Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Peramun, Air Selumar, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Belitung merupakan salah satu Provinsi yang terletak di ujung pulau Sumatera. Selain menyuguhkan keindahan alam pantai, Belitung juga menampilkan berbagai keindahan lain yang sangat layak untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu wisata alam bukit yang masih asri, seperti wisata Bukit Peramun.

Bukit ini merupakan bukit yang dikelola oleh HKM Air Selumar (ARSEL) community. Kawasan ini memiliki keanekaragaman hayati dari berbagai flora dan fauna. Walaupun perjalanan menuju ke bukit sangat menantang. Akan tetapi pesona yang diberikan Bukit sangat menarik untuk dinikmati.

Selain itu, terdapat berbagai aktivitas menarik yang dapat anda lakukan. Spot utama kawasan ini adalah pesona hutan lindung dan batu granit yang menyebar luas, terpampang sepanjang lahan. Setiap harinya banyak wisatawan yang berdatangan baik dari daerah setempat maupun dari daerah luar Belitung.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Peramun

Daya Tarik Bukit Peramun
Image Credit: Google Maps Bukit Peramun

1. Keindahan Kawasan Bukit

Lahan Bukit Peramun ini mempunyai luas sekitar 16 hektar taman ke hati dan 115 hektar hutan kemasyarakatan. Bukit di kelilingi oleh berbagai macam tanaman yang menghijau. Tanaman ini memiliki berbagai jenis, seperti tumbuhan anggrek, lumut, dan pohon-pohon liar lainnya.

Akan tetapi sebagian tanaman yang berada di Bukit merupakan tanaman obat-obatan yang berkhasiat. Uniknya, di dalam kawasan bukit tersedia papan informasi yang terbuat dari digital dengan QR Code. Anda dapat men-scan QR Code tersebut dengan Handphone yang telah dibawa.

Setelah di-scan, terdapat banyak informasi mengenai Bukit mulai dari pohon-pohon yang tertanam di bukit, tempat-tempat menarik serta berbagai informasi lainnya yang lengkap. QR Code ini juga menjadi salah satu upaya pihak pengelola untuk memberikan langsung informasi dengan pengunjung dengan praktis.

Bukit Peramun Belitung memiliki ketinggian puncak sekitar 129 meter di atas permukaan air laut. Terdapat beberapa tempat singgah di kawasan bukit, setiap tempat singgah memiliki tempat istirahat dengan disediakan pondok-pondok atau kursi-kursi panjang.

Untuk tempat singgah pertama dengan jarak sekitar 200 meter dari lokasi tiket, lanjut ke tempat singgah kedua dengan jarak 180 meter dari tempat singgah pertama. Lanjut menuju ke tempat singgah ketiga yang merupakan puncak dari bukit sekitar 135 meter dari lokasi tempat singgah kedua.

Setelah mencapai di puncak bukit, tersaji pemandangan yang sangat indah. Puncak ketinggian ini dapat melihat semua keberadaan di bawah puncak.

Pemandangan sekitar seperti terdapat pulau lengkuas, pepohonan yang rimbun dengan menghijau dan lebat, perbukitan yang melengkung-lengkung, hutan Kemasyarakatan serta desa Air Selumar. Keindahan alam ini masih sangat asli dan alami. Anda dapat memanfaatkannya untuk berfoto mengabadikan setiap momen.

2. Pesona Batu

Kawasan Bukit Peramun memiliki berbagai batu dengan pesona yang memanjakan mata. Pengunjung dapat menginjakkan kaki langsung ke atas batu granit yang adalah berasal dari formasi batu granit Tanjung pandan. Batu granit ini membentuk sepasang yang sering disebut dengan batu kembar.

Lokasinya berada sekitar waktu 16 menit perjalanan dari titik singgah pertama dengan ketinggian yang berada di 90 meter di atas permukaan laut. Batu ini menurut penduduk lokal sudah terbentuk sejak sekitar 220 sampai dengan 245 juta tahun yang lalu.

Di atas batu kembar tersebut, menyediakan daya tarik yang indah, berada di atas batu dapat melihat pemandangan seperti keindahan hutan yang rimbun dan menghijau, sungai padang serta laut yang terhampar biru. Pemandangan yang sangat sempurna untuk diabadikan.

Uniknya, batu granit ini memiliki mitos tersendiri yang masih dipercaya sampai sekarang, yaitu jika dapat memegang dua buah batu dengan cara merentangkan kedua tangan maka nantinya akan dimudahkan dengan jodohnya. Tak heran banyak wisatawan yang ingin membuktikan mitos ini.

3. Tarsius di Bukit Peramun

Tarsius adalah hewan yang sudah langka. Penduduk Belitung biasa menyebutnya dengan Mentilin. Hewan priama langka ini hanya muncul di malam hari. Bertubuh kecil dengan mata yang bulat besar. Sekilas dari jauh seperti perawakan tikus tetapi memiliki telinga yang mungil.

Hewan ini juga dapat menampakkan dirinya sesekali di waktu siang, jika beruntung anda bisa mengabadikan momen bertemu dengan Tarsius. Tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti tidak boleh menggunakan flash saat memotret, jangan memberi makan sembarangan serta tidak boleh berisik.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Peramun
Image Credit: Google Maps LED MK Channel

4. Jembatan Gantung Merah

Daya tarik lainnya di Bukit Peramun Belitung adalah terdapat jembatan gantung merah di kawasan yang dijadikan sebagai kawasan untuk menyeberangi jalan. Model jembatan ini terbuat dari kayu yang diberi cat merah. Jembatan ini seperti jembatan-jembatan model lama dari zaman dahulu.

Justru karena memiliki model yang klasik, banyak pengunjung yang berkesempatan untuk sekedar berfoto di jembatan. Di sisi kanan dan kiri jembatan terdapat banyak pepohonan yang menghijau. Jembatan ini tidak luas hanya cukup dilalui oleh pejalan kaki atau kendaraan beroda dua saja.

5. Pepohonan Hutan

Kawasan Bukit Peramun memiliki berbagai tanaman pepohonan yang banyak, hutan ini mempunyai 147 jenis pohon dengan sebagian besar pohon merupakan pohon obat yang memiliki berbagai khasiat. Terdapat juga 30 jenis lumut serta 8 jenis tumbuhan anggrek.

Pepohonan tersebut sebagian memang sengaja di tanam oleh pihak pengelola yaitu ARCEL yang merupakan binaan dari BCA (Bank Central Asia). rata-rata hampir semua pohon memiliki ketinggian yang menjulang, sehingga membuat suasana semakin asri dan alami.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Peramun
Image Credit: Google Maps Achmad Farajallah

Wisata alam Bukit Peramun yang mempunyai ciri khas pepohonan obat-obatan ini berada di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bukit ini lebih tepatnya berada di Kecamatan Sijuk, Desa Air Selumar. Lokasinya memang tidak terlalu strategis tetapi akses perjalanan sangat baik dengan jalanan yang sudah beraspal.

Jarak tempuh perjalanan menuju ke lokasi wisata bukit sekitar 22 kilometer di perjalanan dari titik pusat Bandara Hanandjoeddin. Sedangkan jarak dari arah Utara Timur Laut Kota Tanjung Pandan adalah sekitar 20 kilometer di perjalanan. Lanjut dari Pantai Tanjung Tinggi memiliki jarak kurang lebih 8 kilometer.

Wisata ini juga memiliki jarak sekitar 5 kilometer dari Pusat titik Kecamatan Sijuk. Sebelah barat berbatasan dengan desa Air Seru, sebelah Selatan berbatasan dengan desa Kacang Butor, sebelah utara berbatasan dengan desa Tanjung Tinggi dan serta sebelah timur berbatasan dengan desa Sijuk.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Peramun
Image Credit: Twitter Arah destinasi

Destinasi wisata alam perbukitan ini dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per pengunjung. Harga ini sudah termasuk dalam biaya parkir kendaraan yang sudah disediakan area khusus oleh pihak pengelola.

Adapun untuk waktu operasionalnya, Bukit ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu dari Pukul 08.00 WIB pagi hari sampai dengan pukul 17.00 WIB sore hari. Ada beberapa biaya tambahan seperti biaya pengamatan Tarsius sekitar Rp 100.000 per pengunjung, serta biaya spot foto dari mulai Rp 5000 sampai Rp 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Peramun

Aktivitas di Bukit Peramun
Image Credit: Google Maps Desti Sevtiani

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan. Di puncak Bukit Peramun Belitung disediakan gardu pandang untuk para wisatawan melihat pesona bukit. Tersedia juga beberapa pondok-pondok yang terbuat dari kayu dapat dijadikan sebagai tempat istirahat sekaligus bersantai ditemani udara segar bukit.

2. Trekking

Kegiatan lainnya adalah trekking. Sebelum memasuki lokasi wisata, pengunjung telah melakukan aktivitas trekking dengan menyusuri bukit. Mendaki sambil menikmati pemandangan yang ada. Anda dapat melakukan Trekking dengan bersama dengan rombongan.

Jalur trekking adalah melewati hutan-hutan yang sebagian besar sengaja ditanam untuk obat-obatan. Anda juga dapat melihat beberapa batu granit yang terhampar dengan banyak di sekitar lokasi kawasan hutan.

3. Berfoto

Kegiatan lainnya adalah mengabadikan momen dengan berfoto. Banyak spot menarik di kawasan Bukit Peramun. Anda juga dapat berfoto di spot yang berbayar seperti di gardu pandang ataupun spot lainnya. Berfoto bersama dengan tarsius maupun dengan flora dan fauna yang hidup di kawasan hutan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Peramun
Image Credit: Google Maps Addini Nimaz Sufihar

Bukit Peramun memiliki fasilitas yang bisa dikatakan cukup lengkap. Di sekitar kawasan disediakan lahan khusus untuk parkir kendaraan yang cukup luas. Terdapat juga beberapa toilet umum yang selalu dibersihkan petugas.

Setiap titik singgah dari bukit disediakan beberapa tempat untuk istirahat seperti pondok-pondok yang terbuat dari kayu dan ditutupi oleh atap. Terdapat juga habitat Tarsius yang dapat diabadikan di kamera. Disediakan juga gardu pandang khusus untuk para wisatawan melakukan pengamatan dari seluruh wilayah.

Selain itu, terdapat juga beberapa warung-warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman khas daerah setempat. Anda dapat menyantap makanan sambil menikmati keindahan alam.

Bukit Peramun Belitung merupakan salah satu bukit yang memiliki ciri khas pepohonan yang sebagian besar adalah obatan-obatan. Selain itu hanya di bukit ini anda dapat berinteraksi langsung dengan habitat asli dari hewan primata Tarsius, oleh karena itu destinasi ini layak untuk dikunjungi.