Pulau Lengkuas salah satu pulau kecil yang indah dan unik di Sijuk, Belitung yang memiliki ikon mercusuar kuno peninggalan Belanda. Pulau kecil ini memiliki pantai berpasir putih, batu granit ukuran besar dan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.; Map: Cek Lokasi

Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di tanah air yang terdiri dari dua pulau besar yang membentuk namanya, serta beberapa pulau kecil di sekitarnya. Tidak sedikit titik-titik lokasi yang ada di sana begitu mempesona menyajikan panorama alamnya yang luar biasa. Pulau Lengkuas seolah menjadi satu dari sekian tempat yang wajib disinggahi tatkala datang ke sana.

Tidak hanya namanya saja yang unik karena sangat mirip dengan salah satu bahan dapur alami dan berkhasiat tersebut. Pulau yang satu ini memberikan sebuah pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung yang datang. Alamnya begitu indah untuk diamati serta berbagai hal bisa dilakukan sehingga liburan akan semakin seru.

Untuk menjangkaunya juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Jaraknya cukup dekat dengan pulau-pulau di sekelilingnya dan banyak kapal bisa dipakai untuk mengaksesnya. Luas pulau tersebut juga cukup besar bagi para pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas yang semakin menyemarakkan liburan bersama dengan teman ataupun kerabat terdekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Lengkuas

Daya Tarik Dimiliki Pulau Lengkuas
Image Credit: Twitter.com @sikurina

1. Mercusuar Tua Peninggalan Kolonial

Ini seolah menjadi daya tarik utama yang menjadi ciri khas tersendiri dari tempat tersebut. Mercusuar tersebut nampak menjulang tinggi menjadi ikon pulau itu. Ketika pengunjung dalam perjalanan dan hampir sampai ke tujuan tersebut, ikon tersebutlah yang akan langsung menyapa semuanya. Nampak beberapa bangunan juga menghiasi penampakan di bawahnya.

Mercusuar berwarna putih menyala saat terkena sinar matahari tersebut menjadi simbol bagi tempat itu. Tidak hanya menjadikan Pulau Lengkuas sebagai latar belakang yang apik saja untuk foto-foto yang diambil, akan tetapi memandanginya saja sudah cukup berkesan bagi turis yang berlibur.

Keberadaan mercusuar yang sudah berumur lebih dari 100 tahun tersebut memang telah menjadikan pulau di sebelah barat laut Belitung itu diminati oleh banyak orang. Tidak jarang orang sengaja ke sana untuk melakukan beragam hal. Salah satunya yaitu mengambil scene untuk film yang dibuat.

Tempat ini memang sudah beberapa kali dikunjungi oleh para sutradara tanah air untuk mencari inspirasi dalam bekerja menghasilkan berbagai film yang menarik untuk ditonton. Bahkan, beberapa karya anak bangsa tersebut juga diakui kualitasnya dengan diberikannya berbagai penghargaan bergengsi.

2. Pantai Pasir Putih yang Menenangkan

Seperti kebanyakan pulau-pulau kecil di seluruh penjuru nusantara, ternyata di dalam pulau mungil sebelah timur Sumatra ini juga memiliki pantai pasir putih yang terhampar di tepiannya. Hamparan pasir putih yang cukup mencolok bagi wisatawan ketika sudah cukup dekat dengan Pulau Lengkuas itu nampak terlihat bersih dan menarik untuk dieksplorasi bersama maupun sendirian.

Pasir putihnya cukup lembut ketika menyentuh kulit-kulit kaki. Itulah sebabnya banyak turis yang hadir ke sana tidak memakai alas kaki ketika menjelajahi pantainya yang mempesona. Objek wisata ini juga menjadi ikon khusus yang menyatu dengan daya tarik sebelumnya, yakni mercusuar tua berwarna putih.

Tidak banyak karang ditemui oleh para pengunjung, itulah sebabnya cukup aman untuk dijadikan lokasi menikmati lebih dalam daerah yang cukup terpencil itu. Pantai ini juga memiliki beberapa vegetasi alam yang tidak kalah menariknya dengan pasir yang ada di kawasan itu.

Nampak pepohonan kelapa tumbuh tinggi menjulang ke angkasa membuat lanskap tempat wisata itu semakin eksotik dan menarik perhatian orang-orang yang datang. Tidak hanya itu, tumbuhan lain pun juga terlihat hidup subur di sekitarnya dan membuat pemandangan menjadi lebih sejuk lagi.

Lawatan ke Pulau Lengkuas memang tidak akan lengkap jika tidak berkunjung pula ke pantainya yang begitu indah. Di sisi lain dari area itu juga ditemui batuan-batuan besar yang menjadi ciri khas dari Bangka Belitung. Inilah yang membedakan pantai yang ada di provinsi tersebut dengan objek wisata serupa di lokasi lain meskipun masih ada di kawasan Ibu Pertiwi.

Adanya batu-batu ini seolah membuat latar belakang alami lagi di tempat tersebut. Para wisatawan dapat menjadikannya sebagai bahan yang sangat pas untuk gambar-gambar yang diambilnya. Tidak sedikit yang memanjat hingga ke permukaan atas batu besar eksotik ini, lantarannya tingginya lebih dari dua meter.

Pengunjung pun seringkali melakukan aktivitas fotografi di atas permukaan batu tersebut. Seolah bentang alam ini menjadi alas yang disediakan oleh semesta sebagai pijakan yang tepat ketika hendak memotret keindahannya pulau tersebut secara keseluruhan.

Daya Tarik Pulau Lengkuas
Image Credit: Twitter.com @LingkarID

3. Penangkaran Penyu di Bagian Tengahnya

Dalam area Pulau Lengkuas ternyata juga terdapat tempat penangkaran hewan laut yang sudah terancam punah. Sebuah area konservasi mungil berdiri di sisi tengahnya dan cukup menarik untuk dikunjungi oleh siapa saja yang melawat di pula tersebut. Beberapa koleksi binatang menggemaskan itu bisa ditemui oleh para wisatawan.

Penyu memang sudah terancam keberadaannya karena berbagai hal, salah satunya yaitu pencemaran laut. Itulah sebabnya pemerintah secara sadar mendirikan sebuah area untuk melestarikan binatang itu, terutama yang berjenis penyu hijau. Jenis tersebut lebih sulit lagi ditemukan jika dibandingkan dengan berbagai varian lainnya.

Penyu hijau yang dibudidayakan di zona tersebut nantinya tetap akan dilepaskan ke lautan agar kembali ke habitat aslinya. Penangkaran tersebut hanya menampung mereka ketika masih kecil dan membutuhkan tempat yang aman dari serangan predator mematikan ataupun terpengaruh oleh kerusakan alam yang terjadi.

Alamat, Rute Lokasi dan Estimasi Biaya ke Pulau Lengkuas

Alamat Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Gestabo 56)

Pulau cantik ini berada di bagian utara salah satu pulau terbesar di provinsi tersebut, yakni Pulau Belitung. Namun, keberadaannya agak menyamping di bagian barat. Tidak terlalu sulit untuk mencapai lokasi tersebut. Siapapun dapat dengan mudah mencapainya dengan menggunakan kapal dari Belitung ataupun titik-titik lain di sekitarnya.

Biasanya, turis yang hendak menuju ke sana akan menggunakan kapal ataupun perahu cepat berukuran kecil dari Tanjung Kelayang. Pantai eksotik di Pulau Belitung tersebut menjadi titik awal perjalanan ke sana. Waktu yang ditempuh juga tidak terlalu lama, hanya sekitar setengah jam saja.

Tidak ada harga khusus ketika ingin mengeksplorasi keseluruhan tempat di pulau mungil nan eksotis tersebut. Hanya saja, jika ingin sampai ke sana, harus melalui perjalanan laut, yang artinya perlu menggunakan kapal maupun perahu super cepat.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan jasa transportasi laut itu hanya berkisar pada ratusan ribu rupiah saja. Kisaran harga tiketnya untuk melakukan perjalanan pergi dan pulang dari lokasi itu ada pada angka 300-an hingga 500-an ribu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Lengkuas

Kegiatan di Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Heroes 3DO Veteran)

1. Menikmati Keindahan Alamnya

Tempat wisata berupa kepulauan memang tidak akan habis untuk dapat dinikmati berbagai sisi keistimewaannya. Dengan alamnya yang mempesona, Pulau Lengkuas begitu seru untuk ditelusuri berbagai lokasi di dalamnya. Pengunjung tidak akan pernah habis untuk dapat menjelajahi semua titik di dalamnya.

2. Mengunjungi Tempat Konservasi Penyu

Melihat-lihat koleksi binatang yang satu itu memang menjadi sesuatu yang cukup menarik untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Kebanyakan penyu yang dikembangbiakkan masih dalam umur yang begitu belia. Ukurannya yang kecil menjadikannya semakin terlihat imut dan menggemaskan.

Kegiatan Dilakukan di Pulau Lengkuas
Image Credit: Twitter.com @dagnesia

3. Menjajal Kelembutan Pasir Pantai Tatkala Matahari Tenggelam

Momen swastamita merupakan waktu yang sangat berharga bagi para pengunjung ketika datang ke Pulau Lengkuas. Semburat cahaya matahari yang memancar apik berwarna jingga begitu mencolok untuk dijadikan background foto yang diambil. Selain itu, menambah kesan yang begitu menenangkan.

Penginapan Murah Dekat dari Pulau Lengkuas

Penginapan Pulau Lengkuas
Image Credit: Traveloka.com

1. Sheraton Belitung Resort

Penginapan kelas atas ini berada tidak jauh dari Tanjung Kelayang. Wisatawan yang ingin menginap di objek wisata tersebut memang harus berada di sekitaran pantai itu. Harga tempat ini cukup tinggi, yaitu lebih dari satu juta tiap malamnya. Akan tetapi beragam fasilitas bisa didapatkan seperti kolam renang dan resto di dalamnya.

2. Eco Beach Tent by Billiton

Hampir sama dengan tempat sebelumnya, penginapan ini menawarkan paket kelas mewah dengan beragam fasilitas seperti resto dan AC di setiap kamarnya.. Namun, yang berbeda hanya lokasinya saja. Penginapan ini ada di sisi utara Tanjung Kelayang. Harganya pun juga berkisar pada 500 hingga satu juta.

3. Airy Premier Tanjung Kelayang Belitung

Penginapan ini cocok dipakai oleh para tamu dari objek wisata yang mengesankan itu. Harga sewa tiap malamnya terbilang murah, hanya beberapa ratus ribu saja. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas seperti kolam renang, restoran, hingga AC di setiap kamarnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Lengkuas Belitung

Fasilitas di Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Bams Triwoko)

Pulau Lengkuas masih belum memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung melakukan berbagai kegiatan di dalamnya. Selain menawarkan tempat menginap dengan harga murah, di pulau ini juga tersedia warung makan hingga toilet umum. Ada beberapa tempat yang ada bilik-bilik toiletnya. Selebihnya, tidak banyak yang dapat dipakai oleh para pengunjung.

Lawatan ke Bangka Belitung memang menjadi kesan tersendiri. Tidak hanya kaya akan hasil tambang berupa timah saja, keindahan alamnya juga tidak cuma terdapat di dua pulau besarnya saja. Akan tetapi, zona kecil seperti Pulau Lengkuas inilah tujuan alternatif yang begitu pas bagi mereka yang ingin mengetahui sisi lain dari area itu.