Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB Alamat: Jl. Raya Puncak-Gadog No.KM.15, Cisarua, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Cilember menghadirkan tujuh barisan air terjun yang berjajar di kawasan Puncak, Bogor. Ketujuh air terjun tersebut memiliki ketinggian bervariasi hingga mencapai 40 meter. Sejak resmi beroperasi sejak tahun 2000 silam, objek wisata ini ramai disambangi ratusan pengunjung setiap hari. Membentang di atas lahan seluas 7 hektare dengan deretan pohon pinus mendominasi.

Curug Cilember berada di atas ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Cuaca di sini sangat sejuk dan relatif dingin. Setiap hari suhunya diperkirakan menyentuh angka 18 hingga 23 derajat Celcius. Kerap kali digunakan sebagai arena hiking karena posisinya juga terletak di tengah hutan rimba. Mengunjungi tempat ini bisa jadi sarana semakin dekat dengan alam.

Beragam aktivitas seru dapat dinikmati selagi bertamasya ke sini. Sebuah wisata alam yang juga berperan sebagai ekowisata, kedatangan Anda barangkali akan menjadi salah satu momen merelaksasi diri. Debit airnya cukup deras terutama ketika jatuh menghantam bebatuan. Memadukan hutan pinus, air terjun, dan kolam alami tempat ini sangat layak dijadikan referensi akhir pekan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cilember

Daya Tarik Dimiliki Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Melfeyadin Channel)

1. Penangkaran Kupu-kupu

Wisatawan akan menempati penangkaran kupu-kupu di tengah perjalanan ke curug ketujuh. Ada puluhan kupu-kupu yang terdiri dari 12 jenis spesies. Anda bisa menambah wawasan jika mampir ke Butterfly Park ini. Sebuah bangunan dengan konsep green house yang berbentuk seperti kubah jaring raksasa.

Berdiri di atas lahan seluas 500 meter persegi, banyak bunga dan tanaman tumbuh di dalam sini. Anda juga dapat menyaksikan proses metamorfosis kupu-kupu dari telur hingga menjadi begitu menawan. Sepertinya membuat video dokumenter di spot satu ini cukup menarik untuk dilaksanakan.

2. Camping Ground

Ada tiga area yang difungsikan sebagai camping ground, yaitu Camp Curug 5, Lembah Pakis, dan Camp Curug 7. Pihak pengelola menyediakan sewa tenda bagi wisatawan yang ingin beristirahat dengan nyaman atau bahkan menginap. Rasakan sensasi tidur di tengah hutan lebat yang mana suara hewan-hewan malam terdengar amat jelas.

Anda jadi mempunyai waktu lebih banyak untuk berkeliling jika berkemah di tempat ini. Nikmati pemandangan khas milik Curug Cilember selagi sempat. Tidak jarang sejumlah komunitas dan sekolah melakukan wisata perjalanan di sini. Aktivitas yang direkomendasikan meliputi outbound, tracking, dan hiking.

Tak hanya itu, disediakan pula hammock yang dapat digantung pada batang pohon. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk bersantai ria. Kabar baiknya, ada petugas kehutanan yang aktif mengecek situasi sepanjang malam demi memastikan keamanan para pengunjung selama berkemah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan bisa tidur dengan damai.

3. Villa dan Penginapan Murah

Pihak pengelola Curug Cilember ternyata juga menyediakan villa dan penginapan dengan harga terjangkau khusus para wisatawan. Disajikan dalam hunian berkonsep rumah kayu di tengah kawasan hutan pinus dan air terjun. Jika ingin bermalam di sini tetapi tidak ingin tidur di alam bebas, Anda bisa memilih hunian sementara tersebut sebagai alternatif solusi.

Menariknya, tarif per malam dibanderol dengan harga relatif bersahabat mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Vila ini cocok dipilih sebagai tempat liburan akhir semester bersama teman kuliah. Anggaplah sarana untuk menyegarkan otak setelah lelah menjalani perkuliahan selama satu semester. Pilihan lainnya, ajaklah pasangan atau kawan-kawan dekat untuk mampir ke sini.

Selama masa penginapan, cobalah untuk melaksanakan kegiatan seru seperti membuat pesta barbeku, api unggun di halaman vila, bakar-bakar jagung, dan sejenisnya. Jika diperlukan, bahkan jauh lebih baik bila membuat semacam itenary agar pengalaman yang diperoleh semakin lengkap. Aktivitas demikian sangat bagus untuk difungsikan sebagai sarana mempererat keakraban.

Daya Tarik Curug Cilember
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

4. Wahana Permainan Cukup Lengkap

Kurang seru jika tamasya tidak dibarengi aktivitas mencoba wahana permainan. Karena itu, kesempatan mencoba berbagai fasilitas hiburan di sini sayang untuk dilewatkan. Tersedia aneka wahana demi mendukung kesenangan pengunjung, baik yang sifatnya outbound, olahraga, maupun sarana edukasi.

Beberapa permainan yang disiapkan pihak pengelola antara lain sepeda gantung, panahan, dan flying fox. Di samping itu, Anda juga punya kesempatan melihat-lihat ikan di kolam terapi ikan, serta memberi makan kelinci di sekitar kawasan air terjun. Sambil mencoba wahana satu per satu, Anda akan dimanjakan oleh suara gemuruh air terjun dengan udara sejuk seolah membekap tubuh.

5. Kumpulan Batu Artistik

Seperti layaknya wisata alam, kawasan air Curug Cilember dikepung oleh tebing-tebing tinggi, serta tanaman liar. Bentuk bebatuan yang tersebar di sekitar sini cukup random tetapi menawarkan tingkat artistik luar biasa. Anda bisa menggunakannya sebagai sarana meditasi atau sekadar beristirahat sembari melihat-lihat aktivitas pengunjung lain.

Tidak heran jika kumpulan bebatuan tersebut kerap diburu para pengunjung untuk dijadikan spot berfoto ria karena memang pesonanya sulit ditolak. Ukurannya pun tidak kalah beragam, mulai dari yang kecil hingga raksasa. Tersebar acak mengepung air terjun, serta di dalam air hingga membentuk bagai kolam renang.

Didominasi oleh warna hitam dan abu-abu sehingga tampak kontras dengan hijaunya hutan hujan tropis. Kondisi airnya terbilang jernih dan begitu menggoda untuk dipakai menyelam. Selain berfoto, Anda juga bisa mencoba melukis jika berbakat akan hal tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Alamat Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (ماجد الجهني)

Curug Cilember terletak di Kabupaten Bogor, setidaknya perlu waktu kurang lebih 30 menit jika Anda berangkat dari arah Bogor. Kontur di sepanjang perjalanan cukup baik sehingga bisa dilewati menggunakan mobil pribadi.

Anda pun dimungkinkan datang dengan memanfaatkan angkutan umum. Rutenya bermula trayek 2A ke Bogor-Cisarua. Kemudian, teruskan perjalanan menggunakan ojek ke pusat destinasi tujuan.

Biaya retribusinya terbilang cukup mahal untuk ukuran objek wisata alam. Namun, ketentuan tersebut dapat dipahami begitu melakukan penjelajahan dengan memanfaatkan segenap fasilitas dan pelayanan yang ada. Tiket masuk per orang dipatok Rp 25.000 untuk wisatawan lokal, dengan mancanegara Rp 75.000.

Di samping itu, berlaku biaya tambahan khusus parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Biaya lainnya meliputi wahana permainan, yang dibanderol mulai dari Rp 20.000-an per spot.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cilember

Kegiatan Dilakukan di Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Thoriq Nugroho)

1. Bermain Air di Kolam Alami

Seluruh area Curug Cilember menawarkan panorama estetis dan suasana sejuk yang natural. Tercipta melalui adanya hutan hujan tropis dengan deretan pepohonan menjulang tinggi. Sejauh mata memandang Anda akan disuguhkan lanskap bernuansa hijau sehingga menghadirkan kesan segar yang membuat pernapasan berjalan lancar.

Menariknya, ada tujuh buah air terjun yang siap menemani Anda. Setiap air terjun tersebut membentuk aliran air dan berakhir seperti kolam renang. Kerap dimanfaatkan untuk bermain air sesuka hati. Walau debit airnya cukup deras, tetapi banyak batu yang bisa dijadikan tempat berpegang.

2. Menjelajahi Pesona Air Terjun

Tujuh buah air terjun yang ada di sini masing-masing memiliki ketinggian berbeda. Untuk mencapai semuanya, Anda butuh melintasi jalan setapak yang menanjak cukup curam. Setiap ikon unggulan ini terpaut kurang lebih 150 sampai 800 meter. Semakin menyusuri hutan, maka semakin sulit medan yang harus dilalui.

Ketika pertama kali memasuki kawasan Curug Cilember, Anda akan disambut oleh curug ketujuh. Medan di sekitar sini masih relatif mudah karena posisinya dekat dengan pintu masuk. Begitu perjalanan menuju curug kelima, tantangan pendakian mulai terasa berat.

Semakin berambisi menaklukan seluruh curug hingga ke puncak teratas, artinya Anda butuh lebih banyak usaha dan tenaga. Wisatawan umumnya hanya mampu mendaki hingga curug kedua karena medan menuju puncak benar-benar sulit.

Tidak hanya dipenuhi bebatuan, tetapi ukuran jalannya semakin mengecil, juga kian terjal. Cukup sulit dilewati oleh orang-orang yang jarang beraktivitas fisik kecuali sebelumnya telah menyengaja latihan mandiri.

Kegiatan di Curug Cilember
Image Credit: Instagram.com @ismafebriana

3. Menikmati Sejuknya Hutan Pinus

Deretan pohon pinus mengisi lahan seluas dua hektare bersama dengan tanaman Rasamala dan Agathis. Diperkirakan usia pepohonan tersebut mencapai puluhan bahkan ratusan tahun. Tak heran, suasana teduhnya benar-benar kental. Layaknya lanskap Bogor pada umumnya, objek wisata satu ini turut menghadirkan pesona perkebunan dan lereng gunung.

Selain suasana sejuk, keberadaan pohon-pohon tua sebenarnya juga terkesan misterius. Tersusun rapi dari ujung ke ujung seolah membawa Anda pada penjelajahan alam lain ala film horor. Meski tentu saja, tempat ini aman untuk dikunjungi dan tak perlu khawatir tersesat karena disediakan penunjuk arah.

4. Mengetahui Mitos dan Tradisi Daerah Setempat

Mitos selalu menjadi hal menarik untuk diketahui walau kebenarannya jelas tidak bisa dipertanggungjawabkan. Meski demikian, informasi-informasi sejenis itu bisa jadi hiburan di tengah kelelahan fisik akibat mendaki perbukitan. Ada sejumlah mitos di Curug Cilember yang dipercayai oleh warga lokal.

Airnya diyakini memiliki khasiat awet muda. Dikarenakan air terjun di sini dianggap sebagai tempat pemandian para putri dari Kerajaan Siliwangi. Di samping itu, ada pula mitos yang beredar bahwa adanya khasiat menyembuhkan penyakit, serta mempercepat datangnya jodoh. Cilembur sendiri sebenarnya gabungan kata Ci (Cai) berarti air dan Lember bermakna jamur.

Terdapat makam keramat di atas lokasi curug ketujuh, yakni makam keturunan Prabu Siliwangi. Masyarakat ramai berziarah setiap harinya. Pada malam Jumat Kliwon di bulan Muharram dan Maulid Nabi, biasanya menjadi puncak arus kunjungan. Apabila Anda termasuk orang yang menyukai cerita-cerita mitos, datang ke sini bisa jadi pilihan bagus.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cilember Bogor

Fasilitasdi Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (N AlRawahi)

BUMN yang dinaungi Dinas Pariwisata serta Kementerian Kehutanan Kota Bogor merupakan pengelola destinasi ini. Tidak terlalu mengherankan jika terdapat fasilitas lengkap antara lain parkiran luas, toilet bersih, musala terawat, dan masih banyak lagi. Dari segi kebersihan, Curug Cilember juga tidak perlu diragukan karena tong sampah tersebar hampir di seluruh penjuru rute menuju air terjun.

Jika merasa lapar, telah menanti jajaran warung minuman dan makanan yang siap melayani kebutuhan pengunjung. Ada pula pondok kerja, gardu pandang, ruang informasi, pos jaga, hingga jalan setapak. Bisa dijamin Anda tidak akan kesulitan ketika bertamasya di destinasi Puncak Cisarua, Bogor ini. Sangat cocok bagi orang yang menyukai objek wisata alam, tetapi tidak ingin merasa sulit.

Curug Cilember sudah terkenal selama dua dekade sejak pertama kali diresmikan. Sampai saat ini, pamornya terus meningkat bahkan menjadi destinasi akhir pekan bagi penduduk di kota metropolitan. Suasana nyaman, fasilitas lengkap, panorama menawan, tiga unsur tersebut cukup menjadi perpaduan sempurna untuk membuat wisatawan hingga merasa enggan pulang.