Pulau Enggano termasuk pulau terluar Indonesia yang memiliki panorama alam yang menakjubkan di Bengkulu Utara. Pulau eksotis ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih dan ombak yang cocok untuk berselancar.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu; Map: Cek Lokasi

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau kecil yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Bengkulu Utara. Pulau yang berada di barat Provinsi Bengkulu ini tidak hanya kecil namun juga memiliki pesona alam yang luar biasa indahnya.

Nama Enggano berasal dari bahasa setempat yang bermakna ‘telanjang’. Bukan tanpa alasan dinamakan demikian, konon masyarakat yang tinggal di tempat tersebut baik laki-laki maupun perempuan bertelanjang dada.

Dibalik namanya, pulau ini sangat pas dijadikan destinasi wisata keluarga karena memiliki pemandangan yang menarik. Selain itu, banyak aktivitas yang bisa dilakukan serta fasilitas untuk menunjang kegiatan pengunjung yang disediakan di Pulau Enggano.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Enggano

Daya Tarik Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @turisindocom

1. Destinasi Alam yang Memukau

Pulau Enggano memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Uniknya setiap destinasi memiliki ciri khasnya masing-masing karena letaknya juga menyebar di seluruh pulau mulai dari pantai, danau, goa hingga hutan belantara.

2. Suasana yang Alami dan Asri

Pulau yang menjadi daratan pertama Cornelis de Houtman saat berlayar di Samudera Pasifik ini memiliki suasana yang alami. Hal ini disebabkan, tidak banyak campur tangan manusia di tempat tersebut. bahkan pemerintah berusaha mempertahankan tempat tersebut dan hanya menyediakan sarana untuk mempermudah menuju pulau.

Suasana alam di pulau tersebut juga terasa angat sejuk dan asri karena hampir seluruh pulau ditumbuhi pepohonan hijau. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan mendapatkan udara yang segar dan bebas polusi.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Enggano
Image Credit: Google Maps (Bunga Kalumbang)

3. Air Laut yang Bersih

Daya tarik dari Pulau Enggano adalah perairannya yang bersih dan jernih. Air yang jernih ini tidak hanya di pantai namun semua sumber air seperti danau dan sungai. Maka tidak heran jika tempat ini menjadi destinasi favorit pengunjung yang gemar bermain air.

4. Ombak yang Besar

Pantai yang terdapat di pulau ini memiliki ombak yang cukup besar dan tinggi sehingga cocok digunakan untuk olahraga air. Ombak di tempat ini dikenal ideal bagi peselancar karena meskipun ombaknya besar namun tergolong masih aman dan tidak berbahaya. Jadi pengunjung bisa menaklukkan ombak sambil berdiri di atas papan selancar.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Enggano

Alamat ke Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @nuansa.berita.id

Pulau indah ini termasuk dalam kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Pulau ini terletak di Barat Provinsi Bengkulu dengan pusat pemerintahan yang terletak di desa Apoho dan merupakan salah satu pulau paling luar Indonesia di perairan Samudera Pasifik.

Jarak dari pulau ini dengan provinsi Bengkulu mencapai 156km atau setara dengan 90mil. Sementara itu, wilayah terdekat dengan pulau tersebut adalah Kota Manna yang terletak di selatan Bengkulu dengan jarak sekitar 96km atau sama dengan 60mil.

Untuk mencapai ke pulau indah ini Anda harus menyeberang menggunakan perahu yaitu kapal Raja Enggano dari Bengkulu menuju pelabuhan Kahyapu, Enggano. Keberangkatan perahu ini hanya dua kali dalam seminggu yaitu pada hari Sabtu dan Rabu.

Keberangkatan kapal sekitar pukul 18.00 WIB dari pelabuhan Bengkulu dan sampai di Enggano antara pukul 04.00 dan 05.00 WIB. Artinya waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 8 jam menggunakan transportasi laut.

Biaya yang dibutuhkan menuju ke Pulau Enggano sebenarnya tidak banyak mengingat pengunjung cukup menaiki kapal. Selain itu harganya naik kapal sangat terjangkau, untuk kelas ekonomi cukup membayar Rp 5.000 dan kelas VIP sekitar Rp 50.000. Untuk memfasilitasi pengunjung selama perjalanan menuju Enggano, maka terdapat kamar tidur, kamar mandi, ruangan AC dan sebagainya yang bisa dinikmati.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Enggano

Kegiatan Menarik di Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @sakar.bengkulu

1. Surfing di Pantai Kahyapu

Perairan Enggano adalah tempat yang ideal untuk berolahraga air salah satunya surfing. Bagi Anda yang gemar olahraga tersebut, jangan sampai melewatkan kesempatan emas dengan berselancar di pantai Kahyapu.

2. Camping di Tepi Pantai

Selain terkenal dengan ombak yang bagus, pantai di Kahyapu juga cocok untuk camping bersama teman atau keluarga. Tak perlu repot-repot membawa peralatan camping seperti tenda dan lain sebagainya karena di tempat tersebut sudah dibangun pondok surfing yang bisa dimanfaatkan untuk menginap.

3. Berkunjung Ke Pantai Ujung Batu

Berada di Enggano tentu kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Ujung Batu. Di Pantai ini pengunjung tidak hanya disuguhkan pemandangan laut lepas namun juga dimanjakan dengan pemandangan tebing karang yang ditumbuhi tanaman hijau. Bebatuan yang mengelilingi pantai tersebut memang tidak terlalu luas namun cukup unik karena menjorok ke lautan.

4. Caving di Goa Karst

Puas bermain di pantai pengunjung bisa mencoba alternatif wisata lainnya dengan caving di salah satu tempat di Enggano bernama Goa Karst. Goa indah yang masih belum banyak diketahui pengunjung ini patut Anda datangi karena memiliki pemandangan indah yang tiada habisnya.

5. Menjelajahi Cagar Alam

Pulau Enggano tidak hanya memiliki pantai yang eksotis namun juga dilengkapi dengan hutan hijau nan rimbun. Hutan yang juga sekaligus cagar alam ini dipenuhi oleh mangrove yang umurnya sudah cukup tua hingga mengakar kemana-mana.

Hutan lindung sekaligus cagar Alam Teluk Klowe ini juga menyimpan beragam fauna. Pengunjung bisa menemukan berbagai fauna unik dan langka jika trekking lebih jauh ke dalam hutan. Saat trekking pengunjung dianjurkan bersama ahli atau tour guide agar tidak salah jalan.

Kegiatan di Pulau Enggano
Image Credit: Google Maps (Agi Azhari Sandin)

6. Menikmati Indahnya Pantai Telapak Kaki Batu Layar

Enggano memiliki objek wisata pantai yang memiliki keindahan khas masing-masing. Salah satunya pantai Telapak Kaki Batu Layar yang memiliki laguna unik layaknya telapak kaki manusia jika dilihat dari kejauhan. Selain panorama pantai yang eksotis, pesisir pantai di tempat ini juga bisa dijadikan spot memancing favorit bersama keluarga.

7. Mengunjungi Padang Lamun di Kaana dan Kahyapu

Kegiatan yang wajib dilakukan saat berada di Enggano adalah berkunjung ke Padang Lamun. Perlu diketahui bahwa lamun merupakan tumbuhan yang dapat hidup dan adaptasi dengan air asin. Sekilas lamun ini tidak jauh berbeda dengan seagrass karena bentuknya tidak jauh berbeda.

Enggano memiliki pada lamun yang cukup luas di sekitar perairan Kahyapu dan Kaana. Selain melihatnya secara langsung, pengunjung juga diizinkan snorkeling untuk menikmati keindahan lamun lebih dekat.

8. Berenang di Danau Blak Blau

Aktivitas yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu menikmati segarnya air danau Blak Blau. Danau kini memiliki air yang sangat jernih dan berwarna biru kehijauan. Nama Blak Blau sendiri diambil dari warna air danau yang alami biru kehijauan. Jadi, jangan sampai melewatkan destinasi menawan satu ini saat berlibur ke Enggano.

9. Panjat Tebing di Tebing Pakiu

Kegiatan yang memacu adrenalin satu ini tidak boleh terlewatkan khususnya bagi Anda yang menyukai tantangan. Panjat tebing di Tebing Pakiu ini bisa dilakukan jika air laut sudah surut karena selain bisa memulai panjat tebing pengunjung akan dimanjakan dengan tebing putih nan megah. Konon, tebing tersebut dimanfaatkan tentara Jepang sebagai benteng alami.

10. Bermain Air di Pantai Koomang

Satu lagi yang wajib dilakukan ketika di Enggano adalah mengunjungi Pantai Koomang. Di Pantai ini pengunjung bisa bermain air yang jernih bak kaca. Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan kehadiran batu besar atau tebing yang menjorok ke luar serta memiliki lubang pada bagian dasarnya sehingga tercipta laguna alami. Di tempat ini pengunjung bisa berenang atau snorkeling.

Penginapan Murah Terdekat dari Pelangi Enggano

Penginapan Pelangi Enggano
Image Credit: Booking.com

1. Hotel Wisata Berlian Enggano

Hotel Wisata Berlian Enggano terletak di kawasan strategis yaitu dekat dengan pantai dan pelabuhan Kahyapu, Enggano. Penginapan ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai tempat tenang karena ia berada di daerah yang cukup tenang. Selain itu, penginapan ini menyajikan alam yang asri dan hijau di sekelilingnya.

2. Homestay Syifa Pelangi Enggano

Penginapan di Pulau Enggano berikutnya yaitu Homestay Syifa Pelangi Enggano. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang mencari penginapan murah namun mengutamakan kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Menariknya tempat ini dekat dengan bandara Enggano sehingga mudah dijangkau.

3. Penginapan Dandi

terakhir yaitu Penginapan Dandi yang letaknya tidak jauh dengan Homestay Syifa Pelangi Enggano. Sebenarnya penginapan ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya hanya saja desain dan konsep penginapan yang berbeda yaitu bangunan yang didominasi dengan anyaman coklat dan kayu sehingga tampak etnik dan homey.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Enggano Bengkulu

Fasilitas di Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @aydilla.putri.1

Meskipun pulau kecil, Pulau Enggano memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisata bahari ini sudah memiliki bandara kecil, pelabuhan, penyewaan kendaraan bahkan penginapan. Mengingat pulau ini merupakan pulau yang berpenghuni maka Anda tidak akan sulit mencari tempat makan.

Jadi, Anda bisa berlibur di tempat ini dengan nyaman sampai puas dengan fasilitas yang tersedia. Terlebih lagi dengan benyaknya panorama alam yang bisa dinikmati bisa menjadikan liburan Anda ke pulau ini lebih berkesan.

Demikian ulasan mengenai daya tarik, kegiatan yang direkomendasikan serta fasilitas Pulau Enggano di Bengkulu Utara. Meskipun letak pulau ini cukup jauh dari kota, namun pemandangan dan pesona alamnya tidak akan membuat kecewa siapapun yang mengunjunginya.