Setiap kota yang ada di Korea tentu akan memiliki daya tarik yang berbeda. Begitu juga dengan kota ramai kedua setelah Seoul yakni Busan. Lokasinya dekat dengan laut, membuat wisata yang disuguhkan juga sangat beragam. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Busan yang terkenal ketika sedang liburan di Korea Selatan.

Lokasinya berada di bagian tenggara Korea dan menjadi kota yang memiliki pelabuhan paling besar. Tidak jarang Busan juga menjadi tuan rumah untuk acara acara besar berskala Internasional. Anda bisa menemukan pantai pantai cantik dan juga mencicipi aneka kuliner laut yang nikmat. Yang jelas liburan anda akan semakin berkesan jika singgah di Busan.

1. Haedong Yonggungsa

Haedong Yonggungsa
Image Credit: Google Maps 이홍찬

Mengunjungi tempat yang menyimpan sejarah dan budaya memang selalu menyenangkan. Di Busan, anda bisa berkunjung ke sebuah kuil indah yang dikenal dengan nama Haedong Yonggungsa. Kuil cantik yang dibangun dari tahun 1376 di masa Dinasti Goryeo ini berada di pinggir pantai. Membuatnya selalu jadi jujugan wisatawan untuk wisata budaya dengan latar bahari indah.

Suasana alamnya yang masih terjaga memberi kesan natural dan alami. Anda bisa menemukan patung, tangga unik sampai dengan pagoda. Kuilnya juga dikelilingi dengan pepohonan dan tumbuhan lain yang membuat suasananya semakin sejuk. Tebing tebing cadas semakin menambah keeksotisan dari kuil indah ini.

Tempat wisata ini memang sangat unik, mengingat tidak banyak kuil yang berada di tepi pantai. Kebanyakan berada di area pegunungan, sehingga wajar jika kuil di Busan ini begitu kondang. Ketika anda datang, anda juga bisa melihat patung chinese zodiac dengan jumlah 12 buah. Perjalanan menuju kuil memang harus menuruni anak tangga yang cukup banyak.

Selain mengagumi kuilnya yang cukup megah, pengunjung juga disuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata. terutama ketika matahari mulai tenggelam, suasananya akan semakin menyejukkan mata. Apalagi dipadu dengan suara ombak yang menghantam tebing, membuat suasananya semakin tenang. Untuk menuju kuil cantik di Busan ini juga mudah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yonggung-gil, Gijang-gun, Busan, Korea Selatan.

2. Beomeosa Temple

Beomeosa Temple
Image Credit: Google Maps Chuang Lim 

Tidak hanya memiliki bangunan kuil di pinggir pantai, Busan juga memiliki tujuan kuil yang tidak kalah terkenal. Beomeosa Temple merupakan tempat menarik di Busan yang banyak dikunjungi wisatawan. Berada di tepi Gunung Geumjeongsan yang merupakan gunung kondang di Busan. Sudah bisa ditebak jika anda bisa mendapatkan pemandangan yang indah.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan yang Paling Diburu Wisatawan

Kuil Beomeosa sendiri sudah dibangun sejak tahun 678 oleh biksu UI. Arsitekturnya cantik dan juga terlihat megah. Kehadiran pagoda dengan tingkat tiga dan empat pilar juga menjadi daya tarik tersendiri, sudah ada sejak abad ke 9. Menjadi peninggalan dari Kerajaan Silla, tentu saja menyimpan sejarah panjang dan mencerminkan budaya Korea yang kental.

Bagi anda yang tertarik dengan sejarah Korea, maka jangan sampai melewatkan keindahan kuil ini. Sampai saat ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah juga rumah bagi biarawan. Anda juga bisa mengikut temple stay saat di sini, harga yang ditawarkan lebih terjangkau. Selain mengelilingi tempat ini, anda juga bisa hiking di gunung Geumjeongsannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beomeosa-ro, Geumjeong-gu, Busan, Korea Selatan.

3. Taejongdae

Taejongdae
Image Credit: Google Maps jong kuk Kim

Liburan menjelajah Busan masih belum berakhir, karena masih banyak tujuan yang bisa anda kunjungi. Salah satunya yang begitu terkenal yakni Taejongdae. Taejongdae sendiri merupakan tempat rekreasi yang menyuguhkan pemandangan langsung ke laut. Taman alami ini memang langsung menghadap laut lepas yang luar biasa cantik.

Dari sini anda bisa menikmati keindahan laut lengkap dengan tebing tebing yang kokoh. Berpadu dengan alam hijau yang akan mengundang decak kagum siapa saja. Anda juga bisa akan menemukan banyak spot liburan yang menarik. Seperti misalnya singgah di Yeongdo Lighthouse, disini anda akan menemukan mercusuar dan deck yang menyuguhkan pemandangan indah.

Perjalanan untuk memasuki kawasan wisata di Busan ini memang berkelok serta menanjak. Jarak dari gerbang depan sampai ke bagian taman sekitar 1 km. Tenang saja pengunjung bisa menaiki Danubi Train, kereta khusus untuk mengantar wisatawan. Di sini anda bisa hiking atau berburu foto cantik, mengingat banyak spot untuk berfoto.

Harga Tiket: 2,000 WON; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jeonmang-ro, Yeongdo-gu, Busan, Korea Selatan.

4. Gamcheon Culture Village

Gamcheon Culture Village
Image Credit: Google Maps Matthew Clark

Liburan ke Busan tidak akan lengkap jika tidak singgah di Gamcheon Culture Village. Terkenal dengan bangunan yang berwarna warni, kampung wisata ini cocok untuk berburu foto yang instagramable. Sebelum berubah menjadi tempat wisata, kawasan inimeripakan area bagi para pengungsi pasca perang Korea.

Barulah di tahun 2010 diubah menjadi tempat wisata yang kemudian berhasil menarik perhatian dan kondang. Di perkampungan tersebut, rumah penduduk penuh dengan mural yang menggambarkan pengungsi ketika masa perang tersebut. Warna warni inilah yang akhirnya membuatnya banyak dikenal dan dijadikan sebagai tujuan wisata.

BACA:  10 Pantai Cantik di Korea Selatan yang Terkenal

Tempat wisata ini anda bisa menjelajah setiap sudut. Bisa sekalian mengambil foto foto cantik di spot yang tersedia. Anda juga bisa singgah di sky rooftop untuk menikmati pemandangan yang lebih indah. Terdapat museum kecil yang akan membuat anda lebih kenal dengan desa ini. Jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner dan berburu oleh oleh.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gamnae 1(il)-ro, Saha-gu, Busan, Korea Selatan.

5. Yeongdodaegyo Bridge

Yeongdodaegyo Bridge
Image Credit: Google Maps 李佳蓁

Busan memiliki jembatan yang juga banyak dijadikan sebagai tujuan wisata. Yeongdodaegyo Bridge menghubungkan antara Yeongdo-gu dan juga Jung-gu. Yang membuatnya unik, jembatan di Busan ini bisa terpisah dan terangkat layaknya London Bridge. Konon katanya jembatan ini menjadi tempat janjian dengan anggota keluarga saat masa perang dahulu.

Maka dari itu untuk mengenang masa tersebut, setiap pukul 2 siang jembatan megah ini akan dibelah menjadi dua selama 15 menitan. Dalam prosesnya akan diiringi dengan lagu khusus. Pemandangan di tempat inilah yang berhasil menarik perhatian. Anda juga bisa singgah di pelabuhan Busan untuk berjalan jalan ataupun menikmati keindahan pantai lepas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nampodong 1(il)-ga, Jung-gu, Busan, Korea Selatan.

6. Pantai Haeundae

Pantai Haeundae
Image Credit: Google Maps Wonhee Lee

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas wisata bahari ketika di Busan. Pantai Haeundae menjadi tujuan yang begitu populer, baik di kalangan wisatawan lokal ataupun wisatawan luar negeri. Pemandangan pasir putih yang terbentang sepanjang 1,5 km akan langsung menyambut anda. Ketika musim panas akan penuh dengan payung payung para wisatawan.

Pengunjungnya memang tidak pernah sepi, ombaknya cukup tenang. Tetapi wisatawan berenang masih menggunakan ban atau pelampung. Tidak hanya itu, anda juga bisa menyaksikan festival budaya atau kegiatan lainnya. Belum lagi anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang memadai juga lengkap di wisata pantai ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Busan, Korea Selatan.

7. Oryukdo Skywalk

Oryukdo Skywalk
Image Credit: Google Maps J J

Ingin menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda? Maka anda harus singgah di Oryukdo Skywalk yang akan sekalian memacu adrenalin anda. Bentuk dari Oryukdo Skywalk ini apabila dilihat dari atas mirip pelana. Dan daya tariknya berupa jembatan yang dibuat dari kaca. Sehingga pengunjung bisa melihat lautan di bawah kakinya.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Daegu Buat Liburan

Termasuk wisata di Asia Timur yang baru karena diresmikan di sekitar 2013. Jembatan yang berada di ketinggian 35 meter di atas tebing ini panjangnya sekitar 15 meter. Bersantai di atas jembatan tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Suasananya akan semakin mempesona ketika matahari tenggelam. Di tempat ini, anda juga bisa berburu foto cantik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oryuk-doro, Nam-gu, Busan, Korea Selatan.

8. Daejeo Ecological Park

Daejeo Ecological Park
Image Credit: Google Maps Yayun Tsai

Suasana yang alami dengan panorama bunga yang indah bisa ditemukan di Daejeo Ecological Park. Terbentang di sepanjang di tepian Sungai Nakdonggang, taman indah ini menjadi rumah burung bermigrasi. Anda bisa menikmati rerumputan dan juga taman bunga yang indah. Menjadi tempat berburu foto paling kondang di Busan dan wajib untuk anda singgahi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Daejeo 1(il)-dong, Gangseo-gu, Busan, Korea Selatan.

9. Jagalchi Market

Jagalchi Market
Image Credit: Google Maps 黃安寶

Liburan anda di Busan tidak akan lengkap jika tidak mampir di tempat ini. Jagalchi Market menjadi tujuan untuk anda yang ingin menikmati kuliner seafood segar. tidak hanya makanan yang sudah jadi, anda juga bisa membeli banyak jenis ikan yang segar. Jagalchi Market menjadi surga bagi anda yang gemar dengan makanan laut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jagalchihaean-ro, Jung-gu, Busan, Korea Selatan.

10. Nampodong

Nampodong
Image Credit: Google Maps radio ju

Wisata belanja di Busan bisa dilakukan di Nampodong yang juga begitu kondang. Ada banyak toko berjajar dan menawarkan banyak kebutuhan. Anda bisa berbelanja makanan, alat kecantikan sampai dengan pakaian. Nampodong menjadi jujugan mereka yang hobi belanja atau sekedar mencari buah tangan.

Lokasinya yang berdekatan, anda juga bisa singgah di Gukje Market Food Street. Seperti namanya, tempat wisata di Busan ini menawarkan banyak makanan khas Korea. Ada banyak kuliner yang bisa anda cicipi sembari menikmati keramaian sekitar. Atau bisa juga mampir di beberapa cafe yang ada, atau bisa juga mampir ke Yongdusan Park yang juga dekat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nampo-dong, Distrik Jung, Busan, Korea Selatan.

Menghabiskan waktu di Busan rasanya tidak akan puas jika hanya sebentar. Mengingat ada banyak tujuan yang bisa anda kunjungi ketika berada di Kota ini. Busan juga dekat dengan laut yang membuat komoditas seafood begitu tinggi. Anda bisa berjalan jalan, kulineran sampai dengan belanja di kota ramai kedua ini.