10 Wisata Kuliner di Kediri yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Kediri

Berkunjung ke daerah Jawa Timur, tentunya tidak akan terasa jika belum pergi ke daerah Kediri. Kota yang menjadi salah satu daerah terbesar di Jawa Timur ini menyimpan beragam keindahan alam. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai wisata kuliner di Kediri yang menawarkan cita rasa khas Jawa Timur.

Mulai dari makanan tradisional, modern bahkan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu bisa Anda temukan di kota Kediri. Dikenal sebagai salah satu kota yang menjadi tujuan para traveller membuat Anda lebih mudah untuk menemukan tempat kuliner di kota ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kediri, pastinya harus mengetahui terlebih dahulu wisata kuliner apa saja yang bisa ditemukan disana. Oleh sebab itu, berikut ada 10 rekomendasi tempat kuliner di Kediri yang harus Anda kunjungi, baik bersama teman ataupun keluarga.

1. Soto Ayam Bok Ijo Kediri

Soto Ayam Bok Ijo Kediri

Lokasi: Jl. Semeru No.55, Semen, Tamanan, Kec. Mojoroto, Kab. Kediri . – Image Credit by Silviananoerita.com

Soto ayam bok ijo ini merupakan salah satu kuliner yang sangat populer di kota Kediri, Jawa Timur. Salah satu penyebabnya adalah karena sang pemilik tidak pernah mengganti resepnya yang sangat nikmat sejak dulu.

Soto ayam bok ijo Kediri ini menawarkan kuah yang mempunyai rasa cukup gurih dan lezat. Selain itu, Anda juga bisa memesan satu porsi soto namun ditambah dengan ayam bakar yang membuatnya menjadi lebih lezat.

2. Depot Sate Tenang Pak Slamet

Depot Sate Tenang Pak Slamet

Lokasi: Jl. Letjen Sutoyo No.73, Tarunsakti, Pare, Kec. Pare, Kab. Kediri. – Image Credit by Tripifyapp.com

Depot sate pak slamet adalah salah satu kuliner yang harus Anda coba saat sedang berkunjung ke Kediri. Hal tersebut karena sate yang satu ini sudah sangat legendaris, sebab telah berdiri sejak puluhan tahun silam. Dengan resep yang tidak pernah berubah, membuat banyak orang rela mengantre untuk mencicipi sate tenang pak slamet.

BACA:  40 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Depot sate pak slamet sangat pas untuk Anda coba saat malam hari sembari menikmati suasana kota Kediri bersama keluarga. Salah satu menu favorit di tempat ini adalah gulai dan juga sate kambing yang menggunakan bumbu khas Pare, Kediri.

3. Soto Ayam Depot Podjok Kediri

Soto Ayam Depot Podjok Kediri

Lokasi: Jl. Dhoho No.146, Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Liburmulu.com

Soto adalah kuliner khas jawa yang sudah melegenda hingga mancanegara. Salah satunya yang berada di Kediri adalah soto ayam depot podjok yang konon katanya sudah ada sejak tahun 1926 silam. Untuk mencoba rasa soto ayam yang satu ini, Anda harus mengantre terlebih dahulu, karena tempat ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Soto ayam depoti podjok ini sangat pas untuk dijadikan penghangat tubuh saat sedang berada di Kediri. Apalagi harga yang ditawarkan juga cukup murah, yaitu sekitar Rp 15.000 saja untuk satu porsinya.

4. Bakso Barokah 313 Kediri

Bakso Barokah 313 Kediri

Lokasi: Jl. Letjend Suprapto No.107, Banjaran, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bakso adalah kuliner khas jawa yang sudah dikenal di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Di Kediri, Anda bisa mencoba bakso barokah 313 yang selalu menjadi buruan para pecinta bakso. Hampir setiap hari bakso barokah 313 ini tidak pernah sepi pengunjung, sehingga Anda harus mengantre terlebih dahulu untuk dapat mencobanya.

Warung bakso ini buka setiap harinya, mulai dari jam 09.00 – 21.00. Meskipun memiliki tampilan layaknya bakso pada umumnya yaitu campuran antara bihun, tahu dan bakso, tetapi rasa yang ditawarkan sangat lezat, sehingga mampu menarik konsumen untuk mencobanya kembali.

BACA:  10 Taman Keren di Malang untuk Mengisi Akhir Pekan

5. Nasi Pecel Tumpang

Nasi Pecel Tumpang

Lokasi: Jl. Cendana No.76, Singonegaran, Kec. Pesantren, Kota Kediri. – Image Credit by Travelingyuk.com

Nasi pecel tumpang adalah kuliner favorit masyarakat di Kediri dan sekitarnya. Hampir setiap sudut di kota ini Anda bisa menemukan nasi pecel tumpang.

Di dalam setiap piring nasi pecel tumpeng, Anda bisa mendapatkan nasi yang dipadukan kuah pecel, tempe, rempeyek, jeroan, dan juga telur ayam. Dengan harga yang masih tergolong murah dan rasa yang nikmat membuat para wisatawan menjadikan kuliner ini sebagai makanan favorit saat siang hari.

6. Kedai Kawan Lama

Kedai Kawan Lama

Lokasi: Jl. Veteran No.9B, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. – Image Credit by Facebook.com Kedai Kawanlama

Sama seperti nama yang diberikan, kedai ini menawarkan nuansa era tahun 90-an yang cocok untuk Anda jadikan tempat makan bersama keluarga atau nongkrong bersama sahabat. Kedai kawan lama buka setiap hari, mulai dari jam 13.00 – 22.00.

Disini Anda bisa menemukan 2 buah ruangan dan tentunya sangat pas untuk dijadikan tempat mengobrol. Hampir semua ruangan di kedai kawan lama dipenuhi dengan dekorasi kuno yang sangat menarik, mulai dari aksesoris zaman dulu, game, komik dan berbagai macam mainan lainnya.

7. Mie Erlangga Kediri

Mie Erlangga Kediri

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.77, Pakelan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Id.polomap.com

Salah satu kuliner yang cukup terkenal di Kediri adalah mie erlangga. Disini Anda bisa menemukan berbagai macam olahan mie yang lezat dan sangat pas untuk menjadi santapan makan siang Anda.

Selain itu, warung mie erlangga Kediri juga menawarkan beberapa menu non halal, seperti olahan daging babi. Pastinya warung makan ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang non-muslim, sehingga dapat mencicipi beragam menu makanannya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Gresik Paling Populer

8. Sate Emprit Mbah Darmo

Sate Emprit Mbah Darmo

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, RT.01/RW.01, Drangin, Wonojoyo, Kec. Gurah, Kab. Kediri. – Image Credit by Telusurindonesia.co

Emprit adalah sebutan lain dari burung pipit. Sesuai dengan namanya, di tempat ini Anda bisa menikmati sajian sate yang tidak sama seperti sate pada umumnya. Sate milik mbah darmo ini menawarkan sajian daging burung pipit, sehingga memiliki daging yang cukup kecil namun dengan tekstur lembut.

Selain sate emprit, Anda juga bisa merasakan berbagai macam jenis daging lainnya yang tak kalah unik. Beberapa menu favoritnya adalah sate biawak dan juga sate kalkun. Dengan harga yang cukup terjangkau, maka tempat ini bisa Anda jadikan destinasi kuliner saat berkunjung ke Kediri.

9. Kedai Brengoz

Kedai Brengoz

Lokasi: Jl. Super Semar No.199, Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Kedai-brengoz.business.site

Kedai Brengoz adalah tempat kuliner di Kediri yang menawarkan konsep modern dan kekinian. Tempat ini sering kali dijadikan sebagai pilihan nongkrong anak muda di daerah Kediri dan sekitarnya. Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai dari jam 16.00 sampai malam. Wajar saja jika banyak anak muda yang menjadikannya sebagai tempat untuk nongkrong dan mengobrol.

Selain memiliki konsep yang menarik, harga yang ditawarkan pun tidak membuat kantong Anda jebol. Berbagai macam menu yang ditawarkan disini dapat Anda cicipi mulai dari harga Rp 5.000 sampai Rp 10.000 saja.

10. Lombok Idjo Kediri

Lombok Idjo Kediri

Lokasi: Jl. Patiunus No.16, RT.1/RW.2, Dandangan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. – Image Credit by Diarysivika.com

Tempat wisata kuliner di Kediri yang terakhir adalah Lombok idjo. Tempat makan yang satu ini sangat pas untuk dikunjungi jika Anda merupakan pecinta rasa pedas. Dengan mengusung konsep tradisional, membuat sensasi makan di tempat ini menjadi sangat nikmat.

Ada berbagai menu yang ditawarkan disini, mulai dari ayam, lalapan, sayur bening, sayur asem dan lain lain. Dengan harga yang cukup miring, membuat Lombok idjo patut Anda jadikan sebagai tempat makan saat siang hari di Kediri.

Demikian informasi tentang 10 rekomendasi wisata kuliner di Kediri yang harus Anda kunjungi. Selain menawarkan makanan yang beragam, harganya pun relatif murah. Dengan demikian, beberapa tempat makan tersebut bisa Anda jadikan sebagai penghilang lapar setelah seharian berkeliling di kota Kediri.