21 Oleh-Oleh Khas Medan Paling Populer

Oleh Oleh Khas Medan

Salah satu kota yang mempunyai keragaman suku dan budaya di Indonesia adalah Medan. Disana, Anda bisa menjumpai berbagai macam wisata, mulai dari alam, religi hingga sejarah. Setelah puas berkeliling dan menikmati kota Medan, Anda juga bisa membawa pulang berbagai macam oleh-oleh khas Medan yang lezat.

Banyaknya suku yang ada di Medan membuat kota ini mempunyai berbagai macam sajian kuliner yang menarik. Beberapa diantara kuliner tersebut bisa Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga ataupun sahabat di kampung halaman.

Tentunya tidak akan sah apabila berkunjung ke Medan tetapi tidak membawa pulang berbagai macam oleh-oleh khas daerah tersebut. Oleh karena itu, dibawah ini ada 21 rekomendasi oleh-oleh khas asal Medan yang harus Anda bawa pulang.

1. Bika Ambon

Bika Ambon

Image Credit by Pegipegi.com

Makanan yang satu ini merupakan oleh-oleh khas Medan yang sudah sangat populer sejak dulu. Jajanan ini mempunyai tekstur berserat dan juga rasa manis yang legit.

Bahan-bahan dasar untuk membuat bika ambon adalah air nira, telur, gula, santan dan juga tepung tapioka. Ada berbagai macam variasi rasa bika ambon yang bisa Anda cicipi, mulai dari keju, pandan dan juga original.

2. Bolu Gulung Meranti

Bolu Gulung Meranti

Image Credit by Blanja.com

Bolu gulung meranti adalah salah satu jenis makanan di Medan yang sudah sangat populer sejak dulu. Bahkan rata-rata para wisatawan yang berkunjung ke Medan akan membawa pulang bolu yang satu ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Bolu gulung meranti sudah dikenal sejak awal tahun 2000-an silam. Salah satu varian favorit yang paling laris adalah bolu gulung meranti dengan rasa keju yang sangat lezat.

3. Medan Napoleon

Medan Napoleon

Image Credit by Ksmtour.com

Medan napoleon adalah salah satu kue yang terbuat dari perpaduan antara bolu medan dengan cake napoleon dari prancis. Kue yang satu ini dibuat dari beberapa lapis pastry kemudian diberikan selai.

Harga yang ditawarkan juga cukup murah dan tidak membuat kantong jebol. Anda dapat membeli satu kotak kue medan napoleon dengan harga Rp 65.000 saja.

4. Pancake Durian Medan

Pancake Durian Medan

Image Credit by Pinterest.com @Weebly

Medan dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki durian khas. Salah satu olahan yang paling terkenal saat ini adalah pancake durian medan.

Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda sudah dapat menikmati berbagai macam varian rasa yang ditawarkan. Pancake ini mempunyai beberapa varian, mulai dari original, mocca, pandan dan juga cokelat.

5. Otten Coffee

Otten Coffee

Image Credit by Inspirock.com

Kuliner yang satu ini bisa Anda jadikan pilihan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Meskipun bukan termasuk makanan, tetapi otten coffee adalah kopi khas Sumatera yang tidak akan Anda jumpai di tempat lain.

Otten coffee adalah salah satu minuman khas yang terkenal hingga mancanegara. Anda bisa membawa biji kopi tersebut untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena rasanya yang khas dan juga harganya yang cukup terjangkau.

6. Teri Bajak

Teri Bajak

Image Credit by Finance.detik.com

Sesuai dengan namanya, sambal ini terbuat dari ikan teri yang kemudian ditambahkan dengan bumbu sambal khas Medan. Salah satu hal yang menarik adalah karena perpaduan antara sambal dan teri, karena biasanya teri disajikan dalam bentuk mentah.

Tekstur dari teri bajak sendiri cukup renyah. Teri bajak sangat pas apabila Anda bawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, karena dapat bertahan cukup lama meskipun tidak menggunakan pengawet.

7. Durian Ucok

Durian Ucok

Image Credit by Presidentpost.id

Durian adalah salah satu buah yang dapat Anda temukan di semua sudut kota Medan. Salah satu tempat yang cukup terkenal dengan durian khas medan adalah durian ucok.

Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh,  durian tersebut akan dibungkus sangat rapi di dalam kotak serta dilengkapi dengan daun pandan dan kopi, sehingga tidak berbau.

8. Lapis Legit Affinois

Lapis Legit Affinois

Image Credit by Carimakanaja.com

Lapis legit adalah kue yang dinobatkan sebagai ”cake of the world” asal Indonesia. Oleh karena itu, kue ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Medan karena rasanya tidak bisa diragukan lagi.

Sedangkan affinois adalah salah satu produsen lapis legit yang mempunyai resep khusus, sehingga rasanya berbeda dengan lapis pada umumnya. Lapis legit affinois memiliki aroma butter, karena menggunakan kuning telur yang lebih banyak.

9. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Image Credit by Wisatajawatimur.xyz

Kopi yang satu ini berasal dari Sidikalang yang merupakan daerah pegunungan di Medan dengan ketinggian sekitar 1472 mdpl. Hal tersebut membuat biji kopi bisa tumbuh dengan subur, sehingga menghasilkan kualitas biji kopi terbaik.

Kopi sidikalang juga dibandrol dengan harga yang cukup murah, sehingga cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Kopi ini mempunyai tingkat kafein yang tinggi dan juga rasa yang cukup kuat.

10. Sirup Buah Markisa

Sirup Buah Markisa

Image Credit by Medantourism.pemkomedan.go.id

Markisa adalah salah satu nama buah khas Sumatera. Buah tersebut hanya tumbuh di daerah Berastagi, sehingga diolah menjadi bentuk minuman unggulan dari Berastagi yang sudah sangat populer di Indonesia.

Sirup buah markisa dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Medan. Selain harganya yang murah, produk ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

11. Durian Si Bolang

Durian Si Bolang

Image Credit by Klayapan.com

Durian adalah salah satu buah khas medan yang mempunyai cita rasa manis dan juga legit. Salah satunya seperti durian si bolang yang sudah ada sejak dulu ini.

Bagi Anda yang ingin membawanya pulang, tentu tidak perlu khawatir akan aromanya. Pasalnya, durian tersebut nantinya akan dikupas dan dikemas sedemikian rupa, sehingga tidak mengeluarkan aroma yang tajam.

12. Manisan Jambu

Manisan Jambu

Image Credit by Deliserdangmall.com

Manisan jambu merupakan oleh-oleh favorit yang dibawa wisatawan setelah berkunjung ke Medan. Manisan ini dibuat dengan menggunakan kualitas jambu Bangkok terbaik.

Selain rasanya yang lezat, manisan ini juga mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah dapat diberikan kepada penderita DBD, sebab dapat menaikkan kadar trombosit.

13. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk

Image Credit by Omiyago.com

Kacang sihobuk adalah jajanan khas Medan yang bisa Anda bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Kacang yang satu ini melalui proses goreng menggunakan pasir, sehingga rasanya masih sangat tradisional.

Hampir semua sudut kota Medan akan menjual camilan ini. Untuk membedakannya, biasanya kacang sihobuk dibungkus dengan kemasan berwarna merah putih.

14. Risol Spesial Gogo

Risol Spesial Gogo

Image Credit by Garnesia.com

Risol special gogo merupakan salah satu kuliner di medan yang sudah ada sejak tahun 1981 silam. Dengan resep yang tidak pernah berubah membuat jajanan satu ini memiliki rasa yang unik.

Yang membedakan dengan risol lainnya adalah karena risol special gogo mempunyai tekstur kulit lebih tipis dan halus. Oleh sebab itu, maka jajanan ini bisa Anda bawa pulang untuk dijadikan sebagai buah tangan.

15. Lemang

Lemang

Image Credit by Idntimes.com

Lemang merupakan santapan wajib masyarakat Medan saat berbuka puasa, karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Makanan ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh, karena termasuk salah satu makanan khas medan yang legendaris.

Lemang sendiri terbuat dari ketan putih, santan, garam dan juga daun pisang untuk membungkusnya. Biasanya pedagang lemang akan menawarkan harga yang cukup murah, sekitar Rp 25.000 saja.

16. Pia Tamiang

Pia Tamiang

Image Credit by Mamikos.com

Pia tamiang adalah kue kering yang terbuat dari tepung, air, minyak serta beberapa isian untuk memberikan rasanya. Adonan tersebut nantinya akan dibentuk menyerupai telur ayam dalam cetakan besar.

Pia tamiang sendiri sudah ada di Medan sejak 40 tahun silam. Jajanan ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh karena dapat bertahan cukup lama.

17. Rujak Brayan

Rujak Brayan

Image Credit by Rujakbrayan.blogspot.com

Rujak brayan adalah kuliner khas medan yang harus Anda cicipi dan bawa pulang. Pasalnya, rujak ini sangat berbeda, karena menggunakan saus berupa jus buah dan juga tambahan gula.

Anda juga bisa memilih buah yang akan dicampurkan ke dalamnya. Mulai dari mentimun, nanas, papaya, bengkoang, manga, kweni dan juga kolang-kaling.

18. Roti Tawar Selai Srikaya Ganda

Roti Tawar Selai Srikaya Ganda

Image Credit by Food.detik.com

Sesuai dengan namanya, di toko roti gAnda Anda bisa menemukan beragam pilihan roti yang diolah dengan menarik. Salah satu yang menjadi favorit adalah roti tawar dengan lapisan selai srikaya khas siantar.

Untuk Anda yang ingin membawa pulang roti tersebut, tentunya harus rela mengantre di toko ganda. Pasalnya, toko ini selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya.

19. Tempe Medan

Tempe Medan

Image Credit by Carousell.com

Berbeda dengan tempat pada umumnya, masyarakat Medan mengolah kacang kedelai hingga menjadi tempe yang lebih tembem. Selain lebih besar, tempe tersebut juga berwarna kekuningan.

Tempe medan sendiri banyak dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung kesana. Selain karena murah, rasa dari tempe tersebut juga sangat gurih dan renyah saat digoreng.

20. Popia Yoserizal

Popia Yoserizal

Image Credit by Anakjajan.com

Makanan yang satu ini hampir sama dengan lumpia. Namun yang menjadi perbedaan adalah kulit popia lebih tipis, sehingga membuatnya lebih renyah dan garing.

Anda juga bisa menikmati makanan ini dengan sambal khas popia yang sangat pas. Anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh dengan membeli yang belum digoreng.

21. Dolung-Dolung Parapat

Dolung-Dolung Parapat

Image Credit by Brilio.net

Sesuai dengan namanya, dolung-dolung ini berasal dari kota parapet di pinggir danau toba. Jajanan yang berbentuk menyerupai lepat ini terbuat dari tepung beras, gula aren dan kelapa parut.

Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh, tetapi harus mempertimbangkan jarak terlebih dahulu. Hal tersebut karena dolung-dolung termasuk salah satu makanan basah.

5 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Khas Medan yang Populer

1. Dekranasda Kota Medan

Dekranasda Kota Medan

Lokasi: Jl. Iskandar Muda No.272, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. – Image Credit by Medantoday.com

Toko ini menjadi salah satu favorit wisatawan untuk membeli oleh-oleh saat mereka hendak kembali ke kampung halaman. Disini, ada beragam kuliner khas seperti cake, keripik, manisan, sirup hingga beragam aksesoris.

2. Jalan Mojopahit

Jalan Mojopahi

Lokasi: Jl. Mojopahit No.70 A, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. – Image Credit by Cekinfo.com

Jalan mojopahit adalah salah satu pusat oleh-oleh khas medan yang terdiri dari beberapa toko. Disini Anda bisa menemukan berbagai jenis toko kuliner yang menyediakan oleh-oleh mulai  dari bika ambon, lapis legit, manisan, risol dan berbagai olahan kue bolu yang lezat.

3. Jalan Kruing

Jalan Kruing

Lokasi: Jl. Kruing No.2K, Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. – Image Credit by Openrice.com

Jalan kruing adalah kawasan yang menjajakan beragam oleh-oleh khas medan. Disini ada bisa membeli beragam oleh-oleh khas medan dari 8 toko yang berbeda. Ada yang menjual meranti, bika ambon, manisan jambu dan juga pernak-pernik.

4. Oleh-Oleh Khas Medan Lebong

Oleh-Oleh Khas Medan Lebong

Lokasi: Jl. Lebong No.3, Sei Rengas I, Kec. Medan Kota, Kota Medan. – Image Credit by Pedomanbengkulu.com

Sesuai dengan namanya, pusat oleh-oleh ini berada di Jalan Lebong. Anda bisa mengunjungi toko yang satu ini mulai dari jam 07.00 pagi hingga jam 14.00 siang. Di toko ini Anda juga bisa memilih berbagai macam kuliner khas medan.

5. Y’Co Medan

Y’Co Medan

Lokasi: Jl. Razak, Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. – Image Credit by Yco-medan.business.site

Toko oleh-oleh yang satu ini menawarkan berbagai macam makanan ataupun aksesoris yang cukup lengkap. Selain itu, tempat ini juga menjadi pilihan wisatawan karena pelayanannya yang sangat ramah.

Itulah informasi tentang 21 oleh-oleh khas medan yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. Selain itu, ada pula 5 rekomendasi pusat oleh-oleh yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk dikunjungi.