16 Tempat Makan Enak di Kediri Favorit Wisatawan

Tempat Makan Kediri

Kediri merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan bermacam destinasi wisata menarik. Selain itu, Kediri juga terkenal sebagai sentra kuliner dan kaya akan makanan bercita rasa terbaik yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Apabila berkunjung ke Kota di kaki Gunung Kelud ini tidak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi sajian kulinernya. Ada banyak tempat makan legendaris di Kediri yang menyajikan menu-menu enak dengan harga ramah di kantong.

Mulai dari kedai sederhana, warung makan, hingga restoran keluarga, semua bisa Anda jumpai di Kediri. Berikut rekomendasi 16 tempat makan di Kediri yang wajib Anda singgahi jika ingin memanjakan lidah dengan beraneka kuliner lezat.

1. Balungan Pecok Pedas

Balungan Pecok Pedas

Lokasi: Jl. Moh. Husni Thamrin, Kemasan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Garnesia.com

Balungan Pecok Pedas jangan sampai terlewatkan jika Anda menjadi penggemar makanan pedas. Tempat makan ini menyajikan menu unggulan iga pedas serta tulang sumsum skengkel dengan cita rasa pedas, gurih, segar yang menggugah selera.

Selain menu makanan pedas, ada juga berbagai minuman sebagai teman menyantap hidangan, seperti es jeruk, es teh, dan lain-lain. Anda juga bisa memesan makanan dalam bentuk paket spesial yang disediakan.

2. Soto Ayam Pakelan Ny. Sien

Soto Ayam Pakelan Ny. Sien

Lokasi: Jl. Untung Suropati No.1 & 3, Pakelan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Ariadenta.files.wordpress.com

Tempat ini menyediakan menu soto khas Kediri yang telah dikenal banyak pecinta kuliner. Soto pakelan hampir sama dengan soto pada umumnya, hanya saja tidak terdapat koya melainkan mie suhun dan tauge.

Selain terdapat menu soto segar yang menjadi menu unggulan, Anda juga bisa memesan makanan lain yang disediakan seperti camilan, minuman, dan beraneka kue serabi, kue donat, kue lapir, kue cucur, dan sebagainya.

3. Sate Pak Siboen

Sate Pak Siboen

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman No.134, Kp. Dalem, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Tripadvisor.co.za

Sate Pak Siboen menjadi salah satu kuliner yang legendaris di Kediri. Tempat makan ini telah ada sejak 1937 dan menyediakan menu andalan berupa sate ayam Ponorogo yang bercita rasa khas.

Sate ayam Ponorogo disajikan berupa ayam kampung yang daging ayamnya dipotong memanjang dengan bumbu kacang yang dihaluskan dan lebih terasa gurih. Terdapat juga beberapa menu tambahan seperti jeroan dan balungan yang tidak kalah lezat rasanya.

4. Pandan Kediri Resto & Cafe

Pandan Kediri Resto & Cafe

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.40, Dandangan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Amazingindonesia.id

Tempat makan ini merupakan salah satu restoran keluarga yang cukup terkenal di Kediri. Beberapa menu yang tersedia meliputi aneka jenis olahan sapi, berbagai jenis sup, dan menu lain yang tentunya sangat lezat.

Ada banyak menu unggulan yang ditawarkan resto ini, mulai dari sup jagung ayam, sup asparagus, sup tom yam, sapi lada hitam, hingga beragam western food. Suasana di resto ini juga cukup nyaman sebagai tongkrongan bersama kawan atau keluarga.

5. Warung Begok

Warung Begok

Lokasi: Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa No.2 – 3, Cangkring, Pelem, Kec. Pare, Kab. Kediri. – Image Credit by Instagram.com @warungbegok

Warung Begok atau kepanjangannya Warung Bebek Goreng Krispi tengah ngetren di kalangan pecinta kuliner Kediri. Tempat makan ini menyediakan berbagai menu bebek yang diolah menghasilkan rasa nikmat di lidah.

Daging bebek yang disajikan cukup empuk dengan kulit luarnya kering dan crispy, sedangkan pada bagian dalamnya masih fresh dan juice. Satu porsi bebek goreng disertakan pula sambal pedas yang bikin ketagihan.

6. Ayam Bakar KQ5

Ayam Bakar KQ5

Lokasi: Jl. Sukarno Hatta I No.2a, Katang, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kec. Kediri. – Image Credit by Traveloka.com

Tempat makan ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin menyantap lezatnya ayam bakar dengan sambal nikmat. Menu unggulan yang menjadi favorit tentu ayam bakar yang disediakan dalam berbagai paket.

Selain ayam bakar, ada pula bebek bakar/goreng, lele goreng, nila goreng, dan berbagai menu tambahan seperti cah kangkung, balado terong, cap cay, dan lain-lain. Anda juga bisa memesan beraneka minuman yang disediakan sebagai teman menikmati menu utama.

7. Bumbu Desa

Bumbu Desa

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.46, Tepus, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kab. Kediri. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Bumbu Desa termasuk tempat makan yang terkenal di Kediri dengan banyak pilihan menu unggulan yang ditawarkan. Kuliner di Bumbu Desa diolah dengan bumbu rempah asli sehingga rasanya sangat enak.

Beberapa menu yang disajikan mulai dari ayam goreng laos, ayam cabai hijau, ayam bakar, gurame goreng, bebek goreng, cumi goreng, dan beraneka hidangan lezat lain. Selain ada pula beraneka minuman segar seperti es campur, es cincau hijau, es cendol, dan lain-lain.

8. Ayam Bebek Kraton

Ayam Bebek Kraton

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk, Dandangan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Dimanaja.com

Tempat makan ini terkenal dengan bebek gorengnya yang berdaging empuh dan gurih dipadukan dengan sambal pedas yang menggugah selera.

Selain bebek goreng, ada juga berbagai menu lain seperti ayam goreng, beraneka penyet dan sambal pedas, serta aneka sayur balado dan cah. Anda juga bisa memesan minuman bermacam jenis jus yang menyegarkan.

9. Kedai Kawan Lama

Kedai Kawan Lama

Lokasi: Jl. Veteran No.9B, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. – Image Credit by Facebook.com Kedai Kawanlama

Kedai Kawan Lama dikonsep dengan gaya unik yang bernuansa zaman dulu. Tempatnya sangat nyaman sebagai tongkrongan dan tempat ngopi berbagai kalangan. Sambil bernostalgia Anda akan ditemani camilan tempo dulu seperti jipang ataupun es wawan.

Jika Anda ke Kediri setidaknya harus mampir sekali ke tempat ini untuk merasakan suasana retro yang kental. Menu yang disediakan mulai dari makaroni, risol, kentang goreng, kopi, serta makanan lainnya.

10. Soto Ayam Depot Podjok

Soto Ayam Depot Podjok Kediri

Lokasi: Jl. Dhoho No.146, Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Liburmulu.com

Tempat makan legendaris ini telah ada sejak 1926 dan menyajikan soto ayam lezat favorit banyak orang. Satu porsi soto ayam disajikan berupa nasi, ayam suwir, taburan kecambah dan seledri, yang disiram kuah super menyegarkan.

Anda juga bisa memesan makanan tambahan seperti tempe dan tahu goreng, telur asin, serta jeroan untuk semakin menambah cita rasa kuliner. Soto di tempat ini telah terkenal dengan cita rasa lezat yang dibandrol dengan harga terjangkau.

11. Sate Emprit Mbah Darmo

Sate Emprit Mbah Darmo

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, RT.01/RW.01, Drangin, Wonojoyo, Kec. Gurah, Kab. Kediri. – Image Credit by Telusurindonesia.co

Jika berada di Kediri Anda wajib mencoba sate emprit Mbah Darmo yang unik dan dijamin lezat. Emprit adalah burung kecil yang dagingnya terasa gurih dan nikmat meskipun tidak terlalu besar ukurannya.

Tempat makan ini menyajikan berbagai olahan burung emprit, dengan menu andalan krengsengan emprit dan emprit goreng. Selain itu ada pula sate biawak yang tidak kalah menggoda selera.

12. Kedai Brengoz

Kedai Brengoz

Lokasi: Jl. Super Semar No.199, Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Kedai-brengoz.business.site

Kedai Brengoz didesain dengan model interior yang berkonsep kekinian. Sebagian besar benda di tempat ini didominasi hitam putih yang elegan dengan hiasan mural yang cocok sebagai tongkrongan anak muda.

Ada berbagai menu kekinian yang disediakan Kedai Brengoz, mulai dari coffee rush, mojito, ice coffee, black coffee, aneka jus, dan beragam menu lain yang dijual dengan harga ramah di kantong.

13. Pecel Pudakit

Pecel Pudakit

Lokasi: Jl. Dhoho No.80, Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Gotravelly.com

Kediri terkenal dengan pecel yang bercita rasa khas dan otentik. Pecel Pudakit hampir sama dengan pecel pada umumnya, hanya saja terdapat tambahan sambal tumpang yang pedas dan mantap.

Bumbu pecel ini terbuat dari kacang yang dilembutkan dengan tambahan rempah yang semakin menambah sedap rasanya. Anda juga bisa menambahkan rempeyek serta lauk lain seperti telur, sate telur puyuh, sate usus, jeroan, tahu tempe, paru, dan lain-lain.

14. Restoran Kampoeng Nelayan

Restoran Kampoeng Nelayan

Lokasi: Jl. Singosari, Dandangan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Sesuai namanya, restoran ini menyediakan beragam makanan hasil olahan hidangan laut yang tentunya bercita rasa lezat dan berkelas. Restoran ini buka mulai pukul 11.00-14.00 dan 17.00-22.00.

Menu favorit yang banyak digemari pengunjung antara lain olahan cumi, kepiting, aneka ikan, udan, dan lobster. Semuanya diracik oleh koki handal sehingga menghasilkan makanan menggugah selera.

15. President Resto

President Resto

Lokasi: Jl. Panglima Polim No.25, Dandangan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Facebook.com ( Lesehan PRESIDENT)

Tempat makan ini menyediakan beragam menu unggulan seperti olahan gurani, udang goreng tepung, daging bumbu lada hitam, nasi goreng seafood, dan lain-lain. Semuanya disajikan bersama sambal pedas khas.

Anda juga bisa menambahkan tahu petis serta beragam menu minuman lain yang semakin menambah nikmat sajian kuliner utama. Resto ini buka mulai pukul 10.00-21.00 dengan tempat nyaman yang cocok untuk makan bersama kawan atau keluarga.

16. Lesehan Kayu Manis

Lesehan Kayu Manis

Lokasi: Jl. Erlangga No.60, Katang, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kab. Kediri. – Image Credit by Lesehan-kayu-manis.business.site

Lesehan Kayu Manis menyediakan aneka makanan Jawa, kuliner Indonesia, hidangan oriental, hingga sajian menu Eropa yang bercita rasa lezat. Dibalut nuansa Jawa yang kental, Anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

Beberapa menu yang tersedia di tempat makan ini adalah aneka masakan laut, bermacam olahan ayam, sup, serta olahan daging dan sayuran. Di tempat ini Anda bisa memilih untuk makan di meja kursi atau lesehan.

Itulah rekomendasi 16 tempat makan enak yang terdapat di Kediri. Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota ini, jangan lupa mampir ke tempat makan tersebut untuk menjajal secara langsung kelezatan kulinernya.