Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Leuwikujang, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tidak ada habisnya jika kita membahas pesona alam yang ditawarkan Jawa Barat. Masing-masing kabupaten bahkan memiliki objek wisata dengan keindahan alamnya. Sebut saja Bukit Sanghyang Dora yang terletak di Majalengka. Bahkan karena panorama indah yang disajikan, bukit ini disebut sebagai Raja Ampat nya Majalengka.

Tidak sulit mencapai titik lokasi karena ketinggian bukit hanya sekitar 385 meter diatas permukaan laut. Meski demikian, bukit ini dianugerahi dengan panorama alam yang tidak kalah menarik dengan bukit lain yang mempunyai ketinggian ribuan meter. Tampak dengan jelas gundukan bukit yang terlihat seperti tenda camping atau jajaran gunung yang sedang mengadakan rapat.

Selain itu, pemandangan kota Leuwimunding juga terlihat indah jika dilihat dari kejauhan. Kawasan yang masih asri sangat cocok dijadikan tempat untuk sejenak meninggalkan hiruk pikuk kehidupan kota. Tidak heran jika Bukit Sanghyang Dora selalu ramai dikunjungi, terutama ketika weekend yang bisa mencapai 500 wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Sanghyang Dora

Daya Tarik Bukit Sanghyang Dora
Image Credit: Google Maps Ilyast Sei

Tentunya anda bertanya-tanya, apa saja daya tarik dari bukit yang terletak di desa Leuwikujang ini. Hal tersebut wajar karena kita tidak dapat mengunjungi objek wisata yang tidak memberikan daya tarik apapun. Dalam hal ini, yang dimaksud tentunya masih berhubungan dengan panorama alam yang ada di bukit tersebut.

1. Pesona Alam yang Eksotis

Keindahan atau pesona alam yang dimiliki, itulah daya tarik pertama yang membuat banyak wisatawan kepincut. Bagaimana tidak, pemandangan yang pertama dan terlihat jelas adalah gunung Cermai. Meskipun terlihat jauh, namun keindahannya seolah tidak dapat disembunyikan. Apalagi jika terdapat gugusan bukit disebelah Bukit Sanghyang Dora.

Panorama alam tidak berhenti pada siang hari saja, malam hari juga tetap indah. Meskipun tidak lagi tampak gagahnya pegunungan dan perbukitan di sebelahnya, namun pesona alam tergantikan dengan kerlip lampu kota Leuwimuding. Dari kejauhan, lampu dengan berbagai warna tersebut tampak seperti kunang-kunang yang sedikit menerangi kegelapan.

Saat cuaca mendung dan berkabut, bukit cantik ini justru memberikan view yang sangat indah, dimana sebagian besar tempat lain tidak ada lagi yang menarik. Pada saat kondisi cuaca tersebut, kabut tipis biasanya menyelimuti sebagian bukit sehingga terlihat seperti negeri dongeng. Pesona alam yang eksotis ini terkadang juga bisa dilihat ketika pagi hari bersamaan dengan embun pagi.

2. Spot Foto dengan View Alam

Selain menawarkan keindahan alami dari gundukan tanah raksasa, Bukit Sanghyang Dora juga dibangun spot khusus untuk foto. Tentunya hal ini mampu memikat sebagian besar wisatawan untuk berkunjung, terutama bagi mereka yang hobi selfie. Spot yang dimaksud masih bertema alam, seperti halnya pemandangan yang disuguhkan.

Di pagi hari atau ketika cuaca sedang berkabut, anda bisa mendapatkan hasil foto dengan keindahan maksimal. Di sore hari juga demikian, terkadang cahaya matahari yang mulai berwarna orange tidak kalah menarik dijadikan latar belakang. Ketika malam tiba, tampak cahaya dari lampu penerangan pemukiman penduduk yang cocok dijadikan background foto.

3. Sebagai Tempat Camping Indah

Pada umumnya, pengunjung yang datang ke Bukit Sanghyang Dora bertujuan untuk bermalam dengan cara camping. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta alam. Apalagi suasana yang masih asri dan panorama alam yang mengagumkan membuat traveler pastinya betah tinggal berlama-lama.

Udara yang terkadang dingin di malam hari seakan tidak berarti bagi mereka. Karena ada keyakinan bahwa di pagi hari, kehangatan perlahan dapat dirasakan seiring dengan terbitnya sang surya. Apabila beruntung, pemandangan kabut yang disebutkan sebelumnya dapat disaksikan nyata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Sanghyang Dora
Image Credit: Google Maps Kang Pacet

Bukit Sanghyang Dora teratak di Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, anda bisa langsung menuju lokasi jika tertarik. Waktu tempuh yang diperlukan jika anda berada di pusat kota Majalengka sekitar 45 menit dengan jarak 22 kilometer.

Supaya bisa sampai ke lokasi bukanlah perkara sulit karena banyak papan petunjuk yang tersedia. Apalagi jika saat ini anda bisa menggunakan bantuan Google Map yang ada di perangkat ponsel pintar. Hanya saja, akses jalan yang harus dilalui masih belum bisa dikatakan baik. Masih banyak jalanan sempit yang harus dilalui, begitu juga tanjakan dan turunan curam.

Maka dari itu, sebaiknya menggunakan kendaraan yang masih dalam kondisi prima. Selain itu, jangan lupa isi bensin full karena tidak banyak ditemukan pom bensin jika anda sudah memasuki kawasan perbukitan. Untungnya, ketinggiannya hanya sekitar 385 mdpl sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menuju titik lokasi utama.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Sanghyang Dora
Image Credit: Google Maps Iwan A

Siapa sangka jika pemandangan dan panorama indah yang disajikan Bukit Sanghyang Dora ternyata hanya ditawarkan degan harga terjangkau. Untuk memasuki kawasan tersebut, anda hanya diharuskan membayar tiket sebesar 10.000 rupiah. Segala aktivitas bebas dilakukan ketika masuk, asalkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Harga tiket belum termasuk biaya parkir yang juga wajib dibayar. Tarif untuk sewa lahan parkir masih standar yang ada di daerah tersebut, yakni 2.000 rupiah untuk motor dan 10.000 untuk mobil. Tarif tersebut berlaku untuk satu hari satu malam, jadi ketika anda menginap atau camping lebih dari sehari, biaya berlaku kelipatan nya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Sanghyang Dora

Aktivitas Menarik Bukit Sanghyang Dora
Image Credit: Google Maps Tani Buah

Berbagai aktivitas dapat dilakukan ketika anda berada di bukit. Mulai dari kegiatan yang santai sampai menantang, semua bisa dilakukan. Aktivitas juga menjadi tujuan utama sebagian besar pelancong ketika berlibur. Tanpa aktivitas seru, liburan terasa hampa bagai makanan tanpa rasa. Lalu, apa saja aktivitas yang menarik dilakukan di Bukit Sanghyang Dora?

1. Menyaksikan Panorama Matahari Terbit

Aktivitas pertama yang wajib dilakukan adalah menyaksikan keindahan matahari terbit di pagi hari. Meskipun pasif, namun kegiatan ini menjadi yang paling utama dan dinantikan pengunjung. Bahkan banyak dari mereka yang rela bangun pagi supaya tidak ketinggalan pemandangan indah cahaya yang perlahan merayap naik ke bukit.

Warna khas orange dari cahaya yang baru naik tersebut sangat indah, apalagi jika berpadu dengan hijaunya rumput di sekitar perbukitan. Namun pastinya, anda harus menginap untuk mendapatkan pemandangan ini. Adapun wisatawan yang ingin melihatnya tanpa menginap harus berangkat subuh.

2. Berkemah Ditemani Suasana Alam

Seperti yang dikatakan pada bagian daya tarik diatas, Bukit Sanghyang Dora sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Aktivitas ini bukan hanya menarik, namun juga menjadikan diri lebih dekat dengan alam. Suasana di pagi hari yang hening mampu membuat pikiran lebih jernih. Apalagi jika ditemani dengan kopi panas, udara dingin yang menusuk tulang bisa jadi tidak terasa.

Tentunya untuk berkemah atau camping lebih seru jika dilakukan bersama-sama. Anda bisa mengajak teman atau keluarga jika mereka tidak keberatan. Selain itu, sayang sekali jika anda datang sendirian dan tidak ingin berbagi keindahan bukit dengan pesona alam eksotis ini. Agar suasana lebih hangat, jangan lupa berkumpul dan menyalakan api unggun di tepi tenda.

Aktivitas Menarik di Bukit Sanghyang Dora
Image Credit: Google Maps burhn Fadli

3. Mendaki Seru Bersama-sama

Hampir dipastikan bawah anda datang bersama rombongan lain. Aktivitas pendakian tentunya semakin seru dengan kehadiran mereka. Atau jika tidak, anda bisa melakukan tracking dengan rombongan sendiri. Ketinggian yang hanya mencapai ratusan meter dengan jalan tidak terlalu curam sangat cocok bagi mereka yang masih pemula.

Selama aktivitas pendakian, pemandangan indah selalu menyertai dan seolah tidak mau meninggalkan pandangan. Dengan adanya hal ini, mendaki lebih menyenangkan dan tidak terasa melelahkan. Saat sampai di puncak Bukit Sanghyang Dora, tidak sedikit pengunjung yang dibuat takjub oleh panorama alam yang disajikan, mungkin termasuk dengan anda.

4. Berburu Spot Foto Cantik

Pastikan anda tidak ketinggalan momen seru ketika berkunjung ke bukit mempesona ini. Untuk itu, siapkan kamera terbaik yang nantinya sebagai foto atau video, baik dari kamera HP maupun DSL. Sebenarnya untuk aktivitas ini sudah disebutkan pada bab daya tarik, jadi tidak perlu membahas lebih dalam lagi kali ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Sanghyang Dora
Image Credit: Google Maps Fajar Rumawi

Bukit Sanghyang Dora sebenarnya baru diresmikan beberapa tahun lalu, akan tetapi fasilitasnya sudah lebih dari cukup sebagai objek wisata yang layak dikunjungi. Selain area parkir yang tersedia dengan lahan luas, anda bisa menggunakan toilet yang bersih dan nyaman. Mushola juga sudah tersedia dan layak digunakan sebagai tempat ibadah.

Untuk melengkapi fasilitas yang ada di lokasi, pihak pengelola juga membangun spot selfi unik dan menarik. Hingga sat ini, spot tersebut masih gratis digunakan, untuk ke depannya sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Terdapat warung atau kantin yang tidak jauh di puncak bukit, jadi anda tidak perlu membawa bekal terlalu banyak dari rumah.

Itulah berbagai hal menarik yang perlu diketahui dari salah satu objek wisata yang ada di Majalengka, Jawa Barat. Bukit Sanghyang Dora dikelola oleh gabungan dari bayak pihak, diantaranya adalah karang taruna, BPD, Perangkat Desa, dan warga sekitar. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat dibangun spot lain untuk menarik wisatawan.