8 Mall Keren di Solo yang Wajib Anda Kunjungi

Mall Solo

Inilah rekomendasi mall terbaik di Kota Solo, Jawa Tengah. Pusat perbelanjaan yang modern juga menawarkan tempat nongkrong yang menarik.

Menjadi salah satu kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang cukup besar dan terkenal, Solo memiliki pesonanya sendiri. Kesan penuh dengan kenyamanan, ketenangan, dan keramahtamahan para penduduk setempat membuat kota ini senantiasa dirindukan bagi kaum pendatang.

Kentalnya suasana budaya Jawa di Solo mempunyai kemiripan dengan D.I. Yogyakarta karena dua kota ini memang berhubungan dekat jika ditelusuri sejarahnya. Tidak hanya menjaga nilai-nilai tradisional Jawa, masyarakat Solo juga tetap mengikuti pesatnya perkembangan jaman, sehingga kehidupan modern tetap bisa dirasakan. Baik warga lokal atau luar daerah dapat menemukan berbagai tempat dengan corak modern dan tradisional di kawasan tersebut.

Jika kita ingin berbelanja saat berada di kota yang dikenal dengan The Spirit of Java ini, terdapat beberapa daftar pilihan. Sambil membeli bermacam barang, bisa disertai dengan makan, berbincang, ataupun melihat film layar lebar bersama teman dan keluarga tersayang. Berikut ulasan 8 rekomendasi mall yang bisa kita datangi ketika di Solo.

1. Ramayana Robinson

Ramayana Robinson

Image Credit: Koransolo.co

Ramayana Robinson termasuk dalam bagian Ramayana Group. Terletak di kawasan Sodakan, Ramayana Robinson menawarkan produk yang beragam rupa. Selain itu, pengelola memberikan pelayanan khusus dengan adanya potongan harga untuk beberapa produk tertentu.

Konsumen biasanya mencari produk-produk tertentu seperti tas, sepatu, pakaian, dan juga aksesoris untuk memenuhi keperluan fashion mereka. Jam pelayanan mall dimulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 21.00 malam. Mall ini lebih cenderung seperti toserba.

Apa yang diterapkan di Solo ternyata hampir menyerupai dengan cabang yang ada di Thailand. Sayangnya, di tempat ini kita tidak akan menemukan foodcourt. Namun, kita dapat membeli berbagai produk buatan tangan khas nusantara, termasuk Batik Nusantara. Anak-anak kecil bisa juga menikmati permainan di lantai 3.

Lokasi: Jl. Transito, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

2. Transmart Solo

Transmart Solo

Image Credit: Dimassuyatno.com

Jika dibandingkan dengan pusat perbelanjaan yang lain, Transmart Solo tergolong yang paling muda usianya, karena baru diresmikan sekitar tahun 2017 lalu. Bagi para pencinta produk berkualitas dengan harga yang murah, pergi ke sini menjadi pilihan yang tepat.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Hal itu dikarenakan tempat ini memang lebih murah jika dibandingkan dengan yang lain. Tidak hanya murah, namun juga sangat sering memberikan diskon untuk tipe-tipe produk yang mereka jual. Menggunakan konsep jualan four in one, pengunjung dapat menonton, berbelanja, bermain, serta makan.

Gedung dari pasar modern ini terdiri dari 5 lantai, dengan rincian, pertama lantai dasar. Di bagian tersebut, kita bisa mencicipi berbagai makanan, misalnya kopi, dan makanan-makanan yang lezat.

Lantai 1 berisi berbagai pasar ikan segar, toko roti, busana dan kosmetik, di lantai 2 terdapat keperluan rumah tangga sehari-hari. Selanjutnya, lantai 3 adalah kawasan bermain, serta lantai 4 adalah studio untuk menonton sinema bisokop.

Lokasi: Jl. A. Yani No.234, Banaran, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

3. The Park Mall

The Park Mall

Image Credit: Theparksolo.com

Ide yang diusung oleh manajemen The Park untuk menarik minat masyarakat adalah keberadaan taman di area mall. Konsep ini menggabungkan sisi modernitas dan keindahan alam yang menjadi satu dengan tagline andalan “atmosfir berbelanja yang hijau.” Gedungnya terdiri dari tiga lantai dengan luas mencapai kurang lebih 5 hektar.

Lebih menakjubkan lagi, pihak The Park menyediakan spot untuk berbagai perhelatan skala internasional. Merk-merk ternama seperti Lottemart, Ace Hardware, XXI, Metro, dan Samsung dapat dijumpai di sini.

Arsitektur bangunan mengusung konsep kekinian yang sangat digemari oleh kaum milenial sekarang. Lokasinya strategis dekat dengan bandara didukung dengan kemudahan transportasi umum. Sangat cocok untuk menunggu jadwal penerbangan pesawat kita/orang terdekat yang hendak take off atau landing.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno, Dusun II, Madegondo, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

4. Solo Grand Mall (SGM)

Solo Grand Mall (SGM)

Image Credit: Wisatasurakarta28.wordpress.com

Mall yang sudah berdiri sejak 2004 ini berdiri kokoh di atas tanah seluas kurang lebih 12 ribu meter persegi dengan luas bangunan mencapai 63 ribu meter persegi. SGM dikenal sebagai mall terlengkap dan terbesar di Solo. Kita disuguhi dengan berbagai produk dari lantai 1 hingga 7.

Bagi para ibu menyusui tak perlu khawatir, karena terdapat ruangan khusus untuk menyusui buah hatinya dan pumping. SGM memiliki misi yang mulia yakni ikut serta dalam rangka pembangunan daerah agar kemajuan terus berlanjut. Jam operasional SGM dimulai jam 09.00 hingga jam 21.00 setiap hari dalam sepekan.

BACA:  13 Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Di SGM kita bisa membeli produk emas dan menonton pertunjukan khas Thionghoa, yaitu Barongsai. Jangan lupa untuk berfoto di fotobox yang ada di dalam mall.

Lokasi: Slamet Riyadi St No.273, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

5. Hartono Mall

Hartono Mall

Image Credit: Soloevent.id

Slogan yang diunggulkan oleh mall yang menjadi naungan PT Delta Merlin Dunia Properti adalah “semakin menyenangkan, semakin beraktivitas.” Pembukaan pertama kali dilakukan pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 19 bulan 10. Desain gedung berupa minimalis dengan lantai sebanyak sembilan.

Andalan utama dari mall ini adalah penjualan harga tiket bioskop yang lebih terjangkau jika diperbandingkan dengan tempat lain. Oleh karena itu, banyak kaum muda memilih tempat ini untuk menonton film di sini bersama orang terkasihnya. Jam dimulainya kunjungan sejak jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

Jika kita ingin bermain Go Kart di ruang tertutup, ini adalah pilihan yang tepat untuk memilih Hartono sebagai tujuan. Setelah lelah bermain, bisa mencicipi santapan yang sudah terjamin rasanya.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno, Dusun II, Madegondo, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

6. Solo Paragon Mall

Solo Paragon Mall

Image Credit: Klikhotel.com

Daftar mall lainnya yang tidak boleh terlupa untuk didatangi adalah Solo Paragon Mall. Kita diijinkan masuk area mall pada pukul 10.00 pagi hingga 22.00. Barang-barang kebutuhan rumah bisa kita jumpai pada lantai bagian LG, skincare dan fashion dapat dibeli di lantai GF.

Pengunjung dapat juga menyantap makanan-makanan enak di mall ini. Hal yang cukup tragis yang pernah terjadi di tempat ini adalah ambruknya plafon gedung dan adanya rumor tentang penampakan makhluk halus.

Kekhasan lain dari Paragon adalah ketersambungan antara gedung mall dengan apartemen serta hotel. Alat transportasi publik juga mendukung mobilisasi para warga ketika berkunjung.

Lokasi: Jl. Yosodipuro No.133, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

7. Solo Square

Solo Square

Image Credit: Solosquare.com

Tempat belanja modern yang paling ramai di Solo adalah tempat ini. Bahkan sampai ada julukan khusus yang disematkan warga, yaitu mall 1 juta umat. Lokasinya dekat dengan stasiun kota. Keperluan makanan sehari-hari, busana, tempat makan, salon, barang elektronik, dan salon disediakan oleh pihak manajemen.

BACA:  13 Tempat Makan Enak di Salatiga Favorit Wisatawan

Fasilitas yang disediakan bisa dikatakan lengkap. Bioskopnya pun selalu menampilkan film terbaru. Kita bisa mendatangi di jam 10 pagi hingga 10 malam. Di dalam gedung, anak-anak kecil bisa bermain di area bermain anak dan berkeliling mall dengan kereta tiruan.

Yang menjadi label utama di masyarakat Solo akan mall ini adalah harga makanannya yang sangat terjangkau. Sangat cocok jika kita ingin makan di mall dengan harga sesuai dompet. Kebersihan dan kenyamanan sangat dijaga oleh pengelola. Oleh karena itu, pengunjung akan betah lama-lama di Solo Square.

Lokasi: Slamet Riyadi St No.451-455, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

8. Beteng Trade Center

Beteng Trade Center

Image Credit: Facebook.com @Beteng TRADE Center

Tempat belanja paling dicari oleh warga luar daerah ketika di Solo adalah Beteng Trade Center. Bisa dikatakan bahwa ini adalah surga belanja, terutama untuk jenis busana yang sangat beragam. Luas bangunannya mencapai 21 ribu meter persegi, serta dilengkapi dengan 3 lantai.

Sebanyak 1600-an pedagang bisa diakomodasi di sini. Produk inti yang dijual adalah baju dan kain batik, baju untuk umat islam, sepatu, tas, seprei, dan bermacam-macam jenis kain kebaya. Beteng Trade Center atau lebih diketahui dengan singkatan BTC sudah mulai dikenal secara luas sejak tahun 1992.

Lokasi pusat belanja ini sangat dekat dengan pusat kota, diantaranya alun-alun kota Solo dan benteng Vastenburg. Lantai dasar BTC digunakan sebagai lapak kain batik solo sedangkan lantai satu sebagai tempat berjualan sepatu dan tas. Dapat dipastikan bahwa BTC tidak pernah sepi dikunjungi orang-orang.

Seringkali penduduk luar kota ke sini untuk belanja barang dagangan. Harga barang-barang yang dijual juga sangat murah. BTC buka mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB. Sebagai saran, jika tidak ingin berjubel, sebaiknya datang agak pagi dan jangan datang terlalu sore, karena banyak kios yang sudah tutup.

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Baik wisatawan, dan warga setempat dapat memilih dari keseluruhan mall di atas untuk menjadi pilihan kunjungannya. Tidak terbatas hanya satu pilihan, kita bisa mengunjungi semua sehingga lebih mengenal berbagai mall yang ada di Solo. Kegiatan berbelanja sebagai tujuan utama, namun bisa juga memanfaatkannya sebagai rekreasi sederhana melepas penat.