26 Makanan & Minuman Khas Bali yang Populer

Makanan Minuman Khas Bali

Berbagai macam budaya dan keindahan alam Bali mampu menghipnotis siapapun untuk terus ingin menikmatinya. Namun, meski Bali terkenal akan wisatanya, tempat ini juga terkenal akan masyarakat yang ramah serta memiliki beragam wisata kuliner.

Di Bali, Anda akan menemukan berbagai makanan dan minuman khas Bali yang sayang untuk dilewatkan. Kuliner ini tentu tidak akan Anda temukan di tempat lain. Oleh karena itu, jika Anda penasaran, berikut ulasan sebagai rekomendasi 26 Makanan dan Minuman Khas Bali untuk Anda.

1. Es Daluman

Es Daluman

Image Credit by Kintamani.id

Salah satu minuman khas Bali yang tidak boleh Anda lewatkan adalah olahan yang hampir mirip dengan cincau. Masyarakat Bali menyebutnya dengan Es Daluman.

Minuman ini terbuat dari campuran cincau, santan, dan disiram dengan gula merah atau biasanya juga menggunakan sirup berwarna merah. Setelah itu ditambah dengan es batu yang membuat minuman ini semakin segar untuk diminum disiang hari.

2. Ikan Asap Sambal Matah

Ikan Asap Sambal Matah

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Makanan ini berasal dari olahan ikan segar seperti Tuna, Kerapu dan Tongkol yang berasal dari tangkapan warga sekirar Pulau Seragan. Olahan ikan Asap ini memiliki rasa yang khas karena diasapi dengan menggunakan serabut kelapa, sehingga aromanya terbilang unik dan tentunya berbeda dengan makanan lain.

Memasak menggunakan serabut kelapa memang terbilang lama, namun disinilah bumbu akan semakin merasuk dan daging semakin empuk. Setelah itu, olahan makanan ini akan disajikan dengan tambahan sambal matah.

3. Tipat Tahu Gerenceng Bali

Tipat Tahu Gerenceng Bali

Image Credit by Tripadvisor.co.id

Tipat adalah nama untuk sebutan ketupat di Bali. Jadi makanan ini berarti tahu ketupat. Namun pada seporsi Tiat tahu Gerenceng ini juga dilengkapi kecambang, bawang goreng dan kerupuk.

Tidak lupa juga akan disiram dengan saus berupa bumbu kental dengan rasa gurih dan manis pedas yang membuat Anda ketagihan.

4. Arak Bali

Arak Bali

Image Credit by Opini.beritabali.com

Arak Bali adalah minuman yang merupakan hasil fermentasi tentunya mengandung alkohol juga. Arak Bali kualitasnya tidak kalah dengan produksi dari luar seperti wine atau anggur.

Minuman ini terbuat dari dari tuak kelapa dengan teknik penyulingan. Namun, pada umumnya Arak Bali akan disajikan sebagai sajian saat upacara.

5. Bulung Kuah Pindang

Bulung Kuah Pindang

Image Credit by Kintamani.id

Salah satu yang banyak bisa dijumpai di Bali adalah Rumput Lautnya. Jadi tidak heran jika masyarakat sekitar mengolahnya menjadi makanan yang enak.

Salah satunya Bulung Kuah Pindang ini. Rumput laut yang digunakan adalah jenis Kappaphycus alvarezii dengan warna gelap hijau dan sedikit warna merah. Kemudian akan dimasak menggunakan berbagai bumbu rempah.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Bali yang Enak & Wajib Anda Coba

6. Es Kelapa Kopyor

Es Kelapa Kopyor

Image Credit by Kumparan.com

Minuman khas bali yang wajib Anda coba ada Es Kelapa Kopyor. Kelapa unik jika dibandingkan dengan berbagai jenis kelapa pada umumnya yang sering Anda jumpai.

Pasalnya pada kelapa ini terdapat daging kelapa yang bertekstur lembut walaupun sudah tua. Sedangkan pada olahan Es Kelapa Kopyor Anda akan disuguhkan campuran Kelapa Kopyor, Agar-agar disiram dengan sirup juga tidak lupa dengan es agar tambah segar.

7. Nasi Ayam Kedewatan

Nasi Ayam Kedewatan

Image Credit by Kumparan.com

Nasi ayam kedawatan ini sering menjadi incaran para wisatawan mancanegara. Makanan ini hampir mirip dengan nasi campur.

Namun ditambahkan dengan lauk seperti kacang goreng, jeroan, telur, sate dan kacang panjang. Kemudian ditambah sambal matah sebagai pelengkap bagi Anda pecinta pedas.

8. Sudang Lepet Bali

Sudang Lepet Bali

Image Credit by Sashylittlekitchen.com

Makanan ini bisa Anda temui di Kota Singarja atau Buleleng. Olahan makanan dari ikan asin dengan tekstur tipis dan renyah ini memang sering dibuat oleh orang-orang sekitar pesisir pantai.

Pembuatan ikan asin tidak mudah selain dijemur juga akan dipanggang diatas bara api. Kemudian untuk memasaknya hanya perlu memberi perasan jeruh nipis, bumbu minyak kelapa dan sambal matah.

9. Rujak Buleleng

Rujak Buleleng

Image Credit by Indonesiakaya.com

Rujak Buleleng ini terdiri dari buah dan disiram dengan bumbu rujak. Yang membuatnya berbeda adalah bumbu sambalnya.

Tidak heran jika makanan ini menjadi favorit para pengunjung sembari menikmati keindahan wisata yang ada di Bali.

10. Sate Lilit Bali

Sate Lilit Bali

Image Credit by Bisniswisata.co.id

Sate lilit memang sangat terkenal menjadi makanan khas Bali. Jika biasanya olahan sate ditusuk satu persatu dengan sebelumnya dipotong kecil-kecil sebelum dipanggang. Namun, Sate ini dibuat dengan cara melilitkan daging ke tusukan bambu.

Selain itu, tidak ada bumbu kacang setelah sate selesai diolah. Sebab pada sate lilit  bumbu-bumbu tersebut telah dicampur dengan daging diawal sebelum dibakar.

11. Nasi Jinggo Bali

Nasi Jinggo Bali

Image Credit by Kintamani.id

Makanan khas Bali ini memiliki tampilan dengan nasi yang berbentuk kerucut. Kemudian dilengkapi dengan lauk berupa sambal goreng tempe, suwiran daging, mie dan tidak lupa sambal.

Sekilas hampir mirip dengan nasi kucing khas Jawa Tengah, namun isian lauk dan bentuk penyajian nasi yang membedakannya. Pembungkus nasi jinggo menggunakan daun pisang daripada kertas minyak.

12. Laklak

Laklak

Image Credit by Longtripmania.org

Merupakan kuliner kue tradisional yang hingga saat ini keberadaannya masih tetap eksis. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, garam, air pandan, air daun suji dan air untuk diolah menjadi adonan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Tabanan (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kemudian akan diletakkan ada loyang dengan bentuk setengah bola dan diatasnya akan ditaburi parutan gula aren yang direbus dengan parutan kelapa. Biasanya 1 kotak Laklak ini dijual seharga 5 ribu saja. Anda bisa menggunakan kue ini sebagai oleh-oleh.

13. Bubur Mengguh

Bubur Mengguh

Image Credit by Ksmtour.com

Bubur mangguh merupakan sajian bubur khas dari Desa Tedjakula, Buleleng. Khasnya dari makanan ini adalah dengan adanya tambahan kacang goreng dan urapan.

Buburnya dibuat dengan santan, daun salam, dan garam sehingga rasanya gurih. Menikmati seporsi bubur ini Anda akan mendapatkan sensasi rempah-rempah.

14. Bebek Betutu Bali

Bebek Betutu Bali

Image Credit by Kintamani.id

Makanan khas Bali berikutnya ada bebek betutu. Tentu saja ini merupakan olahan yag berasal dari daging bebek. Masakan dengan cara betutu memang ciri khas dari Bali, karena rasa rempah yang meresap.

Hal tersebut karena pada proses pembuatannya yang dilakukan pengukusan daging dengan bumbu kurang lebih memakan waktu semalaman. Selain itu juga saat matang daging bebeknya akan memiliki tekstur yang lebih empuk.

15. Timbungan

Timbungan

Image Credit by Travel.kompas.com

Makanan ini disajikan dengan dimasukkan kedalam wadah bambu. Biasanya jaman dahulu wadah ini digunakan untuk proses penimbunan makanan yang akan diawetkan.

Namun, sekarang digunakan dalam olahan makanan ini sehingga namanya kuliner timbungan. Isinya berbagai olahan sayur dan daging serta berbagai tambahan bumbu sebagai pelengkapnya.

16. Loloh

Loloh

Image Credit by Idntimes.com

Pada bahasa Bali Loloh memiliki makna berarti jamu. Namun, berbeda dengan jamu yang sering Anda jumpai. Bahwa minuman khas Bali ini memiliki rasa manis, pedas, asem dan asin yang berpadu jadi satu.

Terkadang minuman ini dicampur dengan daun Cemcem. Sebagaian orang percaya dapat membantu melancarkan percernaan, menurunkan tekanan darah serta baik untuk ibu menyusui.

17. Ayam Betutu Bali

Ayam Betutu Bali

Image Credit by Traveloka.com

Olahan ayam Betutu Bali ini memang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Karena terbuat dengan resep Base geneo atau bumbu khas Bali.

Bumbu ini berisi cabai, terasi, cabai, daun salam dan jeruk, lengkuasm kunir, kencur dan sebagainya kemudian akan dihalusan dan ditumis untuk kemudian akan dilumurkan ke daging ayam. Yang khas yakni ada pada perut ayam yang diberikan daun singkong. Kemudian direbus hingga bumbu meresap.

18. Serombotan Klungkung Bali

Serombotan Klungkung Bali

Image Credit by Cookpad.com

Makanan khas bali ini berasal dari daerah Klungkung. Penyajian makanan ini dengan isian berupa aneka bumbu dengan berbagai sayuran.

Sayuran yang biasanya digunakan dalam seporsi Serombotan Klungkung ini adalah terong bulat, buncis

BACA:  20 Tempat Wisata di Denpasar (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

19. Nasi Sela Bali

Nasi Sela Bali

Image Credit by Cookpad.com

Makanan olahan berupa nasi campur dengan berbagai tambahan lauk. Khasnya pada makanan ini ada pada tambahan cacahan ubi atau dalam bahasa Bali ubi disebut dengan Sela.

Itulah mengapa makanan ini bernama Nasi Sela. Ubi yang digunakan pada makanan ini adalah ubi jalar sehingga rasanya manis.

20. Kopi Khas Bali

Kopi Khas Bali

Image Credit by Inibaru.id

Walaupun secara sekilas, kopi ini mirip dengan kopi pada umumnya. Namun, yang membedakan terdapat pada pembuatannya yang diproses masih dengan cara tradisional dengan kayu bakar.

Kopi Bali ini merupakan sebuah produk kopi rumahan dengan aroma khas. Bagi Anda pencinta kopi, tidak ada salahnya untuk mencoba kopi khas Bali ini.

21. Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang

Image Credit by Cookpad.com

Walaupun namanya sedikit asing ditelinga, namun tidak ada salahnya saat berlibur ke Bali Anda mencoba makanan ini. Harganya cukup murah hanya 6 ribu perporsi.

Isian pada rujak ini hampir sama yaitu dengan rujak buah pada umumnya namun. Namun, sambalnya atau siraman kuah bumbunya berasal dari ikan pindang.

22. Tum Bali

Tum Bali

Image Credit by Pinterest.com @Lusi y

Tum adalah olahan makanan yang dibungkus daun pisang biasanya berupa daing yang telah dimasak terlebih dahulu. Kalau di Jawa ini hampir mirip dengan pepes atau bothok.

Cara memasakknya cukup mudah dengan mencincang daging kemudian menumis bumbu dan terakhir membungkus olahan tadi pada daun pisang kemudian siap untuk dikukus beberapa menit. Makan Tum Bali ini cocok dengan nasi hangat.

23. Sate Pentul

Sate Pentul

Image Credit by Sukamasak.com

Makanan khas berbentuk sate yang ada di Bali tidak hanya sate lilit. Namun, ada juga sate pentul. Walaupun tampilan kedua sate ini memang mirip dengan daging yang dililitkan pada tusukan satenya.

Perbedaanya jika sate lilit di lilitkan pada bambu, namun pada sate pentul ini dililitkan pada batang serai. Selain itu tiap tusuknya juga terdapat daging yang ukurannya lebih tebal.

24. Tuak

Tuak

Image Credit by Vespagokil.wordpress.com

Salah satu minuman khas Bali ini memang mengandung alkohol. Minuman ini sering disebut dengan nama Tuak.

Minuman ini mengandung alkohol pasalnya dari beras, nira, dan buah yang mengandung gula lainnya. Kemudian diolah dengan cara fermentasi.

25. Batun Bedil

Batun Bedil

Image Credit by Travelingyuk.com

Makanan ini memiliki rasa dominan lebih manis, Jika di Jawa hampir mirip dengan bubur candil. sebab isiannya juga berasal dari olahan tepung.

Namun, perbedaannya betun bedil ini berbentuk pipih beda dengan candil jawa yang berbentuk bulat. Kemudian Batun Bedil disajikan dengan kuah gula merah, santan, daun pandan dan sedikit garam.

26. Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali

Image Credit by Pegipegi.com

Makanan khas Bali selanjutnya adalah nasi campur atau rames. Berbeda dengan olahan di pulau Jawa.

Karena nasi campur ini akan dilengkapi dengan lauk khas Bali. Misalnya Anda akan menjumpai beragam lauk pauk seperti sate lilit, telur pindang, besisit, lawar sayuran, dan tidak lupa sambal.

Demikianlah olahan makanan dan minuman yang khas Bali yang bisa jadi rekomendasi pilihan saat Anda berkunjung ke sana. Selain wisata alamnya, sesekali Anda juga perlu menikmati wisata kuliner yang ada di Bali.