15 Oleh-Oleh Khas Bogor Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Bogor

Mengunjungi suatu tempat tidak akan terasa lengkap apabila belum membawa oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Apalagi jika Anda mengunjungi Bogor tentu akan sayang apabila melewatkan oleh-olehnya yang sangat menarik dan lezat.

Tak dapat dipungkiri jika Bogor memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dijadikan sebagai pilihan tepat ketika musim liburan tiba. Hal tersebut juga mempengaruhi terhadap banyaknya tempat oleh-oleh yang bermunculan.

Berbagai makanan lezat dengan cita rasa khas Bogor akan membuat Anda jatuh cinta terhadap oleh-oleh dari kota tersebut. Namun, jika ternyata Anda masih merasa bingung untuk memilih oleh-oleh yang rekomended, maka berikut ini terdapat beberapa macam oleh-oleh khas di Bogor yang wajib di bawa pulang.

1. Strudel Bogor Jumbo

Strudel Bogor Jumbo

Image Credit by Inilahonline.com

Makanan satu ini dulunya berasal dari negara Austria yang kemudian mulai berkembang di Indonesia. Bentuknya cukup unik karena memiliki banyak lapisan yang cukup tebal. Sensasi rasa yang dimunculkan oleh makanan satu ini adalah manis, gurih, dan juga segar.

Rasa segara berasal dari campuran buah-buahan yang ada di dalamnya. Teksturnya sangat lembut, meskipun kelihatan kasar dan kering.

2. Talas Bogor

Talas Bogor

Image Credit by Potensilokal.com

Makanan satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kalangan wisatawan. Umbi-umbian khas Bogor ini banyak dicari karena rasanya yang unik dan berbeda dari umbi-umbian lainnya. Pengolahannya pun cenderung lebih mudah dibandingkan umbi-umbian lainnya.

Jika biasanya umbi-umbian lainnya hanya bisa direbus dan dijadikan campuran beberapa makanan karena rasanya yang tidak terlalu gurih. Maka talas Bogor dapat digunakan sebagai bahan campuran roti dan juga brownis.

3. Spikoe Roll Jumbo

Spikoe Roll Jumbo

Image Credit by Myfunfoodiary.com

Oleh-oleh khas Bogor satu ini tidak akan bisa ditemukan di daerah-daerah lainnya. Roti yang bentuknya mirip bolu ini memiliki tekstur padat yang sangat lembut. Di dalamnya terdapat beberapa filling atau isian yang dapat dipilih sesuai dengan selera.

Ukurannya terbilang mini, namun rasanya tidak usah diragukan lagi. Varian rasa yang dimiliki oleh bolu satu ini adalah Durian, Original, Keju, dan masih banyak lagi.

4. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang

Image Credit by Lapistalasbotani.com

Tak dapat dipungkiri jika sebagian besar oleh-oleh khas Bogor adalah berupa roti. Namun, meski begitu masing-masing dari roti tersebut memiliki cita rasa yang khas. Seperti roti bolu ini yang cenderung lebih dominan rasa gurih ketimbang manis.

Untuk warnanya, roti ini hanya terdiri dari dua, yakni ungu dan kuning. Varian rasa yang dimiliki hanya satu, yakni original. Namun, roti satu ini sangat kaya akan pilihan topping.

5. Pie Apple Pie

Pie Apple Pie

Image Credit by Putibercerita.blogspot.com

Pie apple adalah salah satu jajanan yang sudah ada sejak zaman tahun 1990-an. Makanan tersebut juga menjadi salah satu kesukaan masyarakat Bogor dan juga para wisatawan. Meskipun ukurannya yang terbilang kecil, jajanan ini memiliki rasa yang enak.

Tampak di luar jajanan ini akan terlihat seperti kering dan renyah karena lapisan-lapisan yang ada di luarnya memang terlihat krispi. Namun, di dalamnya memiliki tekstur yang lembut dan akan meleleh jika bertemu dengan lidah Anda.

6. Kue Labu

Kue Labu

Image Credit by Style.tribunnews.com

Apakah Anda sebelumnya pernah merasakan kue yang terbuat dari bahan labu? Jika belum maka jangan sampai melewatkan oleh-oleh khas Bogor satu ini. Bentuknya hampir mirip seperti bolu lapis, hanya saja warnanya abu-abu.

Rasa yang dihadirkan sangat dominan oleh labu, akan tetapi Anda tidak akan merasa seperti memakan labu pada umumnya karena sudah mendapatkan beberapa campuran roti. Selain itu, kue ini juga memiliki kemasan yang sangat cantik dan rapi.

7. Bika Bogor Talubi

Bika Bogor Talubi

Image Credit by Evrinasp.com

Jika Anda telah mengunjungi Bogor dan bingung membawa pulang oleh-oleh apa, maka Bika Bogor Talubi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahan dasarnya adalah talas Bogor yang diolah dengan sangat hati-hati sehingga bisa menghasilkan makanan yang nikmat.

Bentuknya hampir mirip seperti Apem, makanan khas Jatim. Bika Bogor memiliki banyak sekali pilihan warna yang disesuaikan dengan rasanya.

8. Macaroni Panggang

Macaroni Panggang

Image Credit by Klikhotel.com

Makanan satu ini ini memiliki tampilan yang mirip seperti makanan-makanan Eropa. Namun, jika Anda sudah mencicipi rasanya, maka bisa memastikan jika ini adalah cita rasa Indonesia.

Untuk ukurannya, tersedia dalam beberapa level,yakni large, medium, dan small. Toping yang ada di atasnya cukup unik, yakni parutan keju yang telah dibumbui semacam balado dengan rasa yang juga sangat unik.

9. Kacang Bogor

Kacang Bogor

Image Credit by Wikipedia.org

Apakah Anda suka bentuk kacang-kacangan? Jika iya, maka kacang Bogor bisa menjadi pilihan oleh-oleh terbaik. Rasanya sangat unik dan berbeda dengan jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai atau kacang tanah.

Varian rasa yang dimiliki adalah original dan balado. Proses pengolahannya pada awalnya adalah direbus, maka dari itu memiliki rasa yang gurih akan tetapi juga bertekstur lembut.

10. Ubi Bakar

Ubi Bakar

Image Credit by Bagi-in.com

Oleh-oleh satu ini biasanya sangat disukai oleh kalangan orang tua. Jenis umbi-umbian ini memiliki rasa yang alami, akan tetapi tetap unik. Selain itu ketika direbus juga lebih cepat empuk dibandingkan dengan ubi bakar di tempat lainnya.

Seperti namanya, ubi satu ini akan lebih lezat apabila direbus. Jika Anda beruntung, sangat mungkin untuk mendapatkan rasa madu, yakni sangat manis akan tetapi manis yang alami. Meskipun mengonsumsi ubi rasa madu dalam jumlah yang banyak Anda tidak akan diabetes.

11. Risollaku

Risollaku

Image Credit by Risollaku.com

Risollaku adalah makanan seperti risol biasanya akan tetapi lebih banyak pilihan rasa jika Anda membelinya di kota Hujan ini. Anda bisa menemukan jajanan satu ini dengan mudah karena dijual di semua warung makan.

Jika biasanya risol-risol di tempat lainnya hanya memiliki varian rasa gurih saja, maka risol khas Bogor ini memiliki banyak sekali pilihan menarik. Mulai dari keju, chicken, mayonnaise, tuna, beef, semuanya bisa Anda pilih.

12. Roti Unyil

Roti Unyil

Image Credit by Bogor.net

Dari namanya saja roti ini sudah banyak menarik rasa penasaran para pembeli. Seperti namanya yang imut, roti ini memang memiliki ukuran yang terbilang kecil. Bahkan, mungkin Anda bisa menghabiskannya dalam sekali lahap.

Rasanya gurih, karena memang pengolahannya selain dioven juga dibakar sebentar. Sejauh ini toping yang dimiliki oleh makanan satu ini adalah cokelat dan keju. Pengemasannya juga sangat baik sehingga cocok untuk oleh-oleh.

13. Keripik Mbah Gugel

Keripik Mbah Gugel

Image Credit by Traveloka.com

Jika Anda adalah pencinta makanan yang gurih, maka sebaiknya cobalah oleh-oleh khas Bogor satu ini. Rasanya sangat nikmat dan tidak akan basi meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Bahan dasarnya adalah singkong yang dicampur dengan talas. Perpaduan kedua bahan tersebut menghasilkan rasa yang cukup unik. Pengemasannya juga sangat rapi dan aman terhadap udara yang akan membuatnya cepat lesu.

14. Papapia

Papapia

Image Credit by Lidbahaweres.com

Papapia memiliki bentuk dan rasa yang hampir mirip dengan pie apple. Akan tetapi makanan satu ini sudah lebih dulu ada dibandingkan dengan pie apple. Maka dari itu rasa yang dihadirkan cenderung sangat khas.

Kue enak ini memiliki banyak sekali penggemar, apalagi dikalangan orang tua. Teksturnya yang sangat lembut dan gurih membuat makanan ini sangat rekomended untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

15. Brownies Pisang

Brownies Pisang

Image Credit by Ksmtour.com

Jika kebanyakan brownies akan memiliki rasa cokelat, maka berbeda halnya jika Anda membelinya di kota Bogor. Brownies satu ini memiliki rasa pisang akan tetapi warna tetapi warnanya tetap hitam lekat.

Teksturnya benar-benar sangat lembut, bahkan terbilang sangat lumer dibandingkan dengan brownies-brownies lainnya. Di atasnya terdapat toping keju yang sangat meleleh dan melimpah.

5 Toko Oleh-oleh di Bogor

1. Jumpa Bogor

Jumpa Bogor

Lokasi: Jl. Raya Pajajaran No.3f, RT.04/RW.02, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor. – Image Credit by Jumpabogor.com

Apabila Anda mencari toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai jenis kue, maka kunjungi saja tempat ini. Oleh-oleh andalan yang disajikan adalah Strudel. Makanan yang mirip brownies tersebut memiliki rasa yang lezat.

2. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang Bogor

Lokasi: Jl. Padjajaran No. 20i Komplek Ruko Perkantoran, RT.06/RW.04, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor. – Image Credit by Swa.co.id

Membawa oleh-oleh berupa bolu lapis adalah salah satu pilihan yang tepat. Untuk mendapatkan produk yang terbaik, Anda harus membelinya di Bolu Lapis Sangkuriang.

3. Miss Pumpkin

Miss Pumpkin

Lokasi: Jl. Raya Pajajaran No.84, RT.01/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor. – Image Credit by Justkelvinkam.blogspot.com

Toko oleh-oleh satu ini merupakan tempat berkumpulnya beberapa pengusaha roti yang ada di Bogor. Di sana Anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh sejenis roti dan kue.

4. Macaron

Macaron

Lokasi: Jl. Raya Pajajaran No.234A, RT.02/RW.11, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Pusat oleh-oleh satu ini menyediakan makanan asinan dengan rasa gurih dan asin. Pengemasan yang disuguhkan terbilang unik sehingga menarik untuk menjadi oleh-oleh.

5. Rafles

Rafles

Lokasi: Jl. Re. Abdullah No.28, RT.02/RW.02, Pasirmulya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor. – Image Credit by Tokopedia.com (keren shop07)

Toko yang menyediakan pie khas Bogor ini selalu ramai oleh kunjungan wisatawan. Banyak orang yang menyukai oleh-oleh ini untuk dibawa pulang.

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bogor yang bisa Anda pilih. Toko-toko dan pusat oleh-oleh tersebut juga bisa menjadi pilihan Anda.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak