Jika anda merencanakan liburan ke Korea Selatan, jangan sampai anda melewatkan Pulau Jeju. Tidak hanya bagi masyarakat Korea, Jeju juga kondang di mata wisatawan mancanegara. Memiliki topografi yang terbentuk karena aktivitas vulkanik, membuatnya banyak gunung berapi. Selain itu, tempat wisata di Jeju juga sangat beragam dan penuh keindahan.

Sekalipun banyak gunung berapi, semua gunung yang ada sudah tidak lagi aktif dan banyak ditumbuhi tanaman lebat. Bukan hanya pegunungan, anda juga bisa mengunjungi pantai pantainya yang indah. Atau beberapa wisata modern yang siap membuat liburan anda semakin seru dan menyenangkan, Apalagi jika liburan bersama orang yang spesial.

1. Manjanggul Cave

Manjanggul Cave
Image Credit: Google Maps GinHing Kuo

Untuk memulai perjalanan anda di Jeju, anda bisa memilih Manjanggul Cave sebagai pilihan anda. Terutama untuk anda yang senang dengan kegiatan berpetualang. Manjanggul Cave menawarkan perjalanan menyusuri gua lava yang begitu menawan. Diperkirakan terbentuk dari 200 ribu atau 300 ribu tahun lalu, saat lelehan bebatuan keluar dari tanah.

Panjangnya mencapai sekitar 8,928 km dengan lebar 23 meter dan tinggi 30 meter. Ketika memasuki gua, anda akan dibuat takjub dengan keindahan stalaktit juga pilar pilar tinggi. Anda tidak perlu membayangkan jika gua ini gelap, karena sudah dihiasi dengan lampu lampu warna warni. Membuat tempat wisata ini selalu dijadikan jujugan wisatawan.

Harga Tiket: 1.000 WON; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manjanggul-gil, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do, Korea Selatan.

2. Seongeup Folk Village

Seongeup Folk Village
Image Credit: Google Maps 김무겸

Menjadi destinasi yang populer, anda yang singgah di Jeju tidak boleh sampai melewatkan keindahan Seongeup Folk Village. Terutama untuk anda yang gemar menonton drama Korea dengan latar sejarah, harus singgah di sini. Desa kecil yang berada di kaki Gunung Halla ini memiliki rumah rumah tradisional dengan suasana yang asri dan juga tenang.

Cocok untuk anda yang ingin menenangkan pikiran di tengah penatnya aktivitas. Rumah rumah tradisional yang ada memiliki ciri khas beratap jerami. Kemudian dikelilingi dengan tembok yang dibuat dari batu basal. Tidak ketinggalan patung patung dol hareubang yang menjadi simbol kakek batu berjaga jaga di desa. Patung ini diukir dari batu hitam dan bisa ditemukan dimana mana.

Objek wisata di Jeju ini akan membuat anda seakan akan di masa lampau yang indah. Bisa menemukan rumah rumah, sekolah, kantor pemerintahan kuno hingga kuil Konfusius dan reruntuhan benteng. Setelah berkeliling, anda juga bisa sekalian mencicipi kulinernya. Jeju kondang dengan daging babi hitamnya yang luar biasa, anda yang non muslim bisa mencobanya.

BACA:  10 Pantai Cantik di Korea Selatan yang Terkenal
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seongeupjeonguihyeon-ro, Pyoseon-myeon, Seogwipo-si, Jeju-do, Korea Selatan.

3. Gunung Halla

Gunung Halla
Image Credit: Google Maps Ujjal Dey

Jeju dan Gunung Halla seperti sebuah kesatuan yang tidak bisa anda abaikan begitu saja. Gunung yang juga menjadi gunung tertinggi di Asia Timur dan menawarkan panorama tebing batu yang indah. Bahkan mendapatkan predikat Area Cagar Alam Bio dari UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 2007. Menjadikan Gunung Halla tujuan pendakian yang begitu terkenal.

Terkenal dengan berbagai jenis tumbuhan yang memiliki suhu yang berbeda. Setidaknya anda bisa menemukan 1800 jenis tanaman juga 4000 jenis satwa yang sudah termasuk serangga. Taman Nasional ini menjadi tujuan berpetualang yang sayang dilewatkan. Apalagi destinasi alam ini juga menawarkan pendakian yang terbilang mudah.

Lokasi Gunung Halla berada di tengah tengah Pulau Jeju dengan ketinggian 1950 mdpl. Tentu saja anda bisa mendapatkan pemandangan yang akan membuat anda terkagum kagum. Ada banyak jalur yang bisa anda jadikan pilihan untuk sampai di puncak. Dan pastikan menyiapkan kondisi tubuh prima dan menggunakan pakaian hangat karena anginnya cukup kencang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Jeju, Korea Selatan.

4. Cheonjiyeon Waterfall

Cheonjiyeon Waterfall
Image Credit: Google Maps 유항천

Pulau Jeju juga memiliki beberapa air terjun indah yang bisa anda jadikan pilihan untuk liburan. Cheonjiyeon Waterfall menjadi tujuan kondang berikutnya. Cheonjiyeon sendiri memiliki arti langit yang terhubung dengan tanah. Air terjun cantik ini juga tidak menawarkan satu air yang jatuh dari ketinggian dan tebing yang indah.

Setidaknya di wisata alam ini, anda bisa menemukan tiga air terjun sekaligus. Pada bagian pertama, anda akan menemukan air terjun terbelah menjadi dua bagian. Tingginya sekitar 22 meter dan lebarnya 12 meter serta membentuk kolam di bawahnya. Kolam alami yang terbentuk tersebut memiliki kedalaman sekitar 20 meter.

Dengan air yang bersih juga jernih, memberikan pemandangan yang mengagumkan. Di sekitar air terjun akan terdapat banyak flora langka yang memperindahnya. Bersantai atau sekedar mengambil foto sembari mendengar suara air jatuh sangat menenangkan. Anda juga bisa datang ketika Festival Chilseonyeo diadakan, tepatnya pada bulan Mei.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Seoul Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seogwipo, Korea Selatan.

5. Seongsan Ilchulbong

Seongsan Ilchulbong
Image Credit: Google Maps 박민석

Melanjutkan perjalanan menjelajah tempat wisata di Jeju, anda bisa mengunjungi Seongsan Ilchulbong. Merupakan kawah gunung berapi dengan luar sekitar 99 ribu meter dan memiliki ketinggian hingga 182 meter. Berada di paling ujung dari Pulau Jeju dengan pemandangan yang akan membuat banyak orang jatuh hati.

Termasuk situs warisan Dunia UNESCO yang juga dikenal dengan Sunrise Peak. Dari sini, anda bisa menikmati keindahan matahari terbit yang begitu mengagumkan. Gunung berapi ini saat ini memang sudah tidak aktif dan memberikan pesona yang luar biasa. Anda bisa mendakinya untuk melihat kemegahan dari gunung yang muncul dari dalam laut ini.

Pendakian sudah muda, ada sekitar 500 anak tangga yang harus anda taklukkan. Semua perjuangan anda akan terbayar lunas dengan keindahannya. Tidak hanya matahari terbit, anda juga bisa menemukan hamparan bunga canola yang membuatnya makin indah. Perjalanan anda menuju tempat ini akan memberikan pengalaman tidak terlupakan.

Harga Tiket: 2.000 WON; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seogwipo, Korea Selatan.

6. Museum Teddy Bear

Museum Teddy Bear
Image Credit: Google Maps Soo Philip Jason Kim

Menjelajah Jeju dengan anak anak,anda bisa membawanya mengunjungi Museum Teddy Bear. Berada di kawasan Jangmun menawarkan koleksi boneka beruang yang lucu. Tentu saja koleksi boneka beruang yang bisa ditemukan tidak sedikit, jumlahnya ribuan dan dari berbagai belahan dunia. Bahkan ada beberapa yang dibuat dengan tangan.

Anda juga bisa menemukan boneka beruang yang usianya sudah mencapai 100 tahun. Boneka boneka ini didandani ala orang dan juga ikon terkenal, salah satunya Mona Lisa. Tidak ada hanya itu terdapat juga history hall untuk anda mengenal lebih dekat boneka beruang lucu ini. Tentu saja anda juga bisa mengabadikan foto ketika sedang di tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Saekdal-dong, Seogwipo-si, Jeju-do, Korea Selatan.

7. Pantai Hyeopjae

Pantai Hyeopjae
Image Credit: Google Maps 김용이

Kini saatnya bagi anda untuk menjelajah pantainya yang tidak kalah cantik yakni Pantai Hyeopjae. Anda bisa merasakan pasir putih halus dengan perairan dangkal juga air jernih. Pantai indah di Jeju ini termasuk dalam kawasan dari Hallim Park dan siap membuat anda jatuh hati. Tentu saja anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini.

Pinggir pantai memiliki beberapa bebatuan karang yang warnanya hitam. Dengan pasir putih yang juga bercampur pecahan kulit kerang. Karena perairannya dangkal, pengunjung bisa berenang atau bermain di pinggir pantainya. Jangan lupakan juga untuk mengambil beberapa foto cantik saat singgah di tempat wisata ini.

BACA:  22 Tempat Wisata Menarik di Korea Selatan Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hyeopjae-ri, Hallim-eub, Jeju-si, Jeju-do, Korea Selatan.

8. Udo

Udo
Image Credit: Google Maps yhy고란초

Walaupun termasuk sebuah pulau, Jeju juga memiliki pulau kecil lainnya, Pulau Udo misalnya. Pulau Udo dalam bahasa setempat memiliki arti pulau sapi, bentuknya memang mirip sapi yang sedang berbaring. Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan kapal ferry dan menikmati pemandangan yang sungguh luar biasa.

Menyusuri keindahan Pulau Udo bahkan tidak butuh waktu berjam jam. Destinasi yang ada masih terbilang sepi dan juga alami yang akan memberikan ketenangan. Anda bisa memancing, bersepeda, hiking, mengunjungi pantai alaminya sampai dengan menikmati kulinernya. Makanan yang ditawarkan di tempat wisata ini beragam, salah satu andalannya seafood.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cheju, Korea Selatan.

9. Camellia Hill

Camellia Hill
Image Credit: Google Maps 갓철자

Singgah di Jeju anda tidak akan kesulitan untuk menemukan spot cantik yang instagramable. Camellia Hill menjadi tempat paling pas untuk anda yang ingin menikmati keindahan bunga sekaligus berburu foto. Termasuk arboretum yang memiliki luas sekitar 172 meter persegi. Bunga bunga cantik bermekaran dengan warna warna yang begitu menawan.

Keindahan bunga camelia yang ditawarkan tidak hanya satu, setidaknya anda akan menemukan 6000 tanaman yang didapatkan dari 80 negara. Berjalan jalan di antara tanaman cantik ini tentu akan memberikan pengalaman berbeda. Setelahnya anda bisa bersantai di cafe yang ada di Camellia Hill ini dan juga membeli produk hasil pengolahan Camelia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Byeongang-ro, Andeok-myeon, Seogwipo-si, Jeju-do, Korea Selatan.

10. Dongmun Traditional Market

Dongmun Traditional Market
Image Credit: Google Maps 제주동문시장

Tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke pasar tradisionalnya saat di Jeju. Anda bisa menjelajah Dongmun Traditional Market yang menawarkan banyak kebutuhan, mulai dari sayur, buah dan ikan yang harganya lebih murah. Anda bisa sekalian berburu buah tangan untuk keluarga. Jangan lupa juga untuk mencicipi aneka kuliner lezat saat berada di wisata belanja Jeju ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jeju-si, Jeju-do, Korea Selatan.

Jeju tidak akan membuat anda bosan, apalagi suasananya masih terbilang alami dan juga tenang. Dibandingkan dengan kota lainnya, Jeju adalah tujuan yang pas untuk menenangkan pikiran. Anda bisa menikmati keindahan pegunungan, air terjun, wisata gua sampai dengan wisata belanja. Tempat wisata di Jeju siap membuat liburan anda semakin berkesan.