10 Wisata Kuliner di Jepara yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Jepara

Jepara salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki wisata pantai menarik. Selain tempat wisata kota yang mendapat julukan sebagai kota ukir ini juga menyimpan kenikmatan wisata kuliner. Banyaknya pantai menjadi pengaruhi aneka jenis kuliner khas yang ada.

Kementerian pariwisata terus mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan daya tarik wisata, salah satu upaya untuk memikat banyak wisatawan dilakukan dengan mengembangkan wisata kuliner yang ada. Masyarakat Jepara aktif dalam memanfaatkan kepopuleran platform sosial media untuk memperkenalkan wisata kuliner yang ada.

Wisata kuliner Jepara terkenal memiliki citarasa masakan yang manis, asin, dan sedikit pedas dengan kekayaan rempahnya. Penasaran dengan kenikmatan kuliner Jepara? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk

Image Credit by Suara.com

Makan khas Jepara yang terkenal dengan kuah segar dan enak ada lontong krubyuk. Makanan ini berbahan utama lontong yang disiram kuah banyak bercita rasa segar. Sebagai pelengkap diberi tambahan suwiran atau potongan daging ayam, tauge, seledri dan irisan bawang.

Lontong Krubuk biasa disantap untuk makan siang, cocok di makan dalam kondisi hangat dengan pelengkap ayam semur. Warung makan di Karimunjawa banyak yang menyuguhkan lontong krubyuk sebagai menu andalannya.

2. Singit

Singit

Image Credit by Inibaru.id

Jika Padang punya makan khas rendang, Jepara juga punya menu bernama singit. Singit adalah olahan makanan dari daging sapi. Daging sapi singit dimasak dengan api sedang supaya daging matang sempurna. Singit merupakan makanan khas wajib ada saat hari raya Idhul Fitri.

Bahan-bahan untuk membuat sigit ada daging sengkel, kecap manis, garam, gula merah, bawang putih, bawang merah, cabai merah dan santan. Berbagai daerah di Jepara punya cita rasa masakan singit yang berbeda. Harga seporsi singit mulai dari 20 ribu rupiah.

3. Kuluban

Kuluban

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Kuluban menjadi makanan khas dari Jepara yang wajib Anda coba. Bahasa keren untuk menyebut kuluban adalah saladnya orang Jepara. Kuluban terdiri dari berbagai macam jenis sayuran yang sudah dimasak setengah matang.

Sayuran yang ada dalam kuluban seperti kacang panjang, petai, nangka muda, tauge, sayur bayam, dan sayur lainnya. Perbedaan kulupan dengan urap yang sering kita temui ada pada tauge dan nangka muda yang ada di dalamnya.

4. Horok-Horok

Horok-Horok

Image Credit by Ksmtour.com

Horok-horok adalah makanan yang terbuat dari tepung aren.  Tepung aren dihasilkan dari pohon aren. Nama makanan horok-horok memang tidak begitu populer di Indonesia. Masyarakat Jepara biasa menyajikan horok horok sebagai asupan karbohidrat.

Penyajian horok horok bisa dilengkapi dengan bakso, sate, pecel, ayam goreng dan lauk lainnya. Saat ini sudah sulit menemukan pedang horok-horok di Jepara. Makanan ini tidak akan ditemukan di luar Jepara saking langkanya, horok-horok bisa langka karena sulitnya menemukan pohon aren dan mengambil sarinya untuk dijadikan tepung.

5. Tempong atau Bleyik

Tempong atau Bleyik

Image Credit by Ikanasinjepara.blogspot.com

Tempong adalah makanan dari bahan teri yang masih mentah lalu diberi bumbu penyedap berupa garam. Setelah di baluri garam kemudian dibentuk menjadi bulatan dan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering kemudian digoreng.

Blenyik merupakan oleh-oleh khas dari Jepara. Meskipun dibalur dengan garam tidak membuat rasa dari bleyik menjadi dominan asin. Fungsi garam sebagai bahan pengawet alami supaya bertahan lama.

6. Rondo Royal

Rondo Royal

Image Credit by Inibaru.id

Rondo atau yang biasa dikenal juga dengan nama monyos adalah makanan ringan khas Jepang. Bahan utama Rondo Royal adalah tepung beras dan tape. Rondo royal nikmat dijadikan sebagai cemilan untuk teman santai.

Rondo royal memiliki cita rasa manis, asin, gurih dan asam. Anda bisa mendapatkan cemilan khas ini di pasar tradisional yang ada di Jepara. Mengenai asal usul rondo royal sampai sekarang masih menjadi misteri. Makan ini bisa dengan mudah ditemui karena dijual oleh pedagang pinggir jalan.

7. Ikan Bakar dan Pindang

Ikan Bakar dan Pindang

Image Credit by Wikipedia.org

Jepara terkenal akan kekayaan alam bawah lautnya. Di Jepara terutama daerah pesisir, Anda akan menemukan aneka olahan ikan dan pindang khas Jepara. Pindang terbuat dari ikan serani yang enak disantap pada waktu siang hari.

Ikan bakar gurih nikmat disantap dengan nasi putih hangat sembari melihat keindahan pantai. Ikan bakat biasa disajikan dengan bumbu kecap yang diberi irisan cabai dan bawang merah. Citarasa dari pindang manis, asam dan pedas dijamin akan membuat liur Anda menetes. Jika dihadapkan pada dua makanan ini dijamin Anda akan bingung mau pilih yang mana.

8. Sate Kerbau

Sate Kerbau

Image Credit by Indonesiakaya.com

Sate kambing dan sate ayam sudah biasa, bagaimana dengan sate kerbau? Sate Kerbau adalah olahan sate khas Jepara. Sate kerbau bisa dijumpai di rumah makan H. Darno. Sate kerbau punya ciri khas daging yang kenyal dengan serat yang berukuran besar.

Daging kerbau memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan seperti sumber protein yang tinggi, penambah energi, vitamin B12, asam linoleat dan lainnya. Sate kambing baik untuk meningkatkan masa otot dan tulang, mencegah kanker dan mengebalkan sistem imun

Rasakan sensasi nikmat makan sate dengan bumbu kacang yang gurih. Sate kerbau selalu jadi  menu wajib wisatawan ketika berkunjung ke Jepara. Harga seporsi sate kerbau sebanding dengan citarasa nikmat yang didapatkan.

9. Opor Panggang

Opor Panggang

Image Credit by Kewesdesign.com

Bila di Kudus punya opor bakar maka di Jepara punya kuliner opor yang terkenal yaitu opor panggang. Opor panggang dioleh dengan cara opor direbus, dipanggang lalu digoreng supaya lebih matang. Ayam kampung dipilih sebagai bahan utamanya karena punya tekstur yang nikmat.

Ayam kampung dibumbui daun saka, daun jeruk, bawang goreng, daun suka, daun bawang dan santan. Opor panggang tidak hanya disediakan waktu lebaran, jadi untuk kalian yang ingin menikmati opor panggang bisa mengunjungi rumah makan yang ada di Jepara.

10. Jajanan Pasar

Jajanan Pasar

Image Credit by Pesona.travel

Ada banyak jajanan pasar khas Jepara yang bisa dicicipi seperti Bongko Mento dan Moto Belong. Aneka jajanan pasar ini biasa disajikan untuk sarapan atau jamuan tamu ketika ada acara. Jajanan pasar bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun penjual pinggir jalan.

Bongko Mento makan yang terbuat dari tepung terigu, bihun, jamur kuping, dada ayam fillet, telur, santan, dan aneka remah sebagai bumbu. Semua adonan dimasukkan dalam daun pisang lalu dikukus setengah jam hingga teksturnya menjadi lembut.

Moto Belong merupakan makanan khas jajanan pasar tradisional. Bahan pembuatnya terdiri dari gula pasir, singkong, pisang tunduk, kelapa muda, vanili dan pewarna alami makanan. Semua bahan kemudian dikukus.

Daftar minuman khas dari Jepara yaitu sutet, kopi dapur kuwat, wedang horok-horok, aneka minuman kopi, adon-adon coro, es dawet dan lainnya. Itulah tadi 10 wisata kuliner di Jepara yang wajib dikunjungi ketika berlibur didaerah ini. Sempatkan waktu untuk mengunjungi berbagai tempat makan yang enak dan mengenyangkan dari kota Jepara. Masih banyak daftar kuliner enak dan nikmat yang bisa di dapatkan.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata Muara Enim
12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Lahat
16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Sawahlunto
13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Mojokerto
10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Mojokerto
10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Mojokerto
10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Sumbawa
15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Wisata Pantai Balikpapan
8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi