Sumber Maron Malang, Pemandian Alami yang Dilengkapi Wahana Seru

Sumber Maron Malang, Pemandian Alami yang Dilengkapi Wahana Seru

Sumber Maron adalah wisata alam pemandian yang favorit di Malang. Pesona air terjun mini, pepohonan hijau dan beragam wahana menarik, mulai dari arum jeram hingga susur sungai Beriak.

Lokasi: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Kec. Pagelaran, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Sumber Maron merupakan destinasi wisata yang mempersembahkan sumber mata air lengkap dengan sebuah air terjun kecil menghiasi di atasnya. Tempat ini berada di pertengahan desa dan masih kental akan suasana asri. Dikelilingi persawahan dan rumah warga, membuat perairan ini menjadi sumber mata air utama bagi penduduk sekitar mengairi sawah dan lain-lain.

Dahulunya pemandian ini hanyalah tempat istirahat bagi para warga setelah selesai bekerja atau sebagai lahan untuk bertani kangkung. Tetapi, setelah beberapa pihak menyadari potensi wisata di sana, perairan ini berkembang menjadi destinasi liburan seperti sekarang. Sumber mata air yang jernih dan pemandangan sawah yang indah menjadi salah satu daya tarik Sumber Maron.

Hal menarik yang tersedia di sini tidak hanya pemandiannya, terdapat pemandangan sawah yang memanjakan mata, juga seperangkat fasilitas yang dapat Anda nikmati selagi berada di sini. Wisata ini sangat terkenal di antara para wisatawan lokal dan luar kota, sehingga tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Sumber Maron Malang

Daya Tarik Sumber Maron Malang

Image Credit: Google Maps (Aris Arbasel)

Pemandian ini adalah salah satu destinasi wisata alam di Malang. Sebuah wisata pemandian yang berada di tengah desa, menawarkan suasana alami pedesaan yang asri, serta pemandangan yang hijau menyejukkan mata. Hal tersebut menjadikan destinasi ini direkomendasikan oleh para wisatawan dan traveller yang pernah mengunjunginya.

1. Mata Air yang Jernih dan Sejuk

Pemandian yang pernah menjadi sumber mata air utama bagi warga Desa Karangsuko ini, memiliki air yang jernih hingga Anda bisa melihat dasar sungainya. Sensasi sejuk dan segar akan Anda dapatkan saat berenang di tempat ini. Anda juga bisa melakukan underwater photobooth di sini, yaitu pengambilan gambar di bawah air.

Selain itu, terdapat juga sebuah air terjun kecil dengan kemiringan 60 derajat yang menghiasi Sumber Maron dan menjadi daya tarik utama setelah perairannya. Dengan tinggi kurang lebih 5 meter, Anda juga dapat menaiki air terjun dan berdiri di atasnya. Arus di sini bergantung pada curah hujan, semakin sering hujan maka semakin besar arusnya.

2. Memiliki Wisata Edukasi

Tidak hanya terkenal dengan wisata pemandiannya, mata air favorit wisatawan di Malang ini juga menyuguhkan wisata edukasi. Pengetahuan yang tersedia di sini berkaitan dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro atau PLTMH.

BACA:  Coban Talun, Tujuan Rekreasi Air Terjun Favorit di Batu Malang

Memanfaatkan arus air terjun mini, alat pembangkit listrik bertenaga air ini telah sukses menerangi 4 desa terdekat sekaligus. Pencapaian ini tentu membuat tempat wisata ini memiliki pengunjung rutin dari praktisi mahasiswa atau pelajar yang ingin belajar tentangnya.

3. Pemandangan Sekeliling yang Indah

Sawah dan pepohonan yang hijau akan menyambut Anda begitu tiba di tempat ini. Sumber Maron sendiri terletak di tengah desa, sehingga suasana damai dan tenang melekat erat. Ketika hari biasa atau saat pengunjung sedang sepi, Anda dapat memanfaatkan ketenangan tersebut untuk media self healing.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Sumber Maron

Lokasi Sumber Maron

Image Credit: Google Maps (Tridi Yudisytira)

Tidak hanya menawarkan suasana pedesaan dari Dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, fasilitasnya pun cukup lengkap untuk Anda menikmati liburan dengan nyaman. Mata air ini terletak di Kecamatan Pagelaran, Malang. Anda dapat mengunjungi wisata Sumber Maron sebagai pelipur bosan atau sekadar mengistirahatkan diri dari kesibukan pekerjaan.

Pemandian ini dapat Anda akses dari rute manapun. Kondisi jalannya pun sudah bagus dan aman untuk dilewati. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Malang, Anda akan berkendara sejauh kurang lebih 27.8 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Dengan mengambil arah ke Tenggara menuju Jalan J.A Suprapto, Anda harus berkendara melewati Jalan WR Supratman sejauh 500 meter. Setelahnya, dengan patokan sebuah toko swalayan yang ada pada kanan jalan, Anda harus mengambil jalur 3 di jalan bundaran yang ada di sana dan melanjutkannya ke Jalan Gatot Subroto.

Jalan Laksamana Martadinata juga menjadi rute yang akan Anda lewati, tentu setelah itu terus melewati Jalan Kolonel Sugiono dengan patokan sebuah toko swalayan pada kiri jalan yang letaknya 400 meter di jalan tersebut. Teruskan menuju Adi Mulya dan Jalan Raya Bulu.

Setelahnya Anda hanya perlu berkendara menuju Krebet Senggrong, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Raya Sukonolo. Dari semua rute tersebut, Anda harus melewati tiga jalur lagi hingga Anda tiba di tempat tujuan. Rute tersebut ialah Jalan Raya Bulupitu sejauh 600 meter, lurus menuju Jalan Pahlawan, dan lalu belok kiri pada Jalan Nasional III.

Membutuhkan beberapa menit bagi Anda untuk tiba di Jalan Sumber Maron yang ada di Dusun Adiluwih, Kecamatan Pagelaran, Malang. Dalam perjalanan sepanjang kurang lebih 1 jam itu, jalur yang dilewati sudah lumayan halus dan nyaman, sehingga Anda dapat menikmati jalannya waktu.

Selain itu juga terdapat satu jalur yang umum dilewati wisatawan yang ingin datang kemari. Rute ini terkenal simpel dan lumayan mudah dilalui. Dimulai dari Stasiun Kanjuruhan, Anda cukup berkendara terus lurus di Jalan Nasional III. Hanya berbelok ke kanan sedikit, masih di jalan yang sama dan terus berjalan lurus, Anda akan menemukan Sumber Maron di Dusun Adiluwih.

BACA:  13 Wisata Pantai di Tuban Paling Hits Dikunjungi

Perjalanan tidak memakan waktu lama, hanya 8 menit dengan jarak 4.5 kilometer dari stasiun menuju wisata mata air pemandian. Dengan jalan yang lurus dan halus, wisatawan yang melewati jalur ini tidak perlu khawatir tersesat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Maron

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Maron

Image Credit: Google Maps (PejuAng Subuh)

Terdapat beberapa biaya yang dipasang untuk fasilitas yang tersedia di sini. Selain tiket masuk yang hanya dihargai Rp 5000 per orang itu, Anda akan ditawari berbagai fasilitas untuk melengkapi waktu liburan Anda.

Ketika memasuki wilayah pemandian, Anda harus membayar tarif parkir di sana. Untuk sepeda motor Anda hanya perlu membayar Rp 3000 dan Rp 5000 untuk tarif kendaraan sejenis mobil. Jam buka tempat ini dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore Waktu Indonesia Barat. Dengan begitu, Anda akan sempat menyaksikan senja di tempat ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sumber Maron

Aktivitas di Sumber Maron

Image Credit: Google Maps (Fachry Adrian)

1. Berenang

Seperti yang diketahui wisatawan berkunjung kemari kesini karena mata air di sini terkenal jernih dan segar digunakan untuk berenang. Anda akan merasakan sensasi dingin begitu air menyentuh permukaan kulit. Dengan suhu airnya yang tetap menyejukkan, tempat ini direkomendasikan sebagai spot berenang yang cocok saat cuaca panas.

Selagi berenang di sini, Anda juga dapat menyelam bersama ikan-ikan. Air yang jernih memudahkan Anda melihat dasar sungai. Sungai di bawah air terjun ini juga memiliki kedalaman lumayan, sehingga Anda harus berhati-hati. Semakin menuju ke tengah, dasar sungai makin dalam hingga mencapai 2 meter.

Di tempat ini disediakan fasilitas tambahan seperti ban dalam untuk anak-anak dan pengunjung yang belum bisa berenang. Harga sewa yang dipatok juga tidak terlalu tinggi, berkisar Rp 3000 untuk ban ukuran kecil dan Rp 5000 untuk yang berukuran sedang.

2. Underwater Photobooth

Mengabadikan momen liburan sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap wisatawan yang mengunjungi Sumber Maron. Apalagi dengan pesonanya yang serba hijau, pemandangan ini sangat cocok diabadikan dalam sebuah foto.

Airnya yang jernih juga menciptakan daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung berlomba-lomba menjepret foto mereka ketika tengah berada di dalam air. Beragam pose unik dan menarik diperagakan pengunjung ketika mengambil foto. Dengan latar belakang gambar yang cantik, hal itu akan meningkatkan ketertarikan wisatawan untuk berlibur ke wisata alam ini.

BACA:  10 Wisata Museum di Malang yang Paling Favorit Dikunjungi

3. Menjelajahi Sungai Dengan River Tubing

River Tubing sendiri merupakan kegiatan susur sungai dengan menggunakan ban karet. Pengunjung akan menaiki ban tersebut dan mengikuti arus sambil melihat pemandangan sekeliling. Panjang lintasan river tubing yang disediakan pengelola sekitar 500 meter.

Biasanya pengunjung akan bergandengan dan tentu didampingi oleh penjaga yang mengawasi di pinggiran sungai serta titik tertentu sebagai pencegahan jika ada pengunjung tenggelam atau ban terbalik.

Di Sumber Maron, Anda bisa menikmati fasilitas ini dengan bebas. Biaya sewa ban untuk kegiatan ini adalah Rp 10.000. Dengan biaya semurah itu, Anda sudah bisa merasakan kegiatan river tubing di mata air pemandian tersebut.

River Tubing Sumber Maron

Image Credit: Google Maps (Dig Agung)

4. Menyeberang Menggunakan Flying Fox

Wahana satu ini paling diminati oleh pengunjung. Hanya dengan membayar sejumlah Rp 3000, Anda sudah bisa menikmati fasilitas flying fox yang mana akan membawa Anda menyeberangi sawah dan sungai. Wisata ini memang sedikit menantang dan banyak orang ingin mencobanya. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jatuh karena perlengkapan dan alat keamanan di sini sangat lengkap.

5. Menikmati Diterapi Oleh Ikan

Sebutan lainnya adalah Iktioterapi, sebuah terapi khusus yang dilakukan dengan mencelupkan bagian tubuh ke dalam air yang di dalamnya terdapat ikan-ikan kecil. Ikan-ikan ini nantinya akan memakan daki atau sel kulit mati dari anggota tubuh tersebut.

Berguna untuk menghilangkan pegal dan beberapa penyakit, terapi ini juga dimanfaatkan sebagai penghalus kulit. Anda akan menemukan tempat seperti ini di perairan tersebut. Dengan banyaknya pengunjung yang datang kemari, banyak juga yang tertarik untuk diterapi oleh ikan-ikan penuh warna itu.

6. Menikmati Senja

Jam tutup tempat ini adalah jam 6 petang. Anda dapat melihat pemandangan senja dengan semburat jingganya yang mengukir di langit. Ditambah sawah dan pepohonan serba hijau yang indah akan memberikan kesan nostalgia. Kesan yang membuat Anda ingin kembali mengunjungi tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Sumber Maron Malang

Fasilitas di Sumber Maron Malang

Image Credit: Google Maps (rumwulan purnami)

Di mata air yang menjadi lokasi wisata pemandian ini, fasilitas yang tersedia sudah lengkap. Mulai dari fasilitas umum seperti toilet, musala untuk salat, serta tempat makan. Di sini juga terdapat banyak spot untuk beristirahat sejenak setelah berenang.

Beberapa fasilitas berbayar seperti flying fox dan river tubing dimanfaatkan untuk memberikan kesan menyenangkan selama berlibur di wisata alam favorit ini.

Sumber Maron merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Malang, dengan sebuah air terjun kecil yang menjadi energi utama pembangkit listrik bertenaga air di sana. Wisata ini menawarkan sensasi berenang di tengah suasana yang tenang dan asrinya pedesaan. Sawah yang mengelilingi sungai ini seolah menjadi nilai tambah pemandangan cantik yang cocok dinikmati.