Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Patene, Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Lembah Biru Malino adalah sebuah lembah yang berada di Kecamatan Tinggimoncong. Lembah ini ini cukup populer di kalangan wisatawan pecinta wisata alam asal Gowa. Lembah ini menyajikan suasana yang pastinya sejuk dan asri serta pemandangan yang begitu indah sehingga tidak heran kalau lokasinya menjadi destinasi wisata populer. Wajib sekali dikunjungi untuk anda yang sedang melancong ke Gowa.

Pemandangan alam yang disuguhkan oleh Lembah Biru ini tidak perlu anda ragukan lagi keindahannya. Wisatawan akan merasa seakan terlahir kembali ketika melihat pemandangan disekitar area lembah. Hamparan sayur dan perkebunan yang begitu luas merupakan sebuah hal yang dapat dengan mudah anda temukan. Selain itu lingkungannya yang bersih dan asri sangatlah memanjakan diri.

Beragam aktivitas juga dapat wisatawan coba saat berada disini. Beragam aktivitas yang gencar diadakan di Lembah Biru Marino bertujuan agar obyek wisata alam ini lebih terkenal, tidak hanya oleh wisatawan dalam negeri saja, tetapi juga mancanegara. Sehingga wisatawan tidak akan merasa bosan saat berada di lembah ini. Sangat disarankan untuk menyambangi lembah ini bagi pecinta wisata alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembah Biru Malino

Daya Tarik Lembah Biru
Image Credit: Twitter Lintang Buana Tours

Sesuai namanya yang diberikan, lembah eksotis ini berlokasi di Kecamatan Tinggimoncong tepatnya Kelurahan Malino. Pengunjung yang datang kesini tidak hanya berasal dari dalam daerah Malino saja, tetapi juga ada wisatawan yang berasal dari luar daerah. Dengan semua daya tarik yang dimilikinya, pantas saja kalau lembah di Gowa ini tak pernah sepi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

1. Aura Sejuk yang Lekat Terasa

Daya tarik utama dari obyek wisata alam ini ialah aura sejuk yang lekat terasa. Dari namanya saja, tentu wisatawan sudah bisa membayangkan keadaan lembah yang biasanya tidak jauh dari kata hijau. Seperti lembah ini, pemandangan hijau yang terhampar di sepanjang mata memandang akan membuat udara di sekitar menjadi sejuk, lokasinya yang berada diatas ketinggian pun membuat udara semakin sejuk.

Pemandangan hijau yang berada di lembah ini berasal dari kebun-kebun dan sayuran yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Beragam jenis kebun serta sayuran dapat terlihat jelas saat berada di lembah ini, namun sewaktu-waktu lembah ini juga seringkali tertutupi oleh kabut sehingga akan sedikit menghalangi pandangan pemandangan. Walaupun begitu, aura sejuk yang disajikan akan memberi kesan nyaman.

Daya Tarik Lembah Biru Malino
Image Credit: Google Maps Nadil TheHunter

2. Tersedia Kolam Renang

Daya tarik selanjutnya dari lembah ini ialah tersedianya kolam renang. Keberadaan kolam renang yang terletak disini menjadi primadona bagi siapapun yang menyambanginya. Kolam renang yang berada disini seakan menjadi pelengkap saat menginjakkan kaki disini. Dengan adanya kolam renang ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas yang tentunya menyehatkan sekaligus penghilang rasa bosan.

Kolam renang yang berada di Lembah Biru Malino terlihat terbuka dengan dikelilingi oleh pemandangan hijau nan asri. Kolamnya yang bersih serta letaknya yang dikelilingi oleh pepohonan menjadikan kolam ini primadona tujuan wisatawan. Sehingga tak heran kalau wisatawan banyak yang tertarik untuk menyambangi lembah ini karena keberadaan kolam renangnya yang unik di tengah pepohonan hijau.

3. Adanya Wahana-wahana Seru

Selain menyuguhkan aura sejuk serta kolam renang, lembah ini pun seakan tidak ingin ketinggalan dengan daya tarik lainnya yaitu wahana permainan. Beragam wahana-wahana seru tersedia disini, wahana-wahananya pun bukan tipe wahana biasa saja, tetapi wahana yang cukup memacu adrenalin para pengunjungnya. Untuk anda yang bernyali besar, wahana yang ada disini patut sekali untuk dicoba.

Berbagai wahana permainan yang tersedia disini yaitu flying bike, rafting, hingga helium stick. Dari namanya saja sudah terbayang bukan, betapa mengerikannya saat mencoba wahana-wahana ini. Tetapi wisatawan tidak perlu meragukan tentang keamanan, karena beragam alat keamanan akan dipasangkan ke badan para wisatawan yang tertarik untuk mencoba wahana ini. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir.

Alamat & Rute Menuju Lokasi

Alamat Lembah Biru
Image Credit: Google Maps Asqar Ramadhani

Lembah Biru merupakan salah satu lembah asri dan sejuk yang terletak di Kelurahan Malino tepatnya di Jalan Patene. Lokasi obyek wisata ini berjarak sekitar 30 km jika dihitung dari Kabupaten Gowa. Akses menuju lokasi juga sudah memadai, terlebih wisatawan akan ditemani oleh pemandangan asri dari pepohonan sekitar menuju ke area lembah, sehingga wisatawan tidak akan merasa bosan.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi obyek wisata berbentuk lembah ini ialah sekitar 1 jam 18 menit jika dimulai dari Kabupaten Gowa. Namun, saat tanggal-tanggal merah seperti halnya libur sekolah, rute menuju lembah akan sedikit ramai sehingga sedikit mempengaruhi waktu tempuh. Hal ini dikarenakan oleh beragam daya tariknya yang membuat pengunjung banyak berdatangan ke lembah ini.

Wisatawan yang tertarik untuk menyambangi lembah ini, dapat memulai perjalanan dari Jalan Korong Bale yang terletak di Gowa lalu teruskan perjalanan menuju Jalan Tanete. Kemudian belok ke kanan menuju Jalan Malino dan teruskan hingga ke Jalan Sultan Hasanuddin. Setelahnya, belok ke kiri sampai menemui Jalan Patene dan jalan terus hingga menemukan destinasi wisata Lembah Biru yang dituju.

Dengan jarak yang terbilang cukup jauh serta waktu yang diperlukan cukup banyak tentu akan menjadi sebuah kekecewaan tersendiri. Namun, terlepas dari hal itu saat anda menginjakkan kaki di tengah lembah, rasa lelah serta kecewa tersebut seketika akan terbayarkan oleh pemandangannya yang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Lembah Biru Malino
Image Credit: Google Maps Muhammad Ilham Ansar

Lokasinya yang memiliki pemandangan asri dan udara yang sejuk dari perkebunan yang terhampar luas menjadikan lembah ini favorit sebagai area untuk melepas penat. Selain itu tersedianya kolam renang yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dan wahana permainan yang beragam di lembah ini juga membuatnya menjadi spot terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Wisatawan yang tertarik untuk menyambangi lembah dengan beribu daya tarik ini bisa mempersiapkan dana sebesar Rp 20.000 sebagai tiket masuknya. Nominal harga ini tergolong sebanding bahkan bisa dikatakan murah untuk sebuah tiket obyek wisata alam seperti halnya lembah menawan ini. Terlebih faktanya bahwa harga tersebut sudah termasuk fasilitas gazebo dan pemakaian mushala. Hemat sekali bukan?

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Lembah Biru

Aktivitas Menarik di Lembah Biru
Image Credit: Facebook Annisa Tassa Maharani Zainal

1. Bersantai Sembari Mengagumi Ciptaan-Nya

Salah satu kegiatan menarik yang wajib anda coba saat menginjakkan kaki disini ialah bersantai. Bersantai sembari menyeruput kopi adalah hal yang sangat tepat di tengah udara sejuk Lembah Biru Malino. Selain bersantai, wisatawan juga dapat bersantap makan bersama keluarga di gazebo yang telah tersedia sembari menatap pemandangan alam hasil ciptaan-Nya yang sungguh begitu mengagumkan.

2. Berenang di Dinginnya Udara Sekitar

Hal menarik lainnya yang patut anda coba adalah berenang. Wisatawan dapat memanfaatkan keberadaan kolam renang yang tersedia disini dengan cara berenang. Memang udara disekitar lembah terkenal akan sejuk dan dingin. Namun, wisatawan dapat mencoba berenang dengan cara perlahan-lahan dan rasakanlah berenang sembari dikelilingi oleh hijaunya alam sekitar.

3. Mencoba Wahana Menantang

Wahana-wahana yang tersedia di Lembah Biru terkenal akan wahananya yang cukup memacu adrenalin. Salah satu yang menjadi favorit ialah flying bike. Wahana ini berupa sebuah sepeda yang dikaitkan dengan tali dari satu pohon ke pohon lainnya. Wisatawan akan dibawa bersepeda diatas ketinggian yang cukup memacu adrenalin. Wisatawan akan melihat keindahan alam sekitar lembah dari atas ketinggian.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Lembah Biru
Image Credit: Facebook Muliadi Adi Adi

Letaknya yang sedikit jauh dari Kabupaten Gowa tepatnya hanya 30 km tidak menyebabkan Lembah Biru ini kekurangan dalam hal fasilitas. Keberadaannya yang difungsikan sebagai destinasi wisata bagi para wisatawan menjadikan fasilitas yang ada disini tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Sehingga wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai keberadaan fasilitas dari wisata alam di Malino ini.

Beragam fasilitas yang tersedia tidak lain bertujuan untuk menunjang beragam aktivitas para pengunjungnya dalam menghabiskan liburan di lembah ini. Seperti halnya fasilitas kolam renang yang lokasinya berada di tengah-tengah pepohonan hijau menjadikan kolam ini sebagai daya tarik primadona para wisatawannya yang hendak berenang disini. Kebersihan dari air kolam pun pastinya sudah terjaga.

Selain itu, gazebo yang tersedia beberapa buah ini juga akan memanjakan para pengunjungnya dengan cara duduk dan bersantai sembari menyantap makanan diatasnya. Cocok sekali jika digunakan oleh keluarga. Penginapan terdekat juga tidak luput dari kelengkapan fasilitas disini. Wahana rafting dan flying bike yang memacu adrenalin serta tenda camping yang bisa disewa juga tersedia di kawasan wisata.

Demikianlah beberapa hal terkait Lembah Biru Malino yang telah diuraikan diatas. Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang tidak perlu diragukan lagi keasriannya, selain itu keberadaan kolam renang di tengah pepohonan, wahana seru yang memacu adrenalin, harga tiket yang bersahabat serta fasilitas yang memadai merupakan alasan kenapa lembah cantik ini populer sebagai destinasi wisata alam.