge, Sukomulyo, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Suratkabar.id

Sering ditemui sebagai sebuah warung makan kaki lima, jangan salah kalau ternyata makanan yang disajikan cukup memuaskan. Apabila Anda berkunjung ke Lamongan, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir dan makan makanan khas daerah Lamongan ini.

Walaupun banyak tersebar berbagai macam penjual pecel Lamongan di luar daerah Lamongan, namun ada satu ciri khas yang membedakannya dan membuat pecel Lamongan menjadi kian spesial, yakni penggunaan sambel kacang yang jauh lebih pedas dari pecel biasanya.

8. Rumah Makan Asih Jaya Putra

Rumah Makan Asih Jaya Putra

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman-Lamongan, Dapur Utara, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Kurio.id

Rumah makan ini menyediakan tidak hanya menu makanan khas Lamongan saja, namun juga berbagai menu dari daerah lainnya. Cita rasa masakan yang ditawarkan adalah cita rasa khas Jawa Timur yang pedas, apabila Anda menyukai rasa pedas, cobalah mampir di rumah makan ini.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasinya juga cukup strategis, berada di tepi jalan raya sehingga akses mobilisasi serta promosi rumah makan menjadi lebih maksimal. Beberapa makanan yang ditawarkan oleh Rumah Makan Asih Jaya Putra adalah berbagai olahan ikan, makanan, sop, rawon dan masih banyak lagi.

9. Wingko Babat Loe Lan Ing

Wingko Babat Loe Lan Ing

Lokasi: Jl. Raya Babat – Bojonegoro No.189, Banaran, Babat, Kec. Babat, Kab. Lamongan. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Toko penjual oleh-oleh khas Kota Lamongan ini bisa menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang Anda tuju. Buka setiap hari, outlet Loe Lan In menyediakan wingko babat sebagai salah satu menu utama untuk menjadi oleh-oleh pelanggan. Harga di toko ini pun cukup terjangkau, jadi jangan khawatir kantong Anda jebol karenanya.

Disini terdapat iga varian rasa wingko babat yang selalu laris manis ketika dijual, yakni rasa coklat, nangka dan rasa kelapan original. Ada bisa memilih ukuran, jenis hingga bentuk wingko babat yang ingin Anda beli. Daya simpan wingko Babat juga cukup tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir basi.

10. Ayam dan Bebek Jendral

Ayam dan Bebek Jendral

Lokasi: Jl. Sunan Giri, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan. – Image Credit by Nutriments101.blogspot.com

Bagi Anda yang lebih menyukai olahan ayam dan bebek daripada olahan laut, bisa mencoba rumah makan ini. Di ayam dan bebek jenderal, pengunjung bisa mendapatkan beragam olahan masakan bebek serta ayam, mulai dari dipanggang, goreng hingga bakar.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai dompet Anda yang habis, karena semua menu makannanya bisa Anda icipi dengan harga yang tidak terlalu mahal. Selain itu, rumah makan ini memiliki fasilitas tambahan lain berupa tempat parkir yang luas dan mencukupi.

Itulah sepuluh tempat wisata kuliner di Lamongan yang wajib Anda coba ketika berkunjung kesana. Berbagai kuliner tersebut tentu sama menariknya untuk dijelajahi sebagaimana tempat wisata di Lamongan yang penuh dengan pesona. Jangan lupa untuk membeli oleh-olehnya juga, ya. Semoga bermanfaat.