5 Pemandian Air Panas di Bogor Paling Hits Dikunjungi

Pemandian Air Panas Bogor

Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang cukup terkenal dan sangat tersohor untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Kota ini memiliki pemandangan yang indah sekaligus udara yang sejuk. Hal ini tentu akan membuat kalian berlama-lama di Bogor. Bogor adalah pilihan yang sangat tepat sebagai tempat liburan. Banyak rekomendasi pemandian air panas yang bisa kamu coba.

Dengan berendam dengan air panas, tentu tubuhmu akan semakin rileks dan santai. Menurut penelitian, mandi air panas adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan stress. Sebab, air panas dapat memberikan sensasi relaksasi pada otak dan tubuh kamu. Namun, sensasi mandi air panas di rumah tentu berbeda dengan sensasi berendam air panas di tempat wisata.

Jika kamu berencana untuk berlibur di Bogor, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata pemandian air panas yang ada di kota ini. Cobalah untuk melakukan relaksasi dengan cara berendam di air panas. Supaya tubuhmu dapat kembali rileks dan segar sebelum kembali menjalani rutinitas. Berikut ini adalah 5 rekomendasi pemandian air panas di Bogor yang populer.

1. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Image Credit: Pesona.travel

Gunung Pancar adalah salah satu destinasi wisata pemandian air panas yang wajib dikunjungi. Terutama untuk kamu yang ingin merasakan berendam air panas ditemani dengan nuansa alam yang masih asri. Tidak hanya itu, Gunung Pancar juga terkenal menjadi salah satu lokasi camping terasyik. Jadi, selain bisa berendam air panas, kamu juga bisa mendirikan tenda dan menginap disini.

Ketika mengunjungi tempat ini, kamu akan melihat beberapa kolam yang tersedia. Dengan begitu, kamu bisa memilih, antara kolam umum dan kolam pribadi, sesuai kebutuhanmu. Jika di kolam umum, tentu kamu akan berendam bersama dengan pengunjung lain dan tentunya di area terbuka. Tetapi, di kolam umum antara laki-laki dan perempuan dibedakan atau dipisah.

Sedangkan jika kamu memilih untuk berendam di kolam pribadi, kamu akan merasakan privasi yang lebih tinggi. Di kolam ini, setiap kolam memiliki batasan tersendiri yang terbuat dari bebatuan. Biasanya, kolam ini digunakan oleh satu keluarga ataupun dengan teman-teman. Selain membuat tubuh rileks, berendam air panas juga dapat digunakan sebagai terapi kesehatan.

Lokasi: Jl. Desa, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

2. Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian Air Panas Ciparay

Image Credit: Wisata28.blogspot.com

Lokasi pemandian air panas ini berada di sekitar wilayah Gunung Salak Endah. Destinasi wisata ini menjadi salah satu pemandian air panas yang masih alami. Untuk sampai di lokasi ini, kamu tidak akan menemukan rute atau jalanan yang terlalu susah. Cukup menuju Gunung Bunder lalu dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 5 km.

Perjalanan yang kamu tempuh tentu tidak akan terasa melelahkan ketika kamu sudah sampai di tempat ini dan melihat pemandangan yang mempesona. Disini kamu akan merasakan sensasi berendam air panas yang dilengkapi dengan pancuran yang terbuat dari bambu. Namun, kamu tidak bisa berendam di bawah pancuran. Akan tetapi, kamu akan merasakan suasana alam yang asri.

Kompleks pemandian disini juga ditata dan diatur dengan baik, jadi kamu bisa merasa nyaman jika berendam di tempat ini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kuliner yang dijual oleh para penjual di lokasi pemandian air panas. Kamu bisa memilih kuliner favorit ketika lapar telah melanda.

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

3. Titra Sanita

Titra Sanita

Image Credit: Travelspromo.com

Tirta sanita adalah lokasi selanjutnya yang bisa kamu kunjungi jika ingin berwisata di pemandian air panas. Destinasi wisata ini merupakan salah satu yang paling banyak dikunjungi. Tirta Sanita juga dikenal sebagai  Tirta Sanita Hot Spring, lokasi ini cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

Disini, tersedia beraneka ragam permainan untuk anak-anak. Selain itu, disini juga tersedia tempat outbond serta penginapan. Jadi cocok sekali dijadikan tempat liburan bersama anak-anak. Di pemandian Tirta Sanita, kamu bisa memilih berendam di kolam terbuka atau di kamar mandi air panas, bergantung dengan kebutuhanmu. Di setiap kamar mandi akan ada waktu berendamnya.

Pemandian air panas yang satu ini mendapatkan air panasnya dari sumber yang berada di Bukit Kapur setempat. Sehingga air panas yang digunakan untuk berendam memiliki kandungan kapur serta belerang. Kandungan tersebut dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit. Mulai dari penyakit kulit, rematik, dan penyakit lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kab. Bogor.

4. Resort Giri Tirta

Resort Giri Tirta

Image Credit: Datawisata.com

Jika kamu berada di daerah Gunung Pancar, kamu dapat mengunjungi pemandian air panas yang satu ini. Namun, akses menuju lokasi ini terbilang cukup sulit, karena belum adanya akses yang memadai. Meskipun begitu, pengunjung bisa memanfaatkan jemputan khusus yang sudah disediakan oleh pengelola resot.Oleh sebab itu, resort ini bisa dibilang tempat pemandian air panas yang eksklusif. Sebab, pemandian air panas ini menjadi favorit turis dari mancanegara. Fasilitas disini juga bisa dibilang lengkap dan memadai. Dari mulai koam untuk umum atau bersama dan kolam untuk keluarga saja.

Kolam-kolam yang ada disini juga ditata dengan konsep yang masih alami, namun ada sentuhan modern. Hal ini tentu membuat tempat ini begitu indah dan nyaman untuk merileksasi tubuh kamu. Air panas yang digunakan disini juga mengandung belerang. Jadi dapat membuat kulit tubuh menjadi sehat. Selain kolam air panas, disini kamu juga bisa melihat pemandangan alam air terjun yang tak kalah dengan jenis hot tub lain di Indonesia. Dengan mengunjungi tempat ini, kamu tidak akan merasa menyesal. Buktikan sendiri ya.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

5. Kawah Ratu

Kawah Ratu

Image Credit: Yukpiknik.com

Kawah ratu ini berada di ketinggian 1.338 mdpl dan sudah masuk di daerah wisata Gunung Salak. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai tantangan serta petualangan. Pasalnya, untuk mencapai lokasi ini, kamu harus melewati jalanan yang cukup ekstrim dan berliku. Tempat ini juga ada aktivitas geologi karena memiliki kepundanan yang mendidih dan mengeluarkan gas asam sulfat.

Dari kawah, kamu juga masih harus berjalan lagi supaya bisa sampai di pemandian air panas. Jika sudah menemukan sebuah sungai yang memiliki aliran yang jernih, itu berarti kamu sudah sampai di lokasi pemandian air panas. Di sekeliling sungai terdapat belerang-belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak jarang, ada pengunjung yang membawa pulang belerang yang ada di tempat ini. Sebab, dipercaya dapat menjadi salah satu obat kulit dan juga bagus untuk menjaga kulit wajah. Destinasi wisata ini memang memiliki rute yang cukup ekstrim. Sehingga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

Itulah 5 rekomendasi tempat pemadian air panas di Bogor yang dapat anda kunjungi jika sedang berlibur. Beberapa diantaranya memang memiliki rute yang cukup menantang. Namun, tak ada salahnya jika kamu mencoba bagaimana keseruan dan rileksnya berendam di air panas. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata tersebut bersama teman ataupun keluarga.