Ocean Dream Samudra Ancol – Taman Hiburan Bertema Air Seru di Jakarta

Ocean Dream Samudra

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7 RW.10, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.
MapCek Lokasi

Ocean Dream Samudra Ancol Jakarta, Objek Wisata Betema Air yang Menampilkan Pertunjukan Bawah Laut, Akuarium dan Pentas Hewan Laut Membuat Liburan Anda lebih Seru.

Kota Jakarta terkenal karena menjadi ibu kota Indonesia dan padat akan penduduk. Namun, di sana juga banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama teman dan kerabat keluarga. Salah satu wisata yang ada di Jakarta adalah Ancol. Sedangkan Ancol sendiri mempunyai banyak sub unit atraksi wisata. Salah satunya yang paling digemari ialah Ocean Dream Samudra.

Dulunya, taman hiburan ini mempunyai nama Gelanggang Samudra Ancol. Wisata ini dibangun dengan nuansa lautnya yang khas. Di taman hiburan ini berbagai satwa air ada disana untuk melakukan atraksi pertunjukan. Satwa air tersebut misalnya saja seperti lumba-lumba.

Akhir pekan yang membosankan bisa Anda isi keseruannya dengan berlibur ke Ocean Dream Samudra. Anda bisa pergi ke sana dan menyegarkan diri lewat pertunjukan-pertunjukan yang ditawarkan. Selain itu, tempat ini dapat dijadikan wisata edukasi karena bernuansa konservasi alam dimana bisa mempelajari satwa laut. Berikut uraian lebih lengkap soal wisata air di Jakarta ini.

Mengenal Tempat Ocean Dream Samudra

Mengenal Tempat Ocean Dream Samudra

Image Credit: Mommiesdaily.com

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu tempat Ocean Dream. Destinasi wisata ini merupakan salah satu unit oceanarium terbesar yang mempunyai fasilitas lengkap untuk melihat pentas singa laut, pentas lumba-lumba, akuarium ikan laut dan tawar, peragaan aneka sawa laut, serta taman habitat untuk menampung beraneka burung.

Destinasi wisata ini dibangun dengan tujuan untuk menghibur para wisatawan yang datang dan sekaligus menjadi tempat edukasi pengenalan potensi laut pada masyarakat luas. Diharapkan setelah datang kesini para pengunjung akan lebih menyayangi satwa laut dan bertanggung jawab untuk menjaga kelestariannya.

Ketika berlibur disini, Anda pasti akan tidak merasa bosan karena dapat melihat berbagai peragaan unik dari satwa laut. Misalnya saja seperti peragaan yang dilakukan lumba-lumba atau singa laut. Pertunjukan seperti itu sangat menarik perhatian anak-anak kecil. Para satwa disana berlomba-lomba unjuk diri kecerdasan melalui atraksi kreatif.

Harga Tiket Masuk yang Terjangkau

Harga Tiket Masuk yang Terjangkau

Image Credit: Adrianadian.com

Para pengunjung yang hendak menyaksikan berbagai pertunjukkan satwa laut di Ocean Dream Samudra, maka diperkenankan terlebih dahulu untuk membeli tiket masuk. Tiket masuk yang dibeli ini berbeda dengan tiket masuk untuk gerbang ancol. Ada beragam jenis tiket yang disesuaikan dengan hari biasa atau akhir pekan.

Jenis-jenis tiket yang ada di Ocean Dream Samudra (ODS) ada sekitar 10 tiket. Tiket tersebut antara lain yaitu tiket reguler online, Tiket Reguler On The Spot, Bundling Tiket ODS dan Seaworld Ancol Online, Bundling Tiket ODS dan Atlantis Online, Bundling Ocean Dream dan Atlantis On The Spot, Dolphi Card, dan lain sebagainya.

BACA:  11 Wisata Pantai di Jakarta Paling Recommended

Untuk harga tiket yang sering dibelii yaitu tiket regular online dan tiket regular on the spot. Tiket regular online berharga Rp 90.000 pada hari biasa dan berharga Rp 125.000 saat akhir pekan. Sedangkan tiker regular on the spot berharga Rp 95.000 pada hari biasa dan Rp 130.000 saat akhir pekan. Selisih perbedaan biaya antara kedua jenis tiket ini yaitu sebesar Rp 5.000.

Wahana Seru di Ocean Dream Samudra

1. Underwater Show

Underwarter Show

Image Credit: Youtube.com (Supriyanto scorpion)

Di Ocean Dream tersedia beraneka ragam wahana yang mengasyikkan. Salah satunya adalah wahana Underwater Show. Seperti namanya, wahana ini mengusung tema pertunjukkan dibawah air. Anda bisa melihat pertunjukan ini dari balik akuarium berukuran besar.

Pertunjukkan yang ditampilkan bermedia akuarium raksasa yang diibaratkan seperti layar pentas. Pentas dilakukan oleh para penyelam yang berinteraksi dengan segerombolan lumba-lumba. Kekompakan antara lumba-lumba dan penyelam saat melakukan atraksi lah yang menarik minat pengunjung.

2. Theater 4D Ocean Dream Samudra

heater 4D Ocean Dream Samudra

Image Credit:Jalanjajanhemat.com

Jika biasanya Anda menonton bioskop dengan layar 2 dimensi dan 3 dimensi, di Ocean Dream Samudra Anda dapat melihat bioskop 4 dimensi, lho! Para pengunjung nantinya akan diberi sebuah kacamata khusus untuk melihat film. Film yang disediakan berupa film yang bertema dengan lautan.

Berkat kacamata khusus yang diberikan, penampakan pada layar akan serasa benar-benar nyata. Apalagi didukung dengan kursi yang ikut bergerak sesuai film. Itu semua akan menambah kesan nyata saat melihat bioskop.

3. Water Stuntman Show

Water Stuntman Show

Image Credit:Jokka2traveller.co

Wahana ini menampilkan atraksi drama para bajak laut yang dapat menghibur penonton. Bahkan bisa dikatakan atraksi yang dilakukan oleh pemain benar-benar ekstrim layaknya sebuah film action. Ada beberapa efek tambahan yang akan menimbulkan kesan nyata seperti bunyi tembak atau ledakan.

Selain itu, terdapat atraksi jet ski yang digemari ketika melintas pada lintasan khusus. Anda harus berhati-hati jika duduk di bangku penonton paling depan. Sebab pasti akan terkena cipratan air. Pada hari biasa atraksi ini dilakukan selama dua hari sekali dan tiga hari sekali pada hari pekan.

4. Animal Show

Animal Show

Image Credit:Pejalansantai.com

Anak-anak paling menyukai pertunjukan atraktif yang dilakukan oleh hewan. Pada pertunjukan ini para hewan akan menunjukkan kepintarannya dalam beratraksi. Misalnya seperti beruang madu, burung kakak tua, singa laut, dan berang-berang. Para hewan melakukan berbagai atraksi seperti bermain bola, menghitung, bertepuk tangan dan lain-lain.

BACA:  15 Tempat Wisata di Jakarta Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

5. Pentas Lumba-Lumba

Pentas Lumba-Lumba

Image Credit:Java-holidays.com

Pentas satu ini menunjukkan pada para pengunjung kalau lumba-lumba merupakan hewan cerdas. Bukti-bukti kecerdasan yang bisa dilakukan lumba-lumba yaitu berjoget, berdiri di atas air, melewati ring dengan melakukan lompatan-lompatan yang indah. Apabila sedang bermain ke taman hiburan ini, atraksi lumba-lumba menjadi tontonan yang wajib dilihat.

Selain itu, atraksi yang dilakukan oleh lumba-lumba sukses menarik minat pengunjung untuk menepi terlebih dahulu. Bahkan, boleh dibilang atraksi ini menjadi maskot Ocean Dream Samudra yang paling laris.

6. Beraneka Wahana Permainan

Beraneka Wahana Permainan

Image Credit:Kataapp.com

Wisata tidak akan lengkap jika belum ada wahana permainan. Wahana permainan sangat digemari oleh anak-anak kecil. Di Ocean Dream Samudra terdapat beberapa permainan seru seperti Ubur-Ubur, Bumper Car, dan Boto-Boto.

Ubur-Ubur merupakan wahana permainan yang mempunyai bentuk seperti balon udara. Bumper car merupakan wahana bom-bom car dimana anak-anak nantinya akan mengemudi mobil-mobilan yang bisa digunakan untuk saling menabrak nantinya. Sedangkan Boto-Boto merupakan wahana pesawat mini yang mengelilingi poros dan menghadirkan sensasi naik-turun.

Area Bersantai Sambil Menyantap Makanan

Area Bersantai Sambil Menyantap Makanan

Image Credit: Nitalanaf.com

Usai lelah menjelajah dan bermain di ODS, alangkah baiknya Anda mengambil rehat sambil mengisi energi dengan makan. Terdapat banyak spot makanan dan resto kecil untuk para pengunjung yang lapar dan membutuhkan tempat istirahat sejenak.

Area food court disana beragam jenisnya. Menu makanan seperti bako, mie, ayam, pizza, fast food, dan lain sebagainya. Dengan adanya resto serta food court, Anda tidak perlu risau lagi menangani masalah perut. Pasti menyenangkan bisa menyantap makanan ringan usai bermain dan melihat-lihat atraksi di Ocean Dream Samudra.

Rute Perjalanan Menuju Ocean Dream Samudra

Rute Perjalanan Menuju Ocean Dream Samudra

Image Credit: Nitalanaf.com

Untuk sampai ke lokasi Ocean Dream cukuplah mudah. Jika Anda adalah salah seorang warga di Jakarta maka bisa menggunakan Bus TransJakarta. Rute yang diambil oleh bus ini salah satunya yaitu rute Pulo Gadung. Apabila melewat rute ini, Anda bisa naik Bus TransJakarta dari Pulo Gadung menuju halte Matraman 1 yang kemudian ke berakhir ke halte Ancol.

Sedangkan untuk para pengunjung yang berasal dari luar kota bisa naik kereta api dengan memilih jurusan ke Stasiun Jakarta. Setelah sampai di stasiun tersebut, pengunjung bisa naik angkutan umum atau taksi agar bisa sampai ke Ancol.

Jam Operasional dan Fasilitas Umum yang Tersedia

Jam Operasional dan Fasilitas Umum yang Tersedia

Image Credit: Petualangcantik.com

Tempat wisata Ocean Dream Samudra dibuka setiap hari pada pukul 09.00 sampai jam tutupnya yaitu 19.00 WIB. Jika ingin menyaksikan keseluruhan atraksi, dianjurkan datang lebih pagi ketika sedang ramai pengunjung. Kalau bisa pergi liburan ke tempat ini saat hari biasa saja. Karena sewaktu weekend, tawan wisata air ini akan padat pengunjung.

BACA:  15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Fasilitas yang tersedia di tempat ini terbilang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain seperti toilet, mushola, area parkir luas, ruang P3K, spot makanan, toko oleh-oleh, dan ruang menyusui.

Jadwal Pertunjukan di Ocean Dream Samudra

Jadwal Pertunjukan di Ocean Dream Samudra

Image Credit: Kompasiana.com

Anda perlu mengetahui jadwal pertunjukan di Ocean Dream jika ingin menyaksikan keseluruhan atraksi yang ada. Atau juga bisa sebagai penanda untuk melihat atraksi mana yang ingin didatangi tepat waktu.

Untuk atraksi lumba-lumba pada hari biasa dibuka pada pukul 12.15 dan 16.15 WIB serta pada hari libur dibuka pukul 11.15 dan 16.45 WIB. Teather Bawah Air pada hari biasa dibuka pada pukul 10.45 dan 14.15 WIB serta pada hari libur dibuka pukul 12.30, 14.30, dan 15.30 WIB. Sedangkan Drama Bajak Laut buka pada pukul 10.15 dan 13.30 di hari biasa.

Selain itu, Animal Showw dibuka pada pukul 11.30 dan 15.30 WIB di hari biasa serta pukul 10.30, 13.35, dan 16.15 WIB di hari libur. Dan, teather 4D dibuka pada pukul 9.45, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00, 15.00, dan 16.00 WIB pada hari biasa serta pada hari libur ditambah pukul 17.30 WIB.

Wisata Edukasi Pengenalan Hewan laut

Wisata Edukasi Pengenalan Hewan laut

Image Credit: Rajapoker88.blogspot.com

Seperti yang sudah pernah disinggung sebelumnya bahwa Ocean Dream Samudra merupakan salah satu wisata yang dibangun dengan tujuan edukatif. Disini, para pengunjung akan dikenalkan dengan satwa-satwa laut yang beraneka ragam.

Terdapat dua jenis akurium disana. Pertama, akuarium air tawar dimana didalamnya hidup beraneka macam ikan air tawar yang hidup di sungai Indonesia maupun luar negeri. Kedua, akuarium air laut yang menyajikan beraneka jenis ikan laut yang lucu dan unik bentuknya. Anda bisa mengunjungi kedua akuarium tersebut untuk mengetahui jenis-jenis ikan tawar dan laut.

Dengan visualisasi yang nyata dan menarik. Pastinya tidak akan membuat bosan siapapun ketika datang ke sana untuk belajar. Malahan, akan menambah minat penasaran akan satwa-satwa laut yang hidup dan dipelihara di Ocean Dream Samudra. Diharapkan para pengunjung bisa lebih menyayangi dan menghargai satwa-satwa laut agar tetap terjaga kelestariannya.

Nah, demikianlah hal-hal menarik yang nantinya akan Anda jumpai jika liburan ke Ocean Dream Samudra Ancol, Jakarta. Sudah tidak diragukan lagi, Ancol memang menawarkan berbagai macam wisata yang menarik dan seru. Datanglah ke taman hiburan bertema air ini bersama teman dan kerabat keluarga supaya meramaikan suasana liburan yang ceria dan menyenangkan.