20 Makanan & Minuman Khas Padang yang Terkenal Enak

Makanan Minuman Khas Padang

Padang memiliki beragam jenis makanan dan minuman khas yang sudah terkenal lezat. Wisata kuliner di Kota Padang unik dan menarik yang wajib dicoba.

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki wisata kuliner yang beragam dan unik. Makanan yang menjadi ciri khas Padang selalu menjadi favorit masyarakat. Bahkan sudah banyak masakan padang yang sudah go internasional.

Ciri utama dari masakan dari ibu kota Sumatera Barat ini adalah bumbu rempahnya yang beragam. Cita rasa yang dihadirkan selalu komplit. Ada pedas, asin, manis, dan gurih yang bercampur menjadi satu. Berikut ini ulasan hidangan dari Kota Padang baik itu minuman dan makanan khasnya. Simak baik-baik ya, siapa tahu ada yang unik.

1. Rendang

Rendang

Image Credit: Cookpad.com

Hidangan pertama adalah rendang yang menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya. Segala jenis rempah ada di masakan ini. Prosesnya yang tidak sebentar membuatnya jadi salah satu makanan terenak di dunia lho.

Dagingnya lembut dan tidak alot serta bumbu rendang meresap sangat sempurna karena memang memasaknya butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan rasa yang sempurna.

2. Martabak Kubang

Martabak Kubang

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Martabak di sini adalah martabak telur yang disiram dengan kuah khas dari Padang. Makanan ini sangat populer di masyarakat setempat karena memiliki ciri khas pada kuah yang digunakan untuk menyiram si martabak.

Martabaknya sendiri tidak beda dengan martabak pada umumnya. Hanya saja ada kuah dengan rasa yang mirip kuah pempek Palembang. Bayangkan betapa nikmatnya martabak telor yang disiram atau dicocol dengan kuah pempek. Pasti lezat sekali bukan?

3. Pinyaram

Pinyaram

Image Credit: Harianhaluan.com

Ini adalah jenis jajanan khas yang sangat mirip dengan kue cucur. Perbedaannya terletak pada warnanya. Pinyaram ini terlihat memiliki warna yang lebih pekat jika dibandingkan cucur. Warna itu dari gula yang dikaramelkan.

Untuk bahannya sendiri sama persis dengan kue cucur. Tepung beras adalah bahan utamanya. Biasanya disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup. Sangat cocok disajikan dengan teh hangat dan dimakan saat waktu santai.

4. Sala Lauak

Sala Lauak

Image Credit: Cookpad.com

Masakan ini datangnya dari daerah Pariaman. Memiliki bentuk bolat seperti bola kecil dengan warna coklat. Bahan dasarnya adalah ikan laut dan tepung terigu. Di wilayah pesisir saat ada acara khusus atau semacam acara adat makanan ini pasti wajib disajikan.

Sala Lauak sendiri ada yang keras dan ada yang lunak. Jika teksturnya keras maka bahan dasarnya adalah ikan asin. Sementara yang lunak bahan dasarnya adalah ikan tuhuak. Ikan dihaluskan lalu dicampur dengan bumbu dan tepung terigu lalu digoreng.

BACA:  13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

5. Nasi Sala

Nasi Sala

Image Credit: Gotravelly.com

Jika Sala Lauak adalah lauknya maka nasi Sala adalah nasinya. Ini merupakan hidangan yang cukup unik. Dimana nasi dihidangkan di atas daun pisang. Selain nasi ada beragam sayuran yang sudah dikukus tanpa diberi bumbu dan tanpa ada sambal.

Biasanya paling enak dimakan dengan Sala Lauak tapi sekarang sudah beralih memakan nasi Sala ini dengan ikan gembung goreng. Rasanya sama nikmatnya kok dengan Sala Lauak.

6. Galamai

Galamai

Image Credit: Republika.co.id

Selanjutnya ada cemilan atau jajanan. Untuk makanan yang satu ini bentuknya seperti dodol. Bahan yang digunakan juga mirip. Ada tepung beras ketan, ditambah dengan gula aren, serta ditambahkan santan.

Bedanya dengan dodol adalah kacang tanah juga menjadi bahan utama di dalam Galamai ini. Pembuatan Galamai sendiri juga sama lamanya dengan dodol. Harus pintar mengatur besar kecilnya api dan juga saat mengaduk.

7. Lompong Sagu

Lompong Sagu

Image Credit: Saribundo.biz

Masih seputar kue atau jajanan. Ini adalah kue khas dari kota Padang yang cocok dijadikan oleh-oleh. Bahan utama yang digunakan adalah pisang kapok, parutan sagu, kelapa, yang diberi santan dan juga larutan gula merah. Cara memasaknya dengan dipanggang.

Cita rasanya sangat beragam ada manis legit, kenyal dan juga gurih karena ada parutan kelapa dan juga sagu tadi. Di acara adat ini juga merupakan salah satu makanan yang wajib dihidangkan.

8. Gulai Paku

Gulai Paku

Image Credit: Merahputih.com

Dilihat dari namanya mungkin sekilas terdengar aneh ya. Namun tenang, di sini paku yang dimaksud bukan paku yang terbuat dari besi, melainkan sayuran paku atau yang biasa disebut pakis. Jika biasanya gulai itu berbahan utama daging lain dengan yang satu ini.

Bumbu khas gulai yang kaya akan rempah ditambah dengan sayur pakis rasanya dijamin lezat dan membuat ingin nambah terus. Apalagi di dalamnya ditambahkan dengan ikan teri atau udang kecil sehingga rasanya semakin enak.

9. Gulai Banak

Gulai banak

Image Credit: Wikipedia.org

Jika tadi ada gulai dengan bahan utama sayur. Sekarang ada gulai dengan bahan utama otak sapi. Pasti yang suka makan makanan Padang ini sudah tidak asing lagi. Gulai Banak ini sangat enak apalagi tekstur otak yang lembut dipadukan dengan bumbu gulai pedas. Disantap bersamaan dengan nasi hangat.

Masakan ini biasanya ada di resto makanan Padang. Menjadi salah satu menu istimewa karena memang otak sapi itu sangat lumer di mulut dan bisa menyerap bumbu gulai dengan sempurna.

10. Palai Rinuak

Palai Rinuak

Image Credit: Wisataku.id

Namanya agak susah ya? Ini adalah nama lain dari pepes ikan. Bedanya pepes ikan ini dengan pepes ikan yang ada di jawa adalah bahan utama yang digunakan. Kalau di jawa ikan yang dipakai ukurannya sedang. Palai Rinuak bedanya menggunakan ikan ukuran kecil.

BACA:  10 Tempat Makan di Bukittinggi Favorit Wisatawan

Masyarakat setempat yakin rasa ikan kecil jauh lebih gurih dan bisa lebih menyatu dengan bumbu pepesnya. Sangat nikmat disantap saat panas dan ditemani nasi hangat. Rempahnya akan sangat terasa dan memanjakan lidah.

11. Kalio Jariang

Kalio Jariang

Image Credit: Idntimes.com

Bahan utama makanan ini tidak lain adalah jengkol. Jengkolnya dipukul hingga pipih lalu dimasak dengan bumbu Padang yang penuh dengan rempah. Aroma rempah yang kuat bisa menutup aroma jengkol yang bisa dikatakan menyengat.

Jadi bagi yang ingin menikmati hidangan dengan bahan utama jengkol wajib mencoba masakan yang satu ini. Rasanya enak dan baunya juga sedap menggugah selera.

12. Cancang

Cancang

Image Credit: Harianhaluan.com

Bagi pecinta rasa pedas yang super sekali maka masakan ini adalah juaranya. Bahan utamanya adalah daging kambing. Daging tersebut sebelum diolah dipotong kecil-kecil lalu diolah dengan santan dan juga gilingan dari cabai rawit dan cabai merah yang cukup banyak.

Daging kambing yang dipilih adalah bagian paha dan sebelum diolah dihilangkan dulu aroma tidak sedapnya. Makanan yang satu ini sangat enak jika dimakan dengan nasi panas.

13. Soto Padang

Soto Padang

Image Credit: Tribunnews.com

Nah, ini dia makanan yang sudah cukup terkenal meski di Jawa. Soto Padang ini memiliki ciri khas yang cukup unik. Bahan utamanya memang tetap sama yakni daging tepatnya daging sapi. Namun, daging tersebut digoreng terlebih dahulu atau lebih tepatnya dijadikan dendeng.

Jika biasanya makan soto dengan nasi beda dengan Soto Padang ini. Penyajiannya tidak dengan nasi melainkan dengan kentang dan juga bihun. Kalau kuahnya sama saja dengan kuah Soto lainnya. Hanya saja topingnya saja yang beda.

14. Teh Talua

Teh Talua

Image Credit: Tribunnews.com

Jika ada makanan khas tentu ada juga minuman khas Padang. Pertama adalah Teh Talua. Salah satu minuman yang unik dimana air teh dicampur dengan telur. Jadi pada minuman ini ada air teh yang dicampur dengan gula dan kocokan kuning telur ayam kampung. Masih ditambahkan dengan bubuk vanili agar lebih enak saat diminum.

Rasanya tidak jauh beda dengan teh yang dicampur susu. Hanya saja tekstur Teh Talua ini lebih lembut dan lebih berbusa. Hal itu dikarenakan adanya kocokan kuning telur di dalamnya.

15. Air Kacang

Air Kacang

Image Credit: Kumparan.com

Minuman ini berbahan utama daun kacang. Warnanya hijau karena merupakan seduhan dari daun kacang. Di dalamnya ada cincau hijau, jeli, gula aren, dan air asam. Sebagai pelengkap ada beberapa tetes air jeruk nipis.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Padang Favorit Wisatawan

Sudah terbayang ya rasa asam yang segar yang akan hadir dalam mulut. Belum lagi ada jeli yang lembut dan juga cincau yang menjadi penambah rasa nikmat pada minuman ini.

16. Jus Pinang Muda

Jus Pinang Muda

Image Credit: Saribundo.biz

Ini salah satu minuman khas yang biasa diminum untuk mengatasi rasa pegal. Buah pinang muda sendiri rasanya pahit, dicampur dengan kuning telur ayam, dan diberi madu serta susu kental manis baru diseduh dengan air panas.

Terkadang untuk menambah khasiat dan rasa pada minuman ini ditambahkan juga air jahe. Rasa pahit pun bisa tersamarkan dan minuman ini jadi enak untuk dikonsumsi.

17. Sekoteng

Sekoteng

Image Credit: Kuliner.ilmci.com

Tidak jauh berbeda dengan bandrek. Minuman ini terdiri dari campuran air jahe dengan gula dan susu kental manis. Di dalam minuman ini ada roti tawar yang dipotong kecil berbentuk dadu, ditambah dengan kacang tanah, kacang hijau, sagu mutiara dan disiram gula cair dan susu kental manis.

Rasanya enak dan cocok untuk yang ingin menghangatkan badan. Ada banyak pedagang kaki lima yang menyediakan minuman khas ini.

18. Es Durian

Es Durian

Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Durian sudah menjadi buah khas dari Sumatera. Jadi minuman dengan bahan utama ini sudah pasti ada. Isi dari Es Durian kota Padang ditambahkan dengan cincau, cendol, hangkue, gula cair, susu bubuk coklat, dan es serut. Tidak lupa buah duriannya ya.

Buahnya sendiri dihaluskan dulu dengan blender. Bisa dikatakan ini seperti es campur durian ya. Rasanya segar dan sungguh lezat. Es serutnya tertutup buah durian murni sehingga saat disendok sangat enak.

19. Es Tebak

Es Tebak

Image Credit: Merahputih.com

Masih mirip dengan es campur hanya saja ada tebaknya. Tebak ini adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang dicetak seperti cendol. Teksturnya lebih keras dan lebih memiliki warna putih seperti kelapa.

Di dalamnya ada juga potongan cincau, hangkue, nangka dan juga tape singkong. Bisa juga minta tambah kolang kaling agar makin enak. Rasanya sungguh segar dan bikin ketagihan.

20. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

Image Credit: Reseppedia.com

Ditutup dengan makanan khas Padang yakni dendeng batokok. Ini bisa dikatakan daging rendang yang digoreng. Dinamakan batokok karena saat membuatnya daging harus dipukul terlebih dahulu sebelum diolah.

Sangat cocok disantap dengan nasi Sala nih. Rasanya enak seperti rendang dengan tekstur yang lebih kering. Tidak kalah enak kok dengan daging rendang yang lembut dan empuk. Dendeng ini juga makanan yang wajib dicoba.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman khas dari kota Padang yang populer dan patut dicoba. Jangan sampai ada yang terlewat ya. Wajib mencicipi semua hidangan khas yang sudah dibahas tadi. Selamat berwisata kuliner dan selamat menikmati.