Menikmati Wisata Romantis di Jembatan Cinta Tarumajaya Bekasi

Jembatan Cinta Tarumajaya Bekasi

Lokasi: Segarajaya, Kec. Tarumajaya, Kab. Bekasi.
MapCek Lokasi

Bekasi yang dikenal sebagai pusat industri ternyata memiliki pantai cantik yang bisa menjadi destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga. Salah satunya adalah wisata pantai yang berbatasan dengan Pantai Marunda. Pemandangan yang indah dengan sebagian sisinya berupa hutan mangrove ditawarkan dari objek wisata alam ini.

Keberadaan jembatan kayu di lokasi tersebut juga menjadi daya tarik tempat wisata ini. Masyarakat mengenal jembatan di kawasan wisata hutan mangrove ini sebagai Jembatan Cinta Tarumajaya. Jembatan kayu yang juga menjadi dermaga untuk perahu-perahu yang merupakan sarana untuk memudahkan kegiatan restorasi hutan mangrove.

Restorasi hutan diperlukan untuk mengembalikan dan menjaga fungsi hutan mangrove di kawasan pantai ini. Pemandangan hutan mangrove yang kembali hijau pun dapat difungsikan juga sebagai ekowisata mangrove yang menarik banyak pengunjung. Berbagai kegiatan seru dapat dilakukan para wisatawan yang berlibur ke objek wisata ini.

Daya Tarik Jembatan Cinta Tarumajaya

Daya Tarik Jembatan Cinta Tarumajaya

Image Credi: Flickr.com @Desrianto Andika

Kebanyakan masyarakat mungkin mengenal Bekasi sebagai sentra industri. Namun di ujung utara Bekasi ternyata masih menyimpan pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata hutan mangrove dan jembatan cinta Tarumaja yang menjadi ekowisata dengan beberapa daya tarik berikut.

1. Wisata Hutan Mangrove

Hutan mangrove yang ada tidak hanya untuk melindungi kawasan pantai dari abrasi. Keberadaan hutan mangrove juga menjadi daya tarik wisatawan datang ke objek wisata Jembatan Cinta Tarumajaya. Pengunjung bisa menyusuri hutan mangrove menggunakan perahu dengan perjalanan sekitar 15 menit.

2. Berfoto di Jembatan Cinta

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah jembatan kayunya yang lebih sering disebut sebagai Jembatan Cinta Tarumajaya. Wisatawan dapat menyusuri jembatan sambil berfoto-foto. Pada akhir pekan atau masa libur, jembatan ini ramai dengan lalu lalang pengunjung.

BACA:  Devoyage Bogor, Wisata Kampung Eropa yang Lagi Hits!

3. Bersantai di Gazebo

Objek wisata ini juga memiliki daya tarik dari pemandangannya yang indah terutama saat sore hari. Pengunjung bisa bersantai di gazebo sambil menikmati langit jingga dengan suasana yang jauh dari keramaian kota. Namun Anda harus antri terutama saat jumlah pengunjungnya banyak.

4. Melihat Satwa Liar

Hutan mangrove memiliki banyak fungsi untuk melindungi kawasan di sekelilingnya dan menjadi habitat untuk beberapa satwa. Jika Anda berkeliling ke hutan mangrove, Anda mungkin akan melihat hewan-hewan liar seperti monyet, udang, hingga kepiting bakau yang menempel pada akar-akar mangrove.

5. Banyak Spot Memancing

Hutan mangrove memiliki peran penting untuk menjaga kualitas ekosistem pantai. Manfaat adanya hutan bakau adalah menjadi habitat berbagai ikan. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini pun bisa menghabiskan waktu dengan memancing.

6. Melihat Tambak Dengan Lebih Dekat

Keberadaan hutan mangrove memberikan keuntungan untuk masyarakat sekitar karena jumlah tangkapan ikan yang meningkat. Tambak milik masyarakat sekitar juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pengunjung bisa melihat lebih dekat nelayan-nelayan yang sedang menangkap ikan atau mengelola tambak.

7. Wisata Kuliner

Selain menikmati ekowisata hutan mangrove, pengunjung juga bisa mencoba wisata kuliner di kawasan wisata ini. Banyak penjual makanan yang menawarkan kepiting goreng, bakwan udang, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu khawatir mengenai harganya karena makanan-makanan di tempat ini cukup terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Jembatan Cinta Tarumajaya

Fasilitas yang Tersedia di Jembatan Cinta Tarumajaya

Image Credi: Travelspromo.com

Objek wisata Jembatan Cinta Tarumajaya dan hutan mangrove bisa menjadi pilihan destinasi untuk Anda yang ingin melepas penat dan menyegarkan pikiran. Fasilitas di ekowisata hutan mangrove ini sudah cukup bagus dan lengkap seperti beberapa fasilitas berikut.

BACA:  15 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

1. Warung Makan

Tersedia beberapa warung untuk memudahkan pengunjung yang ingin mencari makan. Harga makanan-makanan di kawasan wisata ini sangat terjangkau. Anda bisa mencoba berbagai menu khas olahan hasil tambak seperti udang, kepiting, dan lain-lain.

2. Sewa Perahu

Selain untuk memudahkan proses perbaikan kawasan hutan mangrove, perahu yang ada juga menjadi fasilitas pendukung untuk wisatawan. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk menikmati pemandangan hutan mangrove bersama rombongan.

3. Jembatan

Fasilitas berupa jembatan kayu ini merupakan sarana untuk wisatawan yang ingin bersantai atau berfoto-foto. Pengunjung bisa lebih puas melihat pemandangan di sekitar kawasan wisata mangrove melalui jembatan yang membentang cukup panjang di pantai ini.

4. Gazebo

Fasilitas berupa gazebo juga sudah disediakan untuk pengunjung yang ingin bersantai, menikmati pemandangan, dan makan-makan. Saat pengunjung ramai, Anda perlu antri dan bergantian untuk menggunakan gazebo tersebut.

5. Tempat parkir

Sekitar kawasan hutan sudah disediakan tempat parkir yang cukup luas dengan tarif parkir yang cukup murah. Wisatawan bisa menitipkan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil dengan aman.

Lokasi, Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Jembatan Cinta Tarumajaya

Lokasi, Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Jembatan Cinta Tarumajaya

Image Credi: Travelspromo.com

Lokasi dari Jembatan Cinta Tarumajaya berada di kawasan restorasi mangrove di Tarumajaya, Bekasi. Rute dari pusat kota Bekasi menuju kawasan wisata tersebut dapat ditempuh kurang lebih 54 menit. Wisatawan bisa mencapai objek wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Objek wisata Jembatan Cinta Tarumajaya dan hutan mangrove buka setiap hari. Jadi Anda bisa datang ke objek wisata hutan bakau di Bekasi ini kapan saja. Wisatawan dapat berkunjung mulai jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Cukup dengan membayar tiket masuk yang sangat terjangkau, Anda bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang hijau.

BACA:  15 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru & Paling Hits

Objek wisata hutan mangrove dan Jembatan Cinta Tarumaja merupakan salah satu pilihan wisata murah meriah. Pengunjung hanya dikenai tiket masuk sekitar 5 ribu per orang. Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk pengunjung yang membawa sepeda motor. Jadi tiket masuk tempat wisata sudah termasuk tiket untuk parkir.

Sedangkan untuk wisatawan yang datang menggunakan mobil akan dikenai tarif masuk sebesar 10 ribu per rombongan. Jika ingin keliling dengan perahu, tiket atau tarif sewa per orang adalah 10 ribu.

Tips Berkunjung ke Jembatan Cinta Tarumajaya

Tips Berkunjung ke Jembatan Cinta Tarumajaya

Image Credi: Pesisirbekasinews.blogspot.com

Liburan ke Jembatan Cinta Tarumajaya akan lebih maksimal dengan beberapa tips wisata berikut.

  • Datang pagi antara jam 8 hingga jam 10 pagi untuk menghindari cuaca terik.
  • Datang mulai jam 3 sore untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan senja.
  • Membawa topi dan kacamata untuk melindungi Anda dari sengatan panas matahari.
  • Hindari akhir pekan atau musim liburan untuk berkunjung ke kawasan ini agar tidak terlalu ramai.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan liburan Anda dengan Jembatan Cinta sebagai salah satu spot wajib.
  • Kenakan pakaian yang nyaman mengingat cuaca di Bekasi yang relatif panas.
  • Jika perlu gunakan lotion pelindung nyamuk, terutama untuk Anda yang berencana menyusuri kawasan hutan mangrove.
  • Jangan lupa bawa bekal makanan.

Itulah beberapa informasi tempat wisata hutan mangrove dan Jembatan Cinta Tarumajaya di Bekasi.  Pemandangan dan fasilitas yang disediakan sudah cukup bagus.  Jadi untuk liburan akhir pekan, Anda tidak perlu jauh-jauh, hutan bakai di Bekasi ini bisa menjadi destinasi liburan bersama orang-orang tersayang.