Puncak Pass salah satu objek wisata alam yang menawan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Menggabungkan pesona alam lereng gunung, kebun the dan areal persawahan menjadikan tempat ini menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00-22.00, Alamat: Ciloto, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Puncak Pass terletak di jalur wilayah Puncak Bogor, spot yang kerap dijadikan persinggahan oleh para pengendara. Menawarkan lanskap perbukitan alami yang khas. Anda akan disuguhkan kehijauan kebun teh. Di samping itu, tempat ini cocok bagi Anda yang terjebak macet dan ingin memantau situasi lalu lintas dari atas ketinggian.

Suasananya terasa begitu menenangkan. Dari tanah miring mendekati 90 derajat, Anda bisa bersantai di atas spot berbentuk seperti rumah pohon. Lalu lintas kendaraan tampak jelas di bawah sana. Udaranya sejuk, belum lagi dominasi warna hijau segar. Jika hendak mengisi melancarkan indra pernapasan sejenak dan menepi dari kemacetan parah, Puncak Pass adalah solusi.

Tak heran jika destinasi satu ini kerap disambangi wisatawan, posisinya yang berada di kawasan Puncak merupakan keunggulan tersendiri. Pasalnya, Puncak sudah dikenal sebagai objek wisata pegunungan bahkan pamornya merambah hingga ke mancanegara. Terpaut sejauh kurang lebih 70 km di sisi selatan Jakarta, sering kali dipilih jadi spot tamasya terdekat bagi masyarakat ibu kota.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Pass

Daya Tarik Puncak Pass
Image Credit: Google Maps (K M)

1. Kebun Teh nan Hijau

Suasana serba hijau akan selalu menyertai ke mana saja wajah Anda menghadap. Gradasi hijaunya pun bervariasi, mulai dari yang cenderung gelap hingga paling terang. Aneka pepohonan juga tumbuh di sekitar sini, jadi keindahan tersebut tak hanya bersumber dari tanaman teh.

Wisatawan akan dibawa menyusuri jalan setapak di antara kepungan tanaman hijau. Tanaman dan rumput yang merambat di atas lahan Puncak Pass tertata rapi. Mampu menghadirkan kenyamanan bagi orang yang melihat karena semuanya terpangkas sedemikian rupa.

Anda pun bisa melihat kawasan perkotaan, serta lereng gunung di kejauhan. Ditemani embusan angin lembut nan menenangkan yang seolah membelai wajah. Jenuh menyaksikan potret gedung pencakar langit? Cobalah mampir ke sini. Tanah lapang di atas bidang miring siap menyambut Anda, diiringi lingkungan terawat. Di beberapa titik terdapat rumah pohon.

2. Panorama Lereng Gunung

Tidak hanya kebun teh, dari kejauhan pun Anda akan disajikan panorama lereng gunung. Pepohonan tampak seolah bergerak mengikuti arah angin. Damai, sejuk, segar, dan sejuk, tiga kata yang seketika dapat mewakili perasaan Anda.

Puncak Pass Bogor hanyalah salah satu di antara spot memukau di kawasan Puncak. Berpuaslah dengan menatap dari jauh saja jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berkeliling, meski sebenarnya masih ada aneka keindahan lain yang patut ditelusuri.

3. Fenomena Sunrise dan Sunset

Tidak perlu lagi Anda ragukan jika berbicara mengenai fenomena lumrah ini di kawasan Puncak. Pada dasarnya memang menawan hati setiap kali memandang momen terbit dan tenggelamnya sang surya. Terlebih, ketika kemunculannya terjadi di antara hamparan tanaman hijau dan lreng gunung.

Kilau cahayanya dapat membuat Anda terpaku saat mentari terbit di pagi hari. Sinar keemasan muncul di ufuk timur, lantas menyebar di atas tanaman. Kemudian, cahaya jingga merebak di angkasa ketika sore menjelang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Puncak Pass

Alamat Puncak Pass
Image Credit: Instagram.com @villa_mandalapuncak

Berlokasi di kawasan Puncak, Cipanas, sangat mudah untuk menemukan keberadaan Puncak Pass ini karena posisinya persis di tepi jalan. Apabila Anda bertolak dari Jakarta, setidaknya butuh 2 jam atau lebih dari 50 km perjalanan agar tiba di sini. Dengan asumsi lalu lintas normal tanpa macet.

Ada beberapa informasi yang perlu diingat apabila Anda berencana berkunjung di akhir pekan, di antaranya arus ke arah Puncak hanya berlaku searah pada Sabtu dan Minggu. Semua pengendara hanya boleh menuju ke wilayah Puncak saja setiap pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB. Barulah tersedia jalur ke wilayah lain seperti Jakarta pada pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Anda perlu menyusun jadwal perjalanan sematang mungkin agar tidak terkendala ketika hari keberangkatan. Namun, ketentuan itu dapat berubah sewaktu-waktu sesuai peraturan pemerintah setempat.

Tidak ada tarif khusus jika ingin berkunjung ke Puncak Pass karena posisinya memang di pinggir jalan. Kerap digunakan oleh para pengemudi untuk menepi sejenak, mencari tempat beristirahat.

Ibarat kata, objek menarik ini merupakan area persinggahan sementara, bisa dinikmati oleh siapa saja. Selain panorama memukau, tidak banyak hal yang akan Anda temukan selagi bersantai di sini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Pass

Aktivitas di Puncak Pass
Image Credit: Instagram.com @dafaadilan

1. Mengelilingi Kebun Teh Secara Mandiri

Rasanya seperti ada yang kurang dan sayang untuk dilewatkan kalau menyambangi Puncak Pass tanpa berkeliling, terkesan belum lengkap. Oleh karena itu, Anda harus mencoba aktivitas penjelajahan secara mandiri. Rasakan sensasi unik tatkala Anda menghirup udara dan mengembuskannya perlahan.

Mengeliling tempat ini artinya Anda berkesempatan menatap panorama perkebunan teh dari dekat, ditemani semilir angin di sepanjang lintasan rute pejalan kaki. Lebih lanjut, Anda akan dibawa melihat-lihat langsung tumbuh kembang tanaman teh. Untuk itu, penjelajahan bisa jadi sarana menambah pengetahuan, selain juga terbilang cukup menyehatkan karena dilakukan dengan berjalan kaki.

2. Memulai Obrolan Dengan Masyarakat atau Sesama Wisatawan

Masyarakat di perkotaan memang identik dengan sifat individualis, tetapi aktivitas yang satu ini tidak ada salahnya untuk Anda jajal. Pasalnya, kawasan Puncak merupakan area pariwisata, di mana Anda bisa menemukan beragam hal unik, baik itu dari penduduknya atau antara sesama wisatawan. Tidak terlalu buruk untuk mendapatkan kenalan baru selagi berada di sini.

Meski begitu, pastikan Anda tidak melakukan cara-cara menyebalkan saat mengajak orang asing mengobrol. Di samping itu, pekalah terhadap respon lawan bicara, jika mereka menunjukkan indikasi tidak memiliki ketertarikan yang sama, segera berlalu dan jangan sok asyik. Memulai obrolan dengan orang baru, artinya Anda siap terhadap seluruh kemungkinan, baik penolakan maupun penerimaan.

3. Kencan di Pagi atau Sore Hari

Bayangkan, Anda dan pasangan duduk di tepi bukit atau di tengah hamparan sawah dan perkebunan teh khas Puncak Pass. Berbincang sambil menikmati semilir angin, biarkan saja topik bahasan mengalir apa adanya. Dalam rangka menambah keharmonisan, jangan lupa untuk menyiapkan kudapan manis.

Bahkan, Gunakanlah momen ini untuk bicara dari hati ke hati jika Anda masalah yang belum terselesaikan. Suasananya amat mendukung, terasa romantis dan hangat, dijamin hubungan semakin lekat.

Di lain pihak, tidak perlu resah bila Anda belum memiliki pasangan, cukup dengan mengajak sahabat terdekat saja. Jadikan kunjungan ke sini sebagai ajang mempererat silaturahmi demi menciptakan harmoni yang mulai pudar.

Namun sebelum itu, satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah masalah jadwal wisata. Usahakan tidak memilih kunjungan di siang hari. Walau kawasan ini terkenal oleh udaranya yang relatif dingin, tetapi momen pagi atau sore tentunya lebih terasa tepat.

4. Piknik di Akhir Pekan

Bingung di akhir pekan mau ke mana dan merasa bosan karena berdiam diri di rumah saja? Piknik di akhir pekan bisa jadi wadah mengakrabkan hubungan yang mulai memudar bersama orang terkasih. Baik teman, keluarga, maupun pasangan, semuanya bisa menghabiskan waktu menyenangkan selagi berada di sini. Bawalah perlengkapan memadai sedari rumah agar suasananya semakin asyik.

Guna mengalokasikan waktu dan effort maksimal, tak mengapa bersusah payah terlebih dahulu. Memang begitulah acara piknik harusnya, yang mana akan semakin seru kalau Anda menyiapkan perlengkapan dan bekal sendiri. Jangan lupakan tikar untuk kemudian digelar di atas hamparan rumput atau di dekat areal persawahan. Cari spot terbaik demi menciptakan interaksi yang hangat.

Anda bisa memilih area di dekat tanaman teh, di antara deretan pepohonan pinus, ditemani semilir angin syahdu nan menenangkan. Suasana semacam ini telah menunggu untuk Anda nikmati bersama orang tersayang.

Aktivita di Puncak Pass
Image Credit: Instagram.com @firdaus.fajar

5. Memanjat Bukit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, objek wisata alam ini memiliki sebagian area bidang miring mendekati 90 derajat. Namun, jangan bayangkan medan curam dan berbahaya seperti pegunungan atau deretan batu karang di tepi pantai. Area perbukitan di sini justru tampak bersahabat dengan para wisatawan. Dihiasi oleh tanaman teh dari sisi yang satu ke sisi lainnya, sedikit menggoda untuk disusuri.

6. Melukis

Jika Anda termasuk orang kreatif dan sedang merasa bosan mengabadikan momen dalam bentuk digital, cobalah manfaatkan panorama Puncak Pass. Ciptakan lukisan semi realis yang sanggup memikat banyak pasang mata mata.

Anda juga dapat memamerkannya di kanal sosial media selain untuk menuangkan daya kreativitas. Barangkali, itu bisa jadi salah satu cara mengeksplorasi minat dan bakat Anda, yang kemudian berpotensi mendapatkan feedback dari orang lain. Nikmati setiap detik yang Anda habiskan untuk mengukir panorama di atas kertas, carilah spot yang sedikit jauh dari pusat keramaian.

7. Melepas Penat dengan Menatap Langit

Mainkan musik-musik yang terdengar lembut di telinga. Jangan lupa siapkan aksesori pendukung seperti earphone atau sejenisnya. Pilihlah spot yang memungkinkan Anda untuk berbaring atau setengah berbaring tanpa menarik perhatian pengunjung lain. Tujuan aktivitas ini untuk melepas penat dari perasaan lelah akibat bekerja atau kuliah dari Senin hingga Jumat.

8. Meditasi

Meditasi adalah kegiatan berdiam diri di tempat sunyi, biasanya alam bebas lebih disukai. Walau objek wisata ini tidak bisa dikatakan sunyi dari penghuni, tetapi ada beberapa titik yang memungkinkan Anda untuk bermeditasi. Dari areal persawahan, rumah pohon, dan di tengah kesegaran tanaman teh, pasti ada satu atau dua spot yang dapat dijadikan rujukan.

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Pass Bogor

Fasilitas di Puncak Pass
Image Credit: Google Maps (Warawiri TV)

Sebagaimana layaknya tempat persinggahan sementara, tak banyak yang ditawarkan Puncak Pass kecuali untuk tujuan membuat Anda kembali tenang. Namun, paling tidak hal-hal mendasar seperti toilet dan area parkir telah tersedia di sini. Mengingat posisinya memang di kawasan pariwisata, rasanya tidak terlalu sulit bila hendak mencari warung makan atau musala di sekitar.

Puncak Pass Bogor hanyalah salah satu representasi kecil dari panorama memesona di wilayah Puncak. Dengan mendatangi objek wisata ini, artinya Anda membuka beragam peluang baru untuk melakukan eksplorasi alam. Lebih dari sekadar persinggahan sementara, sebenarnya pengunjung pun bahkan bisa belajar budaya setempat, khususnya bagi Anda yang tinggal di luar kota.