Curug Sawer merupakan salah satu wisata air terjun favorit di Sukabumi dengan jembatannya yang iconic. Wisata alam yang kaya pesona berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Lokasi: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.
Map: Cek Lokasi

Air terjun yang eksotis ini sangatlah pas untuk wisatawan yang ingin berlibur sembari melepas penat. Berlokasi di TN Gunung Gede Pangrango, tempat ini akan memberikan Anda ketenangan dan panorama yang luar biasa. Anda dapat mendengarkan melodi alam yang menenangkan yang berpadu begitu indah dengan pemandangannya.

Memiliki ketinggian sekitar 1.025 meter di atas permukaan laut, Curug Sawer tidak hanya memiliki pemandangan yang luar biasa, tetapi juga kebersihan yang terjaga. Wisatawan tidak perlu khawatir karena pengelola dan pengunjung bekerja sama dalam menjaga kelestarian alam wilayah taman nasional ini.

Bebatuannya yang menghiasi air terjun hingga aliran sungai Cigunung menambah daya eksotis tempat ini. Tidak hanya itu wisatawan juga disuguhkan panorama gunung yang luar biasa yang dapat dinikmati ketika menyeberangi suspension bridge. Jembatan yang eksotis yang memberi tambahan daya tarik ini juga wajib dikunjungi ketika berlibur ke tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Sawer

Daya Tarik Curug Sawer
Image Credit: Twitter.com @lintangbuana

Lokasi wisata ini cukup fenomenal dan menjadi salah satu objek wisata di Sukabumi yang selalu dipenuhi pengunjung baik di hari-hari biasa maupun di hari libur. Apalagi dengan penambahan suspension bridge atau jembatan gantung berwarna merah yang kini menjadi icon terbaru wisata Curug Sawer ini, membuat kepopuleran tempat ini semakin meroket.

1. Pemandangan Air Terjun yang Mempesona

Sebagai tempat wisata air terjun yang terkenal tentu saja pemandangan air terjun daerah ini sangatlah indah. Airnya yang mengalir deras dan jernih menjadi fokus utama daerah ini Apalagi sejauh mata memandang wisatawan akan melihat bebatuan indah yang menghiasi aliran sungai di bawah air terjun.

2. Kekayaan Alam dan Keindahannya

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango membuat tempat ini memiliki banyak sumber kekayaan alam yang begitu luar biasa. Tidak hanya dari wisata airnya tetapi juga dari kawasan alamnya yang hijau, asri dan berbatasan langsung dengan pegunungan.

3. Suspension Bridgenya yang Iconic

Penambahan jembatan gantung yang menghubungkan 2 daerah, yakni daerah Blok Kaliandra dan daerah Blok Puspa. Jembatan yang berdiri di ketinggian 20 meter dengan panjang 240 meter ini diklaim oleh pengelola sebagai jembatan terpanjang se Asia.

Jembatan yang sering di selimuti kabut ketika pagi dan sore ini cukuplah memacu adrenalin karena di bawah jembatan, sepanjang mata memandang Anda hanya akan menemukan pepohonan yang lebat.

Daya Tarik dari Curug Sawer
Image Credit: Instagram.com @ellijani.dj

4. Dikelilingi Pohon-Pohon Hijau yang Unik

Dalam perjalanan masuk ke area air terjun wisatawan akan melewati area pepohonan hijau dimana diantaranya terdapat pohon Rasamala dan pohon Puspa yang memiliki ketinggian 20 hingga 30 meter.

5. Tempat yang Cocok untuk Hunting Foto

Hijaunya pemandangan alam di sekitar lokasi serta megahnya air terjun dapat menjadi pemandangan yang pas untuk potret liburan Anda.

6. Cocok untuk Penikmat Kegiatan Outdoor

Bagi wisatawan yang senang dengan kegiatan outdoor tempat ini sangatlah pas untuk berlibur. Anda bisa merasakan pengalaman mendaki gunung serta berkemah di dekat area air terjun.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Curug Sawer

Rute Curug Sawer
Image Credit: Facebook.com @agung.permana

Area curug ini berada di dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi. Untuk berkunjung, tempat wisata ini dapat ditempuh dengan jalur darat selama 15-30 menit dari pusat Kota Sukabumi dan cukup mengikuti petunjuk arah yang ada di sepanjang jalan saja.

Kemudian begitu tiba di area wisata, wisatawan harus melewati pintu gerbang Resort Situgunung. Dari pintu masuk taman nasional tersebut wisatawan harus membeli tiket masuk terlebih dahulu baru setelah itu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki lagi sejauh 1,2 km. Wisatawan juga dapat berkeliling lokasi dengan ojek yang ada di sekitar area tersebut.

Untuk wisatawan yang ingin berjalan tanpa melewati jembatan gantung, Anda bisa menempuh lebih dari 1,2 km untuk sampai ke lokasi curug, dan harus mendaki jalanan di dalam hutan. Sementara untuk Anda yang mengambil tiket melewati jembatan gantung, perjalanan dipersingkat dengan keberadaan jembatan dan jalanan yang sudah tertata rapi.

Harga Tiket Masuk Curug Sawer Sukabumi

Harga Tiket Curug Sawer
Image Credit: Instagram.com @lyaamalyana

Objek wisata Curug Sawer buka setiap hari mulai dari jam 07.00 hingga 17.00 WIB. Untuk wisatawan yang datang ingin masuk ke area taman nasional akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 16.000,- di hari biasa dan Rp 18.500,- di akhir pekan dan tanggal merah. Tiket tersebut belum termasuk biaya untuk menyeberangi suspension bridge.

Untuk pengunjung yang ingin menikmati wisata air terjun sembari menyeberangi suspension bridge, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 50.000,-. Pengelola juga menyediakan paket VIP dan VVIP.

Dengan paket VIP sebesar Rp 100.000 pengunjung akan mendapatkan tiket masuk dengan asuransi, masker, transportasi antar jemput, snack, serta akses khusus tanpa mengantri. Anda juga dapat menikmati kesenian khas Sunda dengan gratis.

Sementara untuk paket VVIP dengan biaya Rp 125.000,- pengunjung mendapat tiket masuk dengan masker, asuransi, transportasi antar jemput, makan siang, snack, serta akses khusus tanpa mengantri. Anda juga dapat menikmati kesenian khas Sunda dengan gratis.

Untuk biaya transportasi di area taman nasional pengunjung akan dikenakan biaya mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 50.000,- tergantung jarak yang ingin ditempuh.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Sawer

Kegiatan di Curug Sawer
Image Credit: Google Maps (Arlan Latief)

1. Menikmati Pemandangan Alam

Alamnya yang mempesona yang berada di daerah pegunungan dapat anda nikmati di tempat ini. Pepohonannya yang rimbun di sepanjang mata memandang yang berpadu indah dengan air terjun menjadi fenomena alam yang luar biasa yang hanya bisa Anda nikmati di Curug Sawer.

2. Menyebrangi Suspension Bridge

Berkunjung ke tempat wisata ini tidaklah lengkap jika belum melewati jembatan ini. Jembatan yang disebut terpanjang se Asia ini akan membuat perjalanan Anda ke air terjun menjadi lebih mudah, apalagi disuguhkan dengan pemandangan alam di bawah jembatan yang begitu indah dan cukup memacu adrenalin.

Anda juga akan menemukan pemandangan menarik dan berkabut yang dapat ditemui ketika melintasi jembatan ini di pagi hari dan di sore hari.

3. Berkemah

Berada di area pegunungan tentu saja tidaklah lengkap jika belum berkemah. Pengelola menyediakan area lapang untuk para pengunjung yang ingin berkemah sembari menikmati alam di sekeliling taman nasional yang lestari.

4. Bermain Air

Aliran airnya yang jernih dan tidak begitu deras sangatlah pas sebagai tempat bermain air bersama teman atau keluarga. Anda juga tidak perlu khawatir berbasah-basahan karena dapat dengan mudah menemukan toilet dan mendapatkan baju pengganti di area penjualan souvenir.

5. Berfoto

Memiliki lingkungan alam dan air terjun yang megah membuat Curug Sawer Sukabumi cocok untuk Anda yang ingin mengabadikan momen-momen liburan. Wisatawan juga dapat mengabadikan momen dimana kabut memenuhi area jembatan gantung dan menghasilkan panorama indah di sekitar air terjun.

6. Hiking

Jika Anda menyukai kegiatan offroad, Anda dapat mencoba berjalan ke lokasi air terjun tanpa menyeberangi jembatan gantung. Lokasinya yang berada di pegunungan, di kelilingi hutan yang lebat dan berliku sangatlah cocok untuk mendaki.

7. Kuliner

Wisatawan yang kelelahan selama perjalanan ke lokasi tidak perlu khawatir karena bisa menikmati berbagai macam makanan khas daerah yang dapat di temui di sepanjang jalur perjalanan. Tentu saja dengan harga yang terjangkau.

8. Souvenir

Selain kuliner dan pemandangan alamnya, kini daerah wisata ini menyediakan tempat pembelian souvenir. Buah tangan yang tersedia dalam berbagai macam jenis dan menonjolkan icon khas tempat ini dapat dibeli dengan harga terjangkau.

9. Pemandu wisata

Untuk wisatawan yang ingin datang sembari mengetahui sejarah serta memperdalam pengetahuan mengenai alam di sekitar air terjun, Anda dapat menyewa pemandu wisata yang sudah disediakan oleh pengelola. Dengan adanya pemandu, wisata kelompok besar biasanya akan menjadi lebih mudah.

10. Memancing

Bagi wisatawan yang senang dengan kegiatan memancing, Anda dapat menikmati kegiatan ini sembari memandang keindahan alam di area curug. Dengan kekayaan alam yang luar biasa, Anda akan menemukan ikan-ikan sungai yang berenang dengan riang di aliran sungai dibawah air terjun.

11. Berenang

Wisatawan yang tidak puas hanya dengan bermain air di pinggir air terjun dapat mencoba berenang di bawah Curug Sawer. Dengan airnya yang jernih dan tidak begitu deras Anda dapat berenang tanpa perlu khawatir.

12. Menikmati Udara Segar

Berada di tengah hutan membuat tempat ini jauh dari polusi udara dan memiliki udara yang segar. Anda dapat menghirup napas dalam-dalam dan merasakan jernihnya udara di alam bebas.

13. Cocok untuk Bermeditasi

Tempat ini terkenal cukup tenang sehingga wisatawan dapat duduk tenang di bebatuan di sekitar sungai sembari memejamkan mata, menikmati melodi alam yang ada di area taman nasional, merasakan semilir angin dan gemericik airnya, kemudian mulai bermeditasi.

14. Gathering

Pengelola menyediakan tempat khusus untuk wisatawan yang ingin mengadakan gathering atau kumpul-kumpul di area ini. Kegiatan kelompok akan menjadi semakin menyenangkan apalagi jika disuguhkan dengan pemandangan alam di taman nasional dan air terjun yang sangatlah indah.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Sawer

Fasilitas di Curug Sawer
Image Credit: Google Maps (Erlyen Emanuella)

Kawasan di sekitar area wisata Curug Sawer memiliki fasilitas yang lengkap. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan pemandu, toilet, tempat peribadahan seperti musholla, kantin yang dapat digunakan untuk beristirahat dan tempat untuk membeli souvenir. Tersedia juga ojek yang akan menemani dan mengantarkan wisatawan untuk naik turun area air terjun.

Wisatawan juga tidak perlu mengkhawatirkan keselamatan selama berwisata karena ada tiket khusus dengan asuransi yang dapat menjamin keselamatan Anda selama berlibur di kawasan wisata ini dan juga fasilitas makan gratis dan kesenian khas Sunda yang dapat dinikmati dengan pembelian tiket khusus.

Wisatawan juga sekarang dapat melewati curug dengan mudah karena penambahan jalan setapak dan jembatan gantung yang menghubungkan area Blok Puspa dengan Blok Kaliandra. Selain itu tempat ini dapat dicapai dengan mudah dari Kota Sukabumi, dan memiliki berbagai pilihan alat transportasi darat yang mempermudah perjalanan.

Sebagai salah satu lokasi pariwisata air terjun yang terkenal di Sukabumi, Curug Sawer tidak hanya memamerkan keindahan alamnya, tetapi juga kelestarian daerahnya yang didukung lengkapnya fasilitas yang memudahkan wisatawan selama berkunjung. Tempatnya yang fenomenal dan mudah dijangkau tentu saja cocok untuk mengisi waktu liburan Anda.