10 Wisata Kuliner di Jombang yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Jombang

Berkunjung ke suatu kota tentu belum lengkap jika belum menyantap ragam kulinernya, termasuk ke Jombang. Sebuah kota di Propinsi Jawa Timur ini ternyata memiliki berbagai makanan yang lezat dan harus dicoba saat berada di Jombang. Bermacam-macam makanan ini tidak hanya makanan berat dan masakan saja, termasuk aneka juga cemilan dan jajanan yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Kota Jombang yang berjuluk Kota Santri memiliki perkembangan kuliner yang cukup pesat seiring dengan berkembangnya sektor pariwisata. Semakin banyaknya wisatawan yang mengunjungi Jombang menjadikan masyarakatnya kian kreatif mengolah sumber daya menjadi potensi yang bisa ditawarkan termasuk pada bidang kuliner.

Tidak hanya warung dan rumah makan, di Jombang juga mulai banyak berdiri restauran dan lesehan yang menawarkan beraneka menu mulai dari menu tradisional khas Jombang, masakan nusantara hingga masakan internasional. Beberapa rekomendasi tempat berikut dapat menjadi referensi Anda dalam berwisata kuliner saat berkunjung ke Jombang.

1. Rawon Mosobo Mojoagung

Rawon Mosobo Mojoagung

Lokasi: Jl. Raya Mojoagung No.191, Pekunden, Kademangan, Kec. Mojoagung, Kab. Jombang. – Image Credit by Topwisata.info

Salah satu kuliner legendaris di Jombang adalah rawon Mosobo yang terletak sangat strategis yaitu di jalan utama Surabaya-Jombang tepatnya di jalan raya Mojoagung. Tempat ini menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung atau sekedar mampir di Jombang karena telah terkenal akan kelezatan menu rawon yang menjadi andalannya.

Ciri khas rawon Mosobo adalah potongan daging atau yang disebut empal berukuran besar dan tebal. Selain itu rawon di tempat makan ini memiliki kuah yang gurih dan lezat. Seporsi rawon Mosobo bisa Anda dapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal walaupun disajikan dengan daging berukuran besar.

2. Nasi Pecel Bu Djiah

Nasi Pecel Bu Djiah

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim No.9, Jombang, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Nasi pecel pincuk ini sangat populer di Jombang. Berada di jalan Wahid Hasyim, tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan para artis banyak yang menyempatkan untuk mencicipi menu makanan di sini. Menu utama yang ditawarkan tentu saja nasi pecel dengan bumbu yang khas dan nikmat.

BACA:  10 Tempat Kuliner Malam di Solo Yang Enak & Murah

Satu porsi pecel pincuk berisi beragam sayuran seperti kangkung, daun pepaya, bunga pepaya, kecambah, kemangi, dan dendhoyo yang disiram dengan bumbu pecel berbahan utama kacang yang memiliki cita rasa manis gurih bertekstur halus. Anda bisa memesan bumbu pedas maupun tidak pedas sesuai selera.

3. Nasi Bali Daging

Nasi Bali Daging

Lokasi: Kepatihan, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Menu masakan favorit masyarakat Jombang ini dapat Anda temukan di sekitaran alun-alun kota Jombang. Nasi bali sendiri adalah menu nasi dengan berbagai lauk pauk penyerta antara lain daging, ayam, telur rebus dan telur goreng, tahu dan tempe. Yang menjadi primadona tentu saja lauk dagingnya.

Yang membuatnya istimewa adalah daging yang digunakan untuk menu ini adalah daging bagian sanding lamur yang empuk. Selain itu bumbunya menggunakan bahan dan rempah pilihan dengan cita rasa yang lezat.

4. Nasi Kikil

Nasi Kikil

Lokasi: Jl. KH. Hasyim Asy’ari No.144, Diwek, Balong Besuk, Kec. Diwek, Kab. Jombang. – Image Credit by Idntimes.com

Dari namanya tentu bisa ditebak bahwa makanan ini berbahan utama kikil. Nasi kikil dimasak menggunakan bumbu-bumbu yang khas membuat rasanya semakin lezat. Tak heran jika nasi kikil menjadi menu favorit banyak orang. Kikil yang telah dimasak mempunyai tekstur kenyal namun tidak alot.

Supaya lebih lengkap, Anda dapat menikmati nasi kikil bersama sayur lodeh yang segar. Kuliner ini dapat Anda temukan di jalan raya Mojosongo.

5. Ayam Panggang Urap

Ayam Panggang Urap

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.46, Jelakombo, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Rumahidekeluargamustaqim.blogspot.com

Di daerah Simpang Tiga, Jombang Anda bisa menemukan kuliner yang lezat dan memiliki cita rasa yang kas yaitu ayam panggang urap. Ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung yang memiliki tekstur daging yang lembut dan empuk menjadikan makanan ini semakin istimewa.

BACA:  20 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru & Terhits Dikujungi

Ayam kampung tersebut dipanggang dengan olesan bumbu khas sehingga rasa rempah-rempah merasuk hingga ke dalam daging ayam. Satu porsi ayam panggang urap semakin lengkap dinikmati bersama sepiring nasi.

6. Sego Sadukan

Sego Sadukan

Lokasi: Jl. Gubernur Suryo, Sengon, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Idntimes.com

Sego sadukan atau dalam bahasa Indonesia adalah nasi sadukan menjadi menu kuliner lezat di Jombang berikutnya. Satu bungkus sego sadukan berisi nasi, mie, irisan tempe dan tahu serta ikan teri. Makin istimewa karena nasi ini dibungkus menggunakan daun pisang, sehingga aroma wangi dan khas menambah cita rasa makanan ini.

Yang membuat nasi sadukan banyak digemari adalah tambahan sambal super pedasnya. Meskipun sangat pedas, rasa gurih dan lezat dari sambal ini tetap terasa. Anda dapat memilih beragam lauk tambahan yang ditawarkan,  mulai telur, ayam, dan daging. Meski tampaknya sederhana, menu ini berhasil memikat para pengunjung karena rasanya yang lezat.

7. Sop Buntut Henny

Sop Buntut Henny

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.46, Jelakombo, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Wstblogs.blogspot.com

Rumah makan Henny menjadi salah satu rumah makan yang menjadi jujukan banyak orang saat berkunjung ke Jombang. Terletak di daerah Jelakombo, rumah makan ini memiliki berbagai fasilitas yang lengkap seperti tempat parkir yang luas dan ruangan ber-AC. Menu utama rumah makan ini adalah aneka olahan buntut.

Anda dapat mencicipi sop buntut kuah, sop buntut rica-rica, sop buntut bakar, sop buntut cabe hijau, sop iga, dan aneka sayur pendamping. Selain itu, Anda tidak boleh melewatkan menu sop buntut goreng di rumah makan ini, karena menu in adalah masakan andalan dan paling rekomended.

BACA:  20 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

8. Es Degdur

Es Degdur

Lokasi: Candi Mulyo, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Today.line.me

Ingin menikmati sesuatu yang segar selama di Jombang, anda dapat mencicipi kuliner minuman yaitu es degdur. Degdur adalah singkatan dari degan duren yang merupakan dua bahan utama minuman ini.

Es kelapa ditambahkan dengan daging buah durian membuat es ini memiliki dominan rasa manis. Selain itu rasa serta aroma yang khas dari buah durian tersebut sangat menggugah selera. Harganya yang sangat bersahabat membuat kuliner ini populer di kalangan masyarakat Jombang.

9. Ketan Merdeka

Ketan Merdeka

Lokasi: Jl. Gusdur No. 29, Candi Mulyo, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Kudapan ini sangat ramai dan diburu orang saat pagi hari. Kedai ketan yang berada di jalan Merdeka ini menawarkan kuliner tradisional yang memiliki cita rasa gurih dan manis. Menu utamanya tentu saja ketan bubuk yang menggabungkan ketan hitam dan ketan putih kemudian ditaburi dengan dua jenis bubuk dan kelapa parut.

Ketan dimasak dengan menggunakan santan sehingga aroma gurih semakin terasa. Anda dapat mengunjungi kedai ini saat pagi hari dan tidak boleh terlambat karena saat matahari terbit, ketan sudah pasti sudah ludes terjual.

10. Tahu Pong Gloria

Tahu Pong Gloria

Lokasi: Jl. Totok Kerot, Sawahan, Sambirejo, Kec. Sumobito, Kab. Jombang. – Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Kudapan khas Jombang ini tentu sudah sangat populer bahkan dikalangan para wisatawan. Kuliner ini memang banyak diburu terutama sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke kawasan ini. Tahu pong yang paling terkenal adalah tahu pong Gloria di daerah Jogoroto.

Tahu berbentuk bulat dengan bagian dalam yang kosong dan bagian luar yang sangat renyah ini memang banyak digemari berbagai kalangan bahkan anak-anak. Anda dapat memilih untuk membeli tahu pong yang telah matang atau yang masih mentah.

Beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Jombang tersebut bisa masuk ke dalam daftar kunjungan Anda saat mengunjungi kawasan ini, karena belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner andalan Kota Santri ini.