10 Air Terjun (Curug) di Sentul yang Populer

Curug Sentul

Tertarik ke Air Terjun? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Curug Terbaik di Sentul Bogor. Destinasi Wisata Alam yang Indah, Eksotis & Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Sentul merupakan sebuah daerah di Jawa Barat tepatnya di Bogor. Di sana khas dengan panorama alam berupa pegunungan yang sangat memukau baik di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Sehingga banyak sekali tempat wisata alam yang dapat di kunjungi oleh para pelancong.

Karena lokasi yang tidak jauh dari ibu kota Jakarta, menjadikan Bogor, terutama Sentul terkenal sebagai tempat wisata paling banyak dikunjungi apalagi saat libur akhir pekan. Selain itu, Sentul juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih adalah air terjun yang alami.

Air terjun (curug) merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan di Sentul. Banyak sekali curug yang ada di sana dan wajib untuk dikunjungi saat liburan akhir pekan Anda. Selain kesegaran dari deburan air yang turun dari daerah pegunungan, tentunya pemandangan yang disuguhkan juga sangat mempesona. Berikut rekomendasi curug di Sentul yang wajib dikunjungi.

1. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Image Credit: Dakatour.com

Sentul memiliki salah satu curug yang sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Air Terjun Bidadari. Bukan hanya namanya saja yang indah, namun panorama yang terdapat di area tersebut juga memiliki keindahan yang tiada duanya. Anda dapat mengakses dari pintu keluar tol Sentul menuju Desa Bojong Koneng untuk menemukan tempat ini.

Air yang turun dari lereng pegunungan berasal dari mata air yang sangat banyak di daerah tersebut sehingga menghasilkan sebuah curug yang sangat mempesona. Anda dapat mandi di bawah air terjun tersebut. Bila takut terkena derasnya guyuran air yang jatuh, Anda dapat berenang di balik bebatuan besar yang menghiasi area air terjun tersebut.

Harga tiket masuk untuk menuju ke tempat wisata air terjun Bidadari ini cukup murah, yaitu 25 ribu hingga 30 ribu rupiah saja untuk menikmati kesegaran air yang ada di curug ini. Banyak sekali fasilitas yang disediakan dari pihak panitia, seperti gubuk, kolam renang yang cukup luas, serta fasilitas pendukung lainnya seperti warung-warung yang berjajar, serta arena outbound untuk anak.

BACA:  15 Air Terjun (Curug) di Sukabumi Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

2. Curug Barong

Curug Barong

Image Credit: Yukpiknik.com

Curug Barong merupakan sebuah air terjun yang terdapat di Sentul tepatnya di daerah Babakan Madang. Aliran air yang menjadi sumber dari curug ini adalah berasal dari Sungai Cirangrang yang juga akan berbagi aliran ke Curug Leuwi Lieuk dan Curug Leuwi Hejo. Curug Barong merupakan tempat wisata yang masih memiliki keadaan alam yang sangat natural.

Untuk mengakses ke kawasan Curug Barong, Anda dapat memulainya dari gerbang Desa Karang Tengah hingga ke kawasan Gunung Pancar. Selanjutnya, ikuti jalan ke arah Leuwi Hejo dan mulainya menelusuri sungai dengan berjalan kaki sekitar 10-20 menit untuk menikmati keindahan alam dari Curug Barong ini.

Pastinya Anda akan dikenakan tarif masuk menuju Curug Barong sebesar 15-25 ribu rupiah. Pastinya harga tersebut sudah termasuk tiket parkir kendaraan Anda. Sangat disarankan untuk tidak datang saat sedang musim penghujan. Karena sangat rawan jalanan licin dan sangat berbahaya bila dipaksakan.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

3. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo

Image Credit: Portalwisata.co.id

Curug Leuwi Hejo merupakan air terjun yang satu jalur dengan Curug Barong. Keindahan air yang terdapat di wisata tersebut sangatlah mempesona. Dengan warna biru kehijauan, membuat air terjun ini menjadi salah satu alasan para wisatawan sering berkunjung ke sini.

Fasilitas yang terdapat pada tempat wisata Curug Leuwi Hejo antara lain, tempat penitipan helm serta kamar mandi yang dapat digunakan selepas berenang di bawah air terjun. Untuk memasuki kawasan wisata tersebut, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar 15-25 ribu rupiah.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

4. Curug Hordeng

Curug Hordeng

Image Credit: Denubay.com

Bila ingin menikmati air terjun dengan nuansa alam yang sangat memanjakan mata, coba datang ke daerah Sentul, tepatnya di Desa Cibadak. Disana terdapat sebuah air terjun dengan suasana yang begitu alami, yaitu Curug Hordeng. Air yang sejuk serta panorama yang sangat memukau, menjadikan tempat wisata ini sangat ramai untuk dikunjungi.

BACA:  14 Wisata Pantai di Cianjur Paling Hits Dikunjungi

Akses jalan menuju Curug Hordeng dapat Anda tempuh melalui kawasan Sentul menuju ke Gunung Pancar. Lalu, lanjutkan perjalanan ke arah Desa Cibereum. Ikuti jalan ke atas hingga sampai di gerbang atau pos masuk ke tempat wisata ini. Biaya masuk yang harus Anda keluarkan yakni sebesar 10 ribu saja. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi: Jl. Gunungwangun, Cibadak, KEc. Sukamakmur, Kab. Bogor.

5. Curug Leuwi Cepet

Curug Leuwi Cepet

Image Credit: Mytrip.co.id

Curug Leuwi Cepet merupakan salah satu tempat wisata curug di Bogor dan masih satu jalur dengan Curug Leuwi Hejo, Leuwi Barong, dan Leuwi Lieuk. Dari lokasi wisata ini, Anda dapat menikmati dari barisan air terjun tersebut di daerah Babakan Madang. Pastinya, pesona dari Leuwi Cepet lebih seru dibandingkan dengan curug lainnya.

Leuwi Cepet memiliki keunggulannya sendiri yang banyak orang cari, yaitu memiliki sebuah tebing yang mana banyak digunakan oleh para wisatawan untuk terjun ke kolamnya. Kedalaman dari kolam air terjun ini hingga 2 meter. Bila Anda terus mengikuti aliran airnya, maka akan sampai di curug-curug lainnya.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

6. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung

Image Credit: Superadventure.co.id

Bila Anda sedang berkunjung di Kota Sentul, tidak ada salahnya untuk singgah sejenak ke Curug Leuwi Cibaliung. Air terjun ini terdapat di Karang Tengah. Curung terdalam di Bogor ini akan memberikan suatu pesona yang tidak Anda dapatkan di tempat lain.

Tidak hanya itu, air yang jernih yang menghiasi Air Terjun Cibaliung, namun terdapat bebatuan yang tersusun rapi menjadi salah satu khas dari tempat ini. Hanya dengan bermodalkan kurang dari 40 ribu rupiah, Anda bakal memperoleh semua keindahan yang ada di objek wisata ini.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

7. Curug Kalimata

Curug Kalimata

Image Credit: Youtube.com (Ryan Andi)

Curug Kalimata atau curug tertinggi di Kota Hujan ini menjadi salah satu objek wisata yang tidak kalah ramai dengan tempat lain. Pasalnya, untuk menuju ke tempat ini, Anda harus rela berjalan kaki sekitar 10-20 menit dari Leuwi Asih karena tidak ada akses untuk kendaraan bermotor.

Namun, selain panorama sawah yang indah, akan membuat perjalanan menuju Curug Kalimata menjadi semakin berkesan. Setelah sampai di lokasi, Anda akan dimanjakan dengan keindahan serta kesegaran alam dari air yang jatuh dari ketinggian 10 meter ini.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Majalengka yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Raya Gn. Pancar No.70, Kp.Blok Dukuh RT 03/RW12, Desa Karang Tengah, Kec. Babakanmadang,Kab. Bogor.

8. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk

Image Credit: Travelblog.id

Curug Leuwi Lieuk merupakan gugusan dari curug-curug di daerah Babakan Madang. Sama halnya dengan curug-curug lainnya yang saling tersambung, namun curug satu ini memiliki panorama dan keistimewaan yang berbeda.

Anda akan mendapatkan pemandangan bawah air yang sangat mengagumkan. Serta bebatuan yang membentengi air terjun ini menjadikan semakin lebih indah beserta dengan suara gemericik dari air yang turun dari lereng.

Lokasi: Jl. Gunungwangun No.rt 04, RW.05, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

9. Curug Kencana

Curug Kencana

Image Credit: Tripsantai.com

Bila Anda menginginkan sebuah tempat wisata air terjun dengan hutan yang mengelilinginya, tentunya Curug Kencana adalah pilihan yang pas. Curug ini terdapat di Gunung Panca tepatnya di Kabupaten Babakan Madang.

Curug Kencana dapat Anda jadikan sebagai tempat mengadu adrenalin dengan cara melompat dari tebing setinggi 7 meter menuju ke telaga yang kedalamannya hingga 6 meter. Namun tidak perlu khawatir bagi yang tidak bisa berenang, karena sungai yang mengalir di tempat ini, sangat dangkal untuk digunakan.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

10. Curug Nangka

Curug Nangka

Image Credit: Gunung.id

Curug Nangka adalah sebuah objek wisata air terjun yang memberikan daya tarik keindahan dengan deburan air yang turun dari tebing setinggi 25 meter. Sehingga banyak orang yang datang ke sini untuk melakukan pengabadian momen dengan cara berfoto.

Selain itu, di daerah Curug Nangka menjadi salah satu habitat dari monyet-monyet liar. Saat berjalan menuju ke air terjun ini, Anda akan melihat monyet yang sedang berkomunikasi atau berinteraksi dengan para pengunjung tempat ini. Namun, sangat disayangkan, monyet-monyet tersebut sangat nakal. Jadi harus berhati-hati terhadap bawaan Anda.

Lokasi: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor.

Itulah 10 wisata air terjun atau curug favorit di Sentul. Dengan membawa panorama yang sangat mengagumkan serta nuansa sejuk dari deburan air yang jatuh, membuat air terjun menjadi salah satu objek wisata yang paling dicari hingga saat ini khususnya di Sentul. Bila Anda berkunjung ke Bogor, sangat disarankan untuk singgah ke tempat tersebut.