Danau Labuan Cermin, Danau Unik Dua Rasa di Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin menjadi tujuan rekreasi menarik saat berada di Kalimantan Timur. Danau unik yang memiliki dua rasa, tawar di permukan dan asin di dasar danau.

Lokasi: Biduk-Biduk, Kec. Biduk-Biduk, Kab. Berau.
Map: Cek Lokasi

Objek wisata air yang bisa Anda kunjungi tidak hanya sebatas pergi ke pantai saja. Seringkali orang-orang merasa jenuh karena telah berkali-kali datang kesana. Anda perlu mencoba suasana baru dengan berlibur ke danau yang ternyata tak kalah seru dari bermain di pantai. Nikmati segarnya air danau yang jernih serta lingkungan keasrian lingkungan sekitarnya.

Salah satu rekomendasi danau, khususnya di wilayah Kalimantan Timur adalah Danau Labuan Cermin yang identik dengan warna air jernih. Objek wisata satu ini cukup diminati oleh masyarakat. Telah banyak wisatawan domestik yang berasal dari luar daerah sampai wisatawan mancanegara yang telah datang ke objek wisata air satu ini.

Terkadang cara melepaskan penat yang terbaik adalah dengan berlibur sambil menghirup udara segar. Padatnya jadwal aktivitas sehari-hari tentunya membuat Anda merasa tidak betah. Oleh karena itu, disarankan pergi ke Danau Labuan Cermin dengan pemandangan alam indah yang bisa memanjakan mata. Namun, sebelum pergi kesana alangkah baiknya Anda mencari tahu informasi wisatanya dahulu.

Asal Usul Nama Danau Labuan Cermin

Asal Usul Nama Danau Labuan Cermin

Image Credit: Facebook.com @backpackerindonesia

Danau ini diberi nama Labuan Cermin bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya adalah karena danau ini terletak di desa yang bernama Labuan Kelambu sehingga warga sekitar berinisiatif menjadikannya sebagai nama. Sedangkan asal cermin diambil berdasarkan beningnya air danau yang memantulkan bayangan luar sangat jelas seperti sedang berkaca.

Saking beningnya, Anda bisa melihat dengan jelas ke dalam air yang berisi biota danau. Mulai dari ikan-ikan kecil, terumbu karang, lumut, dan lain sebagainya. Apalagi jika matahari sedang bersinar terang-terangnya maka dijamin isi danau seakan akan tampak transparan. Pantulan sinar dari matahari juga membuat air danau berkilau layaknya cermin.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Labuan Cermin

Daya Tarik Danau Labuan Cermin

Image Credit: Facebook.com @jalan2com

Tidak seperti danau lainnya yang tergolong air asin atau air tawar. Danau Labuan Cermin mempunyai dua rasa yang berbeda dan itu menjadi ciri khas utamanya. Dua rasa tersebut terdiri dari gabungan antara air tawar dan air asin. Di dasar permukaan air rasanya adalah asin sedangkan bagian permukaan atasnya terasa asin.

BACA:  8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended

Hasil dari perpaduan kedua rasa tersebut menciptakan keunikan baru. Anda tahu sendiri jika ikan hidup di jenis air yang berbeda. Misalnya ada ikan yang tinggal di air tawar dan di air asin. Keduanya tidak bisa hidup dalam satu jenis lingkungan yang sama. Oleh karena itu keberadaan ikan di danau cantik ini terbagi menjadi sisi atas dan bawah.

Penggolongan ikan ini bisa dijadikan pembelajaran untuk mengetahui mana jenis ikan air tawar dan asin sesuai tempatnya. Bila ikan berenang di area atas permukaan maka bisa dipastikan ikan tersebut tergolong air tawar. Begitupula sebaliknya jika ikan berenang di area danau yang dalam maka tergolong asin.

Ketika berada di lokasi Danau Labuan Cermin, selain menikmati keindahan danaunya Anda juga bisa melihat-lihat pohon tropis yang tumbuh lebat mengelilingi danau ini. Pulau Kalimantan memang termasuk wilayah yang mempunyai persebaran hutan hujan tropis cukup banyak sehingga tampilan danau tampak jauh lebih menarik dan mengesankan.

Perpaduan antara hijaunya pohon tropis yang menjulang tinggi dan terpantul di atas permukaan air danau berwarna hijau tosca meninggalkan kesan wah yang sangat mempesona. Terlebih lagi jika dibantu dengan pencahayaan dari matahari membuat air semakin jernih serta bernilai estetika tinggi ketika difoto.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Labuan Cermin

Aktivitas di Danau Labuan Cermin

Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Jangan berpikir jika kedatangan Anda ke Danau Labuan Cermin hanya untuk sekadar menikmati keindahan airnya saja. Faktanya banyak kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari snorkeling, berenang, hingga menyewa perahu untuk dinaiki. Dijamin setelah datang kesini Anda akan sibuk melakukan semuanya karena terasa menyenangkan.

Meskipun dari luar air tampak dangkal, sebenarnya kedalaman danau ini mencapai sekitar 4 sampai 5 meter. Jadi, bagi Anda yang tidak percaya diri dengan kemampuan berenangnya maka disarankan untuk tidak terjun. Namun, jika berenang adalah hobi Anda maka jangan ragu untuk terjun ke danau yang sangat indah ini.

Seperti yang sudah diulas tadi mengenai jernihnya air danau akan terasa sangat disayangkan jika Anda melewatkan untuk melakukan salah satu olahraga air selain berenang yaitu snorkeling. Di daerah wisata air mana saja pasti kegiatan snorkeling adalah hal yang wajib dilakukan. untuk perlengkapannya sendiri bisa membawa dari rumah atau menyewa di toko peralatan.

BACA:  Pantai Manggar Segara Sari, Wisata Bahari Favorit di Balikpapan

Anda bisa menyelam di kedalaman air sekitar 1 sampai 3 meter dengan memakai masker selam dan alat bantu lain yang dipasang di kaki seperti kaki katak untuk memudahkan pergerakan. Saat menyelam, seluruh biota danau terlihat jelas di mata sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman snorkeling terbaik.

Nah, kegiatan yang paling sering dilakukan oleh para wisatawan adalah menyewa perahu dan mengelilingi area danau. Meskipun tampak sepele, kegiatan satu ini cukup diminati oleh mayoritas pengunjung. Karena Anda bisa melihat secara ekslusif pemandangan bawah laut yang terpantul jelas sekali bayangannya dari dalam.

Harga Tiket Masuk Danau Labuan Cermin

Harga Tiket Danau Labuan Cermin

Image Credit: Facebook.com @as’srie

Kelebihan yang dimiliki tempat wisata ini adalah tidak menarik tiket biaya masuk sepeser pun. Wisatawan dapat keluar masuk tanpa merogoh kantong dompet. Akan tetapi, untuk sampai ke lokasi Danau Labuan Cermin perlu datang ke dermaga terlebih dahulu lalu menaiki perahu untuk mengantarkan Anda sampai ke tujuan.

Saat di dermaga itulah, Anda perlu membayar uang untuk menyewa perahu. Biasanya untuk perjalanan pulang pergi dibutuhkan biaya sekitar 100 ribu rupiah. Nominal tersebut tidak terlalu mahal jika Anda sudah sampai ke danau dan menikmati pesonanya yang menakjubkan. Selama perjalanan menuju lokasi danau, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang tiada tara.

Rute Menuju Lokasi Danau Labuan Cermin

Lokasi Danau Labuan Cermin

Image Credit: Instagram.com @taufik_1983

Pertama-tama untuk wisatawan yang berada di luar wilayah Kalimantan Timur maka perlu membeli tiket pesawat untuk terbang ke Tanjung Redeb. Tanjung Redeb merupakan salah satu bandara yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Danau Labuan Cermin. Salah satu tempat pemberhentian yang akan Anda tuju adalah Balikpapan.

Kemudian diawali dari bandara Tanjung Redeb maka rute yang harus ditempuh selanjutnya adalah menuju ke Desa Biduk Biduk. Transportasi yang biasanya digunakan ialah travel dan memerlukan waktu yang lumayan lama yaitu sekitar 6 sampai 8 jam untuk sampai. Apabila sudah kelelahan selama perjalanan, sesampainya di Biduk Biduk Anda bisa menginap di penginapan.

Setelah sampai di Biduk Biduk dan Anda ingin langsung meneruskan perjalanan, Desa Labuan Kelambu lah yang harus dituju. Namun, untuk mencapai lokasi Danau Labuan Cermin harus melalui dermaga sehingga perlu menyewa perahu yang dapat mengantarkan Anda ke destinasi wisata air satu ini. Perjalanannya memerlukan perjuangan, tapi semua itu akan terbayar segera.

BACA:  Batu Dinding Samboja, Tembok Besar Memukau di Kutai Kartanegara

Spot Foto Keren di Danau Labuan Cermin

Spot Foto di Danau Labuan Cermin

Image Credit: Instagram.com @mardalani.nusantara.id

Benda yang wajib Anda bawa ketika pergi berlibur ke Danau Labuan Cermin adalah sebuah kamera. Pesona alamnya yang indah pasti tidak akan henti-hentinya membuat Anda berdecak kagum. Untuk itu, pastikan untuk mengambil gambar di setiap sudut danau agar bisa dilihat lagi nantinya sebagai kenang-kenangan.

Jepretan foto yang berlatar belakang danau ini sangatlah estetik. Apalagi jika sedang naik ke atas perahu dan berfoto maka hasilnya akan tampak seolah-olah perahu Anda mengambang di udara. Padahal itu disebabkan saking jernihnya air danau sehingga bisa membuat ilusi mata seperti itu. Sampai banyak yang mengatakan itu foto editan meskipun kenyataannya asli.

Danau biru tosca dengan perpaduan pepohonan yang menjulang tinggi sangat strategis dijadikan spot foto. Tidak jarang seorang fotografer datang ke tempat ini untuk mengabadikan bagian sudut danau yang dianggap keren dan terkesan elegan. Bahkan jika kamera di arahkan dari atas permukaan laut maka bagian bawahnya juga ikut terlihat jelas difoto.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Labuan Cermin

Fasilitas di Danau Labuan Cermin

Image Credit: Instagram.com @jayalah

Tidak mungkin sebuah tempat wisata tidak menyediakan perlengkapan barang yang dibutuhkan wisatawan bila sewaktu-waktu lupa membawa. Seperti yang sudah disebutkan tadi, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di danau ini adalah snorkeling. Akan lebih baik jika dari rumah Anda sudah membawa peralatannya sendiri. Namun, bagaimana jika Anda lupa atau tidak punya?

Solusi alternatif yang bisa dilakukan ialah dengan menyewa ke tempat peralatan snorkeling yang telah ada di sekitaran danau. Meskipun harus mengeluarkan biaya tambahan itu sepadan dengan hasil yang akan didapatkan. Lalu, jika dirasa terlalu larut untuk pulang maka bisa pergi ke penginapan yang tak jauh dari lokasi danau, termasuk ikut menumpang di rumah warga baik hati.

Nah, jadi itulah beberapa serba-serbi menarik dari Danau Labuan Cermin yang sering dijuluki danau dua rasa dari Kalimantan Timur. Dengan membaca referensi di atas setidaknya Anda mempunyai pegangan dan mengetahui apa saja yang bisa dilakukan disana. Pergilah bersama kerabat keluarga dan teman ketika akhir pekan tiba. Rekatkan hubungan sesama dengan menjalin pengalaman hangat di danau ini.