Menyebut Korea Selatan, sektor hiburannya menjadi yang paling banyak disoroti. Tetapi negara Asia ini juga memiliki sektor pariwisata yang begitu maju belakangan. Dari industri hiburan lah banyak hal di negara ini tersorot, mulai dari budayanya, musik, kuliner sampai tempat wisata. Anda juga bisa menemukan pantai cantik di Korea Selatan yang bisa jadi tujuan wisata.

Wisata bahari Korea Selatan tidak kalah indah dengan negara negara lain di dunia. Dengan begitu liburan anda di Korsel menjadi anti mainstream. Mengingat wisata Korsel memang tidak hanya wisata sejarah atau modern saja, anda juga bisa menemukan tempat tempat indah berbau alam. Dan deretan pantai indah berikut bisa jadi alternatif liburan anda.

1. Pantai Gyeongpo

Pantai Gyeongpo
Image Credit: Google Maps 이유빈

Perjalanan liburan bahari di Korsel bisa dimulai dengan mengunjungi Pantai Gyeongpo. Pantai cantik ini berada di Gangwondo dan menjadi jujugan wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara tidak ada yang bisa melewatkan keindahannya. Terutama untuk anda yang ingin berburu matahari terbit, maka pantai Gyeongpo adalah pilihan tepat.

Selain panorama matahari terbitnya, daya tarik lainnya seperti pasir pantai lembut juga bisa anda temukan. Belum lagi anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, salah satunya jetski. Apabila anda datang di musim panas, akan ada Festival Musim Panas yang akan diadakan di pantai Korea Selatan ini, sekitar bulan Juni hingga Agustus.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Anhyeon-dong, Gangneung, Gangwon-do, Korea Selatan.

2. Pantai Guryongpo

Pantai Guryongpo
Image Credit: Google Maps 한용수

Memang banyak yang menghabiskan liburan ke pantai saat musim panas tiba. Dan anda juga bisa menjadikan Pantai Guryongpo sebagai tujuan untuk liburan di pantai indah Korsel. Lokasinya berada di Pohangsi dan menjadi tujuan yang favorit bagi wisatawan. Memiliki karakteristik tanah landai yang membuat pantai menawan ini cocok untuk berenang.

Keindahan yang disuguhkan juga akan mengundang decak kagum. Tidak hanya itu pantai di Pohang ini juga memiliki cerita yang menarik disimak. Dimana pada zaman juni, Raja Jin Heung yang berasal dari Kerajaan Silla memerintah, karena adanya kejadian misterius. Konon katanya ada badai besar yang membawa sembilan naga ke surga.

Dari cerita inilah membuat pantai cantik ini diberi nama Guyungpo yang memiliki arti sembilan naga. Keberadaannya kian istimewa lantaran iklim dan geografisnya yang mendukung untuk liburan. Saat musim panas lebih sejuk sementara ketika musim dingin hangat. Selain bisa menikmati keindahannya, anda juga bisa wisata kuliner menu seafood yang masih segar.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Busan Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guryongpo-eup, Nam-gu, Pohang, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

3. Surfyy Beach

Surfyy Beach
Image Credit: Google Maps Maks K

Bagi anda yang senang dengan kegiatan selancar, maka harus singgah di Surfyy Beach. Surfyy Beach merupakan bagian dari pantai Hajodae, Yangyang . Lokasinya yang tidak jauh dari Seoul membuatnya menjadi jujugan wisatawan. Apalagi pasca Olimpiade PyeongChang yang membuat transit antara Seoul dengan Gangwondo menjadi lebih cepat dan mudah.

Seperti namanya, Surfyy Beach menjadi tujuan surfing dan merupakan pantai pribadi pertama yang khusus untuk selancar. Pantai cantik di Korea Selatan ini juga memiliki panorama yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Airnya yang jernih berkilau dengan tiga zona yang terbentang di sepanjang garis pantai sekitar 1 kilometer.

Pengunjung bebas untuk menikmati semua fasilitas yang tersedia apabila membeli Surfyy Pass. Bagi anda yang merupakan turis asing juga akan sangat mudah, karena pekerjanya sebagian berbahasa Inggris. Terdapat kelas surfing yang bisa anda ikuti agar lebih mahir. Jangan lupakan deretan cafe ataupun pub yang tersebar di sepanjang pantai menawan ini.

Harga Tiket: 22,14 WON; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hajodaehaean-gil, Hyeonbuk-myeon, Yangyang-gun, Gangwon-do, Korea Selatan.

4. Pantai Jangho

Pantai Jangho
Image Credit: Google Maps Md. Sohel

Melanjutkan perjalanan wisata bahari anda, anda bisa ke arah Samcheok yang masih berada di Provinsi Gangwon. Nantinya anda akan menemukan Pantai Jangho yang memiliki panorama luar biasa. Menjadi jujugan bagi anda yang gemar dengan aktivitas snorkeling. Dijuluki sebagai Naples of Korea, air yang dimilikinya begitu jernih.

Membuat anda bisa melihat lebih jelas pemandangan bawah lautnya yang luar biasa. Terumbu terumbu karang cantik akan membuat anda terkagum kagum. Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan disini yakni menaiki kano transparan. Walaupun anda tidak menyelam, anda masih bisa menikmati keindahan bawah lautnya.

Air jernih seperti kristal ini juga didukung dengan pemandangan sekitar yang tidak kalah indah. Batuan karang yang ditambahkan jembatan mempercantik wajah dari Pantai Jangho. Dijamin liburan ke pantai indah ini akan menghempas segala stres yang melanda. dan akan menjadi kegiatan liburan di Korsel yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jangho-ri, Geundeok-myeon, Samcheok-si, Gangwon-do, Korea Selatan.
BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Incheon Buat Liburan

5. Pantai Eurwangni

Pantai Eurwangni
Image Credit: Google Maps Wesley Chiwai Tang

Liburan di Korea Selatan juga bisa mengunjungi Pantai Eurwangni. Kehadiran pantai ini termasuk populer untuk menjadi tujuan wisata. salah satu alasannya karena lokasinya yang strategis, dekat dengan bandara Internasional Seoul. Memudahkan wisatawan untuk menjangkaunya, dan kerap jadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin liburan jauh dari pusat kota Seoul.

Tidak sedikit yang menghabiskan akhir pekan di Pantai Eurwangni ini. Apalagi pantainya tergolong landai dan cukup aman untuk dijadikan tempat berenang. Perairannya dangkal yang aman untuk pengunjung anak anak. Ditutupi pasir kecoklatan yang berpadu dengan kerikil dan kering kecil. Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas seru di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Incheon, Korea Selatan.

6. Pantai Sokcho

Pantai Sokcho
Image Credit: Google Maps 舞蹈大师

Nama pantai Sokcho mungkin tidak asing di Asia Timur, terutama untuk anda pecinta drama Korea. Karena salah satu drama berjudul Hospital Playlist pernah menjadikan pantai cantik ini sebagai settingnya. Dan memang panorama yang disuguhkan akan membuat anda kagum. Air lautnya yang jernih dan megahnya Gunung Seoraksan begitu memanjakan mata.

Menariknya anda juga akan menemukan jajaran pohon pinus yang ada sepanjang tepi pantai. Selain itu anda juga bisa menemukan beberapa spot foto yang instagramable. Fasilitas yang disuguhkan cukup lengkap dan termasuk pantai cantik di Korea Selatan yang strategis. Anda bisa singgah di Oengchi Ocean Walkway untuk dapatkan panorama lebih cantik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Haeoreum-ro, Joyang-dong, Sokcho-si, Gangwon-do, Korea Selatan.

7. Hamdeok Beach

Hamdeok Beach
Image Credit: Google Maps 코어

Rasanya tidak lengkap jika tidak menyebut pantai di Pulau Jeju. Terkenal dengan alam yang indah, Hamdeok Beach di Jeju juga bisa anda jadikan sebagai tujuan. Berada di sebelah timur juga utara Pulau Jeju, anda bisa menjangkaunya dengan kendaraan umum sekalipun. Ada banyak wisatawan yang singgah untuk sekedar jalan jalan atau bermain di pantainya.

Soal pemandangan anda tidak perlu khawatir, anda akan disuguhkan hamparan laut jernih yang menakjubkan. Pasirnya putih kecoklatan yang sangat kontras dengan birunya laut. Kehadiran patung patung juga pohon palem memberikan kesan yang alami. Dan di pantai cantik ini anda juga bisa mendapatkan pemandangan malam yang menawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sinbuk-ro, Jochon-eup, Cheju, Jeju-do, Korea Selatan.

8. Pantai Woljeongri

Pantai Woljeongri
Image Credit: Google Maps Sejong Song

Masih berada di Jeju, anda juga bisa singgah di Pantai Woljeongri. Pantai berpasir putih ini memiliki pemandangan yang mengagumkan. Anda bisa merasakan pasir lembut dan air Samudra Pasifik yang warnanya biru kehijauan. Ombaknya cukup tenang dan tidak terlalu tinggi, memungkinkan pengunjung untuk bermain di pinggir pantainya.

BACA:  15 Makanan Khas Korea Selatan yang Terkenal & Wajib Dicoba

Anda bisa melakukan banyak hal seru selama menghabiskan liburan di pantai Woljeongri. Pemandangannya akan semakin luar biasa ketika matahari mulai terbenam. Di sepanjang pantai juga bisa menemukan banyak cafe yang bisa jadi tempat anda bersantai. Paling ramai pengunjung singgah di Pantai Woljeongri ketika musim hujan.

Harga Tiket: 2,000 WON; Map: Cek Lokasi
Alamat: Woljeong-ri, Gujwa-eup, Cheju, Jeju-do, Korea Selatan.

9. Pantai Haeundae

Pantai Haeundae
Image Credit: Google Maps gaful

Busan juga menjadi tujuan bagi anda yang ingin liburan bahari yang menyenangkan. Pantai yang bisa anda kunjungi dan populer yakni Pantai Haeundae. Ketika musim panas tiba, pengunjungnya akan membludak, apalagi dekat dengan pusat kota Busan. Dengan fasilitas umum yang begitu lengkap, semakin menjadi alasan mengapa selalu jadi tujuan favorit.

Membentang sejauh 1,5 km dan termasuk dangkal, membuat pengunjung bisa berenang dengan tenang. Beberapa juga menghabiskan waktu untuk mencoba banana boat. Tidak hanya memiliki panorama yang menyejukkan mata, Pantai Haeundae juga menjadi tempat diadakan banyak festival. Pantai ini jangan sampai anda lewatkan.

Harga Tiket: 1.000 WON; Map: Cek Lokasi
Alamat: Busan, Korea Selatan.

10. Pantai Jeongdongjin

Pantai Jeongdongjin
Image Credit: Google Maps 김창덕

Untuk membuat liburan bahari anda di Korea Selatan semakin lengkap, maka anda bisa singgah di Pantai Jeongdongjin. Berada di Gangneung, namanya mendadak naik daun karena kehadiran hotel yang dibuat dari kapal. Letaknya juga berada di puncak bukit, berhadap langsung dengan pantai yang begitu menawan.

Tidak hanya kondang lantaran hotelnya, sebenarnya anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah. Ombaknya memang cukup tinggi dengan tebing tebing karang yang eksotis. Pengunjung bisa bersantai sembari berjemur ataupun bersepeda di sepanjang bibir pantai. Tenang saja di pantai cantik di Korea Selatan ini tersedia track untuk bersepeda juga pejalan kaki.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jeongdongjin-ri, Gangdong-myeon, Gangneung, Gangwon-do, Korea Selatan.

Liburan di Korea Selatan tidak hanya bisa mengunjungi wisata yang berbau dengan hiburannya, tetapi juga liburan bahari. Ada banyak pantai cantik yang siap membuat liburan makin berkesan. Anda bisa melakukan aktivitas liburan yang menyenangkan. Apalagi banyak pantai yang lokasinya juga tidak jauh dari Seoul dan pusat kota daerah lainnya.