Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi penikmat sunrise seputaran Jawa Barat terkhususnya di Kabupaten Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata Sunrise Point Cukul yang berada di Kecamatan Pangalengan. Di tempat wisata alam ini anda bisa menikmati indahnya Matahari terbit dari atas ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut.

Banyaknya bukit dan gunung yang berada di sekitar tempat wisata cantik tersebut juga membuat momen sunrise sangat menakjubkan. Belum lagi dengan alam sekitar yang kaya akan warna hijau mulai dari sawah dengan padinya dan hutan dengan pohonnya. Semua keindahan alam tersebut bahkan bisa membuat perasaan wisatawan menjadi lebih tenang.

Tidak hanya mengandalkan pemandangan sunrise dan indahnya alam saja namun di Sunrise Point Cukul yang populer ini juga memiliki beberapa hal menarik lainnya yang membuat wisatawan mau berlibur ke sini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak review singkat mengenai tempat wisata alam yang berada di Kecamatan Pangalengan tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Sunrise Point Cukul

Daya Tarik Wisata Sunrise Point Cukul
Image Cerdit: Google Maps Ilham Putra sulung

1. Salah Satu Spot Terbaik di Jawa Barat untuk Menikmati Sunrise

Melihat dari nama tempat wisata asal Kabupaten Bandung ini maka kebanyakan orang akan langsung mengetahui kalau salah satu daya tarik utamanya adalah pemandangan sunrise. Maka dari itu banyak sekali wisatawan yang datang berlibur ke wisata menakjubkan ini hanya untuk melihat pemandangan Matahari terbitnya.

Bahkan mereka sampai rela mendirikan tenda dan bermalam di alam bebas agar tidak melewatkan sedetikpun momen sunrise yang dinanti-nanti tersebut. Maka dari itu jangan lupa membawa kamera anda untuk mengabadikan momen Matahari terbit dari ufuk timur di wisata cantik ini.

2. Alam Sekitar

Berbicara soal daya tarik dari Sunrise Point Cukul maka alam sekitar akan menjadi salah satu yang sangat populer di kalangan wisatawan. Pasalnya dari atas tempat wisata dataran tinggi ini anda bisa melihat banyaknya bukit dan gunung dari kejauhan serta alam yang sangat dominan dengan warna hijau.

Warna hijau tersebut seperti sawah dengan ribuan padi yang tumbuh hingga hutan dengan banyaknya pepohonan rindang. Tidak hanya pemandangan saja yang kaya akan pohon namun lokasi sekitar tempat wisata hits ini juga memiliki beberapa pohon rindang. Hal tersebut membuat wisatawan tidak perlu khawatir soal panas Matahari di siang hari.

Bahkan dengan semua keindahan alam tersebut ditambah lagi dengan hawa sejuk yang terasa membuat setiap wisatawan bisa merasakan suasana damai yang tidak didapatkan di kota besar. Maka dari itu, tidak heran jika ada beberapa wisatawan yang sengaja berlibur ke wisata alam cantik ini hanya untuk melakukan refreshing.

Daya Tarik Dimiliki Sunrise Point Cukul
Image Cerdit: Google Maps Aan Hardianto

3. Spot Foto

Daya tarik selanjutnya adalah spot foto yang bisa anda temui di beberapa titik tempat wisata menakjubkan tersebut. Spot-spot foto ini memang sengaja dibangun oleh pihak pengelola Sunrise Point Cukul untuk menunjang wisatawan dalam berfoto agar hasilnya lebih maksimal, karena jika mereka puas dengan foto tersebut maka pasti akan diposting di sosial media.

Oleh karena itu, banyak sekali wisatawan terkhusus remaja yang datang berlibur hanya untuk berburu foto instagramable. Beberapa spot foto yang populer adalah jambatan kayu, puncak, dan masih ada beberapa spot menarik lainnya.

4. Villa Merah

Masih di sekitar tempat wisata sunrise tersebut terdapat sebuah villa angker yang dikenal dengan nama Villa Merah. Menurut cerita yang beredar bahwa Villa Merah ini merupakan bangunan tua peninggalan bangsa Belanda saat masa penjajahan dahulu, dimana tempat tersebut dipercaya sebagai lokasi pembunuhan.

Bahkan ada beberapa wisatawan yang bersaksi bahwa mereka melihat sesosok wanita yang dipercaya merupakan korban pembunuhan di villa angker ini. Saking populernya cerita horor tersebut sampai membuat film horor Indonesia berjudul Pengabdi Setan yang tayang pada tahun 2017 lalu mengambil lokasi syuting di bangunan tua Villa Merah ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sunrise Point cukul
Image Cerdit: Google Maps Nurul Aini Fadilah

Sunrise Point Cukul berada di Jl. Cukul, Kabupaten Bandung, Kecamatan Pangalengan, Provinsi Jawa Barat atau berjarak sekitar 67 km dari pusat Kota Bandung. Untuk rute perjalanan sendiri anda bisa memulainya dari Alun-ALun Kota Bandung di Jl. Asia Afrika menuju perempatan Jl. Otto Iskandar Dinata lalu belok kiri.

Ikuti Jl. Otto Iskandar Dinata sampai anda menemukan pertigaan Jl. Kalipah Apo kemudian belok kanan dan terus lurus sampai memasuki Jl. Pagarsih lalu masuk lagi ke Jl. Terusan Suryani. Terus di Jl. Terusan Suryani sampai anda memasuki Jl. Ir. Soekarno Hatta kemudian belok kanan untuk melewati jalan keluar Tol Pasir Koja.

Tetap di jalan keluar Tol Pasir Koja sampai anda melewati Jl. Tol Soroja kemudian belok kiri keluar ke Jl. Raya Gading Tutuka setelah melewati Gerbang Tol Soreang. Terus ikuti Jl. Raya Gading Tutuka sampai mentok kemudian belok kiri dan ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan Dangdeur dekat SRGC Playstation Banjaran.

Dari pertigaan tersebut silahkan belok kanan untuk masuk ke Jl. Dangdeur lalu masuk ke Jl. Pahlawan kemudian belok kanan di pertigaan Jl. Kebon Kelapa dan tiba di pertigaan Jl. Raya Pangalengan. Terus ikuti Jl. Raya Pangalengan sampai memasuki Jl. Raya Wates.

Ikuti Jl. Raya Wates sampai anda memasuki Jl. Cukul dan belok kanan di pertigaan dekat Camping Ground Taman Langit Pangalengan. Tidak jauh dari belokan tersebut anda akan menemukan lokasi wisata tujuan yang berada di ujung jalan. Rute perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 2 jam 21 menit menggunakan mobil (karena masuk jalan tol).

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Sunrise Point Cukul
Image Cerdit: Google Maps Andi Muhlis

Untuk harga tiket masuk Sunrise Point Cukul adalah sebesar Rp 10.000 per orang berlaku baik di weekday maupun weekend. Tempat wisata alam ini awalnya hanya buka dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB, namun karena pesona Matahari terbitnya yang sangat menakjubkan membuatnya kini buka 24 jam.

Saking populernya sunrise di wisata cantik ini membuatnya sudah mulai ramai akan wisatawan dari pukul 03.00. Bahkan sampai ada yang rela bermalam di tempat wisata populer ini agar tidak melewati sedetikpun momen Matahari terbit.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sunrise Point Cukul

Aktivitas Menarik di Sunrise Point Cukul
Image Cerdit: Google Maps Rais Muchammad

1. Melihat Indahnya Sunrise

Tidak bisa dipungkiri lagi jika sunrise atau Matahari terbit di lokasi wisata hits ini sangat cantik. Dengan adanya gunung dan bukit dari kejauhan membuat momen terbitnya Matahari semakin menakjubkan, apalagi ketika cahaya sang pusat tata surya tersebut perlahan mulai menerangi alam sekitar melewati cela bebukitan.

Momen menakjubkan tersebut akan membuat siapa saja terlena seketika. Bahkan untuk memalingkan badan saja terasa sangat berat karena masih terpaku dengan indahnya sunrise.

2. Melihat Indahnya Bintang di Malam Hari

Selain pemandangan sunsetnya yang sangat menakjubkan Sunrise Point Cukul juga memiliki pemandangan bintang di malam hari yang sangat cantik. Bahkan lokasi wisata alam ini disebut-sebut sebagai salah satu spot melihat galaxy Bima Sakti terbaik di Jawa Barat.

Maka dari itu, bagi anda pecinta astronomi silahkan datang ke lokasi wisata yang berada di Kabupaten Bandung ini untuk melihat indahnya rasi bintang dan objek antariksa lainnya. Jika anda datang di waktu yang tepat maka Planet Mars dan Venus bisa dilihat dengan cukup mudah.

3. Menikmati Pemandangan Alam Sekitar

Beralih dari pemandangan objek antariksa kita beralih ke pemandangan di Bumi itu sendiri yaitu alam sekitar tempat wisata menakjubkan yang sangat kaya akan tumbuhan. Dari atas puncak tempat wisata hits ini anda juga bisa melihat hutan yang kaya akan pepohonan dan sawah warga yang berada tepat di bawah tempat wisata alam tersebut.

Bahkan dengan semua tumbuhan yang tumbuh tersebut membuat suasana sejuk dan tenang semakin terasa di sekitar lokasi Sunrise Point Cukul. Tidak hanya menikmati semua pemandangan alam yang indah tersebut namun wisatawan juga bisa sekaligus melakukan healing atau refresing melepaskan beban masalah.

Aktivitas Dilakukan di Sunrise Point Cukul
Image Cerdit: Google Maps Nurul Aini Fadilah

4. Berfoto

Kegiatan menarik berikutnya yang wajib anda lakukan di lokasi wisata asal Kecamatan Pangalengan ini adalah berfoto. Hal tersebut dikarenakan alamnya yang sangat menakjubkan serta adanya spot foto menarik yang dibuat oleh pihak pengelola. Hal tersebut membuat jiwa narsis seseorang seketika bergejolak untuk cepat-cepat berpose di depan kamera.

5. Camping

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa ada beberapa wisatawan yang melakukan kegiatan camping atau bermalam di alam bebas untuk menunggu Matahari terbit. Namun, ada juga beberapa wisatawan yang melakukan camping di Sunrise Point Cukul karena memang mereka ingin merasakan bagaimana rasanya bermalam di wisata hits ini.

6. Mengunjungi Villa Merah

Villa Merah atau lokasi syuting film horor Indonesia berjudul Pengabdi Setan belakang mulai populer seiring dengan suksesnya film garapan Joko Anwar tersebut. Alhasil ada beberapa wisatawan yang sengaja mengunjungi bekas peninggalan bangsa Belanda ini untuk berfoto atau hanya sekedar melihat-lihat.

7. Mengunjungi Situ Cukul

Tidak jauh dari lokasi wisata Sunrise Point asal Kabupaten Bandung tersebut ada sebuah danau kecil yang dinamakan Situ Cukul. Danau ini memang tidak terlalu populer namun anda bisa mengunjunginya untuk berfoto atau melihat pemandangan sekitarnya yang juga sangat cantik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Sunrise Point Cukul
Image Cerdit: Google Maps Aan Hardianto

1. Area Parkir

Fasilitas pertama yang bisa anda temui adalah area parkir kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil bisa memarkirkan kendaraan anda di fasilitas ini. Ukuran area parkir tersebut juga cukup luas bahkan bisa menampung bus pariwisata sekalipun.

2. Foodcourt

Beralih ke fasilitas selanjutnya yang dimiliki oleh Sunrise Point Cukul yaitu Foodcourt atau area makan. Jadi bagi wisatawan yang tidak membawa bekal dan merasa lapar bisa membeli makanan dan minuman di area makan ini, tidak hanya makanan berat saja namun makanan ringan atau cemilan juga dijual di Foodcourt.

3. Toilet Umum

Fasilitas terakhir adalah toilet umum yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk membuang air besar atau kecil. Jangan khawatir soal kebersihan karena ada petugas pembersihnya juga, namun untuk menghargai pengguna selanjutnya alangkah baiknya jika anda meninggalkan toilet umum dalam kondisi bersih.

Itulah review singkat mengenai Sunrise Point Cukul. Tempat wisata alam ini sangat populer bagi masyarakat sekitaran Bandung terkhususnya bagi remaja yang gemar berburu foto instagramable dan sunrise.