10 Oleh-Oleh Khas Kudus Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Kudus

Setiap kota atau kabupaten yang ada di Indonesia tentunya mempunyai oleh-oleh khas masing-masing. Salah satunya adalah Kudus, yang merupakan sebuah kabupaten kecil di provinsi Jawa Tengah.

Daerah yang dikenal dengan sebutan Kota Kretek ini menyimpan berbagai macam wisata alam yang dapat memanjakan mata. Selain itu, disini Anda juga bisa memborong berbagai macam aneka oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke kabupaten ini, maka harus membawa pulang sejumlah oleh-oleh favorit yang juga menjadi incaran wisatawan. Oleh karena itu, di bawah ini ada 10 daftar oleh-oleh khas Kudus yang bisa Anda jadikan pilihan.

1. Jenang Kudus

Jenang Kudus

Image Credit by Bukalapak.com (Jenang Kudus Mubarok)

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Jenang sendiri seolah-olah sudah menjadi ikon makanan dari kota Kudus, karena dapat ditemukan di berbagai tempat.

Makanan yang mempunyai tekstur seperti dodol ini terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula kelapa dan lemak nabati. Untuk harganya sendiri juga tergolong cukup murah, mulai dari Rp35.000 tergantung dari rasa yang dipilih.

2. Madu Mongso

Madu Mongso

Image Credit by Madumongsokudus.blogspot.com

Bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Kudus, mungkin akan beranggapan jika makanan ini adalah jenang. Padahal madumongso merupakan jajanan yang diolah dari beras ketan hitam dan mempunyai rasa manis asam.

Rasa asam tersebut dihasilkan dari proses fermentasi ketan hingga menjadi tapai. Kemudian setelah itu, ketan tersebut diolah dengan menggunakan campuran beberapa bahan, seperti santan dan gula.

3. Keciput

Keciput

Image Credit by Youtube.com (Rendi Septian)

Oleh-oleh tradisional khas Kudus yang tidak kalah menarik adalah keciput. Makanan yang satu merupakan jajanan kering dan dapat bertahan lama.

BACA:  10 Taman Keren di Semarang untuk Mengisi Akhir Pekan

Jika diperhatikan, kue ini mempunyai tampilan yang hampir sama dengan onde-onde. Tetapi yang menjadi perbedaan adalah tekstur dan juga bentuk yang jauh lebih kecil serta tidak ada isi di dalam kue ini.

4. Jangklong

Jangklong

Image Credit by Budaya-indonesia.org

Jangklong adalah makanan tradisional khas Kudus yang bisa Anda bawa pulang untuk dijadikan buah tangan. Makanan ini sebenarnya adalah sejenis tumbuhan umbi-umbian yang hidup di kaki Gunung Mulia.

Dengan demikian, maka jangklong tentunya akan sangat sehat karena mengandung Vitamin B yang sangat tinggi. Hal tersebut membuat jangklong juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengurangi resiko jantung, stroke bahkan kanker.

5. Kopi Muria

Kopi Muria

Image Credit by Muriajayamart.blogspot.com

Kopi muria adalah salah satu minuman khas dari kota Kudus yang dewasa ini mempunyai tingkat popularitas yang terus meningkat. Hal tersebut karena kopi ini mempunyai rasa yang nikmat dan menjadi favorit bagi para wisatawan yang merupakan pecinta kopi.

Dinamakan kopi muria tentunya karena kopi tersebut tumbuh dan dipanen oleh para petani di lereng gunung muria. Anda bisa menemukan kopi ini di berbagai macam toko oleh-oleh yang ada di Kudus. Aroma yang khas dan juga rasa yang nikmat menjadi alasan mengapa wisatawan banyak yang menjadikannya sebagai buah tangan.

6. Kacang Bawang Sumber Gelis

Kacang Bawang Sumber Gelis

Image Credit by Sekedar-infoku.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, oleh-oleh khas Kudus ini terbuat dari kacang yang kemudian diolah dan diberikan bumbu bawang. Sumber gelis sendiri merupakan nama merk dari oleh-oleh tersebut yang kini sudah sangat populer di kalangan masyarakat dan wisatawan lokal.

Jajajan ringan yang satu bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah karena merupakan makanan kering, sehingga bisa bertahan cukup lama. Selain itu, kacang ini juga dibungkus dengan plastic kemasan modern yang memudahkan konsumen untuk menyantapnya dimana saja.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Purworejo yang Enak & Wajib Anda Coba

7. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Facebook.com @Bumbukuindonesia

Masyarakat Indonesia tentu saja sudah tidak asing lagi dengan rengginang. Jelas saja, hal tersebut karena makanan ini sudah tersebar luas di seluruh Indonesia dengan berbagai olahan menarik yang beragam. Sebenarnya, rengginang adalah makanan tradisional yang berasal dari kota Kudus dan banyak dijadikan sebagai oleh-oleh.

Rasanya yang gurih dan renyah membuat makanan ini biasanya dibeli dalam jumlah besar oleh para wisatawan. Apalagi harganya juga sangat terjangkau dan juga masih diolah dengan cara tradisional, sehingga menghasilkan rasa yang sangat lezat.

8. Sirop Parijoto

Sirop Parijoto

Image Credit by Pakoles.com

Nama minuman yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi wisatawan yang baru berkunjung di Kudus. Sirop ini dapat Anda temukan di seluruh sisi kota Kudus dengan mudah dengan harga yang sangat murah.

Sebenarnya parijoto adalah buah yang kemudian diolah menjadi sirop. Ada pula mitos di Kudus yang mengatakan apabila seorang ibu hamil yang mengkonsumsi sirop ini kelak akan mempunyai anak yang mempunyai wajah tampan ataupun cantik.

9. Kopi Jetak

Kopi Jetak

Image Credit by Kuduspedia.blogspot.com

Bagi para pecinta kopi, maka wajib mencicipi kopi ini dan menjadikannya sebagai oleh-oleh. Sesuai dengan namanya, kopi ini diolah dan juga diproduksi di desa Jetak, Kudus.

Berbeda dengan kopi pada umumnya, kopi jetak diolah dengan cara digoreng hingga menghasilkan warna hitam. Kemudian saat sedang melalui proses penggorengan, kopi tersebut ditambahkan sedikit air untuk membuatnya lebih tahan lama.

10. Intip Ketan

Intip Ketan

Image Credit by Solopos.com

Oleh-oleh yang tidak kalah populer dari kota Kudus adalah intip ketan. Kue tradisional ini terbuat dari bahan ketan yang dihaluskan lalu dicampur dengan parutan kelapa.

BACA:  10 Mall Keren di Semarang yang Wajib Anda Kunjungi

Rasa yang gurih dan juga lezat membuat kue ini sangat populer di kalangan wisatawan. Apalagi harganya sendiri yang juga sangat murah, sehingga cocok untuk dijadikan untuk buah tangan.

5 Pusat Oleh-Oleh Khas Kudus yang Harus Anda Kunjungi

1. Toko D’Gina

Toko D’Gina

Lokasi: Jl. AKBP Agil Kusumadya No.97 A, Jatikulon Krajan, Jati Kulon, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Goole.com

Toko oleh-oleh yang satu ini sangat populer di tengah kalangan wisatawan. Harga yang murah dan juga jajanan yang beragam menjadi ciri dari toko ini. Disini Anda bisa menemukan aneka bolu, kue kering, roti dan juga jenang kudus.

2. Toko Inayah

Toko Inayah

Lokasi: Jl. AKBP Agil Kusumadya No.160, Tanggulangin, Jati Wetan, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Toko-inayah-shopping-center.business.site

Toko ini menawarkan berbagai macam oleh-oleh Kudus yang bisa Anda bawa pulang. Mulai dari dodol, jenang, madu mongso dan juga wingko bisa Anda dapatkan disini. Untuk harga sendiri juga terbilang cukup murah bagi kalangan wisatawan.

3. Toko Mubarok

Toko Mubarok

Lokasi: Jl. Sunan Muria No.33, Glantengan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Beritagar.id

Pusat oleh-oleh satu ini sangat populer dan juga ramai dikunjungi. Berbagai macam oleh-oleh khas Kudus bisa Anda temukan di toko ini dengan harga yang bervariasi. Salah satu yang menjadi Andalannya adalah jenang, karena rasanya yang sangat lezat.

4. Jenang Kudus Kenia

Jenang Kudus Kenia

Lokasi: Jl. Raya Pati – Kudus KM.6 No.49, Kalangan, Tenggeles, Kec. Mejobo, Kab. Kudus. – Image Credit by Jateng.tribunnews.com

Sesuai dengan namanya, tempat oleh-oleh ini memiliki jenang yang menjadi ikonnya. Meskipun demikian, Anda juga bisa menemukan berbagai macam jajanan lainnya di toko ini. Mulai dari jajanan kering, madu mongso, keciput dan masih banyak lagi.

5. Sinar 33

Sinar 33

Lokasi: Jl. Sunan Muria No.33, Glantengan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Google.com (Pandu pajak)

Selain karena harganya yang terjangkau, Anda juga bisa menemukan aneka ragam jajanan disini. Mulai dari aneka rasa jenang, kacang gelis, aneka keciput, kue kering dan masih banyak lagi.

Demikian informasi tentang 10 oleh-oleh khas Kudus yang harus Anda ketahui. Selain itu ada pula 5 pusat oleh-oleh yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membeli aneka ragam buah tangan.