Taman Cibodas Bontang, Tujuan Rekreasi Favorit Keluarga

 

Taman Cibodas Bontang

Jika berbicara tentang wisata keluarga, Taman Cibodas Bontang merupakan salah satu destinasi yang tak boleh terlewatkan. Di Taman Cibodas pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas hiburan sekaligus foto-foto.

Lokasi: Belimbing, Kec. Bontang Barat, Kota Bontang.
Map: Cek Lokasi

Anda yang berdomisili di wilayah Bontang dan sekitarnya, tentu sudah tidak asing dengan adanya Taman Cibodas. Taman ini merupakan taman lokal yang sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar kota Bontang untuk rekreasi dan berbagi aktivitas. Taman ini memang secara khusus dibuat sebagai ruang hijau dan bermain untuk masyarakat kota Bontang.

Selain untuk bermain, taman ini juga bisa digunakan untuk belajar anak-anak, sebab terdapat beberapa permainan yang edukatif dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Terdapat pula berbagai macam flora dan fauna yang bisa diguankan sebagai media pengenalan alam dan lingkungan untuk anak.

Anda yang hendak berkunjung ke taman ini namun masih ragu, berikut merupakan beberapa informasi detail dan mendukung yang akan membantu Anda ketika hendak berkunjung ke Taman Cibodas di Bontang.

Sekilas Tentang Taman Cibodas Bontang

Tentang Taman Cibodas

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Taman ini sebenarnya dibuat oleh pihak pengembang properti PT Pupuk Kaltim yang berdiri di Kota Bontang. Karena perumahan dibangun dan dibuat di sekitar tempat tersebut, maka dibuatlah taman sebagai ruang hijau dan tempat rekreasi yang dekat dengan perumahan tersebut.

Menariknya, taman ini tidak dibuat hanya khusus untuk keluarga yang tinggal di perumahan tersebut, namun juga masyarakat yang tinggal di Kota Bontang secara keseluruhan.

Ini terlihat dengan lahan yang digunakan, cukup luas untuk bersantai dan memiliki berbagai fasilitas yang mendukung untuk berbagai kegiatan. Masyarakat yang tinggal di luar perumahan tersebut juga diijinkan untuk bermain dan datang ke Taman Cibodas.

Selain untuk menyediakan ruang hijau untuk keluarga yang tinggal di perumahan, ia juga dibuat sebagai salah satu langkah pemerintah dalam menjalankan konsep kota cerdas atau smart city di kota Bontang. Sehingga masyarakat mendapatkan edukasi untuk menghabiskan waktu yang dimiliki di akhir pekan secara bijak.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Cibodas

Fasilitas Taman Cibodas

Image Credit: Trepelin.com

Hampir sama seperti fasilitas yang terdapat di taman pada umumnya, terdapat taman bermain untuk anak-anak yang bisa dimainkan secara mandiri atau dengan bantuan orang tua. Permainan tersebut tentunya akan menjadikan hubungan antara anak dengan orang tua berjalan lebih harmonis.

BACA:  Pulau Sangalaki, Pulau Cantik yang Menakjubkan di Berau Kaltim

Beberapa permainan yang disediakan misalnya jungkat jungkit, jembatan gantung, ayunan perahu besar, serta berbagai replikasi hewan dan kendaraan yang bisa membantu Anda memberikan pengertian pada anak terkait benda tersebut.

Selain permainan, untuk fasilitas lain yang disediakan adalah tempat ibadah dan toilet umum, sehingga pengunjung yang datang bisa menikmati taman dengan lebih leluasa tanpa perlu khawatir ketika hendak beribadah, khususnya untuk mereka yang beragam Islam. Tempat ibadah dan kamar mandi tersebut juga dalam kondisi yang bersih.

Anda yang ingin menikmati waktu luang sambil menikmati pemandangan alam, maka Taman Cibodas merupakan tempat yang tepat untuk Anda. Terdapat danau kecil yang bisa Anda nikmati sambil melihat pemandangan dan mengawasi buah hati Anda bermain.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Cibodas

Aktivitas di Taman Cibodas

Image Credit: Juraganamal.blogspot.com

Terdapat beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di taman ini, misalnya bermain bersama keluarga dengan menikmati berbagai wahana dan jenis permainan yang disediakan. Ada beragam jenis permainan yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan keinginan dan selera anak.

Tidak sedikit masyarakat Bontang yang datang ke taman tersebut hanya untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Sebab sebagai ruang hijau, ia memiliki fasilitas yang lengkap dan menawarkan suasana yang asli. Bahkan untuk Anda yang hendak berwisata kuliner bisa sekalian mencicipi berbagai jajanan yang ada di dekat taman ini.

Jajanan yang disediakan umumnya merupakan snack dan camilan, baik dari jenis tradisional maupun modern. Harga yang ditawarkan untuk tiap makanan tersebut juga bervariasi, namun tidak sampai membuat kantong Anda bocor karena harganya lumayan terjangkau.

Di pagi dan sore hari, banyak masyarakat yang berkunjung untuk melakukan jogging dan olahraga ringan, baik sendiri maupun dengan orang lain. Tersedia track lari yang bisa Anda manfaatkan dengan rute mengelilingi taman. Keberadaan taman tersebut terbukti membuat warga antusias untuk berkunjung dan datang.

Keunggulan Taman Cibodas Bontang

Keunggulan Taman Cibodas

Image Credit: Trepelin.com

Wilayah Bontang yang terletak di Kalimantan Timur memang masih memiliki hutan kecil dan pemandangan yang asri. Inilah yang kemudian menjadi nilai lebih yang diunggulkan oleh pengembang dan pengelolanya.

BACA:  Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya Sarat Cerita Horor di Kalimantan Timur

Di taman tersebut, suasana dibuat seasri dan sesejuk mungkin, sehingga masyarakat yang datang berkunjung bisa betah dan berlama-lama untuk bermain disana. Taman tersebut tidak hanya berisi bunga dan tanaman kecil saja, namun juga pohon yang besar dari jenis buah hingga jenis pohon peneduh.

Bagi Anda yang beruntung datang ketika musim buah berlangsung, Anda bisa menikmati secara gratis buah yang masak dari pohonnya. Buah yang menjadi favorit pengunjung ketika sudah masak adalah rambutan dan manggis. Pohon disana memang tumbuh secara liar, namun dirawat dengan baik oleh pengelola.

Hasil dari pohon tersebut juga bebas diambil oleh siapa saja, terutama masyarakat yang datang untuk berkunjung. Selain suasana yang asri,terdapat danau kecil yang akan menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung di taman ini. Di sekitar danau terdapat tempat duduk yang bisa Anda tempat sembari melihat pemandangan.

Keunggulan lain dari taman ini adalah tempatnya yang bersih dan nyaman, walaupun berukuran luas namun kebersihan dan kerapian tempat ini terjaga dengan baik. Pengelola memastikan bahwa tidak ada sampah yang menumpuk di taman tersebut dan memberikan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Cibodas

Tiket Masuk Taman Cibodas

Image Credit: Trepelin.com

Untuk tiket masuk di Taman Cibodas, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun, atau dalam kata lain gratis. Karena merupakan tempat umum yang memang dibuat untuk masyarakat Bontang, tidak ada tarif retribusi yang perlu dibayarkan untuk memasuki taman ini.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebelum memasuki taman, kurang lebih biaya parkir tidak mencapai sepuluh ribu rupiah untuk kendaraan bermotor, dan kurang dari 20 ribu rupiah untuk mobil. Dengan membayar biaya parkir, maka kendaraan Anda dijamin akan tetap aman selama bermain di Taman Cibodas.

Untuk Anda yang hendak berkunjung ke taman ini, tidak perlu khawatir mengenai jam tutup operasional. Sebab Taman Cibodas buka setiap hari dari Senin sampai Minggu, dan akan buka selam 24 jam penuh.

Namun alangkah lebih baik Anda tidak datang ketika malam sudah menjelang. Selain karena pepohonan yang rimbun di tempat tersebut, di malam hari tidak semua tempat bisa terjangkau cahaya dari lampu penerangan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Cibodas di Bontang ini sekitar sore hari dari pukul 3 sampai 6 sore.

BACA:  Pantai Manggar Segara Sari, Wisata Bahari Favorit di Balikpapan

Akomodasi Menuju Taman Cantik Bontang

Akomodasi Menuju Taman Cantik

Image Credit: Maps.google.com @hadi benayem

Anda yang hendak berkunjung ke Taman Bontang akan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil. Ini karena dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung datang ke lokasi tepat di depan pintu gerbang masuk menuju taman.

Berbeda jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda tidak bisa sampai di depan gerbang Taman Cibodas. Anda perlu berjalan kaki sejenak dari jalan raya umum menuju lokasi, namun jaraknya tidak terlalu jauh, sehingga aman untuk Anda yang hendak menggunakan kendaraan pribadi.

Karena terletak di dekat perumahan, akses jalan menuju Taman Bontang sudah cukup baik, dan bisa dilalui berbagai macam kendaraan. Ini tentunya memberikan kemudahan untuk mereka yang hendak datang dari luar kota.

Di dekat Taman Bontag adalah perumahan yang dikelola oleh PT Pupuk Kaltim, karena itu tidak tersedia akomodasi tempat untuk menginap di jarak yang dekat. Anda bisa mendapatkannya di luar perumahan tersebut dengan datang ke dekat daerah perkotaan.

Tips Berkunjung ke Taman Cibodas Bontang

Tips ke Taman Cibodas

Image Credit: Jalansambiljajan.blogspot.com

Apabila Anda hendak berkunjung ke taman ini dalam waktu dekat, terdapat beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan. Misalnya dengan datang ke taman di waktu matahari sedang teduh, baik pada pagi hari atau sore hari. Ini akan membuat aktivitas bermain keluarga menjadi lebih maksimal.

Selanjutnya bawalah tikar atau alas untuk duduk, terutama untuk Anda yang datang bersama keluarga dan tidak ingin pakaian kotor. Jika tidak keberatan duduk di rumput, tentu tidak akan masalah. Sebab jumlah tempat untuk duduk terbatas di taman ini, karena memang difokuskan sebagai tempat bermain anak.

Ketika hendak bermain, pastikan bahwa wahana permainan tersebut memang aman untuk anak-anak. Ketika bermain, selalu awasi anak Anda dari kemungkinan jatuh dan peristiwa lain yang tidak terduga.

Akan lebih baik jika Anda membawa bekal dari rumah apabila berniat untuk bermain di taman tersebut dalam rentang waktu yang lama. Sebab kemungkinan akan antri ketika hendak memesan makanan atau camilan di taman tersebut.

Informasi singkat mengenai Taman Cibodas di Bontang tersebut semoga bisa membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai suasana dan kegiatan yang hendak dilakukan disana, terutama bersama dengan keluarga.