Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pengunjung yang memimpikan tempat wisata anti mainstream di Kota Mojokerto, maka sangat disarankan untuk mengunjungi Patung Buddha Tidur Mojokerto. Tempat ini recommended untuk dikunjungi terlebih bersama dengan keluarga tercinta. Liburan merupakan aktivitas yang memang sangatlah ditunggu-tunggu, terlebih ketika hari libur tiba.

Salah satu ikon wisata di Kabupaten Mojokerto yang tentunya akan sangat sayang sekali Jika dilewatkan yaitu wisata Budha Tidur raksasa. Sekalipun Kota Mojokerto relatif sedikit memiliki tempat wisata, namun tempat ini sangat layak untuk Anda kunjungi. Di sanalah nantinya Anda bisa mendapatkan spot foto menarik dengan latar belakang Patung Buddha.

Pesona anti mainstream yang bisa diperoleh di Patung Buddha Tidur tentu akan membuat siapapun merasa terhipnotis. Aktivitas berupa spot fotografi menarik akan dapat disaksikan selama berada di sana. Karena itulah, jangan pernah ragu untuk mengunjungi tempat tersebut ketika Anda berada di Kota Mojokerto.

Daya Tarik yang Dimiliki Patung Buddha Tidur

Daya Tarik Patung Buddha Tidur
Image Credit: Google Maps bima

1. Spot Instagenic

Tempat wisata populer di Kabupaten Mojokerto ini memang sangatlah menarik untuk dikunjungi. Anda nantinya akan merasa sangat dimanjakan sekali dengan beragam spot terbaik di tempat tersebut. Tak hanya itu saja panorama alam di sekitar patung Buddha menyuguhkan keragaman yang begitu menyejukkan pikiran.

Dengan adanya spot foto yang instagenic, maka jangan lewatkan kegiatan mengabadikan moment dengan menggunakan latar belakang patung Budha. Anda bisa memperoleh gambar yang sangat indah dan kece sebagai kenang-kenangan berlibur ke Kota Mojokerto, Jawa Timur. Segera pamerkan hasil foto Patung Buddha Tidur tersebut di sosial media.

2. Patung di Atas Kolam Ikan

Patung Buddha ini memang sengaja dibangun di atas sebuah kolam ikan, sehingga mampu menyalurkan keindahan yang terkesan unik. Alasan mengapa tempat tersebut di bangun di atas kolam yaitu sebagai lambang bahwasannya Sang Buddha setelah wafat atau telah menuju ke Parrinibbana.

Di area sekitar tempat wisata memang sudah dipasang arca dwarapala. Anda bisa melihat arca tersebut ketika tengah berjalan menuju ke area bangunan utama dari tempat wisata. Perhatikan dengan teliti, maka nantinya di bagian pondasi Patung Buddha Tidur Mojokerto, Anda akan melihat sebuah relief indah yang terpahat.

Relief indah ini mengisahkan kehidupan di dalam ajaran agama Buddha. Untuk menjaga kesakralan tempat ini, wisatawan tidak diperbolehkan masuk. Di bagian utara Anda akan menemukan sebuah kolam yang memiliki koleksi Bunga Teratai. Bunga-bunga tersebut melambangkan laut tempat bersemayamnya Buddha Gautama.

Ketika duduk bersantai di tempat ini, maka nantinya Anda akan bisa menikmati keindahan panorama bunga teratai yang ada di area tersebut. Tempat ini dibangun di area kompleks Vihara Majapahit, yang saat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat peribadatan, melainkan digunakan sebagai tempat wisata.

3. Cenderamata Khas

Untuk wisatawan yang hendak pulang dan ingin membawa oleh-oleh bagi sanak famili ataupun kerabat di rumah, maka di area sekitar Patung Buddha Tidur telah tersedia toko kecil yang menjual beraneka ragam cinderamata unik yang bisa dibawa pulang. Oleh-oleh tersebut merupakan aksesoris patung Budha yang dibuat dalam ukuran kecil.

Tidak susah untuk menemukan aksesoris berupa gelang dan kalung yang terbuat dari batu giok dan bahan-bahan lainnya. Benda yang ada di sana memang beraneka ragam, oleh karena itulah harga dari benda-benda tersebut juga bervariasi. Wisatawan nantinya bisa menawar harga barang yang ada di sana.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Patung Budha Tidur
Image Credit: Google Maps INoz DM

Berkunjung ke tempat wisata terbaru yang ada di Kabupaten Mojokerto tersebut nantinya wisatawan akan berkesempatan untuk mengeksplor spot terbaik hanya dengan biaya yang relatif terjangkau. Tempat wisata berupa Patung Buddha Tidur ini bisa Anda kunjungi dengan membayar uang masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Sedangkan untuk pengunjung anak-anak, nantinya akan dikenakan biaya yang lebih murah, yaitu sebesar Rp 3.000. Untuk wisatawan yang kebetulan berkendara menggunakan motor, biaya parkir yang perlu dibayar yaitu Rp 3.000 sedangkan jika membawa kendaraan berupa mobil, maka biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Tempat wisata patung Budha tersebut dapat untuk Anda kunjungi kapan pun Anda mau, karena memang tempat ini tidak memberlakukan hari libur dan dibuka setiap hari. Untuk jam operasionalnya sendiri, yaitu mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Wisatawan nantinya akan bisa menikmati spot terbaik dari tempat wisata sepuas hati mereka. Selain itu, Anda pun bisa memperoleh sensasi liburan yang pastinya tak akan terlupakan. Oleh karena itulah, tak perlu ragu lagi untuk segera meluncur ke tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Patung Budha Tidur
Image Credit: Google Maps Aditya Firdaus

Menghabiskan holiday bersama dengan sahabat, teman ataupun kerabat di Patung Buddha Tidur, akan menawarkan keseruan tersendiri dengan suguhan spot-spot yang mampu membuat Anda terkesima. Akses jalan terbaik untuk bisa sampai ke lokasi wisata tersebut juga bisa Anda peroleh dengan mudah.

Nantinya pengunjung bebas untuk melakukan eksplorasi wisata patung Buddha memakai kendaraan pribadi. Dan memang lebih disarankan wisatawan datang ke tempat ini memakai kendaraan pribadi agar perjalanan jadi lebih leluasa.

Patung Buddha berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Tempat wisata berupa Budha tidur tersebut tidak berada jauh dari pusat Kota Mojokerto. Anda hanya perlu menempuh jarak sejauh 14 km saja untuk sampai di tempat ini.

Mengunjungi tempat wisata terbaru di Provinsi Jawa Timur merupakan ide yang sangat tepat dilakukan. Anda bisa memperoleh perjalanan yang jauh lebih mudah, karena akses menuju tempat ini sudah sangat baik. Tentunya hal itu akan membuat perjalanan jadi terasa nyaman hingga sampai ke tempat tujuan

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Patung Buddha Tidur

Aktivitas Menarik Patung Buddha Tidur
Image Credit: Google Maps Ryo Saeba

1. Melihat Koleksi Miniatur

Beragam aktivitas bisa dilakukan oleh pengunjung selama berada di Patung Buddha Tidur. Perlu diketahui, tempat ini tidak hanya memiliki patung saja, terdapat aneka macam miniatur yang juga menghiasinya. Miniatur candi ditempatkan di Mahavihara yang merupakan miniatur dari Candi Borobudur.

Selain koleksi miniatur, di candi tersebut Anda pun akan menyaksikan adanya patung kera sakti. Beberapa patung-patung tokoh Budha menghiasi tempat tersebut. Sedangkan di bagian dinding sebelah belakang bangunan utama, wisatawan bisa melihat relief yang menceritakan kisah tentang bagaimana Budha mengamalkan semua ajaran yang dimilikinya.

Tidak hanya sekedar melihat maupun belajar patung saja, di tempat ini Anda pun berkesempatan berfoto bersama patung-patung yang beraneka ragam. Sekalipun ukuran dari patung tersebut tidak sebesar patung Budha dalam posisi tidur, namun banyaknya patung ini membuat keunikan tersendiri sehingga patut untuk disaksikan.

2. Patung Buddha

Aktivitas selanjutnya yaitu Anda dapat menyaksikan patung Budha yang merupakan ikon dari tempat wisata tersebut. Pengunjung tidak bisa memasuki area patung karena dikelilingi oleh pagar sebagai pengaman. Patung Buddha Tidur mempunyai lebar 6 meter, panjang 22 meter serta tingginya 4,5 meter.

Sebenarnya posisi dari patung tersebut tidaklah tidur, itu merupakan posisi ketika Sidharta meninggal dunia. Untuk melambangkan bahwasannya abu dari Sidharta telah dibuang ke laut, maka patung ini dibangun di atas sebuah kolam. Untuk area sekeliling bawah patung, pengunjung bisa menyaksikan relief yang mengisahkan mengenai perjalanan Budha.

Tak sedikit pengunjung yang tiba di tempat ini langsung menjadikan patung Buddha tersebut sebagai objek berfoto. Kemegahan dari patung yang dibuat dengan ukuran besar ini akan mampu menciptakan hasil foto yang luar biasa. Terlebih lagi area sekitar patung memang benar-benar indah.

3. Nikmati Kuliner di Vihara

Jika Anda sudah berkeliling Patung Buddha Tidur dan merasa lapar, maka tak perlu ragu untuk segera menikmati ragam kuliner yang disediakan di sana. Ada banyak warung makanan serta minuman dengan harga yang memang terbilang ramah di kantong. Ragam makanan itu merupakan makanan khas dari Provinsi Jawa Timur.

Untuk wisatawan yang nantinya ingin membawa bekal sendiri dari rumah, pihak tempat wisata tidak melarang hal tersebut. Namun penting untuk Anda ingat, selama Anda membawa makanan atau minuman sendiri, sebaiknya buang makanan di tempatnya agar tempat wisata tetap terjaga bersih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Patunh Buddha Tidur
Image Credit: Google Maps Budhi Rahayu M

Patung Buddha Tidur memang termasuk salah satu tempat wisata baru di sana. Namun meski begitu, pihak pengelola wisata sudah mengembangkan tempat ini dengan begitu baik. Hal tersebut bisa Anda lihat dari fasilitas yang disediakan patung Budha yang satu ini.

Di sana pengunjung akan memperoleh pusat informasi wisata dan bertanya mengenai info-info tertentu. Anda pun tidak akan kesusahan menemukan toilet umum dan gazebo untuk duduk santai. Untuk yang ingin menjalankan ibadah, maka wisata Budha tidur menyediakan tempat ibadah.

Tak perlu repot membawa bekal dari rumah, karena di sana sudah terdapat warung bagi Anda yang ingin membeli minuman ataupun makanan saat merasa lapar. Pusat kuliner yang terdapat di tempat ini memang terbilang cukup lengkap, bahkan Anda bisa membawa pulang oleh-oleh karena telah tersedia toko oleh-oleh di wisata patung Budha.

Dapatkan pengalaman berlibur yang seru dan menarik saat holiday tiba dengan kerabat serta sahabat Anda di Patung Buddha Tidur di Mojokerto. Tempat ini memang sangat layak untuk Anda jadikan sebagai destinasi utama ketika ingin berlibur.