Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Cibaregbeg Pasir Nangka, Kec. Saguling, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Potensi wisata di Bandung boleh dikatakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Kabupaten yang ada di Jawa Barat tersebut memiliki berbagai macam destinasi wisata, salah satunya adalah Waduk Saguling. Adanya nama waduk bukan hanya dijadikan sebagai bedungan, namun juga sebagai objek wisata alam dengan panorama indah.

Mungkin anda membayangkan bahwa fungsi waduk hanya digunakan sebagai penyokong utama kebutuhan listrik warga sekitar. Tidak salah memang , karena pada umumnya fungsi waduk juga demikian. Akan tetapi ada yang berbeda kali ini, Waduk besar dengan bentuk atau kontur tidak beraturan ini memiliki banyak fungsi lain.

Fungsi yang dimaksud diantaranya adalah memenuhi keperluan air warga sekitar, membantu sektor perikanan, serta tidak lupa sebagai pariwisata. Tempat ini memang cocok digunakan untuk mengisi hari libur bagi yang tidak mempuyai budget lebih. Setiap hari, banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Bahkan ketika hari aktif juga tidak pernah sepi pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Saguling

Daya Tarik Waduk Saguling
Image Credit: Google Maps Rafi Ghani

Waduk Saguling merupakan salah waduk yang membendung aliran air sungai Citarum, selain Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata. Banyaknya pengunjung yang datang bukan tanpa alasan, tentunya semua dikarenakan daya tarik yang dimiliki. Lalu, apa sebenarnya daya tarik dari objek wisata berupa genangan air ini? Berikut selengkapnya!

1. Pesona Memikat Waduk Saguling

Alasan utama tentu dikarenakan pesona alamnya yang indah dan mempesona. Bagi anda yang menganggap bahwa destinasi wisata kali ini hanya berupa genangan air luas, pastinya anda salah. Waduk ini dibangun diatas lahan seluas lebih dari 5.000 hektar dengan ketinggian lebih dari 600 mdpl. Memang tidak begitu luas jika dibandingkan dengan Waduk Jatiluhur, namun pesona alamnya tidak dapat diabaikan.

Bangunan bendungan cukup megah dan tentunya kuat karena mampu menahan derasnya aliran air sungai Citarum. Di samping waduk terdpat berbagi pepohonan rindang yang seolah memberikan keteduhan bagi bendungan ini. Pembangunan bendungan bukan hanya berfungsi untuk penahan aliran air, namun juga digunakan sebagai jembatan penghubung.

Dilihat dari airnya, Waduk Saguling memiliki kejernihan air yang lumayan. Apalagi ketika anda melihat aliran air yang menghantam bendungan, riak yang dihasilkan tampak jelas putih dan bersih. Kejernihan air semakin sempurna ketika memantulkan bayangan pohon yang ada di sekitar lokasi. Birunya langit menambah pesona alam semakin indah dan sayang jika dilewatkan.

2. Suasana Asri Layaknya Pegunungan

Meskipun lokasinya tidak berada di pegunungan, namun cuaca nya tergolong asri dengan udara segar dan menyehatkan. Hal ini tidak lepas dari lokasi ketinggiannya yang mencapai lebih dari 600 mdpl. Selain itu, rimbunnya pohon yang ada di sekitar bendungan juga berperan penting dalam menjaga keasrian dari Waduk Saguling.

Asri nya lokasi wisata kali ini didukung dengan pemandangan alam yang mempesona. Dari kejauhan, terlihat jelas gunung yang menjulang tinggi dengan warna hijau khas pegunungan. Sesekali warna tersebut berubah menjadi putih karena adanya kabut yang mengelilingi. Hal inilah yang menjadi daya tarik lain dan menjadikan banyaknya wisatawan yang berkunjung.

3. Pernah Ditemukan Fosil Gajah Purba

Daya tarik lain yang membuat pengunjung penasaran adalah pernah ditemukannya fosil kaki gajah purba. Lokasi penemuan memang tidak berada persis pada objek wisata utama, namun hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi destinasi wisata alam kali ini. Selain itu, penemuan fosil yang diperkirakan berusia ribuan juta tahun ini membuat siapa saja penasaran.

Fosil yang ditemukan bukan terjadi sebelum pembangunan Waduk Saguling atau sesudahnya, namun masih baru-baru ini. Warga setempat lah yang secara tidak sengaja menemukan fosil tersebut. Bermula ketika seorang warga bernama Jahidin yang hendak mencari ikan di waduk. Namun bukan ikan yang didapatkan, melainkan benda keras menyerupai batu berbentuk tulang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Waduk Saguling
Image Credit: Google Maps made magis

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Bandung memuat destinasi wisata kali ini mudah ditemukan. Jika anda mempunyai rencana berkunjung, arahkan kendaraan menuju ke alamat Cibaregbeg Pasir Nangka, Saguling, Bandung Barat, Jawa Barat. Sayangnya, hingga saat ini masih sulit didapatkan transportasi umum yang bisa mengantarkan anda ke lokasi. Maka dari itu, gunakan kendaraan pribadi atau ojek online yang saat ini banyak ditemukan.

Khusus bagi yang datang ke Waduk Saguling menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan Google Maps sebagai pemandu. Patokan utama ketika anda dekat dengan lokasi adalah adanya menara yang menyerupai cerobong asap. Ketika menemui persimpangan setelah melewati menara tersebut, ambil jalur yang mengarahkan ke waduk.

Dari sini anda tidak langsung tiba di lokasi, melainkan melewati rumah permukiman warga. Jangan khawatir akan keramahtamahan warga Bandung karena mereka dikenal mudah akrab dengan oran lain. Maka dari itu, jangan sungkan untuk bertanya ketika anda masih ragu mengenai arah yang dipilih.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Waduk Saguling
Image Credit: Instagram maburdrone

Ternyata bukan hanya warga sekitarnya yang ramah, namun juga tiket masuknya. Anda bisa langsung menuju ke lokasi utama tanpa harus membayar biaya retribusi, alias gratis. Namun bukan berarti anda bisa datang tanpa membawa uang karena tetap ada biaya untuk parkir kendaraan. Seperti biasa di tempat wisata pada umumnya, hanya diperlukan 2.000 rupiah untuk motor, dan mobil 5000 rupiah.

Mengenai jam operasionalnya, anda bisa datang kapan saja karena Waduk Saguling dibuka setiap hari selama 24 jam. Akan tetapi disarankan datang pada pagi hari karena cuaca di sana cukup sejuk dan asri. Ketika sore hari juga demikian, anda bisa datang pada waktu ini jika perlu.

Untuk siang hari kurang disarankan karena kemungkinan lokasinya panas. Selain itu, masih kurang adanya bangunan yang bisa digunakan untuk berteduh. Begitu juga dengan malam hari yang tidak disarankan karena hampir tidak ada keindahan yang didapatkan. Di malam hari juga tidak ada pengunjung yang datang, jadi hampir dipastikan suasananya sepi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Waduk Saguling

Aktivitas di Waduk Saguling
Image Credit: Google Maps Supriadi

Kurang menarik jika berwisata tanpa harus melakukan aktivitas di dalamnya. Hal ini bahkan menjadi wajib ketika berkunjung ke suatu tempat. Apalagi jika objek wisata kali ini berupa Waduk Saguling, tentu tidak sedikit aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Setiap aktivitas pasti seru dan cocok dilakukan bersama-sama.

1. Menikmati Keindahan Danau Saguling dari Dekat

Apakah sebelumnya anda hanya melihat dari foto mengenai keindahan dari destinasi wisata kali ini? Tidak begitu memuaskan tentunya karena anda tidak bisa menjadi saksi secara langsung. Pesona alam yang disebutkan menjadi aktivitas pertama yang bisa anda lakukan. Meskipun terlihat pasif, namun aktivitas ini dapat menjadikan pikiran lebih rileks dan fresh.

Sebagai contoh ketika anda memandang ke arah yang jauh, dimana mata bakal dimanjakan dengan gagahnya gunung yang berdiri. Sedangkan ketika menengok sedikit ke atas, langit biru nan cerah menjadi penghias mata ketika mengunjungi Waduk Saguling. Tidak berhenti sampai di situ, pemandangan dari pohon hijau juga tidak boleh terlewatkan.

2. Melatih Kesabaran dengan Memancing

Bagi yang hobi memancing, silahkan disalurkan melalui waduk yang membentang luas ini. Berbagai jenis ikan ditemukan di sana, kebanyakan berupa ikan nila, mujair, dan ikan mas. Anda bisa memancing di pinggir bendungan dengan air yang tidak terlalu dalam dan arus yang lemah. Jangan khawatir tidak kebagian ikan, justru biasanya ikan pergi ke pinggir untuk mencari makan.

Dikarenakan pihak pengelola tidak menyediakan peralatan pancing, jadi anda bisa membawanya sendiri dari rumah. Pastikan anda membawa umpan sekalian yang biasanya berupa pelet. Cukup banyak ditemui warga sekitar yang juga melakukan aktivitas ini. Bukan hanya digunakan sebagai hobi, namun sebagian digunakan untuk lauk makan.

Aktivitas Menarik di Waduk Saguling
Image Credit: Google Maps Lia Sri Mulyani

3. Mengelilingi Danau Waduk Saguling

Aktivitas lain yang cocok dilakukan ketika anda berada di Waduk Saguling adalah berkeliling. Kali ini bukan berkeliling jalan kaki memutari waduk, melainkan menggunakan perahu. Kegiatan kali ini tidak hanya seru, namun juga sedikit menantang. Meskipun tidak ada ombak yang akan menghantam perahu, namun bagi yang baru pertama kali naik perahu terkadang membuat takut.

Perahu yang digunakan adalah milik warga dengan tenaga mesin sebagai pemutar baling-baling. Menikmati pemandangan alam yang ada di lokasi dengan naik perahu merupakan pilihan yang tepat. Anda tidak perlu membuang tenaga untuk berjalan kaki, mengingat luas waduk mencapai lebih dari 5.000 hektar.

Jika beruntung, anda akan diajak mampir ke area tambak milik warga yang tidak jauh dari lokasi wisata utama. Berbagai jenis ikan bisa ditemui, semuanya dari jenis ikan air tawar. Bahkan anda bisa membeli ikan tersebut jika memang tertarik. Untuk harganya bisa langsung negosiasi di tempat.

4. Berburu Spot Foto di Bunker Batujajar

Ada sebuah bangunan dengan bentuk setengah lingkaran yang atapnya berupa persegi. Bangunan ini jelas memiliki usia yang tidak lagi muda jika dilihat dari warnanya yang sudah pudar. Bangunan yang dimaksud adalah Bunker Batujajar yang sudah ada sejak zaman kolonial belanda.

Lokasinya tidak jauh dari Waduk Saguling, tepatnya berada di tepi danau. Bunker tersebut masih berada di dalam kawasan militer TNI AD. Sewaktu-waktu juga digunakan untuk latihan menembak oleh mereka. Meski demikian, pengunjung bisa menggunakannya sebagai spot foto unik jika tidak ada jadwal latihan.

Lokasi ini menjadi incaran bagi sebagian besar wisatawan. Apalagi jika lokasinya berada di tepi waduk dan dikelilingi berbagai tumbuhan hijau. Namun jika anda kurang tertarik, masih banyak spot liar lain yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen liburan. Salah satu contohnya adalah latar belakang bendungan yang menjulang tinggi dan berdiri kokoh.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Waduk Saguling
Image Credit: Google Maps Supriadi

Meskipun hanya berupa bendungan dan tidak dipungut biaya masuk, bukan berarti Waduk Saguling mengabaikan fasilitas penunjang bagi wisatawan. Di tempat ini, pengunjung mendapatkan tempat parkir yang luas dengan tari yang telah disebutkan diatas. Mushola juga tersedia bagi anda yang ingin melaksanakan tugasnya sebagai Muslim yang baik.

Tidak lupa adanya kamar mandi yang bisa digunakan untuk keperluan air. Di sekitar lokasi wisata, banyak ditemukan warung yang menjual berbagai jenis makanan. Bukan hanya makanan berat, namun juga makanan ringan dan minuman dari jenis kopi, teh, dan juga es. Fasilitas lain adalah penginapan yang bisa anda temukan tidak jauh dari lokasi wisata.

Cukup menarik pembahasan kali ini mengenai Waduk Saguling dengan pesona alamnya yang luar biasa. Semoga ulasan diatas dapat menjadikan wawasan lebih luas mengenai destinasi wisata yang ada di Indonesia, terutama di Bandung Barat.