Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Wr. Soepratman, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Ketika akan berlibur ke Teluk Kendari, Anda akan terlebih dahulu melewati Jembatan ikoniknya. Jembatan yang baru diresmikan pada bulan Oktober 2020 ini menjadi sebuah ikon baru yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tenggara. Peresmian jembatan ini dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Jembatan ini dibangun untuk menjadi sarana pendukung dalam pengembangan Pelabuhan Bungkutoko dan Kawasan Konawe yang akan dijadikan sebagai sebuah kawasan industri. Adanya jembatan ini dapat semakin memperlancar akses dan konektivitas dalam melakukan mobilitas, baik mobilitas barang, jasa, maupun mobilitas manusia dapat berjalan lebih efisien.

Selain untuk sarana pendukung mobilitas, jembatan ini juga menawarkan panorama yang begitu indah. Dari atas jembatan ini Anda dapat melihat indahnya hamparan Teluk Kendari yang terdapat di sekitarnya. Hal ini pastinya dapat menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melewatinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Jembatan Teluk Kendari

Daya Tarik Jembatan Teluk Kendari
Image Credit: Instagram SSC Indonesia Kendari

1. Panorama Keindahan dari Teluk Kendari

Menjadi penghubung kawasan Poasia atau Kota Lama yang dipisahkan oleh sebuah teluk membuat kenampakan yang terlihat dari jembatan begitu indah. Melewati jembatan ini berarti Anda sudah pernah menyeberangi teluk ini.

Keindahan yang dapat Anda lihat dari atas jembatan ini yaitu hamparan air teluk yang segar, ditambah penampakan asri dari rimbunnya pepohonan yang ada di sekitaran teluk.

2. Keindahahan Perbukitan yang Nampak

Selain memiliki keindahan hamparan air teluk dan rimbunan pepohonan, jembatan ini juga menawarkan keindahan jajaran perbukitan yang dapat membuat siapapun terpesona dibuatnya. Walaupun jauh, namun perbukitan ini tetap dapat membuat suasana di sekitar menjadi lebih asri.

3. Travel Time Hanya Dalam 3-5 Menit

Sebelum jembatan ini dibangun, bagi Anda yang ingin menuju daerah lain yang ada di ujung dari masing-masing Teluk Kendari, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 30 sampai 35 menit dengan jarak sekitar 20 menit. Perjalanan ini ditempuh dengan mengelilingi teluk cantik ini. Selain mengelilingi, Anda juga bisa menyeberangi teluk untuk bisa sampai di kawasan ujung teluk.

Namun setelah dibangunnya Jembatan Teluk Kendari, Anda tak perlu lagi susah-susah berputar untuk mengelilingi teluk, cukup dengan melalui jembatan ini Anda sudah bisa sampai di kawasan ujung teluk. Waktu yang dibutuhkan pun cukup singkat, yakni hanya dibutuhkan sekitar 3-5 menit. Hal ini tentunya dapat menambah efisiensi waktu bagi Anda.

Daya Tarik Dimiliki Jembatan Teluk
Image Credit: Instagram SSC Indonesia Kendari

4. Jaraknya yang Begitu Panjang

Jembatan ini memiliki jarak yang panjang antara ujung satu dengan ujung satunya. Diperkirakan total panjang jarak jembatan ini mencapai 1,35 kilometer. Memiliki jarak yang begitu panjang membuat jembatan ini menduduki peringkat ketiga jembatan terpanjang yang ada di Indonesia setelah Jembatan Suramadu dan Jembatan Pulau Balang.

Walaupun memiliki jarak yang begitu panjang, jembatan ini sudah teruji memiliki kontruksi dengan kualitas keamanan yang baik. Hal ini juga dibuktikan dengan perolehan sertifikasi dari Komisi Keamanan Jembatan.

5. Memiliki Manfaat Strategis

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari memiliki tujuan untuk mendukung dan memperlancar konektivitas pengembangan daerah Pulau Bungkutoko dan Proasia yang terletak di wilayah selatan dari Kota Kendari. Pembangunan jembatan dapat mengembangkan kawasan ini menjadi kawasan industri, kawasan pemukiman baru, dan juga Kendari New Port.

6. Terhubung Dengan Jalan Lingkar

Daya tarik lain yang dimiliki jembatan ikonik Kendari ialah terhubung langsung dengan jalan lingkar luar atau outer ring road bersamaan dengan jalan nasional yang ada di Kendari. Ditambah dengan letaknya yang menghadap ke perairan biru menciptakan keindahan yang menawan. Anda bisa melewati jalan ini sambil menikmati keindahan yang disuguhkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Jembatan Teluk
Image Credit: Facebook Masyhuri Arifin

Jembatan Teluk Kendari adalah jembatan yang terletak di Kabupaten Kendari, lebih tepatnya ada di Jalan Tinumbu. Untuk menuju kawasan ini Anda dapat melakukan perjalanan dari jalan tol, rute jalan tol ini dianggap sebagai rute terdekat dan paling cepat yang dapat dilalui.

Apabila berada di daerah lain, Anda bisa melewati jalur udara untuk terlebih dahulu menuju Kota Kendari yang ada di Sulawesi Tenggara. Pada perjalanan udara Anda harus menyiapkan budget lebih, sebab perjalanan yang Anda lalui tidaklah dekat.

Sebagai contoh, bila berada di Jakarta, Anda perlu melakukan penerbangan menuju Sulawesi Tenggara. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi jembatan. Walaupun Anda perlu mengeluarkan budget yang tidak sedikit namun itu dapat sebanding dengan rasa puas yang akan Anda dapatkan.

Karena kawasan jembatan masih terbilang baru di kalangan masyarakat, tidak terdapat biaya masuk yang diberlakukan. Oleh karenanya, mengunjungi tempat ini akan banyak menguntungkan Anda. Seluruh keindahan yang ada di Teluk Kendari dapat Anda nikmati secara cuma cuma alias gratis.

Dari jembatan ini Anda bisa berkunjung ke teluk yang letaknya bersamaan dengan jembatan. Teluk ini juga dapat dikunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya masuk. Mungkin Anda hanya akan dikenai biasa penjagaan kendaraan atau biaya parkir dan biaya penggunaan beberapa fasilitas. Namun tak perlu khawatir, sebab biaya yang akan dikenakan relatif terjangkau.

Anda bisa mengunjungi jembatan dan Teluk Kendari ini kapan saja, bahkan saat hari libur. Jam operasionalnya pun buka 24 jam alias tidak pernah tutup. Sehingga Anda tidak akan tergesa-gesa kehabisan waktu dan dapat menikmati keindahan objek wisata bahari tanpa halangan waktu. Anda bisa mengajak teman-teman atau keluarga Anda untuk berlibur bersama.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Jembatan Teluk Kendari

Aktivitas di Jembatan Teluk Kendari
Image Credit: Instagram Sugito Arisandi

1. Menaiki Perahu di Teluk

Lokasinya berada di Teluk Kendari, Anda bisa menikmati kegiatan menaiki perahu di atas teluk. Dengan menaiki perahu, Anda bisa mengelilingi teluk sambil menikmati jernihnya air serta pemandangan jembatan yang nampak indah jika dilihat dai bawah.

Selain itu, Anda juga dapat menaiki kapal feri yang dulunya digunakan untuk transportasi dari Kota Poasia menuju Kota Lama dan sebaliknya. sebelum adanya Jembatan Teluk Kendari. Namun, karena sudah terdapat jembatan, penggunaan kapal feri sebagai transportasi penyebrangan ini sudah mulai minim dipakai.

2. Hunting Foto

Baik di jembatan maupun di teluknya, kawasan ini menawarkan banyak spot cantik dan menarik untuk berpose dan mengambil foto. Didukung dengan background teluk yang begitu menawan, dapat membuat Anda ingin terus dan terus untuk mengabadikan momen special liburan di kawasan ini.

Di sini Anda bisa memperoleh banyak foto instagramable yang kemudian dapat Anda unggah di sosial media pribadi. Disarankan untuk datang pada saat cuaca sedang cerah, sebab dengan cuaca yang cerah, air di teluk dapat memantulkan warna dari langit, yakni biru cerah. Selain itu, ketika matahari tenggelam kawasan ini juga terlihat begitu eksotis sehingga tampak cantik bila difoto.

Aktivitas Menarik di Jembatan Teluk Kendari
Image Credit: Instagram Muh. Irsyad Rusdin, S.T, M.M

3. Berjalan-jalan Sambil Menikmati Keindahan Teluk

Berjalan-jalan di kawasan ini merupakan kegiatan sederhana yang cukup menarik dan seru dilakukan. Anda dapat menghilangkan rasa jenuh dengan berjalan menyusuri jembatan yang baru dibangun di tahun 2020 ini.

Sambil berjalan jalan Anda bisa menikmati pemandangan indah dari Teluk Kendari dan juga melihat lalu Lalang kendaraan yang dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang setelah melewati hari hari dengan aktivitas padat baik di sekolah maupun di kantor.

4. Berburu Kuliner

Di kawasan sekitar teluk dan jembatan tersedia beberapa penjual makanan asongan dan warung yang menyediakan berbagai makanan khas daerah sekitar. Anda dapat menyantap makanan bercita rasa khas dengan ditemani pemandangan indah dari kawasan ini.

Jika datang di sore hari, Anda juga dapat menikmati pemandangan sore eksotis yang romantis sambil menyantap berbagai makanan yang sudah Anda beli. Hal ini pastinya dapat menjadi pengalaman hunting kuliner sambil menikmati keindahan alam yang menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Jembatan

Fasilitas di Kawasan Jembatan Teluk
Image Credit: Twitter muchlis a rofik

Fasilitas yang disediakan di kawasan Teluk dan Jembatan Teluk Kendari ini dapat dikatakan sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan para pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya sudah tersedia area parkir yang lumayan luas di kawasan dekat teluk, sehingga Anda tidak perlu bingung memarkirkan kendaraan dimana.

Bagi Anda seorang muslim, Anda tidak perlu khawatir sulit menemukan tempat untuk melaksanakan sholat. Sebab di kawasan ini sudah tersedia sebuah masjid yang juga merupakan ikon dari Sulawesi Tenggara. Terdapat pula beberapa penjual asongan dan warung yang jaraknya tidak jauh dari lokasi.

Selain itu, jika ketika berlibur merasa ingin buang air besar atau buang air kecil, sudah tersedia fasilitas kamar mandi yang dapat digunakan para pengunjung. Tidak perlu cemas akan kualitas kebersihan di area kamar mandi, sebab kamar mandi di kawasan ini memiliki kebersihan yang cukup terjaga.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai kawasan wisata baru Jembatan Teluk Kendari. Anda dapat meluangkan waktu untuk sejenak mengunjungi tempat ini dan menikmati segala keindahan yang ditawarkan di sini.