Menghabiskan liburan ke luar negeri tidak puas rasanya jika hanya menjelajah satu kawasan saja. Sama halnya ketika ada pertanyaan akan kemana saat di Korea Selatan, kebanyakan akan menjawab Seoul. Padahal Selain Seoul, anda juga bisa singgah di Busan yang terkenal dengan destinasi bahari cantiknya. Pantai disini akan siap untuk membuat liburan makin seru.

Busan sebenarnya tidak hanya menawarkan pantai pantai yang indah, anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya. Bagi anda yang senang dengan makanan laut, Busan merupakan surga wisata kuliner seafood. Bisa juga mengunjungi landmark andalan Busan lainnya. Tetapi deretan pantai indah di Busan berikut menjadi yang paling diburu.

1. Pantai Haeundae

Pantai Haeundae
Image Credit: Google Maps Allan Chen

Pantai yang bisa anda kunjungi dan memang sangat terkenal yakni Pantai Haeundae. Seperti namanya, lokasinya memang berada di distrik Haeundae. Menjadi objek wisata andalan ketika musim panas datang, baik wisatawan lokal atau mancanegara. Apalagi lokasinya juga sangat berdekatan dengan pusat kota Busan, membuat wisatawan mudah menjangkaunya.

Pemandangan bahari indah ini akan bersanding dengan gedung gedung tinggi yang tersebar di sepanjang tepi pantai. Ketika bulan Juli dan Agustus, musim panas di Korea akan selalu dibanjiri oleh pengunjung. Mengingat matahari yang berada di Pantai Haeundae memang cerah. Sangat pas untuk bersantai setelah musim dingin melanda.

Jajaran payung warna warni akan memenuhi area pantai untuk bersantai atau berjemur. Pengunjung juga bisa mencoba wahana banana boat di pantai cantik ini. Hamparan pasir putih yang lembar menjadi tempat berpiknik yang juga menyenangkan. Ditambahkan lagi ombaknya tidak terlalu tinggi, sehingga banyak pengunjung yang berenang.

Jika anda ingin suasana lebih tenang, ada baiknya anda datang saat pagi hari. karena pada waktu tersebut belum banyak yang mengunjunginya. Tetapi jika ingin mendapatkan pemandangan lebih cantik, sore hari adalah waktu yang pas. Karena anda bisa sekalian menikmati indahnya matahari yang berpulang dengan cahaya orennya yang khas.

Fasilitas yang tersedia di pantai kondang ini sudah memadai dan juga cukup lengkap. Pengunjung bahkan bisa memesan makanan atau minuman untuk dibawakan ke payung payung para pengunjung. Kendati demikian, tetap tidak membuat area pantainya kotor. Mengingat para pengunjung juga turut serta untuk menjaga kebersihan pantai di Busan ini.

BACA:  22 Tempat Wisata Menarik di Korea Selatan Buat Liburan

Menariknya anda juga bisa menghadiri berbagai festival yang biasanya juga akan diadakan di pantai yang menawan ini. Seperti Busan International Film Festival yang akan diadakan ketika musim gugur. Atau bisa datang di festival ramah lingkungan yang akan diadakan 4 hari di musim panas. Wajar jika nama Haeundae menjadi ikon pariwisata Busan karena begitu populer.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Haeundae, Busan, Korea Selatan.

2. Pantai Dadaepo

Pantai Dadaepo
Image Credit: Google Maps 이병도

Pantai eksotis yang siap membuat liburan makin seru di Busan selanjutnya yakni Pantai Dadaepo. Daya tarik utama yang membuatnya banyak dikunjungi yakni memiliki pemandangan senja yang luar biasa. Momen matahari tenggelam di pantai indah ini memang begitu menawan dan berhasil membuat banyak orang jatuh hati.

Apalagi anda juga akan mendapatkan bonus musik alami dari deburan ombaknya. Kemudian semilir angin pantai juga turut serta membuat lebih tenang. Segala penat yang melanda langsung hempas saat menikmati keindahan pantai ini. Walaupun untuk menjangkaunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Perlu anda ketahui jika pantai Dadaepo sendiri terbentuk dari pasir endapan Sungai Nakdonggang. Perairannya dangkal dengan area berpasir yang begitu luas. Mengajak buah hati kesini termasuk aman dan akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Apalagi anda juga bisa mencoba banyak aktivitas menarik selain menikmati senja.

Anda bisa mencoba kiteboarding ataupun paddle boarding. Anda juga bisa berjalan jalan di jalan setapak yang rapi untuk menikmati keindahannya. Begitu tiba, sebenarnya anda sudah akan disambut dengan plaza besar dengan area air mancur musikalnya. Jika ingin menikmati air mancur musikal ini, anda bisa datang pada akhir bulan April sampai Oktober.

Pantai cantik di Busan ini juga menjadi setting beberapa drama Korea, The King Eternal Monarch misalnya. Menjadi tempat pengambilan kala Lee Minho menunggang kudanya. Sebagai pecinta drama Korea, anda bisa singgah di pantai Dadaepo untuk menikmati keindahannya sendiri. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen saat di pantai indah ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dadae-ro, Dadae-dong, Saha-gu, Busan, Korea Selatan.

3. Pantai Gwangalli

Pantai Gwangalli
Image Credit: Google Maps Jang Sick Hong

Busan juga masih memiliki pantai menawan lainnya yang siap membuat wisata bahari semakin seru. Pantai Gwangalli menjadi salah satunya yang termasuk pantai tidak pernah sepi. Menjadi spot andalan para wisatawan ketika musim panas datang. Anda akan disuguhkan panorama menakjubkan saat singgah di Pantai Gwangalli.

Hamparan pasir putihnya cukup luas dengan ombak yang tidak terlalu tinggi. Air lautnya cukup jernih berwarna biru kehijauan. Menjadikan wisata pantai Asia Timur ini semakin menawan dan menjadi jujugan wisatawan. Anda bisa bermain air di pinggir pantai atau sekedar bersantai bersama keluarga, akan makin menyenangkan jika ada anak anak.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Daegu Buat Liburan

Membangun istana pasir atau sekedar berjemur menjadi aktivitas yang begitu banyak dilakukan. Tidak hanya pas dinikmati ketika siang hari, anda juga bisa menikmati keindahannya di malam hari. Bahkan bisa dikatakan jika pantai Gwangalli akan lebih ramai ketika malam hari. karena banyak kawula muda yang nongkrong atau menikmati keindahan pantai ini.

Saat malam datang, anda bisa menyaksikan pertunjukkan dari Gawangan Bridge. Jembatan yang panjangnya sekitar 7,42 km ini memang bisa dinikmati dari pantai menawan ini. Jembatan megah ini memang menjadi daya tarik tersendiri, dari pinggir pantai begitu cantik. Dengan lampu lampu berwarna warni juga bergerak dengan dinamis.

Kehadiran cafe cafe yang banyak ditemukan di sekitar pantai juga menjadi alasan kuat pantai indah tidak pernah sepi. Masing masing pantai juga akan menawarkan pertunjukkan live musik yang membuat suasana makin syahdu. Atau anda juga bisa datang saat diadakan festival kembang api yang diadakan pada bulan Oktober yang begitu megah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Busan, Korea Selatan.

4. Pantai Songdo

Pantai Songdo
Image Credit: Google Maps HY Yun

Wisata bahari anda di Busan tidak akan lengkap jika belum singgah di Pantai Songdo. Pantai ini menawarkan panorama dari atas ketinggian 100 meter. Nantinya pengunjung bisa menaiki kereta gantung yang meluncur dari Songrim Park menuju West Amnan Park. Nantinya kereta gantung akan berhenti di area Songdo Sky Garden.

Di Songdo Sky Garden akan dimanjakan dengan berbagai kuliner yang menggugah selera. Atau anda juga bisa menikmati pantainya langsung, dimana anda akan menemukan hamparan pasir putih dengan laut yang cukup tenang. Membuat aktivitas berenang di pantai ini terbilang aman, tetapi jika membawa anak anak tetap harus berhati hati.

Dan yang paling mencuri perhatian di pantai ini adalah Songdo Cloud Bridge. Jembatan yang dibuat dari kaca dan kisi kisi logam ini akan membuat kita seakan akan berjalan di atas laut. Tenang saja jembatan ini sudah sesuai dengan standar keamanan yang ada. Anda tentu bisa mengambil foto yang instagramable dari atas jembatan ini.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Seoul Buat Liburan

Pemandangan indah, perpaduan dari pegunungan yang terlihat dari jauh juga dengan laut yang tenang. Anda bisa menjadikan sebagai alternatif wisata bahari ketika anda sedang ada di Busan. Suasananya yang cukup tenang sangat pas dihabiskan dengan orang orang tersayang. Baik malam atau siang akan memberikan suasana berbeda yang membuat anda betah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Songdo Beach, Amnam-dong, Busan, Korea Selatan.

5. Songjeong Beach

Songjeong Beach
Image Credit: Google Maps 이종명

Seongjeong Beach bisa menjadi tujuan berikutnya yang tidak akan membuat anda menyesal. Menjadi bagian pesisir teluk besar dan bentuknya melengkung, kemudian dikelilingi dengan pepohonan hijau. Area tepi pantainya ditutupi dengan pasir putih halus yang juga bercampur dengan cangkang atau koral yang telah hancur.

Termasuk pantai dangkal yang bersih dan juga memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik. Pantai Songjeong termasuk dalam jajaran pantai cantik di Busan yang cukup tenang dan masih sepi. Sehingga anda bisa menikmati keindahannya dengan leluasa, bersama keluarga atau anak anak. Hanya saja ombaknya cukup tinggi sehingga harus hati hati.

Menjadi jujugan bagi mereka yang senang olahraga air, seperti selancar, bodyboarder maupun selancar angin. Beberapa wahana juga bisa anda coba, yang jelas menjadi surga untuk menjajal wahana bahari dengan bebas. Waktu terbaik untuk berkunjung yakni di Bulan Juni hingga Agustus. Ketika sudah melebihi 6 sore, pengunjung tidak diizinkan masuk ke laut.

Tapi tenang saja, saat malam hari di pantai ini terdapat hiburan live music. Jika anda datang lebih awal, kemungkinan bisa berkesempatan untuk menikmati keindahan matahari terbenamnya. Fasilitas yang bisa anda temukan di area pantai sudah memadai dan juga akan membuat liburan makin nyaman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Busan, Korea Selatan.

Liburan di Busan memang tidak lengkap jika tidak singgah di pantai-pantainya yang menawan. Beberapa pantai yang disebutkan merupakan yang paling terkenal. Anda bisa menjelajahinya untuk menemukan keunikan masing masing. Perjalanan bahari akan semakin lengkap jika ditutup dengan mencicipi kuliner seafood yang nikmat.