Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.
MapCek Lokasi

Musim liburan akan segera tiba. Saat ini mungkin bukan saat yang cocok untuk berlibur ke pantai karena cuaca yang tidak menentu. Meskipun demikian, banyak dari wisatawan tidak mempedulikan masalah cuaca dan tetap berlibur ke pantai. Misalnya dengan berangkat pagi untuk menghindari hujan. Bahkan ada yang menyempatkan untuk mencari penginapan demi berlibur ke pantai.

Jika Anda berada di daerah Pangandaran, Jawa Barat dan Anda ingin berlibur ke pantai yang masih asri dan bersih. Anda pasti disarankan untuk pergi ke Pantai Madasari. Pantai ini termasuk pantai yang masih belum terlalu banyak dijamah oleh para wisatawan, sehingga pantai ini masih terjaga akan kebersihannya.

Pantai Madasari merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan alam yang sangat memesona. Tempatnya yang tergolong masih tersembunyi membuat keaslian pantai masih tetap terjaga. Sehingga tidak banyak dari wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Madasari ingin kembali dan merasakan keindahan alamnya.

1. Sekilas Tentang Pantai Madasari

Sekilas Tentang Pantai Madasari
Image Credit: Mypangandaran.com

Pantai Madasari yang memiliki nama lain Bulben yang berasal dari kata Bulak Benda. Merupakan pantai yang menyajikan panorama alam yang sangat mempesona. Selain itu pantai ini juga dikelilingi oleh banyak sekali mangrove yang menjadikan suasana di pantai tersebut menjadi lebih sejuk dari pantai lainnya.

Pantai yang terletak di Kawasan ujung barat Kabupaten Pangandaran, sebagian besar masih dikelola oleh pemerintah desa setempat. Seperti pantai kebanyakan. Pantai Madasari memiliki arti yang sangat unik. Kata Madasari diperoleh dari pendatang suku bugis, kata mada diartikan makan dan sari berarti rasa. Dapat diartikan sebagai makan yang memiliki citra rasa yang enak.

Pantai yang dibilang masih sepi ini, terkadang di hari-hari tertentu memiliki banyak pengunjung. Seperti di hari Sabtu Minggu atau di saat musim liburan. Tidak banyak yang terlalu tahu tentang pantai ini, wisatawan yang datang mungkin hanya penduduk lokal atau luar daerah saja. Meskipun demikian Pantai Madasari sudah menunjukkan kemajuan soal pengunjungnya.

2. Jarak Tempuh Menuju Pantai Madasari

Jarak Tempuh Menuju Pantai Madasari
Image Credit: mypangandaran.com

Pantai Madasari bisa ditempuh dari Pangandaran sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan bisa memilih 2 jalur alternatif dari Pangandaran ke Pantai Madasari. Alternatif pertama dari Cimerak menuju Legokjawa lalu ke Bulak Benda dan Madasari. Alternatif kedua dari Cimerak ke arah Desa Masawah kemudian ke Bulak Benda dan Madasari.

Jika Anda adalah wisatawan dari luar kota yang pertama kalinya berwisata ke Pantai Madasari, Anda bisa memanfaatkan google maps untuk menuju lokasi. Perlu diketahui bahwa tidak ada akses angkutan umum menuju Pantai Madasari. Jadi selalu gunakan kendaraan pribadi Anda.

3. Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Madasari

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Madasari
Image Credit: Bodyrafting-guhabau.com

Apabila Anda ingin berlibur ke pantai Madasari ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin berlibur ke pantai Madasari, Pangandaran, misalnya seperti harga tiket, fasilitas yang ditawarkan dan survei melalui artikel tentang keadaan lokasi wisata.

Tips untuk wisatawan yang ingin berlibur ke pantai Madasari, pilih saat air laut surut, sehingga ombak yang dihasilkan lebih kecil dari biasanya. Lalu pilihlah waktu berlibur saat musim panas untuk menghindari cuaca buruk di pantai. Anda juga bisa memilih untuk menikmati indahnya waktu sunrise atau sunset.

Hal yang perlu Anda perhatikan, jika wisatawan hendak berenang di pantai ini, harap berhati-hati  dan menahan diri untuk tidak berenang terlalu jauh dari bibir pantai. Karena letak pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia maka ombak yang dihasilkan sangat besar dan kuat.

Jangan lupa untuk melakukan persiapan perlengkapan apa saja yang akan dibawa saat wisata ke pantai. Seperti pakaian renang untuk bermain air di pantai. Kemudian sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Kaca mata hitam untuk melindungi mata dari silau sinar matahari, dan perlengkapan lainnya.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Madasari. Seperti jalan-jalan, menikmati pemandangan, piknik atau menikmati bekal makanan bersama teman, keluarga, dan pasangan. Berkemah, mencari kerang, memancing dan juga jangan lupa untuk mengabadikan momen yang indah.

Bagi wisatawan yang suka mencari kerang dan berjalan-jalan di batu karang disarankan juga lebih berhati-hati. Karena lapisan atas dari batuan karang sangat licin dan juga tajam, sehingga bisa membuat terpeleset dan melukai kulit tubuh.

4. Fasilitas yang Ditawarkan di Pantai Madasari

Fasilitas yang Ditawarkan di Pantai Madasari
Image Credit: Planetpangandaran.co.id

Camping Ground

Selain Anda akan disajikan dengan pemAndangan yang indah, Anda juga akan ditawarkan fasilitas seperti camping ground. Jangan khawatir, apabila Anda ingin camping tapi Anda tidak memiliki tenda. Di area pantai sudah disiapkan paket penyewaan tenda yang sengaja disiapkan untuk Anda.

Untuk harga paketnyapun sangat terjangkau berkisar diantara Rp 150.000/pax. Kapasitas paxnya juga bisa muat untuk 5 orang. Sangat cocok untuk traveler yang ingin menikmati keindahan alam. Mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Area Parkir

Area parkir di Pantai Wadasari termasuk cukup luas. Di area parkir ini sendiri dapat memuat beberapa kendaraan pribadi. Bahkan untuk tempat parkirnya bisa untuk memuat bis kecil atau bis besar sekalipun.

Toilet Umum

Toilet umum yang disediakan lumayan cukup banyak. Untuk toiletnya dibersihkan sedemikian rupa agar pengunjung betah berlama-lama di kawasan wisata. Karena memang untuk kebersihan saran umum sangat diperhatikan oleh pengelola pantai.

Gazebo

Tempat wisata Pantai Mandasari ini juga menyediakan gazebo untuk para wisatawan yang ingin menunggu atau meletakkan barang bawaannya. Namun, selain digunakan untuk tempat menunggu dan meletakkan barang. Gazebo juga dapat di fungsikan sebagai tempat untuk berteduh saat matahari lagi terik-teriknya.

5. Pantai yang Dihiasi Dengan Pulau-Pulau Kecil

Pantai yang Dihiasi Dengan Pulau-Pulau Kecil
Image Credit: Cicuit.my.id

Pantai Madasari memiliki pulau-pulau kecil yang menghiasi pantai semakin eksotis. Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan exsplorasi alam. Anda bisa berjalan-jalan mengelilingi pulau sambil berswafoto bersama keluarga, teman atau pasangan.

Sedikit informasi pantai Madasari memiliki 6 pulau yang mengelilinginya. Diantaranya yaitu Pandan Nyampai, Legok Gandu, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Batu Gedong, Batu Sebrotan dan Cariuk. Hamparan pasir yang halus akan membuat Anda semankin tidak sabar untuk segera menjelajahinya.

6. Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Wadasari

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Wadasari
Image Credit: Klikhotel.com

Harga tiket masuk Pantai Wadasari tergolong sangat terjangkau. Untuk tiket masuk khusus pejalan kaki di hargai Rp  2.500, mobil Rp  19.000, sepeda motor Rp  7.500, bus besar Rp  83.500, bis sedang Rp  68.000 dan bis kecil Rp  36.000. Harga tiket yang sudah ditetapkan ini sewaktu-waktu akan berubah tergantung kebijakan dari pengelola pantai.

Itulah ulasan mengenai Pantai Madasari yang memukau berada di Pangandaran. Pantai yang sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan bersama teman ataupun orang terdekat. Selamat berlibur!