10 Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Cilacap

Inilah daftar oleh-oleh khas Cilacap yang unik dan sangat cocok dibawa pulang. Buah tangan populer berupa makanan hingga cinderamata paling diburu wisatawan.

Kota Cilacap merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini mempunyai objek wisata yang beragam dan cocok dijadikan sebagai tempat liburan. Anda akan disuguhi banyak pilihan wisata alam dengan keindahan yang begitu memanjakan mata.

Selain wisata alam, Kota Cilacap juga memiliki aneka ragam wisata buatan yang tak kalah indah dan populer. Kota ini menyediakan berbagai spot foto menarik yang instagramable. Terdapat pula wisata kuliner dengan gaya masakan yang khas yang dijual di warung pinggir jalan maupun di restoran-restoran terkenal.

Bagi Anda yang berwisata di kota ini, jangan lupa untuk membeli buah tangan untuk keluarga di rumah. Oleh-oleh yang kita bawa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang yang tidak ikut berlibur bersama Anda. Berikut ulasan beberapa oleh-oleh khas Cilacap yang populer dan wajib Anda ketahui.

1. Keripik Singkong

Keripik Singkong

Image Credit: Bisnisukm.com

Keripik singkong merupakan cemilan yang digemari oleh warga lokal maupun para wisatawan. Keripik singkong yang biasa disebut manggleng singkong dibuat dengan ubi kayu atau singkong pilihan yang berkualitas. Singkong diiris tipis dan diberi bumbu khas. Jajanan khas Cilacap satu ini memiliki rasa pedas dan gurih dengan tekstur yang renyah.

Jajanan khas satu ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Jajanan ini dikemas dalam plastik rapat yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cilacap. Satu bungkus keripik singkong dibandrol dengan harga sekitar Rp 20.000. Anda bisa membeli jajanan ini di toko oleh-oleh yang tersebar di penjuru kota.

2. Gembus

Gembus

Image Credit: Keluyuran.com

Gembus memiliki bentuk seperti donat putih yang gurih dan nikmat. Jajanan tradisional khas Cilacap ini memiliki tekstur yang renyah dan kenyal saat dimakan waktu masih hangat. Gembus sangat cocok dinikmati dengan sambal saon maupun dengan bumbu pecel. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan ini di pasar-pasar tradisional.

Jajanan ini dijual dengan berbagai varian rasa seperti durian, coklat, dan keju. Gembus sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk sanak saudara di rumah. Jajanan yang berbahan dasar singkong ini dijual dengan harga Rp 1.000 untuk 10 buahnya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Ambarawa Semarang yang Paling Hits

3. Kerupuk Tengiri

Kerupuk Tengiri

Image Credit: Bagi-in.com

Seperti halnya namanya, kerupuk ini dibuat dengan ikan tengiri sebagai bahan utamanya. Kerupuk ini memiliki rasa gurih khas ikan yang enak dengan bau yang menyengat. Tekstur yang renyah menjadikan kerupuk ini di banyak gemari oleh semua orang. Kerupuk tengiri juga cocok dijadikan sebagai lauk karena rasa ikannya yang sangat pekat.

Kerupuk tengiri khas Cilacap dijual dengan bentuk bulat agak kotak dan berwarna kecoklatan. Bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk ini terjamin kualitas dan kebersihannya. Adonan kerupuk ini kemudian dibentuk dan dijemur di bawah teriknya matahari. Kerupuk tengiri kaya akan protein yang baik untuk tubuh.

Anda dapat dengan mudah menjumpai kerupuk ini di pasar-pasar tradisional, warung-warung makan, dan toko oleh-oleh. Kerupuk tengiri dikemas rapat dalam plastik transparan dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Kerupuk ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 10.000 untuk kemasan kecil dan Rp 20.000 untuk kemasan besar.

4. Lanting

Lanting

Image Credit: Wikipedia.org

Lanting merupakan jajanan khas Cilacap yang terkenal sampai berbagai daerah di Indonesia. Jajanan ini dibuat dengan bahan dasar singkong yang digiling dan dicampur dengan garam, ketumbar, dan bawang putih. Adonan ini kemudian dibentuk dan dipotong menyerupai angka delapan. Biasanya lanting dijual dalam 2 warna, yaitu merah dan putih.

Jajanan khas ini memiliki rasa gurih yang nikmat dengan tekstur yang renyah. Terdapat berbagai varian rasa yang tersedia seperti rasa pedas, bawang, jagung bakar, pedas manis, dan juga keju. Bagi Anda yang berlibur ke Kota Cilacap wajib untuk membeli jajanan satu ini untuk dinikmati saat berjelajah maunpun untuk dibawa pulang.

Lanting dijual dalam kemasan rapat dengan ukuran besar maupun kecil. Anda juga dapat membeli lanting per kilo, dimana satu kilonya dibandrol dengan harga Rp 20.000 – Rp 40.000. Jajanan ini banyak dijual di pasar tradisional dan toko oleh-oleh.

5. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit: Yoelgati.wordpress.com

Sale pisang merupakan jajanan khas Cilacap yang berbahan dasar pisang. Jajanan kni dibuat dengan cara mengeringkan pisang, kemudian digoreng langsung maupun digoreng dengan adonan gandum dan tepung beras. Pisang yang digunakan yaitu pisang lempeneng, raja nangka, raja bandung, dan pisang kepok.

BACA:  13 Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pisang untuk membuat sale dijemur dibawah terik matahari untuk menghilangkan kadar air yang terkandung di dalamnya. Sale pisang memiliki rasa legit yang nikmat dengan bau pisang yang menyengat. Jajanan ini merupakan produk yang tahan lama karena melalui proses pengeringan maupun pengasapan.

Sale pisang menjadi oleh-oleh favorit saat berkunjung ke kota ini. Jajanan ini banyak dijual di toko oleh-oleh dan dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Satu bungkus sale pisang dibandrol dengan harga Rp 8.500. Produk khas Cilacap ini telah terkenal sampai ke pasar internasional.

6. Kerajinan Cangkang Kerang

Kerajinan Cangkang Kerang

Image Credit: Twitter.com @xiiarfnjrs

Kota Cilacap merupakan kota yang terkenal akan kerajinan cangkang kerangnya yang unik dan indah. Cangkang kerang ini dijadikan sebagai pernak-pernik yang sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan. Kerajinan cangkang kerang dijual dalam berbagai bentuk. Diantaranya yaitu tirai kerang, lampu meja, kalung, gelang, figura, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Cangkang kerang yang digunakan untuk souvenir ini merupakan cangkang kerang mati yang tersebar di seluruh penjuru pantai Kota Cilacap. Cangkang kerang dibersihkan kemudian disusun menjadi sebuah kerajinan yang diinginkan.

Kerajinan cangkang kerang ini dibandrol mulai dari harga Rp 6.000 sampai dengan jutaan, tergantung kesulitan saat proses pembuatan. Anda dapat dengan mudah menjumpai aneka kerajinan cangkang kerang di pasar-pasar tradisional maupun di kios kerajinan tangan.

7. Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk

Image Credit: Akurat.co

Salah satu makanan khas Cilacap yang terkenal adalah rempeyek yutuk. Rempeyek ini sama halnya dengan rempeyek biasanya, yang membedakan hanyalah isiannya. Rempeyek khas Cilacap ini menggunakan yutuk sebagai isiannya. Yutuk adalah hewan pantai bercangkang yang berwarna hitam kecoklatan.

Yutuk akan berubah warna menjadi merah seperti kepiting saat dimasak. Rempeyek yutuk menjadi jajanan yang diincar oleh para wisatawan saat berkunjung ke Kota Cilacap. Jajanan ini memiliki rasa gurih yang lezat dengan tekstur yang renyah.

Anda dapat menjumpai jajanan ini warung-warung pinggir pantai dengan harga yang sangat terjangkau. Rempeyek yutuk cocok dijadikan sebagai cemilan, lauk, maupun untuk oleh-oleh.

8. Batik Tulis Cilacap

Batik Tulis Cilacap

Image Credit: Kaskus.co.id

Batik tulis khas Cilacap merupakan kerajinan tangan yang paling favorit. Batik ini merupakan warisan sejak zaman pangeran Diponegoro yang masih diwariskan sampai sekarang. Batik ini menjadi kebanggaan masyarakat Cilacap karena terkenal sampai ranah internasional. Batik ini sangat diincar oleh para wisatawan domestik maunpun wisatawan asing.

BACA:  14 Tempat Wisata di Brebes Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Batik ini juga menjadi satu-satunya batik yang mewakili Indonesia di pameran internasional yang diadakan di Malaysia. Batik ini dibuat dengan menggunakan warna klasik dan motif yang memanjakan mata seperti warna hitam, putih, dan coklat yang dipadukan dengan warna yang terang seperti hijau, kuning, dan biru.

Motif batik ini sendiri didasarkan pada keindahan alami seperti tumbuhan, buah, binatang, dan lain sebagainya. Batik tulis Cilacap sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Batik ini dibandrol dengan harga yang relatif mahal, mulai dari ratusan ribu sampai dengan jutaan, tergantung dengan motifnya.

9. Keripik dan Stik Sukun

Keripik dan Stik Sukun

Image Credit: Nyaribisnis.com

Kedua cemilan khas Cilacap ini terbuat dari sukun yang berkualitas. Sukun dipotong tipis untuk membuat keripik di potong kotak memanjang untuk membuat stik. Keduanya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda. Cemilan ini memiliki rasa manis dan gurih dengan tekstur yang renyah.

Keripik dan stik sukun dikemas rapat dalam plastik transparan tebal. Anda dapat dengan mudah menjumpai cemilan ini di toko oleh-oleh maupun di warung-warung pinggir jalan dan dibandrol dengan harga sekitar Rp 15.000. Cemilan sehat ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

10. Miniatur Kapal

Miniatur Kapal

Image Credit: Bukalapak.com

Souvenir yang paling populer di Kota Cilacap adalah miniatur kapal. Miniatur ini biasanya dibuat dengan menggunakan logam, perak, ataupun kayu. Miniatur kapal ini biasanya mengacu pada referensi kapal perang, kapal penangkapan ikan, maupun kapal lainnya.

Miniatur kapal ini dibandrol dengan harga Rp 35.000 sampai dengan ratusan ribu, tergantung kualitas bahannya dan tingkat kesulitan pembuatannya. Miniatur ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan. Anda dapat membeli miniatur kapal di toko oleh-oleh maupun di kios kerajinan tangan.

Itulah deretan oleh-oleh Khas Cilacap yang paling terkenal diburu para wisatawan. Buah tangan saat berada di suatu daerah merupakan hal yang paling dinanti oleh sanak keluarga di rumah. Sebab itu, wajib bagi Anda untuk mengetahui oleh-oleh khas Kota Cilacap yang keren dan cocok untuk di bawa pulang. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.