Pantai Tanjung Bira, Pantai Pasir Putih Terindah di Sulawesi

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira di Bulukumba menjadi refleksi keindahan alam yang luar biasa. Kunjungi pantai pasir putih ini untuk mendapatkan pengalaman liburan yang paling seru dan menyenangkan.

Lokasi: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.
Map: Cek Lokasi

Pantai Tanjung Bira adalah pantai dengan keindahan yang tiada dua. Keindahan Tanjung Bira terlahir dari perpaduan sempurna antara air laut yang jernih, pasir putih yang membentang sepanjang pantai, dan bukit batu yang membenteng pesisir. Kombinasi tersebut serupa lukisan alam yang sempurna yang mampu membuat mata terkesima manakala melihatnya.

Keindahan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira memang belum santer terdengar oleh setiap orang di penjuru Indonesia. Namun, apabila Anda adalah salah satu orang yang terhipnotis akan keindahannya, maka lukisan alam yang menakjubkan ini dapat dipastikan menancapkan kesan yang tidak mungkin terlupakan.

Tanjung Bira merupakan pantai dengan karakteristik pasir berwarna putih terindah di Pulau Sulawesi. Kini, pantai cantik di Bulukumba ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang berkunjung. Adapun untuk informasi lebih lanjut mengenai wisata di Pantai Tanjung Bira dipaparkan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Bira

Daya Tarik Pantai Tanjung Bira

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Bira adalah surga bagi para pemburu keindahan panorama alam. Pantai Tanjung Bira memiliki daya tawar keindahan laut yang mengagumkan dan menenteramkan karena jauh dari kebisingan kota. Anda dapat berpelesir sembari melepas kepenatan yang telah menumpuk. Pulau Tanjung Bira adalah tujuan yang pas untuk menarik diri dari kepenatan tersebut.

Udara yang relatif masih alami karena terhindar dari sumber polusi dapat membuat Anda rileks. Anda dapat bersantai di pantai ini sambil menikmati desau angin dan debur ombak yang menyapa pesisir. Tambah lagi, Pantai Tanjung Bira masih belum begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan, sehingga tujuan menenangkan diri di pantai ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Kendati demikian, keindahan panorama pantai andalan Sulawesi ini dapat disandingkan dengan keindahan pantai-pantai yang terdapat di Bali. Pantai Pasir Putih yang memiliki potensi pariwisata yang berdaya tawar tinggi. Tinggal bagaimana menggaungkan hal tersebut agar keindahan pantai ini dapat dinikmati pula oleh banyak orang di luar sana.

Daya tarik lainnya adalah keindahan Pantai Tanjung Bira yang tampak dari jauh. Pantai tersebut memiliki perpaduan tiga warna yang sangat menakjubkan. Terlebih, jika Anda melihatnya dari ketinggian, maka akan tampak warna pasir yang putih bersih, warna air laut yang jernih sehingga pasir putihnya akan tetap tampak, dan warna air laut yang biru karena merefleksikan warna langit.

BACA:  22 Tempat Wisata di Malino (Gowa) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Bira

Alamat Pantai Tanjung Bira

Image Credit: Jalanjalanyuk.com

Tanjung Bira dapat dikatakan sebagai surga bahari yang harus disingkap. Istilah tersebut cocok untuk mendeskripsikan lokasi Pantai Tanjung Bira yang cukup memakan waktu agar dapat tiba di lokasi tersebut. Akan tetapi, secara infrastruktur, jalan yang ditempuh relatif bagus sehingga perjalanan yang ditempuh cukup aman.

Secara geografis, Tanjung Bira berada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika Anda merupakan wisatawan yang berasal dari luar Provinsi Sulawesi Selatan, maka Anda dapat menuju ke Kota Makassar terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan ke Kabupaten Bulukumba. Dari Kota Makassar, Anda dapat melakukan perjalanan ke Kabupaten Bulukumba.

Jarak yang mesti ditempuh dari Kota Makassar ke Pantai Tanjung Bira cukup jauh, yakni memakan waktu hampir selama 3 hingga 4 jam. Jika dikalkulasikan dalam jarak, mungkin hampir 200 km jarak antara kedua daerah tersebut. Namun, bagi Anda yang memulai keberangkatan dari Kabupaten Bulukumba, maka 40 km jarak yang harus dilalui untuk dapat sampai ke pantai tersebut.

Meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, Anda tidak perlu khawatir merasa tidak betah saat di perjalanan. Sebab, sepanjang jalan menuju Pantai Tanjung Bira Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang tidak kalah menarik. Terlebih, jika Anda sudah sampai di Pantai cantik ini, rasa lelah selama perjalanan akan sirna seketika setelah melihat pesona luar biasa pantai tersebut.

Perjalanan menuju Tanjung Bira dapat Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun memanfaatkan penyedia jasa travel atau kendaraan umum lainnya.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Tanjung Bira

Harga Tiket Pantai Tanjung Bira

Image Credit: Banksulselbar.co.id

Sebelum Anda dapat menikmati pesona panorama Pantai Tanjung Bira, Anda diharuskan membayar tiket masuk. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga cukup ramah di kantong. Anda hanya diperlukan membayar sebesar Rp 10.000,- pada hari biasa, yaitu Seni hingga Jumat. Sementara itu, pada akhir pekan maupun hari libur nasional, Anda diperlukan membayar sebesar Rp 15.000,-.

BACA:  25 Tempat Wisata di Tana Toraja Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jika Anda pergi bersama wisatawan asing, maka khusus bagi wisatawan asing harga tiket masuk pada hari-hari biasa adalah Rp 20.000,-. Untuk akhir pekan dan hari libur nasional adalah sebesar Rp 30.000,-. Anda juga perlu menganggarkan dana untuk membayar parkir sebesar Rp 3000,- hingga Rp 5.000,-. Pembayaran parkir bergantung dengan jenis kendaraan yang digunakan.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Bira

Kegiatan di Pantai Tanjung Bira

Image Credit: Flickriver.com

1. Berenang di Tepian Pantai

Berenang atau sekadar bermain-main air di Pantai Tanjung Bira adalah aktivitas yang bisa Anda lakukan. Aktivitas ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan orang-orang yang ikut berlibur bersama Anda. Tentu saja, berenang di area pantai tetap harus selalu berhati-hati, meskipun ombak di pantai ini cukup tenang.

2. Melakukan Snorkeling yang Asyik

Keindahan panorama Pantai Tanjung Bira tidak hanya terletak pada permukaannya saja, tetapi juga terletak pada keindahan bawah lautnya. Tanjung Bira memiliki terumbu karang, tumbuhan laut, dan hewan-hewan laut yang sangat indah. Anda dapat menelusuri keindahan itu dengan melakukan kegiatan snorkeling.

3. Mencicipi Kuliner di Pesisir Pantai

Di pesisir Pantai Tanjung Bira berjajar warung-warung yang menjajakan makanan. Anda bisa mampir ke warung-warung ini setelah asyik berkegiatan di pantai untuk menikmati berbagai hidangan yang dijual. Anda tentu saja dapat menikmati berbagai olahan seafood atau mencicipi hidangan khas, seperti coto makassar atau konro.

4. Berlayar Mengelilingi Pulau

Jika berwisata ke pantai ini, Anda juga bisa memperoleh paket wisata berlayar mengelilingi keindahan pulau-pulau kecil yang berada di sekitar pantai. Pulau tersebut adalah Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Anda bisa mengitari pulau ini untuk menikmati keindahannya wujud pulaunya atau menyusupi ekosistem bawah lautnya dengan kegiatan bersnorkeling.

5. Menikmati Sunrise dan Sunset

Di pantai ini Anda dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang terlukis di langit Pantai Tanjung Bira. Anda dapat menikmati keindahan matahari yang mulai menyingsing di ufuk timur dengan semburat sinar keemasan yang jatuh ke permukaan laut. Sebagian sinar tersebut menyusup ke sela-sela pepohonan dan menyapa embun yang tertegun di permukaan daun.

Jika waktu sore tiba, langit di pantai cantik ini tampak dipenuhi rona jingga. Awan-awan yang saling bergandengan seolah mengambang di batas cakrawala. Semakin sore, matahari semakin tenggelam menuju ke peraduan. Kemudian, panorama Tanjung Bira seketika berubah menjadi sangat anggun. Itulah kedua momen terbaik yang mesti Anda alami di pantai ini.

BACA:  15 Hotel Murah di Makassar Dengan Promo Terbaik

6. Mengintip Pembuatan Perahu Tradisional

Tidak hanya menikmati segenap keindahan panorama alam Tanjung Bira, Anda juga dapat mengintip bagaimana proses pembuatan perahu tradisional khas Suku Bugis. Kapal tradisional ini disebut sebagai kapal pinisi. Serangkaian proses pembuatannya masih dilakukan secara tradisional, yaitu melibatkan unsur-unsur kultural dengan melakukan ritual tertentu.

7. Berpotret di Setiap Sisi Pantai

Perjalanan wisata akan selalu menyenangkan jika kita dapat mengabadikan setiap keindahan tempat yang dikunjungi dalam sebuah potret. Tentu saja, Tanjung Bira memiliki banyak spot foto yang sangat menarik. Bahkan, di setiap sisi Pantai Tanjung Bira adalah spot foto yang indah yang bisa Anda abadikan dalam setiap jepretan.

Penginapan Murah di Kawasan Pantai Tanjung Bira

Penginapan Murah Pantai Tanjung Bira

Image Credit: Booking.com

Perjalanan wisata ke Kawasan Tanjung Bira memang tidak akan cukup jika hanya dilakukan selama satu hari. Anda perlu waktu lebih lama untuk dapat mengeksplor setiap sudut Pantai Bira. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan perjalanan wisata ini dengan baik.

Namun, Anda tidak perlu kebingungan mencari tempat menginap yang dekat dengan area pantai. Pengelola Pantai Tanjung Bira menyediakan penginapan bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan waktu lebih dari satu hari. Anda dapat beristirahat di Tanjung Bira Resort dengan harga yang bersahabat. Harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp 300.000,- per malam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Bira

Fasilitas Pantai Tanjung Bira

Image Credit: Travacello.com

Pengelola Pantai Pasir Putih Tanjung Bira telah menyediakan fasilitas cukup lengkap bagi para wisatawan yang berkunjung. Ketersediaan fasilitas ini tentu akan mempermudah dan membuat nyaman para wisatawan karena tidak perlu repot ke sana ke mari.

Fasilitas tersebut di antaranya mushala, tempat makan, tempat parkir, toilet, dan kamar mandi. Fasilitas tersebut cukup menunjang kebutuhan para wisatawan. Oleh karena itu, tidak perlu ada kata ragu lagi untuk datang dan merasakan keindahan panorama Pantai Tanjung Bira.

Demikian sejumlah informasi yang akan sangat bermanfaat bagi Anda yang mengagendakan kegiatan wisata ke Pantai Tanjung Bira. Pesona panorama pantai pasir putih terindah di Sulawesi ini akan menorehkan kebahagiaan yang selalu melekat di hati Anda.