15 Air Terjun di Bali yang Paling Hits Buat Rekreasi

Air Terjun Bali

Inilah rekomendasi wisata air terjun di Pulau Bali yang populer dan paling hits sebagai tempat liburan. Nuansa alami dan kesegaran air dijamin menjadikan rekreasi Anda semakin seru dan menyenangkan.

Bali memiliki pesona alam yang memukau sehingga banyak turis berdatangan. Mayoritas dari mereka ingin menikmati pantai dan sekitarnya. Bagi yang suka air jernih dan udara alami, destinasi wisata yang tepat adalah air terjun.

Di pulau Bali, Anda akan menemukan berbagai air terjun dari yang sudah sering dikunjungi hingga yang masih murni dan belum terjamah manusia. Wisata air terjun merupakan pilihan lain untuk yang bosan dengan hiruk pikuk pantai. Anda akan diajak untuk melakukan eksplorasi Bali.

Pada umumnya, lokasi tempat wisata seperti ini berada di tengah hutan dan pegunungan. Turis harus berkorban waktu, tenaga, dan usaha sehingga bisa sampai ke tempat yang dituju. Berikut beberapa air terjun favorit di Bali yang menarik untuk Anda jelajahi.

1. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan

Image Credit: Pegipegi.com

Saat sedang di Ubud, Anda bisa menuju air terjun Tegenungan. Lokasinya sangat dekat bahkan bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Destinasi ini sudah terkenal dan banyak turis meluangkan waktu untuk menikmati kesegaran air terjun tersebut. Selain itu, Anda tidak perlu repot dengan perlengkapan lengkap.

Saat tiba di tujuan, Tegenungan memiliki aliran air yang jernih. Tempat ini juga tersedia ayunan yang melewati bagian atas air terjun. Untuk mereka yang bernyali, inilah wisata yang cukup menegangkan. Akan tetapi, sungai dan arus air sangat deras sehingga dilarang untuk mandi. Tentu saja, hal seperti itu bukan halangan untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

2. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung

Image Credit: Twitter.com @qemanaid

Tukad Cepung sedang hit karena menawarkan pesona berbeda. Air terjun ini juga masih di di sekitar Ubud tetapi harus berkunjung 30 km dari pusat keramaian. Anda membutuhkan usaha dan waktu agar bisa mencapai air terjun ini. Hasilnya sangat menggembirakan sebab pemandangan indah siap menanti.

Perbedaan mencolok Tukad Cepung dan air terjun lain adalah posisi bebatuan. Anda seolah masuk ke sebuah goa dan batuan di atas melingkupi area bawah. Dari celah tersebut, air terjun mengalir ke bawah. Saat matahari terbit atau di siang hari, celah batu menjadi penghalang dan cahaya yang berhasil lolos menghasilkan temaram yang indah.

Lokasi: Desa Tembuku, Kec. Tembuku, Kab. Bangli.

3. Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana

Image Credit: Kompasiana.com

Beberapa air terjun di Bali mulai dikenali banyak turis. Salah satunya adalah tibumana. Tempat ini sangat dekat dengan area penduduk tetapi tetap membutuhkan usaha ekstra jika ingin berkunjung ke sana. Kabar baik bagi wisatawan adalah jalan menuju air terjun Tibumana sudah menggunakan semen. Akses ini membuat banyak orang berdatangan.

Air terjun tersebut tidak terlalu tinggi tetapi debit dan arus lumayan besar. Di bagian bawah, kolam penampung akan mengalir ke dua arah. Anda bisa mandi di sekitar tempat tersebut. Tibumana merupakan destinasi khusus air terjun yang cocok untuk keluarga sebab tidak berbahaya selama pengunjung mengikuti aturan.

BACA:  49 Tempat Wisata di Bali Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Apuan, Kec. Susut, Kab. Bangli.

4. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit

Image Credit: Google Maps (Neeraj Beri)

Salah satu air terjun terbaik di Bali adalah Gitgit yang berada di Buleleng. Keunggulan tempat ini adalah sudah dikelola dengan baik. Berbagai fasilitas tersedia seperti toilet, tempat makan, parkir, dan penginapan.

Saat tiba di lokasi tersebut, Anda akan kagum dengan suasana alam. Pihak pengelola tidak mengubah konstruksi alam sehingga semuanya terjaga. Anda tetap bisa menikmati udara segar dan air jernih yang berasal dari alam.

Satu hal menarik adalah para monyet yang sering muncul. Mereka menggunakan air terjun sebagai sumber kehidupan termasuk mandi. Jadi, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

5. Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung

Image Credit: Instagram.com @aldtravel

Salah satu air terjun terkenal di Bali adalah Nungnung. Lokasinya berada di sekitar bedugul dan Ubud. Jika bertanya tentang air terjun apa yang hits, nama destinasi ini masuk dalam daftar teratas.

Tempat ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter sehingga gemuruh air sangat terasa. Anda melihat arus deras jatuh langsung ke area bawah. Bagi yang berada, ada tempat khusus untuk mandi. Area tersebut berupa kolam yang sudah aman tetapi tetap lumayan deras.

Untuk menuju ke air terjun Nungnung, pengunjung menaiki anak tangga sebanyak ratusan. Akses ini membuat perjalanan semakin mudah. Tentu saja, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra. Hal yang sama berlaku saat meninggalkan lokasi tersebut.

Lokasi: Belok/Sidan, Kec. Petang, Kab. Badung.

6. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling

Image Credit: Facebook.com @baliagatour

Berwisata air terjun bukan sekedar melihat dan menikmati alam. Turis dapat melakukan kegiatan seperti mandi bahkan terjun dari ketinggian. Jika ingin melakukan hal seperti itu, destinasi yang tepat adalah air terjun Aling-aling.

Tempat ini memiliki cekungan yang lumayan dalam. Pengelola memberikan tiga opsi untuk terjun bebas dari ketinggian 5 hingga 15 meter. Anda cukup memilih salah satu sesuai dengan keberanian. Jaket pelampung telah disediakan untuk keamanan.

Lokasi ini dikelola secara profesional oleh penduduk setempat. Mereka juga menyediakan layanan trekking dan lintas alam. Turis memerlukan panduan dan perlengkapan agar aman serta menyenangkan. Anda hanya membayar fee yang sangat murah dan aktivitas apapun bisa terlaksana.

Lokasi: Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

7. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul

Image Credit: Pegipegi.com

Untuk mendapatkan foto yang memukau, Anda perlu datang di lokasi yang tepat. Salah satunya adalah air terjun Sekumpul. Masih jarang turis yang ke destinasi ini karena berada di utara Bali. Namun, akses sudah memadai bahkan bisa dijangkau dengan kendaraan. Dari tempat parkir, Anda mendengar gemuruh air terjun ini.

BACA:  26 Makanan & Minuman Khas Bali yang Populer

Yang menarik dari destinasi tersebut adalah air terjun yang ada bukan hanya satu melainkan dua. Selanjutnya, tinggi mencapai sekitar 80 meter sehingga gemuruh air sangat berisik. Akan tetapi, udara di sekitar sangat sejuk dan segar. Selain berfoto, turis dapat mandi di kolam dengan air yang jernih dan aman.

Lokasi: Desa Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng.

8. Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk

Image Credit: Instagram.com @nicotemere

Bali masih memiliki beberapa wisata air terjun yang menarik. Salah satunya adalah Munduk dengan ketinggian yang lumayan sedang. Ini merupakan representasi dari bagaimana air terjun seharusnya. Banyak yang mengatakan tempat ini adalah versi Niagara dari Bali.

Debit air yang mengalir memiliki intensitas sedang dan akan bertambah di musim hujan. Namun, kondisi tersebut masih aman sehingga para turis bisa datang kapan saja. Anda bisa rehat sejenak dan duduk di batuan sembari mendinginkan kaki. Air di lokasi ini memiliki kandungan sulfur yang bagus untuk kesehatan.

Selain itu, ada kolam yang tenang dan dangkal dimana turis bisa berendam. Udara sejuk dan air yang dingin menjadikan suasana tampak natural. Semua pengelolaan air terjun ini dilakukan secara profesional sehingga akomodasi tersedia lengkap.

Lokasi: Jl Raya No.Desa, Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

9. Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala

Image Credit: Ksmtour.com

Saat di Buleleng, Anda bisa datang ke air terjun Banyumala. Destinasi ini sangat menarik karena air terjun tidak secara langsung mengalir dari atas. Air seolah keluar dari tebing sehingga gemuruh tidak terlalu berisik. Suasana tenang tersebut menjadi tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri.

Para turis dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berenang atau sekadar mengapung di area kolam. Tempat ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap jadi tidak perlu bingung mengenai akomodasi. Pemandangan yang masih alami dan belum berubah drastis adalah daya tarik yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Bali.

Lokasi: Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

10. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan

Image Credit: Google Maps (Mahibul Hasan)

Mayoritas air terjun terletak di pegunungan. Akan tetapi, air terjun Peguyangan tampak berbeda. Lokasinya berada di tebing dekat dengan pantai dan sebuah pura ada di bagian atas tebing tersebut. Turis perlu ke Nusa Penida untuk melihat dan menikmati langsung keindahan destinasi ini.

Setelah sampai di lokasi, Anda perlu menuruni anak tangga yang cukup curam. Jumlahnya sangat banyak karena harus mencapai dasar yang berupa kolam. Usaha keras tersebut terbayar dengan keindahan panorama alam dari bawah serta kesegaran air yang memancar ke bawah.

Lokasi: Batukandik, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

11. Air Terjun Blemantung

Air Terjun Blemantung

Image Credit: Google Maps (Tia Virlana)

Destinasi selanjutnya adalah air terjun Blemantung. Lokasinya berada di Desa Pujungan, Tabanan, Bali. Anda mungkin tidak terlalu mengenal area ini sehingga tempat wisata masih alami dan asri. Akses juga sudah memadai dan tersedia parkir serta rumah makan untuk sejenak beristirahat.

BACA:  20 Tempat Wisata di Nusa Penida Terbaru & Paling Hits

Debit air tidak terlalu deras dan kolam di area bawah juga jernih. Di beberapa tempat, Anda akan diizinkan untuk mandi atau berenang. Namun, pastikan tidak berada di bawah tebing demi keamanan. Air terjun ini masih sepi jadi seolah datang ke wisata pribadi.

Lokasi: Pujungan, Kec. Pupuan, Kab. Tabanan.

12. Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting

Image Credit: Twitter.com @nagatatour

Air terjun ini terletak di Buleleng. Daerah tersebut merupakan bukit dan pegunungan sehingga udara sangat segar dan masih alami. Anda bisa datang langsung dan melihat air yang jatuh dari atas tebing dengan gemuruh yang deras.

Ketinggian tebing adalah sekitar 20 hingga 30 meter. Debit air akan semakin deras di musim hujan. Namun, situasi sekitar masih aman selama turis mematuhi aturan. Karena jarang orang yang datang, situasinya tidak seramai lokasi lain.

Meskipun tergolong baru, air terjun ini sudah memiliki fasilitas dan akomodasi yang lengkap. Rumah makan dan tempat istirahat tersedia serta parkir yang aman. Selain itu, harga tiket sangat murah untuk turis lokal maupun asing.

Lokasi: Jl. Air Terjun Melanting, Gobleg, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

13. Air Terjun Jembong

Air Terjun Jembong

Image Credit: Instagram.com @bli_jepret

Buleleng memiliki destinasi wisata air terjun yang menarik. Nama tempat tersebut adalah air terjun Jembong. Bentuknya tidak jatuh dari atas ke bawah dengan sudut 90 derajat. Akan tetapi, air terjun ini miring sekitar 75 derajat dan memiliki pola berundak. Anda bahkan bisa baik langsung di dari bawah ke atas.

Wilayahnya mudah dijangkau karena bagian dari perkebunan coklat. Setelah cukup bermain air, turis bisa menelusuri area sekitar. Jangan lupa mengabadikan momen berharga dengan latar belakang yang indah.

Lokasi: Ambengan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

14. Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak

Image Credit: Facebook.com @mayaubudbali

Air terjun Tembok Barak tampak berbeda karena aliran relatif kecil. Anda melihatnya seperti saluran yang muncul dengan dua tebing di kiri dan kanan. Nama barak berarti merah karena tebing tersebut memunculkan warna merah.

Air terjun ini memiliki kolam renang dan posisinya tidak tinggi bahkan bisa dijangkau dengan tangan. Tentu saja, tempat ini sangat tepat untuk melakukan mandi, berendam, dan berenang. Anda bebas melakukan apa saja untuk menikmati udara segar dan kejernihan air.

Lokasi: Gunung Cengkeh, Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

15. Air Terjun Yeh Mempeh

Air Terjun Yeh Mampeh

Image Credit: Twitter.com @indtravel

Anda perlu mencantumkan Yeh Mempeh di Buleleng sebagai destinasi air terjun selanjutnya. Air yang mengalir langsung ke area bebatuan yang membentuk kolam. Anda bisa mandi atau sekedar berendam.

Lokasinya terletak di area pegunungan sehingga sangat segar dan masih natural. Pengunjung tidak perlu ragu saat ingin mencoba berendam. Kolam di air terjun ini cenderung dangkal dan aman.

Lokasi: Les, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng.

Bali masih memiliki air terjun lain yang menarik. Tentu saja, deretan tempat wisata yang telah disebutkan sebelumnya sudah cukup untuk referensi. Anda bisa memulai dari lokasi terdekat lalu datang ke tempat yang unik.