Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-23.00 WITA, Alamat: Dulomo Selatan, Kec. Kota Utara, Kota Gorontalo, Gorontalo; Map: Cek Lokasi

Tiara Water Park merupakan sebuah destinasi wisata air di Gorontalo yang biasa digunakan untuk berenang dan bermain wahana di dalamnya. Destinasi ini sudah lama dibangun yaitu dari bulan Desember di tahun 2012 dan kini semakin populer di kalangan publik. Dari sejak dibangun, lokasi wisata tersebut banyak dikunjungi para wisatawan baik itu masyarakat sekitar ataupun dari luar daerah.

Destinasi ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga besar karena terdapat banyak wahana menarik yang dapat dimainkan. Anak-anak akan merasa senang ketika diajak ke kolam renang ini karena dapat bermain seluncuran, menunggangi patung kuda ataupun hewan lainnya. Tersedia pula rumah mini dengan desain lucu untuk berfoto sehingga anak merasa senang selama liburan.

Kepopuleran destinasi ini dibuktikan dengan ratusan tiket yang sering habis setiap harinya. Bahkan, tiket akan terjual lebih dari 200 lembar ketika weekend. Pemerintah setempat pun semakin memperindah destinasi wisata ini agar semakin banyak dikunjungi wisatawan. Dibawah ini akan dijelaskan secara rinci beberapa keunggulan dari kolam renang yang modern dan bersih tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Tiara Water Park

Daya Tarik Tiara Water Park Gorontalo
Image Credit: Google Maps Khasanah Run

1. Kolam yang Terawat dan Bersih

Tiara Water Park memiliki sebuah kolam renang dengan air bersih sehingga membuat Anda nyaman ketika berenang disana. Kesegaran air kolam tentunya menghilangkan rasa lelah dari perjalanan menuju lokasi wisata. Bahkan, tersedia berbagai ban dengan bentuk menarik yang dapat Anda sewa ketika berenang.

Keindahan kolam pun menjadikan destinasi ini sebagai tempat liburan favorit bagi anak-anak. Setiap minggunya sering dikunjungi rombongan anak-anak sekolah untuk melakukan kegiatan renang. Tidak sedikit pula orangtua yang mengajak anaknya berenang di kolam ini dan bermain air bersama-sama dengan menyenangkan.

Kolam tersebut terkenal karena airnya yang bersih sehingga nyaman digunakan oleh para pengunjungnya. Jernihnya air kolam akan membuat Anda ingin segera menikmatinya saat pertama kali berkunjung kesana. Kolam ini memiliki keamanan yang cukup ketat sehingga tidak akan terjadi resiko apapun pada Anda dan keluarga selama berenang disana.

2. Adanya Kolam Khusus Buaya dan Ikan

Uniknya, wisata ini tidak hanya untuk berenang ataupun menikmati wahana saja. Tersedia penangkaran buaya di dalamnya. Namun, jumlah buaya yang berada di dalam area wisata ini tidak begitu banyak. Anda dapat melihat aktivitas buaya pada kolam khusus yang telah tersedia disana.

Sebagian besar wisatawan ingin melihat kegiatan buaya tersebut ataupun mengambil fotonya dari kejauhan. Tidak hanya orang dewasa, kalangan anak-anak pun rela mengantri untuk melihat buaya.

Selain buaya, Anda dapat melihat ikan-ikan yang hidup dalam kolam pemancingan. Berbagai ikan cantik sengaja disimpan dalam kolam tertentu untuk memperindah area sekitar kolam. Anda bahkan dapat melihat lebih dari seratus ikan yang hidup dalam kolam tersebut. Anak-anak merasa senang ketika berkeliling sambil melihat ikan berwarna-warni.

3. Wahana Menarik

Daya Tarik Dimiliki Tiara Water Park Gorontalo
Image Credit: Google Maps Rudi Bagong

Tiara Water Park memiliki daya tarik utama yaitu adanya berbagai wahana bermain anak yang sangat menarik. Pertama, anak-anak dapat bermain perosotan di kolam sambil berenang dengan seru. Kolam renang tersebut memiliki tingkat kedalaman yang rendah sehingga aman digunakan anak.

Terdapat pula patung singa putih seperti ikon Negara Singapura yang memancarkan air. Ember raksasa yang menumpahkan air secara tiba-tiba menjadikan suasana liburan terasa menyenangkan. Selain itu, kolam ini menghadirkan perosotan mini berbentuk bangunan lucu yang berada di bagian tengahnya.

Tidak hanya berenang, Anda dapat menikmati kegiatan berfoto pada berbagai jenis patung di sekitar kolam. Terdapat beberapa patung hewan yang sering ditunggangi anak-anak dan terlihat seperti nyata. Ada pula patung orang sedang membajak sawah. Bahkan pada gazebo tertentu memiliki patung anak muda sedang mengendarai motor diatasnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tiara Water Park Gorontalo
Image Credit: Google Maps Andri Herdiana

Tiara Water Park ini berada di daerah Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo. Lokasi tersebut adalah bagian dari wilayah Kota dan Provinsi Gorontalo yang berada di Sulawesi. Tentunya Anda akan melalui perjalanan yang cukup jauh dengan pesawat terbang jika berasal dari luar pulau.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, harus menggunakan pesawat yang akan mendarat di Bandara Jalaluddin Gorontalo. Perjalanan menuju lokasi wisata akan memakan waktu sekitar satu jam lamanya dengan jarak 35 kilometer jika mengendarai mobil. Sedangkan jika Anda menggunakan motor, hanya sekitar 40 menit saja.

Meskipun jauh, Anda dapat melalui perjalanan dengan rute yang cukup mudah untung mengunjungi destinasi wisata. Dari bandara, gunakan Jalan Trans Sulawesi hingga menemukan sebuah bundaran. Belokkan mobil ke arah kiri sekitar 400 meter, kemudian arahkan ke bagian kanan untuk menuju Jalan Huduio.

Lanjutkan perjalanan dengan mengemudikan mobil ke arah kiri kembali menuju Jalan Irigasi dan Jalan Rusli Datau I. Dari lokasi tersebut, Anda hanya perlu bertanya pada warga sekitar letak dari kawasan wisata water park ini yang sudah dekat. Akan lebih baik jika Anda mengunjungi destinasi tersebut menggunakan kendaraan pribadi ataupun taksi agar segera sampai ke tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Tiara Water Park Gorontalo
Image Credit: Google Maps kaki panjang

Untuk masuk ke Tiara Water Park memerlukan tiket dengan biaya sekitar 20 ribu rupiah bagi setiap pengunjungnya. Namun, harga tiket akan berkurang setengahnya menjadi 10 ribu rupiah jika Anda berkunjung di malam hari. Tiket tersebut berlaku bagi para pengunjung dengan usia diatas satu tahun. Jika anak Anda dibawah satu tahun, maka dapat menikmati lokasi tersebut secara gratis.

Area wisata ini dibuka dari pukul 08.00 pagi dengan keadaan air yang baru dibersihkan dan sangat segar. Anda dapat menikmati kolam renang tersebut selama seharian hingga jam 11 malam. Anda akan merasa puas selama berwisata disana karena hanya membayar tiket masuk saja tanpa biaya tambahan lainnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tiara Water Park

Aktivitas Tiara Water Park Gorontalo
Image Credit: Google Maps Herwindo Ismail

1. Berenang di Waterboom

Ketika Anda berkunjung ke Tiara Water Park, tidak boleh melewatkan kegiatan berenang yang menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan area wisatanya didominasi oleh sebuah waterboom ataupun kolam renang yang diminati para pengunjung. Terdapat fasilitas pendukung seperti penyewaan ban ataupun pelampung.

Kolam bahkan dipenuhi dengan banyak perosotan, ember tumbah, ikon air mancur singa berwarna putih, serta patung hewan lainnya. Anda tidak hanya berenang, namun dapat berfoto bersama kumpulan patung tersebut di kolam. Desain kolam pun membuat anak-anak senang dan betah selama berlibur disana.

2. Berfoto dengan Patung Hewan dan Manusia

Selain selfie di sekitar kolam, Anda dapat berfoto dengan patung-patung lainnya yang berada di dekat gazebo. Beberapa patung unik dihadirkan dalam kolam ini untuk membuat para wisatawan semakin tertarik. Desain patung terlihat sangat keren dengan bentuk yang jelas seperti manusia sungguhan.

Ada patung manusia yang sedang membajak sawah bersama kerbau, kuda, banteng, hingga jerapah. Patung hewan tersebut biasa ditunggangi anak-anak yang berkunjung kesana untuk berfoto. Bahkan, patung kuda coklat dan putih yang berada di wisata ini memiliki desain terbaik karena lengkap dengan andongnya.

3. Melihat Aktivitas Buaya dan Ikan

Aktivitas seru Tiara Water Park Gorontalo
Image Credit: Google Maps Galuh Paramita

Kawasan wisata ini menghadirkan beberapa jenis ikan yang dapat Anda lihat selama liburan. Kegiatan ini terlihat seperti membosankan, namun ternyata dapat menenangkan pikiran. Dengan melihat gerombolan ikan cantik yang berenang kesana kemari dalam kolam yang segar membuat mata dan pikiran menjadi nyaman.

4. Bermain dengan Burung Merpati

Kegiatan lainnya yang akan dilakukan di Tiara Water Park yaitu mengejar burung merpati. Terdapat puluhan burung merpati yang akan terbang dengan cantik ketika Anda menghampirinya. Momen seperti ini akan semakin terlihat indah ketika melakukan pemotretan dengan pengambilan foto yang tepat.

5. Berkeliling Menggunakan ATV Unik

Anda dapat mengeliling seluruh area wisata menggunakan ATV dengan desain unik khas kolam renang Tiara Water Park. Namun, ATV mini tersebut hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja. Satu ATV dapat memuat dua orang anak saja serta harus dibimbing langsung oleh orangtua ketika sedang menggunakannya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tiara Water Park Gorontalo
Image Credit: Google Maps Rudi Bagong

Tiara Water Park Gorontalo memiliki fasilitas yang lengkap dengan adanya beberapa toilet umum dalam kawasan wisata. Lahan parkir yang tersedia pun sangat luas sehingga mampu menampung puluhan kendaraan dari para pengunjungnya.

Tersedia pula beberapa gazebo dengan suasana asri yang membuat Anda betah selama berlibur di kolam renang. Anda dapat berkumpul bersama keluarga hingga melakukan kegiatan berfoto di gazebo tersebut. Anda tidak perlu mempersiapkan bekal makanan ketika mengunjungi kolam ini, karena tersedia beberapa Kafe yang menyediakan banyak cemilan serta minuman dengan lengkap.

Fasilitas lainnya yaitu adanya beberapa wahana untuk bermain anak dengan desain lucu dan cantik. Anak-anak dapat berenang dan bermain di wahana tersebut dari pagi hingga sore hari. Hal ini tentu membuat anak-anak bahagia ketika berwisata ke Water Park ini.

Itulah beberapa informasi dari destinasi wisata bernama Tiara Water Park Gorontalo yang sangatcpopuler di kalangan wisatawan. Anda dapat menikmati berbagai jenis wisata air yang seru saat berkunjung kesana. Keseruan tersebut menjadikan liburan Anda memiliki pengalaman yang berkesan.