Madiun sebagai salah satu daerah di Jawa Timur memiliki warisan sejarah terhadap Indonesia dan Madiun juga dikenal dengan ragam wisata kuliner lezat.

Wilayah Madiun dibedakan menjadi dua wilayah administratif yang berbeda, yaitu Kota Madiun dan Kabupaten Madiun. Meskipun berbeda secara administratif, namun warganya tetap saling berbaur dan memiliki warisan budaya yang sama. Perkembangan berbagai aspek kehidupan di kawasan ini dari waktu ke waktu sangatlah baik.

Madiun merupakan area yang sangat strategis karena dilalui jalur Surabaya-Yogyakarta. Selain itu, disinilah pabrik industri kereta api berada. Sarana transportasi publik juga sangat mudah diakses, baik jenis becak, angkot, taksi, bus, maupun transportasi online yang sekarang sedang hits. Pemerintah sangat mendukung kemajuan aspek pariwisata.

Tatanan kota dan kabupaten terus diperbaiki, dan dirawat. Adanya pembangunan beberapa spot taman di tengah kota, serta titik-titik khusus untuk rekreasi sangat menarik minat masyarakat. Diantara kekhasan Madiun adalah adanya wisata kuliner yang lezat dan wajib Anda coba.

1. Depot Nasi Pecel 99

Depot Nasi Pecel 99
Image Credit: Anakjajan.com

Ikon makanan yang paling terkenal dan melekat pada Madiun adalah sambal pecel. Sambal pecel merupakan jenis sambal yang terbuat dari bahan kacang tanah, dan bumbu-bumbu lainnya (cabai, daun jeruk purut, bawang, gula merah, asam jawa, dan garam). Banyak sekali orang Indonesia yang menyukai makanan ini.

Tempat makan yang menyediakan menu pencel paling populer di wilayah ini adalah “Depot Nasi Pecel 99.” Depot tersebut merupakan depot yang legendaris. Beberapa petinggi negeri ini pernah berkunjung dan mereka menyukai hasil masakannya. Karenanya, tak lengkap kalau datang ke Madiun, namun tidak mampir ke depot ini.

Lokasi: Jl. Cokroaminoto No.99, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun.

2. Bluder Cokro

Bluder Cokro
Image Credit: Kusumatrisna.wordpress.com

Hampir setiap orang tahu bahwa bluder Cokro adalah salah satu jenis oleh-oleh makanan yang menjadi andalan Madiun. Produk jenis roti yang diciptakan oleh Nyonya Susana ini telah ada dari tahun 1889. Resep yang digunakan oleh empunya produk awalnya didapatkan dari orang-orang dari Belanda.

Varian dari bluder Cokro terdiri dari rasa bluberry, smooked beef, fruty tam, mix match, cokelat, kismis, keju, kacang, original, abon, nutela, strawberry, dan nanas. Jenis makanan ini mempunyai tekstur yang sangatlah lembut dan rasanya memiliki takaran yang pas. Makanan ini hanya bisa bertahan selama enam hari.

Harga dari bluder sendiri tidaklah terlalu mahal, kurang lebih 8-10 ribu per biji. Pembelian dapat dilakukan di outlet toko sejak jam tujuh pagi hingga jam sembilan malam.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.53, Manguharjo, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

3. Dawet Suronatan

Dawet Suronatan
Image Credit: Detik.com

Ketika musim kemarau datang, cuaca di Madiun sangat terik dan panas. Meminum es dawet Suronatan menjadi pilihan paling tepat untuk melepas dahaga. Dawet Suronatan sudah mulai beroperasi sejak tahun 1960. Meskipun waktu terus berjalan, namun rasa dan kualitas dawet tidak mengalami perubahan sama sekali.

Kekhasan dari dawet ini jika dibandingkan dengan dawet lainnya adalah tampilannya. Penyajian dawet ditempatkan pada mangkok berukuran kecil, isian dari dawet berupa cendol, bubur sumsum, ketan hitam, dan tape. Para pengunjung depot dawet Suronatan juga bisa menikmati makanan khas Indonesia lainnya di tempat ini.

Lokasi dawet Suronatan juga mudah ditemui dan strategis karena berada di pusat kota. Biasanya sangat ramai dikunjungi warga setempat saat jam istirahat kantor, karena banyak pekerja yang mampir ke sini untuk makan siang bersama rekan-rekan mereka.

Lokasi: Jl. Merbabu No.10, Pangongangan, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

4. Brem Madiun

Brem Madiun
Image Credit: Omiyago.com

Madiun juga identik dengan brem. Brem yang berasal dari Madiun memiliki kekhasan tersendiri, yaitu warnanya agak kekuningan dan bentuknya pipih. Rasa brem Madiun memberikan sensasi dingin, manis, dan segar yang melebur menjadi satu saat kita menelannya ke dalam mulut.

Brem dibuat dari ketan yang mengalami fermentasi. Rasa brem yang ditawarkan juga beragam tidak original saja, ada rasa-rasa lain, seperti strawberry, keju, cokelat, dan lainnya. Harganya pun juga terjangkau antara 5 hingga 20 ribu rupiah untuk pembelian 1 kotak brem. Ada banyak merk brem Madiun yang bisa dipilih.

Lokasi: Jl. Banjar Waru No.4, Banjarejo, Kec. Taman, Kota Madiun.

5. Jiero Wedangan

Jiero Wedangan
Image Credit: Daerahwisata.com

Tempat lain untuk kuliner yang modern dan asyik untuk nongkrong para anak muda adalah Jiero Wedangan. Warga Madiun mengenal begitu baik tempat ini. Menu yang ditawarkan bervariasi. Tagline dari Jiero adalah “semakin dekat maka semakin akrab.” Desain interior ruangan sangat kekinian dan nyaman tempatnya.

Pengunjung akan betah berada lama-lama di sini. Pengelola menyediakan spot-spot menarik yang sangat cocok untuk mengambil foto yang bagus. Harga yang ditawarkan untuk menu minuman dan makanan relatif terjangkau untuk dompet anak muda.

Lokasi: Jl. Bali No.17, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun.

6. Warung Makan Om Breng

Warung Makan Om Breng
Image Credit: Tripadvisor.com

Walaupun judulnya “warung”, namun tempat ini bukan hanya warung biasa seperti pada umumnya. Konsep yang diusung oleh pemilik menggabungkan unsur tradisional, klasik, dan modern. Jadi sebenarnya lebih mirip cafe masa kini. Jenis makanan yang ditawarkan adalah beragam makanan khas Indonesia.

Menu andalan dari cafe ini adalah berbagai macam menu mie, ayam geprek, dan juga “nasi gandul.” Sedangkan untuk minumannya, pengunjung dapat memesan es krim yang bervariasi, es strawberry serut, es kling, dan juga mojito untuk melepas haus.

Lokasinya cukup strategis karena berada dekat dengan pusat perbelanjaan, dan fasilitas publik seperti Rumah Sakit, sekolah, dan perkantoran. Meskipun tergolong baru berdiri, namun Om Breng menjadi pilihan tersendiri masyarakat Madiun.

Lokasi: Jl. Jawa No.11, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun.

7. Restoran Joglo Taman

Restoran Joglo Taman
Image Credit: Joglotaman.business.site

Resto yang ini merupakan salah satu destinasi kuliner yang hits di Madiun. Warga Madiun banyak yang datang ke sini untuk menikmati sajian yang nikmat. Jam operasional resto dimulai pukul 08.00 pagi hingga jam 00.00 setiap hari. Menu paling digemari pengunjung adalah “kopi lanang” dengan cita rasa kopi asli tanpa gula.

Resto juga memberikan harga yang tidak terlalu mahal. Sembari melakukan wisata kuliner di sini, kita bisa berkaraoke bersama teman atau keluarga. Karena manajemen resto menyediakan tempat khusus untuk karaoke. Selain itu, ada juga ruang untuk pertemuan, sangat cocok jika ingin rapat sambil makan dan minum.

Lokasi: Jl. Panorama Raya No.48a, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun.

8. Cafe Trapesium

Cafe Trapesium
Image Credit: Facebook.com @3coffeee

Cafe yang satu ini sangat populer di kalangan anak muda Madiun. Salah satunya karena lokasinya yang dekat dengan kampus tempat perkuliahan berlangsung. Ide yang digunakan mampu menarik para kawula muda untuk berkunjung dan nongkrong di sini. Biasanya mereka datang bersama teman ataupun keluarga.

Santapan yang disediakan oleh pengelola lumayan bervariasi. Ada olahan daging berupa bakso, serta sandwich. Tarif untuk berlama-lama di sini juga terjangkau. Oleh karena itu, orang yang datang ke sini sangat betah menghabiskan waktu dalam rentang yang panjang, menikmati obrolan dan bertemu teman lama misalnya.

Lokasi: Jl. Serayu Timur, RT.28/RW.08, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun.

9. I Club Madiun

I Club Madiun
Image Credit: Indonesiatravel.news

Destinasi hang-out yang sangat cozy di Madiun tidak lain tidak bukan adalah cafe yang sau ini, i club. Bahkan saking cozy-nya para pejuang tugas akhir sangat suka menghabiskan waktunya untuk menyelesaikan tugas tersebut di i club. Banyak spot menarik di tempat ini yang bisa digunakan untuk berfoto bersama orang tercinta.

Sajian menunya juga sangat enak di lidah dan harganya masih cukup bisa dijangkau. Fasilitas yang ditawarkan juga menarik seperti adanya layanan internet gratis (free wifi) dan kolam renang di lantai 1. Bahkan terkadang tempat ini digunakan sebagai tempat untuk merayakan momen penting seperti ulang tahun.

Lokasi: Jl. Bali No.17, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun.

10. Tahu Campur dan Gado-Gado Pak Tomo

Tahu Campur dan Gado-Gado Pak Tomo
Image Credit: Wisataoke.com

Siapa yang tak tahu tahu campur dan gado-gado. Makanan asli Indonesia ini merupakan makanan sejuta umat yang banyak digemari oleh masyarakat nusantara. Jika kita adalah penggemar tahu campur dan gado-gado, maka tempat makan pak Tomo ini adalah destinasi wajib yang harus didatangi.

Cita rasa yang ditawarkan dijamin sangat lezat dan nikmat. Warung ini sudah berdiri sangat lama sejak tahun 1980-an. Pada awal kemunculannya, pak Tomo masih berjualan di gerobak dorong, namun sekarang sudah menjadi warung yang besar dan begitu dikenal oleh penduduk setempat.

Meskipun menu utamanya adalah tahu campur dan gado-gado, namun kita bisa menemukan menu lainnya di sini. Harganya juga murah. Lokasi warung ini strategis karena berada di tengah kota.

Lokasi: Jl. Biliton No.20, Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

Itulah 10 rekomendasi destinasi kuliner di Madiun yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Tidak hanya rasanya yang sangat nikmat dan membuat ketagihan, tempat-tempat tersebut sangat memberikan kesan nyaman dengan keramahtamahan para pengelolanya. Tidak perlu menunggu lagi, mari ke sana dan mencobanya.