20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer

Minuman Makanan Khas Palembang

Palembang Kota yang mendapat julukan sebagai Vanice of the east memiliki beragam olahan kuliner yang khas. Tidak hanya memiliki tempat wisata yang unik dan menarik tetapi Palembang juga memiliki minuman dan makanan khas yang wajib Anda coba ketika berlibur disana.

Minuman dan makanan khas dari Palembang dipengaruhi oleh budaya masyarakat yang ada. Kota tertua di Indonesia ini merupakan kota dengan akulturasi budaya yang tinggi. Dekat dengan laut membuat Palembang memiliki berbagai olahan yang berbahan dasar daging ikan dan udang.

Bila selama ini nama Palembang identik dengan makanan Pempek, ternyata Palembang masih memiliki banyak minuman dan makanan khas yang perlu Anda explore. Berikut adalah rekomendasi minuman dan makanan Palembang yang bisa Anda masukkan dalam list wisata kuliner di Palembang.

1. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah Mamat

Image Credit by Ringkaskata.com

Minuman Khas Palembang yang pertama ada es kacang merah. Butuh minuman yang segar? Es kacang merah bisa memberikan kesegaran dan memuaskan dahaga Anda.

Es Kacang Merah memiliki citarasa dominan manis yang dipadukan dengan dinginnya es. Harga seporsi es kacang merah mulai dari 12 ribu. Kedai Es Kacang Merah Mamat yang paling terkenal di Palembang buka di hari Sabtu-Kamis dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam.

2. Gulo Puan

Gulo Puan

Image Credit by Indonesia.go.id

Gulo Puan makanan khas yang sudah mulai jarang ditemui di Palembang. Padahal makanan ini merupakan salah satu makanan ningrat yang dahulu hanya bisa dinikmati oleh bangsawan yang sudah pulang Haji.

Gulo Puan terbuat dari gula dan susu kerbau. Jika ingin mencoba Gulo Puan Anda bisa mendatangi kedai Gulo Puan Mang Robin yang buka di hari jumat dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Harga Gulo Puan dibandrol per kg mulai dari 100 ribu rupiah.

3. Tekwan

Tekwan

Image Credit by Bisnisukm.com

Tekwan adalah nama yang dipakai untuk menyebut bakso di Palembang. Tekwan terdiri dari bakso ikan, bihun putih, disiram dengan kuah yang khas karena terbuat dari sari kelapa, udang dan daun bawang.

Tempat menikmati Tekwan yang paling Maksyus ada di Pempek Lince yang buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 malam. Satu porsi tekwang di banderol dengan harga mulai dari 18 ribu rupiah.

4. Pempek

Pempek

Image Credit by Travel.kompas.com

Pempek adalah makanan khas dari Palembang yang wajib Anda coba ketika berlibur kesana. Pempek adalah olahan daging ikan dan sagu yang dibentuk menjadi aneka rupa. Modifikasi dari Pempek yaitu diberi tambahan telur, udang, tahu, dan bahan lainnya.

Warung makan Pempek Palembang yang paling terkenal dan sudah legendaris ada Pempek Pak Raden yang buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Harga per biji Pempek Pak Raden mulai dari 3 ribu rupiah.

5. Celimpungan

Celimpungan

Image Credit by Cookpad.com

Celimpungan adalah inovasi atau turunan dari makanan Pempek. Celimpungan biasa muncul saat lebaran, jika di hari biasa mungkin Anda akan kesulitan menemukannya.

Salah satu tempat makan yang menyediakan Celimpungan di daftar menunya ada Warung Aba. Harga Celimpungan di Warung Aba mulai dari 10 ribu rupiah. Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 6 malam. Selain Celimpungan di Warung Aba Anda bisa mendapatkan menu makanan khas Palembang lainnya.

6. Laksan

Image Credit by Palembang.blog

Laksan adalah nama yang dipakai di Palembang untuk menyebut Pempek Lenjer. Bedanya Laksa dan Pempek adalah jenis kuah yang dipakai.

Kuah Laksan terbuat dari santan yang cara membuatnya mirip dengan lontong sayur. Laksan enak disantap di pagi hari sebagai menu sarapan. Anda bisa menikmati Laksan di Warung Aba.

7.

Mie Celor 23 Ilir

Image Credit by Travel.detik.com

 

Mie Celor 26 lIir Haji Syafe’I adalah tempat makan mie celor paling terkenal di Palembang. Mie Celor sendiri memiliki arti mie celup. Disajikan dengan kuah kaldu yang terbuat dari santan dan kaldu rebusan udang.

Rasanya yang khas gurih, manis dan sedikit pedas wajib untuk Anda dicoba. Mie Celor 26 IIir Haji Syafe’I buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Harga Mie celor dibandrol mulai dari 15 ribu per porsi.

8. Burgo

Burgo

Image Credit by Ksmtour.com

Burgo adalah olahan dari tepung sagu dan tepung beras yang dibentuk seperti dadar yang tipis. Setelah dadar dari adonan jadi selanjutnya di gulung lalu cincang kasar. Tampilan dari Burgo ini mirip seperti Kwetiaw.

Burgo paling nikmat disantap dengan kuah gurih, hasil dari perpaduan santan dan rempah-rempah yang khas. Sebagai pelengkap Burgo diberi tambahan suwir daging ikan, potongan telur rebus dan bawang goreng.

9. Pindang Tulang

Pindang Tulang

Image Credit by Cookpad.com

Makanan Khas Palembang selanjutnya ada Pindang Tulang. Berbahan dasar iga sapi yang memiliki citarasa pedas membakar lidah. Lokasi makan pindang tulang yang populer untuk wisatawan ada di RM Pindang Sri Melayu.

Harga yang terjangkau dengan cita rasa yang enak membuat pindang tulang banyak disukai pendatang maupun warga lokal. Harga pindang tulang mulai dari 15 ribu rupiah per porsi. RM Pindang Sri Melayu buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam.

10. Mie Lakso

Mie Lakso

Image Credit by Bagi-in.com

Namanya sekilas mirip dengan Laksan. Lakso adalah mie yang terbuat dari adonan tepung sagu dan tepung terigu yang dibentuk menjadi mie. Kuah Lakso lebih kental dan juga gurih dibanding kuah Burgo.

Harganya yang terjangkau dan mudah di dapatkan membuat banyak wisatawan tertarik untuk mencobanya. Apalagi jika Mie Lakso sudah ditambah dengan suwiran daging ikan dan bawang goreng dijamin siapa saja tidak akan bisa menolak kenikmatan Mie Lakso.

11. Martabak Palembang dari Kedai HAR

Martabak Har

Image Credit by Travelingyuk.com

Martabak Palembang? Sekilas proses dan bahannya mirip dengan martabak di tempat lain. Yang menjadikannya khas adalah penggunaan kuah yang dipakai. Kuah Martabak Palembang lebih kental dan kaya rempah.

Martabak Palembang dinikmati dengan potongan kentang goreng. Tempat mencicipi Martabak Palembang yang populer ada di Martabak HAR atau Martabak Hj. Abdul Rozak. Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Harga per posisinya mulai dari 21 ribu, harga tergantung dengan isian dari martabaknya.

12. Pindang Ikan

Pindang Ikan

Image Credit by Travelingyuk.com

Jika tadi pindang tulang dibuat dari iga sapi, maka pindang ikan ini dibuat dari bahan dasar Ikan Patin. Citarasa pindang ikan yaitu asam, gurih, manis, dan sedikit pedas. Perpaduan rasa yang nikmat dan pas di lidah.

Tempat makan Pindang Ikan yang paling favorit di Palembang ada RM Pindang Meranjat. Buka setiap hari dari jam setengah 10 pagi sampai jam setengah 5 sore.

13. Godo-godo

Godo-Godo

Image Credit by Cookpad.com

Jangan salah membaca namanya ini Godo-godo bukan Gado-gado. Godo-godo adalah makanan inovasi dari Pempek. Adonan Godo-godo hampir sama dengan Pempek hanya saja Godo-godo menggunakan daging udang.

Godo-godo bisa dengan mudah Anda dapatkan dari pedagang gorengan keliling yang ada di pinggir jalan. Kuah yang dipakai adalah kuah cuka seperti kuah Pempek.

14. Sambal Tempoyak

Tempoyak

Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Sambal Tempoyak terbuat dari fermentasi durian. Citarasa Sambal Tempoyak ini pedas, asam dan sedikit rasa durian di bagian ujungnya. Sambal Tempoyak nikmat dimakan dengan olahan pindang.

Sambal Tempoyak menjadi pendamping aneka olahan ikan dari Palembang bahkan dimakan dengan nasi putih pun rasanya tetap enak. Anda juga bisa membeli Sambal Tempoyak untuk dijadikan oleh-oleh Khas Palembang.

15. Telok Ukan

Telok Ukan

Image Credit by Gatra.com

Telok Ukang dilihat dari segi bahasa memiliki arti “bukan telur”. Telok Ukang adalah makanan khas yang terbuat dari telur ayam atau telur bebek.

Makanan ini adalah makanan yang paling unik karena jarang dijual di hari-hari biasa. Anda bisa mendapatkan Telok Ukang di hari perayaan misalnya 17 Agustus.

16. Kuipau

Kuipau

Image Credit by Shopee.co.id

Makanan khas dari daerah Palembang ada Kuipau. Kuipau adalah olahan dari pepaya muda yang dimasak dengan cara kelapa muda diparut, lalu diberi tambahan bumbu khusus. Setelah itu adonan di balur dengan adonan tepung beras yang dimasukkan dalam kuali.

Bentuk akhirnya seperti membuat martabak berbentuk lembaran. Cocok dijadikan cemilan sembari menunggu waktu makan.

17. Kemplang

Kemplang

Image Credit by Pempekkerupuk1707.com

Jajanan dari Palembang ini bisa Anda jadikan oleh-oleh khas. Kemplang adalah kerupuk gurih dan garing yang berbahan dasar seperti Pempek Lenjer. Pempek Lenjer diiris tips lalu dikeringkan, setelah kering kemudian digoreng sampai mengembang. Ada juga yang dibakar untuk menambah citarasa khas.

Kemplang yang sangat renyah dan gurih ini biasa dinikmati dengan sambal khas yang berwarna hitam. Nikmatnya kerupuk renyah dipadukan dengan pedasnya sambal menjadi perpaduan rasa yang akan membuat lidah Anda terus ingin mengunyah.

18. Model

Model

Image Credit by Travelnatic.com

Model dibuat dengan bahan yang mirip dengan bahan pembuat Tekwan. Bahan dasarnya sagu dan daging ikan dibuat menjadi adonan lalu dibentuk seperti pempek tahu. Setelah matang kemudian di iris kecil-kecil kemudian disajikan dengan menggunakan kaldu dari udang.

Sebagai pelengkap Model menggunakan mie bihun, udang, jamur kuping, timun dan bawang goreng. Ada dua varian dari Model yaitu Model Gandum dan Model Ikan.

19. Roti Koing

Roti Koing

Image Credit by Ngidangbuko.wordpress.com

Roti Koing hidangan yang biasa disajikan di Bulan Ramadhan oleh warga Palembang. Roti Koing bentuknya bulat dengan tekstur yang sedikit keras. Roti Koing tidak berasa atau bisa disebut tawar. Roti Koing dinikmati dengan cara dicelupkan pada teh, susu atau kopi.

Anda bisa dengan mudah menemukan penjual Roti Koing di Palembang. Harganya yang murah mulai dari 3 ribu rupiah per bungkus ini, jadi pilihan tepat untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Palembang.

20. Sate Sapi Cucuk Manis

Sate Sapi Cucuk Manis

Image Credit by Dentistvschef.wordpress.com

Sate Sapi Cucuk Manis seperti namanya memiliki cita rasa sate manis dari tambahan bumbu kecapnya. Sate Sapi Cucuk Manis ini tidak menggunakan bumbu kacang sebagai sausnya. Tempat makan Sate Sapi Cucuk Manis yang legendaris di Palembang adalah tempat Wak Din.

Wak Din sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Harga per tusuk mulai dari 5 ribu rupiah saja. Nikmati sensasi lezat daging sapi dengan citarasa yang manis.

Itu tadi 20 rekomendasi minuman & makanan khas Palembang yang bisa Anda jadikan pilihan ketika berlibur di Palembang dan ingin menikmati wisata kuliner khasnya. Palembang Kota Pempek yang khas, jangan lupa untuk menikmati Pempek dan olahan turunannya.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak