Taman Bungkul adalah ruang terbuka hijau yang populer di tengah Kota Surabaya. Taman wisata yang asri dengan sarana bermain, pepohonan rindang dan tempat kulineran yang cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Taman Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata yang sangat layak untuk Anda kunjungi yaitu Taman Bungkul Surabaya. Nama taman ini tentunya tak akan asing lagi bagi Anda yang saat ini bermukim di kota Surabaya maupun sekitarnya. Karena memang keseruan yang ditawarkan oleh taman ini membuatnya menjadi tempat yang cukup populer.

Namun bagi Anda yang masih belum mengetahui mengenai Taman Bungkul, maka Anda akan segera tertarik untuk datang setelah mengetahui beberapa hal terkait taman tersebut. Perlu Anda ketahui bahwasannya taman ini pernah dinobatkan oleh PBB sebagai salah satu teman terbaik yang terdapat di dunia.

Hal tersebut merupakan sebuah prestasi membanggakan bagi pemerintah Kota Surabaya. Tentunya juga ada alasan kenapa predikat tersebut sampai dimiliki oleh taman ini. Berikut akan dijelaskan kepada Anda mengenai daya tarik, fasilitas serta beberapa hal mengenai Taman Bungkul sehingga membuatnya pantas untuk menyandang predikat salah satu taman terbaik di dunia.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bungkul

Daya Tarik Taman Bungkul
Image Credit: Google Maps (Ayesha Rizal)

Taman wisata di Surabaya ini memiliki daya tarik yang membuat banyak orang berdatangan untuk mengunjungi tempat tersebut. Berikut adalah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh taman ini.

1. Area Jogging Track

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh taman ini adalah memiliki area jogging track. Jalur dari area jogging track tersebut cukuplah panjang, selain itu juga teduh. Di tempat ini Anda akan bisa dengan leluasa berolahraga bersama dengan sahabat maupun keluarga.

Pepohonan yang terdapat di sepanjang jalurlah yang membuat area jogging track terasa semakin rindang. Mengikuti jalur jogging track Anda akan menemukan area makam Mbah Bungkul yang juga dikelola sebagai salah satu destinasi wisata religi.

2. Pusat Pedagang Kaki Lima

Taman Bungkul juga menjadi area pusat pedagang kaki lima. Anda akan menemukan banyak sekali para pedagang di tempat ini. Tapi Anda jangan salah, karena sekalipun banyak para pedagang yang membuka lapak, namun tempat mereka telah tertata dengan rapi.

Oleh karena itulah di tempat tersebut Anda tidak akan mendapati para pedagang kaki lima dengan kondisi yang semrawut. Mereka ditempatkan di suatu sentra bisnis yang memiliki tatanan rapi serta nyaman untuk dikunjungi oleh para pembeli.

Tak sedikit dari para remaja maupun para pekerja kantoran yang sengaja datang ke taman untuk mendatangi sentra PKL. Hal itu dikarenakan memang lokasinya yang bersih, strategis serta sangat nyaman, sehingga membuat orang-orang betah.

Penataan yang dilakukan terhadap pedagang kaki lima di taman wisata ini membuktikan bahwasannya PKL tidaklah selalu identik dengan masyarakat kelas bawah. Di taman ini para pedagang kaki lima tersebut bisa meraup keuntungan yang cukup besar, terlebih lagi di hari libur atau akhir pekan.

3. BMX Track dan Skateboard

Khusus bagi Anda yang hobi bermain sepeda serta skateboard, maka sangat pas sekali jika berkunjung ke Taman Bungkul. Di taman inilah Anda nantinya akan menemukan area untuk BMX track serta untuk skateboard. Umumnya yang memanfaatkan fasilitas tersebut adalah para anak remaja yang berasal dari Surabaya.

4. Amphitheater

Area yang satu ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara, baik itu berupa acara musik maupun acara-acara kesenian lainnya yang berasal dari dalam serta luar negeri. Area ini terdapat di bagian tengah dari taman. Memiliki bentuk melingkar dengan diameternya mencapai 33 meter.

Di bagian tepinya terdapat pilar-pilar dari batu yang berfungsi sebagai tempat bagi penonton untuk duduk. Saat area ini tidak di gunakan atau sedang tidak ada acara yang berlangsung di sana, maka area tersebut biasanya akan difungsikan oleh anak-anak kecil. Bentuknya yang melingkar dengan diameter yang cukup besar membuat anak-anak tersebut suka bermain di tempat ini.

Daya Tarik dari Taman Bungkul
Image Credit: Google Maps (Toopoki Yc)

5. Playground Area

Selain menggunakan area Amphitheater sebagai tempat bermain untuk anak-anak, Taman Bungkul juga menyediakan area lain yang memang khusus disediakan bagi anak-anak kecil. Ketersediaan fasilitas untuk bermain para anak kecil ini membuat taman tersebut menjadi ruang terbuka hijau yang ramah bagi anak-anak.

Di area playground child Anda akan menemukan beberapa sarana permainan seperti misalnya ayunan, perosotan serta jungkat-jungkit yang memiliki aneka warna cerah. Dengan suasananya yang rindang membuat anak-anak banyak yang betah untuk bermain di area tersebut.

6. WI-Fi Gratis

Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di taman ini yaitu akses terhadap wi-fi gratis. Tentunya banyak orang yang suka dengan wi-fi gratis. Selain gratis, kecepatan yang dimiliki oleh wi-fi yang disediakan oleh Taman Bungkul juga terbilang cepat.

Oleh karena itu, tak heran jika Anda akan menemukan beberapa orang yang berkunjung ke tempat ini membawa serta perangkat laptop mereka.

7. Keran Air Siap Minum Gratis

Anda juga akan menemukan keran air minum yang bebas untuk diminum oleh siapa saja. Dengan adanya fasilitas tersebut tentunya membuat para pengunjung tak perlu lagi repot untuk membeli air.

Terlebih bagi para pengunjung yang selesai melakukan kegiatan olahraga, maka keberadaan air ini sangatlah menguntungkan bagi mereka. Selain itu keberadaan keran air siap minum ini juga mendukung program untuk mengurangi sampah botol plastik.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Bungkul

Harga Tiket Taman Bungkul
Image Credit: Wikipedia.org

Lokasi dari taman wisata ini yaitu terletak di pusat kota Surabaya. Tepatnya taman tersebut berada di jalan Taman Bungkul, wonokromo. Tempat ini tidak berada jauh dari kebun binatang Surabaya. Jarak antara ke dua tempat tersebut hanya berkisar 1 kilometer saja.

Sehingga saat Anda berkunjung ke kebun binatang Surabaya, maka tidak ada salahnya untuk mampir ke taman ini yang letaknya tidak jauh dari lokasi tersebut.

Untuk dapat masuk ke area taman, Anda tidak perlu untuk mengeluarkan uang sepeserpun. Karena memang area wisata ini gratis. Jika datang ke taman ini mungkin biaya yang perlu Anda keluarkan hanyalah uang parkir yang berkisar antara 1000 rupiah hingga 5000 rupiah saja.

Oleh karena itu, ruang terbuka hijau ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata murah. Namun meski begitu Anda perlu membawa beberapa uang, karena di tempat ini terdapat area pedagang kaki lima yang tentunya akan membuat Anda tergiur untuk mencoba mencicipi makanan yang ada di sana.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Bungkul

Aktivitas di Taman Bungkul
Image Credit: Instagram.com @gocapansby

Banyak sekali ragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di Taman Bungkul. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain yaitu:

1. Berolahraga

Dengan banyaknya fasilitas olahraga yang disediakan tentunya aktivitas yang sangat bisa untuk dilakukan yaitu kegiatan berolahraga. Anda bisa jogging di area jogging track yang telah disediakan. Tempatnya yang teduh tentu tidak akan membuat Anda kepanasan.

Selain itu, bagi Anda yang hobi bermain skateboard atau bermain sepeda, maka juga bisa menikmati olahraga tersebut dengan fasilitas yang terdapat di taman wisata ini. Semua fasilitas yang disediakan tidak memerlukan biaya untuk dapat menggunakannya. Sehingga di sini siapa pun bebas untuk dapat merasakan fasilitas yang tersedia di taman tersebut.

2. Car Free Day

Di kawasan sekitaran Taman Bungkul pada hari Minggu Anda akan menemukan kegiatan car free day. Kegiatan tersebut dilakukan mulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 9 pagi. Di waktu carfreeday inilah umumnya akan banyak sekali orang-orang yang berdatangan di ruang terbuka hijau.

Mereka datang untuk sekedar jalan santai, berolahraga, membeli jajanan atau pun menikmati keindahan yang terdapat di taman ini. Anda juga akan menemukan beberapa aktivitas lain seperti misalnya olahraga maupun senam disaat car free day.

3. Tempat untuk Mencari Inspirasi

Sekalipun terletak di jantung kota Surabaya, namun Anda masih bisa menemukan ketenangan di Taman Bungkul. Sehingga dengan begitu tempat tersebut sangatlah cocok dijadikan temlat untuk mencari inspirasi ataupun ide-ide kreatif.

Selain itu, dengan adanya wi-fi gratis tentunya akan lebih memudahkan bagi Anda dalam mengakses internet tanpa harus berbayar. Dengan suasananya yang begitu asri serta aneka jajanan yang terdapat di sentra pedagang kaki lima, maka Anda bisa menikmati suasana sambil makan dan berselancar ke dunia maya.

Aktivitas Taman Bungkul
Image Credit: Google Maps (Alden Tristan)

4. Menikmati Aneka Kuliner

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa di area taman juga terdapat central pedagang kaki lima. Tentunya dengan keberadaan pedagang yang begitu banyak Anda bisa menemukan aneka macam makanan yang dijual di tempat tersebut.

Sehingga wajar saja jika Anda datang ke taman ini hanya untuk sekedar menikmati aneka jajanan ringan ataupun makanan berat yang ditawarkan oleh para pedagang kaki lima ini.

5. Fotografi

Salah satu aktivitas yang juga tidak boleh lupa dilakukan ketika berada di taman Bungkul yaitu fotografi. Anda bisa membawa kamera bertele ataupun Anda juga bisa menggunakan kamera dari handphone Anda untuk mengabadikan momen.

Taman yang menyediakan begitu banyak tempat indah tentunya bisa menjadi spot foto yang menarik bagi Anda yang hobi dalam bidang fotografi.

6. Melakukan Wisata Religi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa di area sisi dari jogging track Anda akan menemukan wilayah pemakaman. Kompleks pemakaman tersebut merupakan makam dari sunan bungkul. Sunan bungkul atau disebut juga dengan Mbah bungkul terletak di bagian belakang dari Taman Bungkul.

Kyai Ajeng Bungkul merupakan salah satu ulama besar yang hidup di zaman Majapahit dulu. Setidaknya hal tersebut terjadi pada abad ke-15. Mbah Bungkul merupakan saudara ipar dari Raden Rahmat, yang juga lebih dikenal dengan sebutan sunan Ampel.

Tentunya dengan datang ke tempat ini selain dapat menikmati keindahan taman, Anda juga dapat sekaligus melakukan wisata religi ke makam tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Bungkul Surabaya

Fasilitas Taman Bungkul
Image Credit: Google Maps (Zaraa Lya)

Ruang terbuka hijau ini terletak di tengah kota Surabaya. Bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya, taman ini memiliki keistimewaan tersendiri. Anda akan menemukan banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh taman tersebut.

Fasilitas-fasilitas itu seperti misalnya: jogging track, wi-fi gratis, skateboard track, air minum gratis, taman bermain anak serta masih banyak lagi fasilitas lain yang tentunya akan sangat memanjakan para pengunjung. Selain itu suasana yang dimiliki oleh taman Bungkul juga sangat asri, sehingga wajar jika sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Taman Bungkul yang terdapat di pusat Kota Surabaya merupakan salah satu tempat yang cukup favorit untuk dikunjungi para wisatawan. Oleh karena itu bagi Anda yang kebetulan berada di kota ini, maka perlu menyempatkan waktu sebentar untuk berkunjung ke taman wisata hits di Surabaya.