10 Oleh-Oleh Khas Indramayu Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Indramayu

Berkunjung ke Indramayu, jangan lupa membeli oleh-oleh khas yang favorit dibeli wisatawan. Buah tangan populer berupa makanan dan minuman bisa Anda bawa pulang.

Kabupaten Indramayu merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki beragam kuliner tradisional. Makanan-makanan khas yang masih terjaga hingga searang dan banyak diburu terutama oleh wisatawan yang datang ke Indramayu.

Indramayu juga terkenal dengan buah mangganya yang besar dan rasanya manis. Mangga khas ini banyak dijadikan bahan utama untuk berbagai olahan seperti makanan dan minuman. Olahan-olahan dari mangga wajib untuk Anda coba jika berkunjung ke Indramayu.

Selain mangga, Indramayu juga terkenal dengan olahan hasil laut yang menjadi makanan khas dari daerah ini. Namun tidak hanya itu, Indramayu memiliki banyak kuliner khas yang enak dan bisa dijadikan oleh-oleh.

1. Dodol Mangga

Dodol Mangga

Image Credit: Bukalapak.com

Indramayu menjadi daerah yang terkenal dengan buah mangganya. Daerah penghasil buah mangga ini juga memiliki banyak makanan atau olahan mangga. Salah satunya adalah dodol mangga. Bahan-bahannya tidak berbeda dengan dodol pada umumnya. Namun yang khas adalah tambahan buah mangga Indramayu .

Dodol buah ini memiliki rasa legit dan segar. Dodol memiliki daya tahan yang cukup baik dan dapat disimpan hingga berhari-hari atau berminggu-minggu. Cocok untuk oleh-oleh dari Indramayu untuk Anda bawa pulang. Dodol khas Indramayu ini banyak dijual di toko oleh-oleh atau di pasar.

Jajanan tradisional yang satu ini biasanya dikemas dengan kemasan plastik bening. Setiap bungkus dodol banyak yang dijual dengan harga sangat terjangkau. Anda bisa memborong dodol untuk buah tangan dari Indramayu.

2. Dodol Raragudig

Dodol Raragudig

Image Credit: Budaya-indonesia.org

Kabupaten Indramayu memiliki banyak olahan dodol seperti daerah-daerah lain di Jawa Barat. Salah satu jenis dodol yang khas dari Indramayu adalah dodol raragudig. Memiliki rasa manis dengan tekstur yang lebih kering. Manisnya dodol raragudig pas dan enak karena berasal dari gula asli bukan bahan pemanis buatan.

Biasanya dodol ini dibungkus menggunakan kertas minyak dengan ukuran yang lebih besar dari dodol biasa. Bagian dalam dodol memiliki rasa lebih manis dengan adanya gula merah. Raragudig merupakan salah satu jajanan zaman dulu yang sudah semakin jarang dijumpai.

Dodol raragudig menjadi salah satu jajanan populer dari Indramayu. Beberapa tempat usaha rumahan ada yang masih memproduksi jenis dodol yang satu ini. Dodol raragudig banyak dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Indramayu.

BACA:  16 Tempat Makan Enak di Garut Favorit Wisatawan

3. Ikan Asin Jambal Roti

Ikan Asin Jambal Roti

Image Credit: Instagram.com @retnayunita

Indramayu yang sebagian wilayahnya merupakan pesisir menjadi daerah sentra pengolahan ikan asin. Salah satu yang terkenal adalah di daerah Karangsong. Saat berkunjung ke daerah tersebut jangan kaget dengan bau amis yang cukup kuat. Ada banyak makanan yang dibuat dari hasil laut seperti ikan asin ini.

Salah satu panganan yang terkenal dari Indramayu berbahan dasar ikan asin adalah produk ikan asin jambal roti. Ikan asin jambal memiliki rasa yang lebih gurih dengan daging yang lebih tebal. Ikan asin ini banyak disukai masyarakat, termasuk mereka yang datang dari luar daerah Purwakarta.

Ikan asin khas oleh-oleh Purwakarta ini berbeda dengan ikan asin pada umumnya. Rasanya yang lezat menjadikan produk ikan asin ini lebih mahal dibandingkan ikan asin biasa. Selain karena rasanya yang banyak disukai, pasokan ikan jambal yang terbatas menjadikan produk olahan ikan asinnya memiliki harga yang cukup tinggi.

4. Keripik Tike

Keripik Tike

Image Credit: Feedram.club

Makanan ringan khas Indramayu yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang adalah keripik tike. Keripik dengan bahan utama yang tidak biasa yaitu suket teki atau rumput teki. Tanaman yang biasa tumbuh liar tersebut ternyata dapat diolah menjadi camilan yang enak dan gurih.

Masyarakat Indramayu membuat keripik tike dengan mengambil bagian ujung dari rumput teki. Selanjutnya dipukul-pukul seperti membuat keripik melinjo. Sebelum digoreng, bahan tersebut terlebih dulu harus dijemur hingga garing di bawah sinar matahari. Saat cuaca terik hasilnya akan bagus dan cepat kering.

Jika sudah siap, suket teki dimasukan ke adonan keripik. Bumbu untuk adonan keripik tike tidak berbeda dengan keripik pada umumnya. Keripik tike dibuat dengan bentuk bundar dan tekstur yang sangat renyah. Cocok untuk camilan menemani waktu santai bersama teman atau keluarga.

5. Kerupuk Bonggol Pisang

Kerupuk Bonggol Pisang

Image Credit: Twitter.com @abopinksocio

Makanan tradisional dari Indramayu yang khas dan unik selanjutnya adalah kerupuk bonggol pisang. Sesuai namanya, kerupuk ini dibuat dari bonggol pisang yang seringkali dibuang begitu saja. Masyarakat Indramayu ternyata dapat mengolah bonggol pisang menjadi makanan ringan yang enak.

BACA:  Mencoba Sensasi Dingin di Snow World International Bekasi

Kerupuk unik ini banyak dijual di toko oleh-oleh. Makanan ringan ini dapat dengan mudah dijumpai terutama di daerah Pringcala. Harga setiap bungkus kerupuk bonggol pisang cukup terjangkau. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat Anda berkunjung atau berwisata ke Purwakarta.

Kerupuk bonggol pisang termasuk makanan ringan yang enak dan sehat karena dibuat dari bahan-bahan alami. Kerupuk ini dapat dinikmati langsung untuk teman bersantai. Rasanya yang gurih juga menjadikan kerupuk bonggol pisang cocok untuk teman makan bakso atau mie ayam.

6. Sirup Mangga

Sirup Mangga

Image Credit: Bukalapak.com

Indramayu memiliki banyak olahan mangga seperti salah satunya adalah sirup mangga ini. Sirup pelem atau sirup mangga khas Indramayu ini terbuat dari buah mangga manis seperti gedong gincu. Jenis mangga yang banyak dijumpai di Indramayu tersebut banyak diolah untuk makanan dan minuman manis.

Mangga segar dikupas terlebih dulu dan kemudian dihaluskan. Mangga yang sudah halus dicampur dengan gula dan air untuk diolah menjadi sirup mangga. Sirup akan dikemas dengan botol kaca berukuran sedang. Setiap botol sirup mangga khas Indramayu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Sirup mangga yang populer ini memiliki rasa manis dan cukup kental. Sirup dapat disajikan untuk diminum langsung atau campuran makanan. Produk yang banyak dijadikan sebagai usaha rumahan ini kebanyakan tidak menggunakan pemanis buatan maupun bahan pengawet sehingga lebih sehat.

7. Kue Koci

Kue Koci

Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Panganan tradisional yang dapat dijumpai di Purwakarta untuk oleh-oleh selanjutnya adalah kue koci. Bentuk tampilannya hampir sama seperti kue nagasari. Memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal. Biasanya kue tradisional ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang sehingga rasanya sangat khas.

Kue koci bisa menjadi oleh-oleh dari Purwakarta yang murah meriah. Panganan manis ini juga dapat dibuat sendiri karena bahan-bahannya yang cukup mudah dan sederhana. Adonan kue koci terbuat dari campuran tepung, santan, daun pandan, dan gula pasir. Adonan dibentuk kotak-kotak kecil dan dibungkus daun pisang.

Kue koci tidak menggunakan isian buah pisang seperti nagasari. Kue berwarna hijau khas Purwakarta yang satu ini biasanya diisi dengan parutan kelapa yang dicampur gula merah. Tampilannya pun cantik dan rasanya nikmat saat dikunyah. Cocok untuk camilan bersama secangkir teh atau kopi.

BACA:  Berwisata & Belajar Sejarah di Keraton Kasepuhan Cirebon

8. Kerupuk Kulit Ikan

Kerupuk Kulit Ikan

Image Credit: Facebook.com @pengolahan krupuk kulit ikan

Kerupuk yang terbuat dari kulit ikan ini sangat terkenal di Indramayu. Kulit ikan yang sudah dibersihkan digoreng dengan adonan yang sudah dicampur bumbu. Rasanya enak dan sangat gurih apalagi untuk proses penggorengan kerupuk yang dilakukan dengan bara api langsung.

Proses pembuatan kerupuk kulit ikan yang masih tradisional membuat rasanya lebih lezat dan sangat khas. Kerupuk kulit ikan dibuat tanpa bahan pengawet namun dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Indramayu. Harga untuk setiap bungkus kerupuk khas Indramayu ini sangat terjangkau.

9. Cimplo

Cimplo

Image Credit: Youtube.com @indramayu channel

Jajanan tradisional ini terbuat dari bahan utamanya yaitu tepung beras ketan. Tepung dicampur dengan ragi singkong dan gula pasir. Adonan untuk membuat cimplo tersebut dapat langsung dicetak. Biasanya bentuk yang paling umum untuk cimplo khas Indramayu adalah bulat.

Cimplo memiliki rasa manis dan gurih untuk oleh-oleh khas Indramayu. Panganan ini biasanya dinikmati dengan cairan gula merah yang disiram ke atas cimplo. Selain gula merah, bisa juga ditambahkan dengan santan kelapa atau parutan kelapa agar rasanya lebih gurih dan aromanya wangi.

Cimplo menjadi salah satu oleh-oleh khas Indramayu yang cukup murah. Bagi masyarakat Indramayu sendiri cimplo bukan sekedar makanan oleh-oleh, tetapi juga makanan penolak bala.

10. Terasi Indramayu

Terasi Indramayu

Image Credit: Tokopedia.com

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Indramayu tidak membeli terasi khas daerahnya. Selain sebagai penghasil buah mangga terbesar di provinsi Jawa Barat, Indramayu juga dikenal sebagai daerah pengolah hasil laut.

Ada banyak sekali olahan hasil laut yang dapat ditemukan di pesisir utara Indramayu. Salah satu olahannya adalah terasi khas Indramayu. Produk yang satu ini sudah sangat terkenal dengan rasanya dan aromanya yang cukup kuat.

Terasi Indramayu banyak diburu untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Jadi terasi ini pun banyak dijumpai di toko oleh-oleh yang ada di Indramayu. Harganya pun terjangkau untuk ukuran terasi yang lumayan besar.

Itulah beberapa daftar oleh-oleh khas dari Indramayu yang dapat dibeli untuk dibawa pulang. Indramayu tentu masih memiliki banyak makanan dan jajanan tradisional yang enak dan lezat untuk dijadikan oleh-oleh.