Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Pasirjaya, Kec. Cilamaya, Kab. Karawang, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Liburan menjadi hal penting untuk mengembalikan pikiran agar menjadi fresh. Pilihan yang tepat untuk tujuan tersebut yakni dengan wisata alam, contohnya di pantai. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa hal penting mengenai Pantai Tanjung Baru yang ada di salah satu wisata Karawang, Jawa Barat. Bagi sebagian orang tentu tidak asing dengan salah satu kabupaten dengan padat penduduk ini.

Pantai menjadi salah satu tempat liburan asyik karena pesona alamnya yang indah dan tidak membosankan. Jangan berharap pemandangan hijau ketika berada di pantai, karena hampir semua panorama berupa air laut. Meski demikian, suasana yang ada tidak kalah dengan wisata alam yang ada di pegunungan.

Kabupaten Karawang terletak di jalur Pantura, artinya pantai yang menjadi pembahasan kita kali ini berada di utara, bukan di selatan seperti Parangtritis. Dalam hal kejernihan air, pantai yang ada di sebelah utara Jawa tidak begitu jernih jika dibandingkan dengan yang ada di selatan. Untuk itulah jangan kaget jika ternyata kunjungan anda jauh diluar ekspektasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Baru

Daya Tarik Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Indra Pradana

Bagi anda yang membayangkan liburan di pantai dengan air hijau tosca atau jernih dengan dasar terlihat jelas, Pantai Tanjung Baru tidak memberikan pemandangan tersebut. Meski demikian, masih banyak hal lain yang menarik sehingga tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama ketika hari libur atau hari besar tertentu.

1. Pemandangan Alam Pantai Tanjung Baru

Meskipun tidak memiliki air yang jernih seperti halnya di pantai lain, namun keindahan alamnya tetap terlihat. Garis pantai yang landai dengan ukuran cukup luas menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung yang datang di bibir pantai langsung disambut oleh air laut yang datang dengan pasti karena terbawa angin.

Dari kejauhan, terlihat jelas bagaimana ombak saling berkejaran hingga menuju tepi pantai. Pemandangan ini umum terjadi di pantai, namun ada sedikit perbedaan ketika anda mengunjungi Pantai Tanjung Baru. Dikarenakan pantai yang landai, ombak terlihat begitu indah dan tenang hingga menyentuh bibir pantai.

2. Pantai yang Dangkal

Bagi warga Karawang, mengunjungi salah satu pantai yang ada di kabupaten tersebut seolah wajib dilakukan untuk mengisi hari libur. Sekadar bermain air atau berenang menjadi alternatif yang sering dilakukan. Pasalnya, pantai sederhana ini tidak terlalu dalam sehingga cocok dijadikan tempat untuk berenang.

Ombaknya juga tenang dan tidak terlalu besar, jadi bisa dikatakan aman. Akan tetapi tentu diperlukan kehati-hatian dalam melakukannya demi keselamatan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kondisi air tidaklah jernih, atau bisa dikatakan keruh. Namun tetap saja tidak mengurangi serunya bermain air atau berenang di pantai tersebut.

3. Konservasi Hutan Bakau

Ada alasan kenapa Pantai Tanjung Baru memiliki air yang keruh dan jauh dari kata jernih. Dulunya, pantai ini merupakan tempat tumbuhnya tanaman bakau. Seperti yang diketahui, adanya tanaman tersebut sangat penting untuk menahan abrasi agar air laut atau ombak tidak sampai ke darat.

Untuk kepentingan pariwisata, tempat tersebut kemudian di dibersihkan dari tanaman bakau. Sebagai gantinya, terdapat konservasi tanaman bakau tidak jauh dari lokasi. Pengunjung yang datang dan malas bermain di bibir pantai bisa mengunjungi tempat konservasi tersebut. Daya tarik ini menjadi pemandangan indah lain yang bisa disaksikan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Pei pei

Bagi anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Pantai Tanjung Baru, silahkan datang ke Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Karawang sekitar 45 kilometer. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk rute yang harus ditempuh cukup banyak, tergantung dari mana anda datang. Katakanlah jika anda datang dari Subang, silahkan ambil jalur yang mengarah ke pertigaan Cikalong Jatisari. Setelah melewati Pasar Cilamaya, silahkan belok kiri hingga anda tiba di Tempuran.

Dari lokasi tersebut, anda akan menemukan papan petunjuk yang mengarah ke pantai. Lanjutkan dengan belok kanan dan berhenti di Kantor Desa Pasir Jaya. Di sanalah anda bisa membeli tiket masuk ke kawasan wisata. Perjalanan anda mungkin sedikit terganggu sekitar 2 kilometer sebelum memasuki lokasi wisata dengan jalan yang tidak terlalu baik.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Anim Alfanjamil

Selain alasan akses jalan sebelum memasuki Pantai Tanjung Baru kurang baik, alasan lain sepinya pengunjung yakni karena banyak pungutan liar. Harga tiket masuk yang sebenarnya tidak terhitung per orang, namun per kendaraan yang masuk. Untuk weekend, anda cukup mengeluarkan 10.000 rupiah jika datang menggunakan sepeda motor.

Sedangkan bagi yang datang membawa mobil hanya dibebankan tarif masuk 20.000 rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk tiket parkir dengan lahan luas dan aman. Untuk hari aktif, terkadang anda tidak perlu membeli tiket masuk karena tidak ada petugas jaga. Pastikan anda membeli tiket di tempat resmi supaya tidak terjadi perbedaan harga yang mungkin merugikan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Baru

Aktivitas di Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Kasta Atoy

Ditempat wisata, hal yang selalu dinantikan adalah aktivitas seru yang bisa dilakukan. Hal ini juga berlaku bagi yang berkunjung ke Pantai Tanjung Baru. Meskipun dalam hal pemandangan kurang begitu bagus jika dibandingkan dengan tempat lain, namun anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

1. Berenang di Pantai Tanjung Baru

Jika anda berkunjung ke pantai, tentu hal pertama yang ingin dilakukan adalah berenang. Aktivitas ini seolah wajib dilakukan karena memang seru. Apalagi jika kali ini pantainya cukup landai dan juga dangkal. Ombak yang ada di lokasi juga tidak terlalu besar, berbeda dengan pantai yang ada di selatan pulau Jawa.

Meski demikian, tetap saja harus berhati-hati ketika melakukannya. Disarankan untuk menggunakan pelampung atau ban yang bisa disewa di beberapa tempat. Hal ini juga berlaku meskipun anda mahir dalam berenang. Bisa jadi angin yang kencang membawa gulungan ombak tinggi, walaupun jarang terjadi.

2. Menikmati Pemandangan Alam Khas Pantai

Ketika anda sedang malas berenang atau melakukan aktivitas lainnya, menikmati pemandangan mungkin cocok dilakukan. Sejauh mata memandang ke arah laut, anda akan menemukan air dengan ombak berkejaran yang terlihat cukup indah dari kejauhan. Di sisi lain, pemandangan indah dari hutan bakau tentu sayang untuk dilewatkan.

3. Menyaksikan Indahnya Sunset

Kelebihan Pantai Tanjung Baru yakni lokasinya sangat tepat untuk menyaksikan indahnya matahari tenggelam. Posisinya yang mengarah ke barat membuat pemandangan sunset tidak ada penghalang apapun. Sinar matahari perlahan menjadi orange yang sesekali memantul ketika terkena air laut menjadi pemandangan unik yang jarang terjadi.

Perlahan tetapi pasti, ketinggian matahari semakin rendah hingga menyentuh fatamorgana atau garis batas antara air laut dengan langit. Pemandangan inilah yang selalu ditunggu wisatawan karena sangat eksotis. Apalagi jika terdapat gumpalan awan yang biasanya menembus sinar dan menghasilkan warna berbeda.

Aktivitas Menarik di Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Engkos Kosasih

4. Wisata Kulineran

Di Pantai Tanjung Baru, banyak terdapat warung yang menyediakan berbagai kuliner nikmat. Sebagian memang tutup karena sepinya pengunjung. Namun anda bisa mengunjungi warung yang masih buka dengan menu andalan sea food. Biasanya, anda bisa menikmati hidangan ikan bakar hasil tangkapan nelayan.

Selain makanan, tersedia juga minuman dari berbagai jenis. Ada minuman hangat jika anda sedang merasa kedinginan setelah bermain air, ada juga minuman dingin yang mungkin dibutuhkan karena udaranya panas. Untuk makanan ringan jenis camilan juga tersedia, semua harganya masih terjangkau.

5. Keliling Pantai Naik Perahu

Apakah anda pernah merasakan sensasi naik perahu? Jika belum, maka jangan lewatkan kesempatan ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Baru. Nelayan yang ada di sana bukan hanya menangkap ikan, namun juga menyewakan perahu bagi wisatawan. Anda bisa berkeliling di wisata pantai ini dengan nakhoda dari nelayan.

Pada umumnya, pengunjung yang menyewa perahu akan dibawa keliling menuju hutan mangrove atau bakau. Selain menikmati keindahan alam pantai, naik perahu juga cocok untuk menikmati udara segar khas pantai. Jangan khawatir mengenai perahu yang digunakan, karena sudah dimodifikasi dengan atap sehingga anda tidak kepanasan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Tanjung Baru
Image Credit: Google Maps Mahrarija MM

Meskipun Pantai Tanjung Baru tidak terawat dengan begitu baik, namun dalam hal fasilitas masih dikatakan memadai. Anda bisa menggunakan lahan parkir luas yang sudah termasuk tiket masuk, jadi tidak perlu membayar lagi. Ada juga toilet yang bisa digunakan untuk keperluan buang air atau ganti baju.

Beberapa warung makan yang ada di lokasi tidak hanya menyediakan makanan dan minuman, namun biasanya menawarkan tempat khusus untuk ganti baju. Meskipun adanya toilet, namun tidak menutup kemungkinan antre karena penuh. Tidak jauh dari lokasi pantai, terdapat Mushola yang siap digunakan kapan saja.

Pengunjung yang lelah dan ingin istirahat sejenak bisa memanfaatkan gazebo. Jika tidak, anda bisa menggunakan bangku yang tersedia, meskipun tidak banyak. Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah tempat penyewaan ban dan pelampung. Untuk sewa perahu juga bisa dikatakan fasilitas untuk menunjang kebutuhan liburan agar semakin seru.

Itulah beberapa hal penting yang harus anda ketahui sebelum berkunjung ke Pantai Tanjung Baru, Karawang. Dari ulasan yang kami berikan diatas, objek wisata alam ini masih layak dikunjungi untuk mengisi hari libur. Tidak perlu mahal untuk mendapatkan kesenangan, cukup tiket masuk dengan harga terjangkau, anda bisa melakukan liburan seru di pantai.